KolibriOS, Sistem Operasi Berukuran Kecil dengan Performa Ngebut

KolibriOS – Halo Pembaca! Pernah mendengar KolibriOS? Belum? Sama, saya juga belum pernah dengar, hehehehehe… KolibriOS ini ternyata adalah sistem operasi open-source yang berukuran sangat kecil dan memiliki performa yang sangat cepat. Pengembang sistem operasi ini bertekat menjadikan KolibriOS sebagai sistem operasi fungsional terkecil di dunia. Ukurannya yang kecil membuat sistem operasi KolibriOS dapat bekerja sangat cepat dan ini masih terus dikembangkan. Saya jadi penasaran sama KolibriOS ini, soalnya saya sendiri belum pernah download atau nyobain KolibriOS hehehehe… :mrgreen: Berikut tampang desktop sistem operasi KolibriOS.

KolibriOS

Saat pertama kali saya melihat screenshot KolibriOS ini, saya malah kurang tertarik ya, hehehehe… Tampilan antarmuka KolibriOS ini sederhana, tetapi sebenarnya cukup intuiutif. Sayangnya, ikon-ikon aplikasi yang tampil di desktop KolibriOS ini terlihat jadul banget, hehehehe… Nama-nama aplikasi dan game di KolibriOS ini terdengar asing, sistem operasi macam apa ini sebenarnya KolibriOS?

Baca juga: Fedora 21 Linux Telah Dirilis, Download di Sini Gan!

Ternyata KolibriOS ini bukan sistem operasi yang berbasis Linux alias tidak menggunakan Linux. Pengembang KolibriOS lebih memilih untuk mengembangkan sendiri kernel untuk sistem operasi mungil ini. Pantas saja saya nggak ada yang kenal sama aplikasi yang nongol di desktop KolibriOS… Kalo Linux kan meski distronya beda, aplikasinya kan sama, hehehehehe… 😆 Sistem operasi KolibriOS ini patut dicoba bagi pembaca yang ingin merasakan sensasi sistem operasi diluar trio ganas Windows, Mac OS X, dan Linux.

“KolibriOS adalah sistem operasi kecil namun sangat kuat dan cepat. Kekuatan ini hanya membutuhkan ruang disk yang megabyte sedikit dan 8MB RAM untuk menjalankannya. Kolibri memiliki seperangkat aplikasi yang mencakup pengolah kata, image viewer, editor grafis, web browser dan lebih dari 30 permainan menarik. FAT12 penuh / 16/32 dukungan diimplementasikan, serta dukungan untuk NTFS, ISO9660 dan ext2 / 3/4. Driver untuk suara, jaringan dan kartu grafis yang populer. “


Keunggulan utama yang ditawarkan oleh sistem operasi KolibriOS ini adalah performanya yang tinggi. Hal ini terlihat dari waktu booting yang sangat cepat. Bahkan KolibriOS ini dapat booting hingga menampilkan desktop dalam hitungan detik saja tanpa harus menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi. KolibriOS sendiri adalah sebuah sistem operasi yang lengkap dan telah dikembangkan sejak 10 tahun terakhir ini… Wah saya katrok ternyata baru dengar KolibriOS sekarang, padahal KolibriOS udah dikembangkan sejak 10 tahun lalu, hihihihi… :mrgreen:

Baca juga: Mint Ultimate 17.1, Distro Keren dengan Aplikasi Lengkap

KolibriOS 2 “Apakah Anda pernah bermimpi suatu sistem yang boot dalam waktu kurang dari 10 detik dari power-on ke GUI bekerja, pada $ 100 PC? Aplikasi yang dimulai segera, segera setelah mengklik ikon, tanpa pointer jam pasir mengganggu? Kecepatan ini dicapai karena inti bagian KolibriOS (kernel dan driver) yang seluruhnya ditulis dalam bahasa assembly FASM! Coba Kolibri dan membandingkannya dengan kelas berat seperti Windows dan Linux,” keterangan resmi di website KolibriOS.

Download KolibriOS

Bagi pembaca Tuxlin Blog yang penasaran dengan sistem operasi KolibriOS ini dapat langsung download di situs resminya atau melalui tautan berikut ini, Jangan khawatir bakal kehabisan bandwidth gara-gara download sistem operasi ini karena ukuran KolibriOS hanya 14,4MB saja gan :mrgreen: Oke, sampai di sini dulu posting mengenai KolibriOS, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

Anda mungkin suka: Foto-Foto APKOM Year End Sale 2014 6-10 Desember 2014


2 Comments

  1. gadgetboi December 19, 2014
    • Tuxlin January 3, 2015

Add Comment


*