Akhirnya Beli SMART Juga!

Halo Pembaca! Selama ini saya internetan menggunakan jasa warnet. Meski warnet disekitar rumah saya lumayan cepat, tapi sebagai seorang blogger yang ingin setiap hari corat coret blog, saya merasa jika tiap hari ke warnet adalah pemborosan. Saya memikirkan solusi agar bisa internetan dirumah dengan biaya yang murah, gak usah yang cepet-cepet deh aksesnya yang penting lancar. Akhirnya¬† ada seseorang menawarkan hp smart yang baru beberapa hari ia beli. Tanpa babibu lagi, langsung saya terima tawaran tersebut. Orang yang menawari Smart adalah kakak tingkat saya dikampus, dia memutuskan menjual kembali HP modem karena di kosnya tidak ada sinyal Smart. Woi SMART! Perluas coverage n perbaiki kualitas jaringan donk! Okeh langsung saja, hp modem tersebut adalah haier D1200P, sudah lama muncul sih, maaf agak basi hehehehe… nih tampangnya…

13-09-09_1316

Desain

Menurut saya, tampang Haier D1200P ini cukup elegan, gak keliatan hp murah gitu,hehehe… Bodi hp tipis, ringan namun terkesan agak ringkih. Kebetulan yang saya beli berwana putih, bagus sih, tapi bagian sekitar keypad dan layar mudah kotor. Dibagian samping kiri terdapat tombol volume dan lubang konektor untuk headset. Dibagian bawah bodi hp terdapat port mini USB untuk proses charging dan modem.

Performa

Performa hp ini lumayan, agak lelet respon layarnya. Satu hal yang saya benci dari D1200P ini, keypad nya! Kenapa? Keypad nya licin, karena bentuknya agak menonjol, selain itu, respon layar yang lambat memperparah performa pengetikan sms. Layarnya tidak begitu tajam, karena jenisnya buka TFT, namun sudah cukup lumayan untuk menampilkan gambar full color. Beralih ke suara, ringtone yang keluar melalui speaker hp di belakang cukup nyaring dan enak didengar. Fasilitas yang dibawa hp ini juga tergolong lumayan, menu dapat di customize, game, browser wap, black list dan lainya. Satu lagi, setelah digunakan untuk bertelepon atau sebagai modem dalam jangka waktu yang cukup lama, hp ini akan terasa panas.

Perlengkapan

13-09-09_1317

Perlengkapan yang didapat saat membeli hp ini adalah handset, kabel mini USB, perdana Smart, manual hp, cd driver windows XP dan charger. Cukup lengkap dan langsung tancap internetan deh. Oya, ada gratisan internet unlimited 3 bulan, lumayan deh. Baterai yang digunakan hp ini mirip dengan nokia tipe BL-4C, tipis. Berbeda dengan edisi smart yang terdahulu, baterainya menjadi satu dengan casing. Baterai haier D1200P ini berkapasitas 800mAh, cukup awet untuk 2 hari penggunaan dengan intensitas sedang. Berikut tampang baterai smart yang mirip baterai nokia…

13-09-09_1318

SPEED INTERNET

Ini dia yang banyak ditunggu-tunggu. Koneksi internetnya cukup stabil, dirumah saya sinyal smart 3-4 bar. Kalau digunakan untuk browsing dan posting blog di wordpress dan blogspot cukup nyaman, download menggunakan firefox rata-rata transfer ratenya 5-21kb/s. Kecepatan ini saya dapat menggunakan Windows 7, browser firefox 3.5.3 dengan pengaturan standar Smart. Saya juga mencoba koneksi menggunakan windows xp sp2, tapi lebih lambat daripada menggunakan windows 7. Pada jam-jam tertentu, koneksi melambat… terutama jam 6-9 malem. Berikut screenshot hasil dari speedtest.net.

inet smart

Lumayanlah max download 130kb/s, uploadnya 60kb/s. Saat jam-jam sibuk langsung drop di 50kb/s dan 30kb/s. Kayaknya smart perlu menambah BTS biar sinyal kuat, tambah juga kapasitasnya. Sampai disini dulu deh review smart kali ini, see u!


5 Comments

  1. islamarket.net September 26, 2009
  2. stainless tanks September 28, 2009
    • tuxlin September 28, 2009
  3. Nugie October 1, 2009
    • tuxlin October 1, 2009

Add Comment

*