Alpine Linux 3.1.0 Dirilis, Distro untuk Power User yang Berorientasi Keamanan

Alpine Linux – Halo Pembaca! Alpine Linux adalah distro Linux yang didesain khusus atau berorientasi pada keamanan berdasarkan muscl libc dan Busybox. Versi terbaru distro Alpine Linux ini adalah versi 3.1.0 yang mengusung sejumlah paket aplikasi versi baru. Jujur saja, saya baru tahu tentang distro Alpine Linux ini dari situs rujukan Softpedia yang sudah menjadi langganan saya :mrgreen: Tampilannya yang sederhana membuat saya tertarik untuk mengulas distro Alpine Linux ini. Penasaran? Berikut tampang desktop dari distro Alpine Linux.

Alpine Linux 3.1.0

Alpine Linux adalah independen, non-komersial, tujuan umum distribusi Linux dirancang untuk power user yang menghargai keamanan, kesederhanaan dan efisiensi sumber daya.

Baca juga: Fedora 21 Linux Telah Dirilis, Download di Sini Gan!

Konsep Alpine Linux

Distro Alpine Linux ini dikembangkan dengan tiga sifat utama yang disebut dengan 3S, yakni Simple, Small, dan Secure. Berdasarkan keterangan di web resminya, Alpine Linux ini Simple dengan mengandalkan manajemen paket sendiri yang disebut dengan apk. Iya apk gan, tapi ini nggak sama lho dengan apk-nya Android 😆 Penguna distro ini dapat menginstal paket yang dibutuhkan saja, sehingga sistem lebih ringan.

Unsur berikutnya dalam distro Alpine Linux ini adalah Small atau kecil karena distro ini dibangun dengan muscl libc dan busybox. Ini dia yang bikin distro Alpine Linux lebih efisien dalam penggunaan resource jika dibandingkan dengan distro Linux lainnya. Bahkan instalasi dalam mode minimal, distro Alpine Linux ini hanya memakan ruang di hard disk sekitar 130MB saja. Alpine Linux ini juga dilengkapi dengan repositori yang cukup lengkap.

Baca juga: Langkah Instal Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn Linux

Terakhir dalam konsep Alpine Linux ini adalah Secure atau aman. Sejak awal memang distro Alpine Linux berorientasi pada keamanan. Berdasarkan keterangan website resminya, distro Alpine Linux ini mengusung kernel yang telah di-patch dengan grsceurity atau PaX. Semua paketbinari dikompilasi dengan Position Independent Executables (PIE) yang didukung oleh perlindungan berlapis. Ini berarti distro Alpine Linux dilengkapi dengan perlindungan pro-aktif untuk mencegah eksplorasi serangan zero-day dan kerentanan lainnya.

Rilis Alpine Linux 3.1.0

Kini versi terbaru Alpine Linux 3.1.0 telah dirilis dengan banyak pembaruan paket. Secara umum memang distro Alpine Linux didesain untuk power user, tetapi pemula seperti saya juga nggak dilarang untuk mencoba distro ini :mrgreen: Pengembang mengatakan bahwa rilis Alpine Linux 3.1.0 ini telah mendukung openvswitch. Openvswitch apaan gan? Saya juga nggak tau itu apa :lol:Berikut ini adalah paket aplikasi yang diusung oleh distro Alpine Linux 3.1.0:

  • xorg-server-1.16.2
  • firefox 31.2.0
  • gnumeric 1.12.18
  • evince 3.14.1
  • virt-manager 1.1.0
  • claws-mail 3.11.0
  • hexchat 2.10.2
  • vlc 2.1.5
  • inkscape 0.48.5
  • gimp 2.8.14
  • audacity 2.0.6

Baca juga: Linux Mint 17.1 Rebecca Resmi Dirilis, Ayo Download di Sini

Download Alpine Linux

Nah buat pembaca yang nggak sabar pengen nyobain Alpine Linux 3.1.0 yang notabene didesain untuk power user dan berorientasi pada kemanan, bisa langsung download melalui situs resminya. Sampai di sini dulu posting mengenai distro Alpine Linux 3.1.0, semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

 


2 Comments

  1. gadgetboi December 13, 2014
    • Tuxlin December 13, 2014

Add Comment

*