Asus Zenfone Live L1 & Zenfone 5 Segera Hadir di Indonesia, BackTo5 & BackToLive Siap Digelar

Asus Zenfone Live L1 & Zenfone 5 Segera Hadir di Indonesia, BackTo5 & BackToLive Siap Digelar – Halo Pembaca! Asus yang merupakan pabrikan asal Taiwan ini tampaknya sedang “ngamuk” di pasar Indonesia! Betapa tidak gaes, sukses memporakporandakan pasar smartphone harga Rp 2 juta-an melalui ponsel gahar Zenfone Max Pro M1, kini Asus siap-siap meluncurkan kembali jajaran smartphone barunya pada 17 Mei 2018 mendatang dengan jargon #BackTo5 dan #BackToLive. Munculnya tagar #BackTo5 ini menjadi tanda lahirnya smartphone Asus Zenfone 5 series di pasar Indonesia.

Sedangkan tagar #BackToLive menandai lahirnya smartphone entry-level baru yang merupakan penerus dari Zenfone Live, yakni Zenfone Live L1! Sejauh ini baru Zenfone 5 series saja yang jelas terungkap spesifikasinya. Sedangkan Zenfone Live L1 spesifikasinya memang sudah mulai terungkap, tetapi masih abu-abu hehehe… Berikut sedikit ulasan dari Tuxlin Blog mengenai jajaran smartphone terbaru Asus!

Asus BackTo5

Asus Zenfone Live L1, Smartphone Full View Sejuta Umat?

Asus Zenfone Live L1

(credit: GSM Arena)

Asus Zenfone Live L1, sesuai namanya bakal menjadi penerus dari Zenfone Live yang diluncurkan tahun lalu. Smartphone ini akan menjadi andalan pabrikan asal Taiwan ini untuk menggempur segmen entry-level. Sama seperti Zenfone Max Pro M1, Zenfone Live L1 ini juga pertama kali diluncurkan di Indonesia! Asus memang sampai saat ini masih belum mengungkapkan spesifikasi detail dari ponsel murah meriah ini. Teaser yang dirilis di sosial media Asus menyebutkan tagar #HargaKejutan yang mengindikasikan bahwa harga Zenfone Live L1 bakal mengejutkan, seperti Zenfone Max Pro M1. 😎

Baca juga:Asus Zenfone Max M1 ZB555KL Diperkenalkan, Smartphone Kekinian dengan Harga Murah

Berdasarkan foto-foto yang beredar di internet dan beberapa situs berita terkemuka, Tuxlin Blog melihat desain Zenfone Live L1 ini tampak berbeda jika dibandingkan dengan Zenfone Max Pro M1 dan jauh juga kalau dibandingkan dengan Zenfone 5 series. Tuxlin melihat Zenfone Live L1 ini mirip dengan Infinix Hot S3 atau ponsel kekinian dengan harga murah lainnya. Zenfone Live L1 tampak dibalut dengan casing berbahan plastik tanpa kehadiran sensor sidik jari. Asus tampaknya menggantikannya dengan fitur keamanan Face Unlock.

“Kami akan merilisnya 17 Mei mendatang. Zenfone Live L1 akan menjadi negara pertama di dunia,” kata Galip Fu, Country Marketing Manager Asus Indonesia.

Asus Zenfone Live L1

(credit: GSM Arena)

Asus juga membekali ponsel 4G LTE Zenfone Live L1 ini dengan layar berukuran 5,5 inci dengan dimensi setara ponsel dengan layar 5 inci yang didukung resolusi HD+ 1440 x 720 piksel dengan aspek rasio 18:9 yang menawarkan kerapatan 245 ppi (pixel per inch). Layar ponsel ini menggunakan panel IPS LCD (In-Plane Switching) kapasitif LCD, serta tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass.

Kamera Asus Zenfone Live L1 cukup kompetitif menurut Tuxlin Blog dengan mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/3 inci 1.12um piiksel dilengkapi fitur autofokus yang yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 dan didukung LED flash untuk memotret di tempat kurang cahaya.

Kamera depan smartphone Asus Zenfone Live L1 ini juga mumpuni dengan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI, serta berlensa wide angle dengan aperture f/2.0 untuk foto selfie dan video call. Tuxlin memperkirakan smartphone ini bakal dilengkapi fitur BeautyLive seperti yang dimiliki oleh Zenfone Live generasi pertama.

Ponsel 4G LTE Zenfone Live L1 besutan Asus ini didukung oleh sistem operasi Android 8.0 Oreo terbaru yang dibalut dengan antarmuka Zen UI 5.0. Namun, sumber dari GSM Arena menyebutkan bahwa Zenfone Live L1 ini merupakan smartphone dengan OS Android Go! Mana yang benar ini?

Bisa jadi Asus Zenfone Live L1 yang muncul di GSM Arena bukan untuk wilayah Indonesia karena kadang spesifikasi tiap negara berbeda-beda. Selain itu, berdasarkan bocoran foto Asus Zenfone Live L1 yang dirilis oleh Detik, terlihat bahwa Zenfone Live L1 ini mengusung antarmuka Zen UI 5.0, bukan Android Go yang biasanya tampil dengan UI Android pure.

Asus Zenfone Live L1

(credit: Detik)

Performa yang ditawarkan oleh Asus Zenfone Live L1 ini menurut Tuxlin Blog cukup bersaing untuk kelas entry-level dengan mengandalkan sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4Hz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 2GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G LTE ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 308.

Baca juga:Asus Zenfone Max Pro M1 ZB602KL: Xiaomi Redmi Note 5 Killer?

Ponsel Zenfone Live L1 besutan Asus dilengkapi dengan memori internal atau ROM berkapasitas 16GB dan dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 256GB. Beruntung, slot yang disediakan adalah triple slot atau dedicated slot, jadi nggak bingung milih dual SIM atau single SIM + microSD. Asus Zenfone Live L1 ini dibekali baterai berkapasitas 3300mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Spesifikasi Asus Zenfone Live L1 di atas adalah hasil pengumpulan informasi oleh Tuxlin, bukan dari sumber resmi Asus sehingga isa saja salah. Spesifikasi final Asus Zenfone Live L1 akan terungkap 17 Mei 2018 mendatang gaes!

Spesifikasi Asus Zenfone Live L1

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 308
  • Kamera belakang 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI CMOS, aperture f/2.0, LED flash. Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI CMOS, aperture f/2.0
  • Layar sentuh 5,5 inci 2.5D dengan resolusi HD+ 1440 x 720 piksels, kerapatan 245 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS TFT LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, USB OTG, 3.5mm audio jack, GPS, face unlock, dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi – mm dengan berat – gram
  • Baterai 3300mAh, non removable
  • Tersedia beberapa varian warna

Asus Zenfone 5, Senjata untuk Menggempur Pasar Middle

Seperti yang sudah Tuxlin singgung di atas, tagar #BackTo5 adalah tanda kehadiran smartphone Zenfone generasi kelima atau Asus Zenfone 5 di Indonesia. Pabrikan asal Taiwan ini tampaknya tak ingin kehilangan momen seperti tahun lalu yang membuatnya mengambil keputusan untuk tidak memasarkan Zenfone 4 dan Zenfone 4 Pro di pasar tanah air. Asus bangkit sejak kehadiran Zenfone Max Pro M1 dan sukses menarik perhatian konsumen tanah air. Kini momen tersebut dimanfaatkan dengan baik untuk memperkenalkan Zenfone 5.

Pembaca Tuxlin Blog tentu sudah mengetahui secanggih apa spesifikasi smartphone Asus Zenfone 5 ini karena memang sudah diperkenalkan secara global beberapa bulan lalu. Berdasarkan rilis resmi Asus Indonesia yang telah Tuxlin Blog terima, Zenfone 5 ini akan menjadi motor penggerak utama Asus untuk merebut kembali segmen middle-high. Jika dilihat dari spesifikasi dan kemampuan yang dimiliki, tampaknya Oppo F7 dan Vivo V9 patut waspada.

Asus Zenfone 5, Smartphone Mainstream dengan Kamera Mantap

Sebenarnya dua smartphone besutan BBK Electronics tadi lebih cocok bersaing dengan Zenfone 5Q yang sudah diperkenalkan lebih dulu. Jika dibandingkan dengan Asus Zenfone 5, Tuxlin Blog melihat Oppo F7 dan Vivo V9 masih kalah kelas dengan spesifikasi di atas kertas yang lebih mumpuni, terutama sektor kamera belakang. Spesifikasi teknis di atas kertas, Zenfone 5 boleh saja unggul dari dua kompetitornya tadi. Namun, bagaimana dengan harga? Asus tampaknya bakal memasang harga yang sangat kompetitif untuk Zenfone 5 karena pabrikan asal Taiwan tersebut telah menerapkan sistem Completely Knock Down (CKD) agar harga bisa lebih kompetitif.

“Saat hadir pertama kali di industri smartphone di Indonesia, ZenFone 5 merupakan smartphone yang sangat fenomenal. Dengan #Backto5, ASUS ingin mengajak pengguna untuk beralih ke smartphone ASUS generasi ke-5. ZenFone generasi ke-5 akan menjadi motor pendorong utama bagi ASUS untuk kembali menjadi raja di segmen middle-high.”

“Semua dimungkinkan karena kita sudah memiliki SMT Line Manufacturing sehingga mampu memproduksi smartphone dengan metode Completely Knock Down di mitra pabrikan lokal kita Batam. Kini kita memiliki sumber daya yang cukup untuk memproduksi smartphone secara menyeluruh di dalam negeri, bahkan sebelum negara-negara lain memilikinya,” ujar Galip Fu pada keterangan tertulis yang Tuxlin Blog terima.

Spesifikasi Asus Zenfone 5

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 636 dengan prosesor octa-core Kryo 260 dengan kecepatan 1,8GHz
  • Grafis Adreno 509
  • Kamera ganda 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4 um piksel, lensa 24mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, EIS, 4 axis OIS, dual-tone LED flash. Kamera kedua 8 megapiksel dengan sensor BSI, lensa 12mm wide-angle
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI, lensa 24mm aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,2 inci, dengan resolusi Full HD+ 2246 x 1080 pixels, kerapatan 402 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 6GB atau 4GB, ROM 64GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, GPS, dual SIM, NFC, fingerprint sensor, port audio 3,5mm, stereo speaker
  • Dimensi 153 x 75.7 x 7.9 mm berat 155 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3300mAh, non-removable
  • Warna Midnight Blue dan Meteor Silver

Apakah Asus Zenfone 5z Turut Hadir di Indonesia?

Asus Zenfone 5z

Asus Zenfone 5z

Satu pertanyaan yang masih tersisa untuk acara BackTo5 dan BackToLive yang akan digelar Asus pada 17 Mei 2018 mendatang, apakah smartphone flagship Asus Zenfone 5z akan turut diperkenalkan di Indonesia? Seperti yang pembaca Tuxlin Blog ketahui, Asus sebelumnya memutuskan untuk tidak meluncurkan smartphone flagship dan middle-high andalannya tahun lalu di Indonesia. Yoha, Zenfone 4 dan Zenfone 4 Pro absen di pasar Indonesia karena Asus sudah kehilangan momen.

Baca juga:Review Asus Zenpower Slim 6000mAh (Pocket): Tipis & Ringan

Lalu bagaimana dengan Asus Zenfone 5z? Smartphone Zenfone 5z dipastikan turut meramaikan pasar Indonesia. Hal ini diungkapkan langsung oleh Galip Fu. Smartphone Zenfone 5z ini sekilas mengusung desain mirip dengan Zenfone 5 dengan spesifikasi yang lebih gahar, sebut saja dukungan chipset powerful dari Qualcomm Snapdragon 845 yang biasa digunakan oleh ponsel flagship. Spesifikasi lain, Zenfone 5z ini tak jauh berbeda dengan Zenfone 5. Bagaimana dengan harga? Tuxlin Blog belum mendapat informasi mengenai harga smartphone ini.

“Indonesia tidak hanya pasarnya besar. Berdasarkan survey kami konsumen di sini concern terhadap spek dan fitur. Bahkan ada survey yang menempatkan masyarakat Indonesia sebagai salah satu pengadopsi teknologi baru tercepat di Asia Pasifik. Kami berencana mengumumkan (Zenfone 5z) pada 17 Mei bersamaan dengan peluncuran Zenfone 5 dan Zenfone Live L1. Tapi kapan dipasarkannya belum bisa diinformasikan,” pungkas Galip Fu.

Spesifikasi Asus Zenfone 5z

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 845 MSM8998 dengan prosesor octa-core Kryo 385 yang terdiri dari quad-core 2,7GHz dan quad-core 1,7GHz
  • Grafis Adreno 630
  • Kamera ganda 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4 um piksel, lensa 24mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, EIS, 4 axis OIS, dual-tone LED flash. Kamera kedua 8 megapiksel dengan sensor BSI, lensa 12mm wide-angle
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI, lensa 24mm aperture f/2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,2 inci, dengan resolusi Full HD+ 2246 x 1080 pixels, kerapatan 402 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 8GB, 6GB atau 4GB. ROM 256GB, 128GB atau 64GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, USB Type-C, GPS, dual SIM, NFC, fingerprint sensor, port audio 3,5mm, stereo speaker
  • Dimensi 153 x 75.7 x 7.9 mm berat 155 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 3300mAh, non-removable
  • Warna Midnight Blue dan Meteor Silver

(Source, credit pic: Asus Indonesia, GSM Arena & Detik)

Anda mungkin suka:Asus Zenfone 5Q ZC600KL, Smartphone Empat Kamera Hadir di Indonesia


Add Comment

*