BBM di Android: Agak Berat & Boros Baterai

67

Image00004

Halo Pembaca! Setelah saya menggunakan BBM di Android selama beberapa hari ini, saya merasakan kalo aplikasi ini agak berat dan bikin baterai boros Disappointed smile. Bukan bermaksud jelek-jelekin BBM for Android (bisa ditimpukin pengguna BB tar :mrgreen: ) nih, tapi posting ini hanya sekedar sharing mengenai apa yang saya rasakan setelah beberapa hari menggunakan BlackBerry Messenger di Android. Saya sendiri mulai menggunakan BBM di Android sejak dirilis pada 22 Oktober lalu dan beruntung bia make gak pake antri, hehehehe…Smile with tongue out. Setelelah selesai instalasi dan mencobanya selama beberapa hari, ada dua hal yang saya rasakan, yakni smartphone saya jadi agak berat dan baterai jadi agak boros.

BBM for Android Agak Berat

Image00001Image00002Image00003

Aplikasi BBM di Android ini menurut saya agak berat, meski gak bikin smartphone jadi bener-bener lemot, tapi kayak nge-lag gitu. Setelah saya instal BBM di Android, saya memutuskan untuk membuang beberapa aplikasi sosial media & instant messenger lain agar kinerja Xperia Ray saya agak enteng. Setelah saya cek di menu Settings>>Aplikasi, ternyata aplikasi BBM di Android ini “makan memori internal 33,52MB dan tidak bisa dipindah ke SD card melalui menu Move to SD card. Gak seperti aplikasi mace LINE dan WeChat yang bisa dipindah ke SD card.

Konsumsi memori RAM (Random Access Memory) BBM di Android ini juga lumayan boros. Hal ini terlihat dalam keadaan idle alias nganggur, aplikasi BBM di Android ini makan memori RAM 28MB! Devil Padahal aplikasi instant messenger lain yang lebih kompleks fiturnya, seperti LINE dan WhatsApp gak sebanyak itu konsumsi RAM-nya. Pada screenshot di atas, LINE yang juga dalam keadaan idle haya mengonsumsi memori RAM sebesar 8.5MB dan WhatsApp 7.4MB Smile with tongue out. Padahal kalo mau dibandingkan secara obyektif, fitur yang diberikan oleh BBM di Android ini tak sehebat LINE atau WhatsApp.

Setelah Update BBM for Android versi 1.0.0.72

Image00004Image00005

Kalo nggak salah, 25 Oktober lalu, BlackBerry merilis update untuk BBM for Android. Jika rilis final BBM for Android menggunakan nomor versi 1.0.0.70, maka update terbaru BBM for Android menggunakan nomor versi 1.0.0.72. Saya pun segera menuju Google Play untuk download BBM for Android update terbaru. Setelah instalasi update BBM for Android selesai, saya langsung mencoba menggunakan aplikasi BBM for Android lagi, hasilnya? Respon aplikasi BBM for Android lebih smooth dari versi sebelumnya Thinking smile. Setelah saya cek, ternyata konsumsi memori RAM BBM for Android versi 1.0.0.72 ini meningkat dari 28MB menjadi 30MB! Angry smile Padahal masih dalam keadaan idle, alias nganggur.

Faktor Lain

Photo-0016

Masalah beratnya aplikasi BBM for Android, saya gak serta merta menyalahkan aplikasi tersebut. Mungkin salah satu faktor penyebabnya adalah smartphone saya sendiri, Xperia Ray! Xperia Ray ini mengusung prosesor Scorpion single-core dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 512MB. Xperia Ray ini mungkin sudah terlalu tua, hehehehe :mrgreen:. Berdasarkan info yang beredar, BBM for Android baru mulus dijalankan di smartphone Android yang ditenagai prosesor dual-core 1GHz dan ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Entah ini informasi resmi atau bukan Laughing out loud.

Konsumsi Baterai BBM for Android Boros

Photo-0018

BBM for Android bikin konsumsi baterai Xperia Ray saya menjadi lebih boros dari biasanya, apakah pembaca yang telah menggunakan BBM for Android juga merasa demikian? I don't know smile Biasanya, saya charge full Xperia Ray jam 2 siang, baru charge baterai lagi jam 12 siang esok harinya. Nah setelah pake BBM di Android ini, saya charge jam 2 siang, besok jam 9 pagi udah harus isi ulang baterai lagi. Bahkan temen saya lebih parah lagi, pake Andromax I charge full cuma bertahan 3 jam, hahahahaha :mrgreen:

BBM

Kalo saya sih gak separah itulah, Xperia Ray saya masih bisa bertahan cukup lama meski ada BBM for Android  di dalamnya. Tapi memang konsumsi baterainya jadi sedikit lebih boros dari biasanya setelah pake aplikasi BBM for Android.

Harapan Saya pada BBM for Android

Harapan saya pada BBM for Android adalah pada fiturnya. BlackBerry harusnya nambahin fitur-fitur BBM for Android  agar dapat bersaing dengan WhatsApp , LINE, WeChat, dan sebagainya. Perbaiki BBM for Android  agar nggak bikin boros konsumsi baterai dan konsumsi memori RAM. Yah gitu dulu aja sih, udah gratis minta yang aneh-aneh, kasian itu BlackBerry udah mau bangkrut hahahaha :mrgreen:. Sampai disini dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.

67 COMMENTS

  1. Seumur hidup belum pernah menggunakan BBM di ponsel sendiri. Maklum mas ponsel saya Nokia 101, hayah. Bertambahnya aplikasi yg disematkan di gadget kita dalam keadaan running tentu meningkatkat konsumsi dayanya. sudah dicoba dengan mengoffkan 2 atau 3 aplikasi lainnya ga mas, hehehe.
    Thanks banget buat reviewnya.

    Btw saya coba install di Android for PC ora biso je, wkwkwkwk

    • @MassolPanjava
      Sudah saya relakan meng-offkan 3 aplikasi social media yang selalu running, ternyata tetep boros, hehehehe… Saya malah belum pernah instal Android di PC…katanya pake BlueStack lumayan oke tuh?

      • Saya menggunakan aplikasi tersebut mas. tp yo karna online di PC lebih enak aplikasi2 non mobile. Make Whatsapp pun rasanya ga sreg, hehe

  2. aduuuuh…… RAM nya kuecil bgt itu ommm… ya pantesan lemot ː̗̀=Dː̖́ w ª a κ ª a κ ª a κ ː̗̀=Dː̖.. punyaku androinya lancar jaya. RAM 1g

  3. @tuxlin
    Bukannya andromax i udah dual core ya? Harusnya lbih enteng dong.Busyet klo hp cuman bs 3 jam 😀 Kalau terlalu lama pake bbm,lama-lama tu android overload trus ngehang (ngehang-nya BB nular ke android) :mrgreen:

  4. dear pecinta gadget.

    saya pake 2 jenis OS. BB & Android. yg saya tau pake android (selama paket data diaktipkan) batre lebih boros daripada paket data di off kan. karena ketika paket data diaktipkan maka sistem akan terus2an send & receive sendirian (ngga tau ngapain). hal ini lah salah satu pnyebab batre boros. apalagi kalo diinstall aplikasi seperti Whatsapp, WeChat atau lainnya. ditambah lgi BBM di android. Hal ini tentu ada dampaknya pada konsumsi batre. sehari bisa 5x ngecas hp.

    kalo saya perhatikan di hp BlackBerry kayaknya konek ngga terus2an utk BBM & Email. akan konek saat ada message masuk & message yg mau kita kirim. (seperti sms lah. ngga konek terus2an). jadi hemat batre.

    saat ini saya masih belum tau persis gimana sistem android bekerja utk koneksi messenger seperti BBM. apakah terus2an send & receive utk mengecek message yg masuk atau ngga.
    kudu nanya ke pembuat OS nya. 🙂

  5. Dear all

    saya pake 2 jenis OS. BB & Android. yg saya tau pake android (selama paket data diaktipkan) batre lebih boros daripada paket data di off kan. karena ketika paket data diaktipkan maka sistem akan terus2an send & receive sendirian (ngga tau ngapain). hal ini lah salah satu pnyebab batre boros. apalagi kalo diinstall aplikasi seperti Whatsapp, WeChat atau lainnya. ditambah lgi BBM di android. Hal ini tentu ada dampaknya pada konsumsi batre. sehari bisa 5x ngecas hp.

    kalo saya perhatikan di hp BlackBerry kayaknya konek ngga terus2an utk BBM & Email. akan konek saat ada message masuk & message yg mau kita kirim. (seperti sms lah. ngga konek terus2an). jadi hemat batre.

    saat ini saya masih belum tau persis gimana sistem android bekerja utk koneksi messenger seperti BBM. apakah terus2an send & receive utk mengecek message yg masuk atau ngga.
    kudu nanya dulu ke pembuat OS nya. 🙂

  6. penggunaan bbm for android mmg lebih boros di batery… sblm install sy charge hp sehari sekali dgn pemakaian wajar… hanyaemail.. dan wa yg sering.. stlh install bbm for android bisa ampe 3x charge dlm sehari…. kenapa app bbm android gak bisa di move ke sd card ya???? ada yg tau???

    • @duniaely
      sama mbak, akhir oktober lalu saya juga lumayan sibuk, sampe jarang tidur, hehehehe… November ini agak longgar, tapi bingung mo nulis apa, hehehe

  7. emang hrs nunggu sampai ada mood dan ide yg dtg ya bro ? 😛 kalau aku sih di draft byk tema yg sdh tersimpen, tapi ngotak atik sama nyari gambarnya itu yg males les Saat ini 🙂

    pernah nulis bareng nggak bro sama Blogger lainnya ? 😛

    • @duniaely
      iya mbak, gak tau nih bisa blank gini… padahal pas awal2 blog ini berdiri, ide lancar… dan postingannya gak melulu soal review. Saya kadang suka baca postingan lawas blog saya sendiri dengan harapan bisa memunculkan banyak ide seperti dulu 🙂

      Belum pernah mbak, ketemu aja belum 🙂

    • @gadgetboi
      ane belum pernah pake BBM n temen2 banyak yang pake BB, hehehhe… BlackBerry masih hrus ngembangin fitur BBM for Androidnya lebih jauh lagi, biar bisa saingan sama LINE, WeChat, dan temen2nya 😀

  8. Bener gan,,,bikin btre cepet terkuras,,,tp untuk mslh bbm g bisa dipindah ke sd,,,pny aq bisa aq pndah ke sd card,,,cr nya y cm diroot ajj hh nya,trs install link2sd,,sblmnya buat partisi di sd card,,,nha uda d,,,maw dipndh dihps maw diapaain jg enjoy ajj,,aq pk lenovo A390 pake costum kitkat,,

  9. Di saya bisa makan ram sampe 43mb..biasanya sih sering saya matikan bbm nya. Paling saya hidupkan 4 kali sehari buat cek n ricek..hehe..itupun cm sebentar sp tau ada pesan msk.

  10. coba tips berikut gan

    *wajib root
    *wajib partisi microsd(rekom: microsd class 10)

    -download n pasang link2sd
    -buka link2sd
    link kan bbm : dalvick cache n library
    utk aplikasinya biarkan tetap di internal

    semoga membantu gan d:)

  11. aplikasi bbm ini membuat kenerja androit menurun contoh kalo sedang download gampang gagal semenjak ane instal bbm waktu di uninstal normal lagi

    saran
    kalo lo orangnya hobi internetan yang berat berat seperti download n lain2 jangan instal ni aplikasi tapi kalo lo internetnya cuman chatin browsing nggak terlalu masalah

  12. kayanya sepakat dengan artikel ini.. gw pake andromax-i sampe beli baterai 3000mah.. tetep aja boros?!?!?! bukannya mau fitnah,tp setelah dipikir dan
    dinalar, kaya’nya BBM d pelakunya..
    Maaf kalo salah / gak sepaham sama yang lain..

  13. android itu system operasi gagal,minim riset,fitur memang melimpah seolah kelihatan canggih,tapi gak di cocokkan dengan prosesor.rancangan asal jadi,mungkin nyusun skrip untuk software nya pas lagi boker sama antri sembako,makanya pake prosesor 100 core pun serasa single core,mungkin susunan kode programnya kacau balau,jadi proses rendering perintahnya bikin prosesor muter muter dulu,ibarat orang mau ke utara tapi jalannya ke arah selatan.pantas saja android itu boros,lemot,hang.gilee… RAM 1GB di kuras secepat kilat. 😀

  14. hahahaha ..
    maaf nih agan robot,,agan tau dari mna system operasi gagal???
    qta ambil logika aja yah gan klo emank system gagal knpa bs untuk bermain psp yah ..
    hhm,,maaf nih bkn mau membandingkan system operasi yah antara robot ijo dengan os bb ..
    cm secara kualitas udh kebukti koq brand yg agan tau seperti samsul ,, htc ,, sony ,, dan merk lain nya bs maju pesat ..
    bkn mau menuduh ,, bkn mau mencibir ..
    yg harus jd pertanyaan knpa pihak bb ingin bekerjasama dengan android dan ios???
    itu yg jd pertanyaan??apakah pihak rim sudah mengetahui bahwa android dan ios akan berkembang?? ..
    waktu bbm blm masuk di android dan ios ,, pihak ios dan android tidak ada pengeluhan ,, tetep produk2 yg memakai system linux ini msh bs mengalahkan RIM dri blackberry tanpa ada aplikasi bbm nya..malah ios dan android bersaing ketat di dunia smartphone ..
    aduh kurang update nih mas robot ..
    hihihihihihihi,,maaf nih agan robot dri jurusan apa yah??electro kah??programer kah??atau IT??
    ane tambahin yah gan.
    ios menggunakan linux ,,
    andro jg sama linux ..
    yg jd pertanyaan bwt agan awal mula RIM itu dari mana yah??
    os kah??
    ga mngkin klo agan mengerti 10000% tentang linux tidak tertarik dengan anak didik nya ios dan android ..
    jaman sekarang saja sudah banyak dari anak smp sampai orang dewasa sudah mengerti apa itu rooting ,, porting ,, cusrom ,, CWM …
    klo untuk urusan boros batre atau apa lah,, saya kira 90% tidak benar ,, tergantung pemakaian masing2 ,,
    sedikit review ,,ane pake cross a28 .. distu sudah ada app yg berjalan bbm ,, WA dan line .. bwt ane fine2 aja …
    skrng ane pke advan s5f malah tambah bangga saya .. no lag ,, no hang (seperti mas robot bilang) ,, no boros batre ,, game lancar jaya dengan batre 2500 mah .. klo bs dihitung saya sudah flash ulang bwt ganti2 rom itu sudah berkali-kali ..
    no problem …
    maka nya agan sering sering jalan2 lah di dunia maya ..
    liat perkembangan robot ijo ..
    terima kasih.
    NB : jangan membuat berita yg belum tentu benar ada nya ,, os tidak gagal tp cara berpikiran agan yg gagal …

  15. weleh, makanya beli barang komputer jangan yang merknya mahal mahal, ini pengalaman saya, dulu beli vga card 2 juta, beberapa tahun kemudian cuma seharga 60 rebu saja bekasnya. beli gadget itu beli tehnologinya, ga terlalu penting merek atau gengsinya, pakai hp erikson 8 jutaan barunya, begitu dijual bekasnya cuma 1 jutaan, kalau sekarang tu hp ga laku dijual, cuma buat ganjalan pintu. sekarang pakai hisense quard core 1,2 giga, beli murah, pakai sampai 3 tahun, tinggal buang, ga sakit hati.
    referensi : pengalaman pribadi.

  16. jelas boros,adik sy bli bb minta sy utk diisi macam2 aplikasi. krn blon ada wkt, sy anggurin 3 jam. saat akan sy garap batere tinggal 1 bar. sy syok. ty2teman yg pake katanya bb bisa cas 2 ampe 3 kali sehari. ato sedia power bank

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here