Cara Cepat Membuat Id Card Karyawan – Yuk kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat id card karyawan , cara ini pasti akan dibutuhkan untuk para karyawan baru di suatu perusahaan atau pabrik jika ingin membuat sendiri id cardnya dan juga mungkin untuk id card sebuah organisasi atau kepanitiaan.

Cara Cepat Membuat Id Card Karyawan 1
credit: pixabay.com

Menggunakan Data diri

Data disini yang dimaksud adalah data diri anda sebagai pemilik id card seperti nama, jabatan, tempat tanggal lahir, alamat, dan lain lain. Tulis dengan benar jangan sampai ada data yang keliru lalu. Hal yang tidak kalah penting adalah foto pemilik id card yaitu fotomu sendiri usahakan foto yang digunakan merupakan foto formal bukan selfie miring miring karena ini akan digunakan sebagai id card karyawan.

Menciptakan Desain Id Card

Proses ini sangat penting karena disini kita mengatur bagaimana warnanya, besar kecil tulisannya, bagaimana perpaduan warnanya dan lain lain. Sehingga jika data diri sudah lengkap, desain juga harus rapi dan menarik maka dari itu biasanya jika membuat sendiri kita bisa menggunakan software yang sudah tersedia di laptop seperti Photoshop atau Corel Draw.

Mencetak Id Card

Desain sudah siap waktunya mencetak id card. Biasanya id card dicetak menggunakan printer thermal agar hasilnya lebih tajam dan agar lebih maksimal. Usahakan ketika mencetak kualitas gambar dinyatakan DPI atau dots per inc-nya tinggi sehingga Id Card karyawan berkualitas bagus. Untuk kertasnya, ukuran mencetak id card itu biasanya menggunakan kertas PVC yang memang diperuntukkan untuk id card karena lebih tebal keras dan berkualitas bagus. Kita tidak bisa menyamakan menggunakan HVS karena tidak sama seperti mencetak dokumen lainnya.

Laminating ID Card

Agar Id card terjaga dan lebih bagus lagi maka kita bisa memberi lapisan laminasi atau melaminatingnya. Mesin Laminasi membuat kertas hasil desain dengan kertas PVC menjadi melekat serta menempel dengan sangat kuat satu sama lain. Sebenarnya kertas PVC sudah memiliki tekstur yang keras dan berkualitas bagus tetapi tidak ada salahnya jika kita berjaga jaga agar id card tidak mengalami kerusakan sehingga lebih baik lagi jika dilaminating.

Cetak Bentuk ID Card

Setelah mencetak id card kemudian melaminatingnya, kita akan mulai lagi dengan mencetak bentuk Id cardnya. Kalian bisa bikin id card agar bentuknya menjadi lebih menarik dan mencustom ukurannya agar lebih unik. Tetapi lebih baik Id card karyawan sesuai dengan pola template yang di awal tadi atau yang sudah kita desain dari awal tadi sehingga kelihatan lebih rapi. Sesuaikan juga bentuk id card dengan plong id card.

Dipasangkan ditempat Id Card dengan hati hati

Setelah selesai mencetak bentuk id cardnya kita bisa langsung menggunakannya dengan menggangtungkannya di tali atau di leher kalian atau memasangkan langsung ketempat id card sehingga dapat digunakan. Bermacam – macam tempat id card sesuaikan dengan kebutuhan kalian atau jika id card karyawan diperusahaan sesuaikan dengan perusahaan atau organisasi atau acara yang kalian gunakan id cardnya.

Nah, itulah cara cepat membuat id card karyawan tetapi jika kalian ingin membuatnya tetapi kalian tidak ada alat untuk membuatnya kalian bisa beli disini ist.co.id dijamin lengkap dan tersedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here