Cara Kembalikan Data Hilang di Smartphone Menggunakan EaseUS MobiSaver for Android

0

Cara Kembalikan Data Hilang di Smartphone Menggunakan EaseUS MobiSaver for Android – Halo Pembaca! Pernah mengalami data hilang atau terhapus di smartphone Android? Jika pernah, berarti Anda termasuk orang-orang yang pernah apes hahahaha… Tuxlin Blog nggak bermaksud ngledek kok, soalnya pernah juga mengalami musibah semacam itu dan beberapa kali malah. Kesalahan Tuxlin cuma satu, yakni nggak pernah back up data smartphone ke laptop atau media penyimpanan eksternal.

Alhasil, begitu ada musibah dan data hilang begitu saja. Yang tersisa hanyalah penyesalan dan air mata… *garuk tembok*. Lalu bagaimana kalau sudah terlanjur terhapus atau hilang dari smartphone Android? Bisa dikembalikan kok, Tuxlin Blog pakai aplikasi EaseUS MobiSaver for Android! Penasaran seperti apakah aplikasi tersebut? Simak ulasan EaseUS MobiSaver for Android oleh Tuxlin Blog kali ini.

EaseUS MobiSaver for Android

Download EaseUS MobiSaver for Android

Nama EaseUS tentu udah nggak asing lagi bagi pembaca yang sering bergelut dengan data di laptop atau PC. EaseUS sebelumnya terkenal dengan aplikasi recovery data untuk PC yang sering disebut dengan nama EaseUS Data Recovery Wizard yang juga pernah Tuxlin Blog ulas. Nah sekarang mereka meluncurkan aplikasi dengan fungsi serupa dan dinamai EaseUS MobiSaver for Android.

Sama seperti aplikasi recovery untuk PC, EaseUS MobiSaver for Android ini juga tersedia versi gratisnya dan dapat diinstal di PC dengan sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, dan tentu saja Windows 10! Download EaseUS MobiSaver for Android melalui tautan di Sini (Klik).

Instalasi EaseUS MobiSaver for Android

Setelah file installer EaseUS MobiSaver for Android telah terunduh dengan sempurna, maka instalasinya cukup mudah gaes. Instalasi aplikasi EaseUS MobiSaver for Android sama seperti aplikasi lainnya di Windows, caranya cukup dobel klik saja pada file installer dan proses instalasi EaseUS MobiSaver for Android akan segera berjalan. 🙂

EaseUS MobiSaver for Android

Pilih English (default), kemudian klik OK.

EaseUS MobiSaver for Android

Pilih “I accept the agreement” kemudian klik Next.

EaseUS MobiSaver for Android

Klik Next.

EaseUS MobiSaver for Android

Klik Next.

EaseUS MobiSaver for Android

Opsi ini bebas, boleh di centang semua juga boleh nggak dicentang. Klik Next.

EaseUS MobiSaver for Android

Klik Install untuk memulai instalasi EaseUS MobiSaver for Android.

EaseUS MobiSaver for Android

Tunggu hingga proses instalasi EaseUS MobiSaver for Android selesai.

EaseUS MobiSaver for Android

Proses instalasi EaseUS MobiSaver for Android telah selesai, pilih Yes jika mau restart komputer sekarang atau No untuk restart nanti. Kemudian klik Finish. Proses instalasi EaseUS MobiSaver for Android telah selesai. 🙂

Baca juga:Review Eggel Terra XL, Speaker Bluetooth Tangguh & Tahan Air

Cara Kembalikan Data Hilang dengan EaseUS MobiSaver for Android

Setelah aplikasi EaseUS MobiSaver for Android terinstal di laptop atau komputer, kita siap balikin data yang hilang dari smartphone Android, baik data yang tersimpan di memori internal maupun eksternal. Data yang bisa dikamblikan dari smartphone Android melalui aplikasi juga macam-macam gaes, sebut saja file pesan, kontak, dokumen, musik, video, dan juga foto. Berikut ini langkah mengembalikan data yang hilang menggunakan EaseUS MobiSaver for Android.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjalankan aplikasi EaseUS MobiSaver for Android dan menghubungkan smartphone Android yang akan kita kembalikan datanya menggunakan kabel data. Pastikan kita mengaktifkan mode developer dan kemudian mengaktifkan mode USB Debugging. Untuk menggunakan seluruh kemampuan EaseUS MobiSaver for Android, smartphone harus di-root terlebih dahulu dan pastikan baterai yang tersisa lebih dari 20%.

Setelah smartphone Android terhubung, maka EaseUS MobiSaver for Android akan mendeteksi dan mengenali perangkat smartphone kita. Setelah selesai dikenali, klik Start untuk mulai proses pendeteksian lebih lanjut dan scanning file akan segera berjalan. Proses scanninh file yang hilang di smartphone Android ini kadang bisa lama bisa cepat, tergantung kapasitas memori ponsel gaes. Kalau memorinya gede dan isinya banyak, prosesnya bakal makan waktu lebih banyak. 🙂

Setelah proses scanning selesai, makan akan tampil file-file yang telah hilang dari smartphone Android kita. Semua file yang telah terhapus akan ditandai dengan warna merah. 😎 Pilih file-file yang akan di-recovery atau dikembalikan, kemudian klik tombol Recover. Kemudian kita akan memilih lokasi penyimpanan file yang telah berhasil di-recover. Pilih lokasi yang berbeda dengan lokasi file hilang, agar tidak terjadi overwrite. 🙂

Lalu bagaimana jika smartphone Android yang datanya hilang ternyata tidak dalam kondisi di-root? Aplikasi EaseUS MobiSaver for Android akan menampilkan pesan seperti di atas. Kita dapat melanjutkan proses recovery dengan menggunakan mode USB Mass Storage yang dapat diaktifkan melalui menu Settings di smartphone. Sampai di sini dulu ulasan mengenai cara kembalikan data hilang di smartphone menggunakan EaseUS MobiSaver for Android, semoga bermanfaat bagi pembaca Tuxlin Blog!

Anda mungkin suka:Realme 1 Segera Masuk Indonesia, Xiaomi & Asus Harus Waspada?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here