Compaq 515, Murah!

92

Halo pembaca! Saat pameran komputer bertajuk NIX 2010 di solo, seorang tetangga mengajak saya membeli sebuah laptop, namun bujetnya sangat terbatas, kira-kira 4,2 juta saja. Dari bujet 4,2juta itu masih harus dikurangi untuk membeli flashdisk dan keperluan lain, so bujet murni untuk membeli laptop ya dibawah angka tersebut. Awalnya saya merekomendasikan Acer 4732Z yang hari sebelumnya di lego paling murah 4 juta pas. Namun saya dan tetangga tadi datang di hari terakhir pameran, dengan asumsi harga diskon lebih ‘gila’. Apes, harga malah naik, paling murah 4,2 juta. Akhirnya saya berpaling ke merk lokal seperti Axioo, Forsa dan Zyrex. Ketiga merk ini memberikan spek yang cukup bagus, bahkan Zyrex menawarkan spesifikasi Core2 Duo T6500 dengan chipset intel, ram 1gb, 250gb hdd dengan harga 4 juta pas. Saya sempat tertarik sih, namun begitu melihat barangnya, tetangga saya gak suka bentuknya :(, padahal ini spek terbaik di harga 4 jutaan. 2jam muter-muter liat brosur, tanya-tanya penjaga stand dan akhirnya saya rekomendasi Compaq 515 dengan harga paling murah 3,85 juta, gak ada pilihan lain, daripada dapet celeron?hahahahahaha…oke mari di review, berikut spesifikasi dari Compaq 515

Prosesor AMD Athlon X2 QL-66 2,2Ghz

1GB DDR2 memori

250GB HDD

Int. Ati Radeon HD3200

layar 14,1 inch LCD

WLAN, LAN, Card Reader, Webcam

Baterai 6cell 4160 mAh

Bodi full berwarna hitam dengan logo Compaq

Penampilan  dan Usability

Tampilan luar compaq 515 ini full hitam dan bodi nya non-glossy sama dengan kembaranya, compaq 510 dengan logo compaq di bagian luar. Secara umum, desainya terlihat biasa-biasa saja dan cenderung kurang menarik, terkesan generik. dasain keyboardnya cukup nyaman, cuma bentuknya aja yang terlihat biasa saja. Untuk mengaktifkan WLAN, terdapat shortcut di samping tombol on/off, cukup mudah daripada harus menekan kombinasi fn+xx. Satu hal yang krang saya suka adalah penempatan 3 port usb di samping bodi notebook secara berdampingan kayak orang baris,wkwkwkwkw… ini akan bermasalah jika menancapkan Flashdisk/usb periperal lain yang berukuran besar dan lebar akan menutupi port usb lainya.

jiah polos, gak ada stickernya,hehehehe….

Perlengkapan

Perlengkapan alias packagenya meliputi unit notebook, adaptor charger, 2 kabel power, buku petunjuk, CD user guide dan kartu garansi. Kok gak disertain CD driver ya? Padahal itu penting lho bagi konsumen yang tidak terjangkau koneksi internet. CD user guide isinya apa yah? Jujur belum sempat saya buka, barangkali  saja ada drivernya, hehehehe… Ciri khas produk HP/Compaq pasti jack kabel powernya gak langsung tancep, modelnya sih katanya kayak jack power eropa, kayak gini nih tampangnya jack nya…

Gak bisa langsung tancep harus beli converternya dulu.

Converter jack nya kayak gini, TIDAK disertakan dalam paket pembelian, so beli sendiri yah :D.

Sisi kiri laptop, terdapat outake pendingin, kenshington lock, Lan, VGA out, 3 USB

Sisi kanan hanya terdapat DVD-RW drive saja. Card reader berada di sisi depan.

Performa

Performa notebook ini secara umum  cukup baik untuk komputasi menengah kebawah. Prosesor yang digunakan Athlon X2 Dual-core QL-66 memberikan performa yang baik dari harga yang ditawarkan. Athlon X2 QL-66 ini merupakan keturunan dari Turion 65nm yang memiliki codename ‘Griffin’ hanya saja Athlon ini dilengkapi L2 cache lebih kecil, yaitu 512kb. Athlon X2 QL-66 ini berjalan dengan kecepatan 2,2Ghz deng frekuensi hypertransport 3600Mhz (1800×2). Lumayan tua nih procie,hehehehe….

cpu-2221

Meskipun prosesor ini sudah berumur, performanya sebagai prosesor dualcore tak bisa dipandang sebelah mata susah memandang pake sebelah mata, capek. Performa prosesor ini dalam menjalankan aplikasi sehari-hari alias basic komputing sudah sangat mencukupi, prosesor ini cocok untuk aplikasi kelas menengah dalam penggunaan resource. Berikut sedikit gambaran performa Athlon X2 QL-66 yang telah menjalani benchmark Everest v5.5.

New PictureKelebihan lain dari Compaq 515 ini adalah graphic card onboard Ati Radeon HD3200. Ini merupakan nilai lebih alias ‘killer’ dari laptop yang seharga dibawah 4 juta ini. Setau saya belum ada laptop dengah harga di kisaran ini dibekali dengan VGA onboard yang cukup powerfull. Anda tidak perlu khawatir jika memainkan video sekualitas HD atau memainkan game 3D sekelas NFS:Carbon di laptop ini. Jika anda memiliki dana lebih dan berencana menggunakan OS windows 7 di laptop ini, sebaiknya anda menambah memory menjadi 2GB agar performa maksimal.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Laptop Compaq 515 ini memberikan performa yang cukup baik untuk komputasi sedang dan dibekali oleh graphic onboard yang cukup powerfull. Desain laptop ini terlihat biasa saja, tidak ada yang istimewa menurut saya. Laptop ini cocok bagi yang mendambakan performa yang baik dengan harga sangat terjangkau (3,85jt). Laptop dengan harga kisaran ini hanya ada axioo dengan prosesor Celeron dualcore dengan chipset SIS, yang lainya hanya ada netbook dengan prosesor Atom :). Kekurangan laptop ini menurut saya terdapat pada desainya yang generik dan jack powernya yang memerlukan konverter.

Outro….

Jujur saja, sebelum ini, saya telah merekomendasikan laptop ini pada 3 orang teman, padahal saya baru tau performanya setelah orang ke 4 yang saya rekomendasikan,hehehehe… untunglah performanya lumayan, hehehehe… Kalo performanya jeblok bisa digebukin nanti saya :mrgreen:.

92 COMMENTS

  1. tadi siang habis bli laptop ini… ini lagi nginstal… saya dapet 3825 di jogja. bonus bluetooth,keyboard protector ama lcd screen cleaning kit… lumayannnn.. sebenernya tadi maw bli yang ram 2giga cuman 3975.. tapi berhubung duit ane cman 4jt ya udah buat bli yang laen2, kayak flashdisk, mouse de el el..
    minusnya 1 lagi .. ternyata grapic chardnya pake memory shared dr memory yang 1 giga itu 🙁

  2. Dari dulu compaq enggak pernah ngasih cd driver bung tuxlin 🙂 kita yg harus cari sendiri 😆 … Mantab nich notebook baru …

    Eh .. X2 neo sama athalon itu kuatan mana? Saya tahu neo itu versi atomnya amd tapi katanya lebih powerful yah?

    • @gadgetboi
      menurut review atom dualcore vs athlon neo x2 emang kenceng athlon neo x2 bro, begitu juga dengan atom single core vs athlon neo mv40, unggul athlon neo, cm TDP athlon neo lebih tinggi bro… neo kayake skitar 15w… atom skitar 8w

  3. compaq cq40 milik saya dah 2x ganti lcd,untung masih garansi jadi diganti gratis. Kata penjualnya seri cq40 memang jelek. sekarang saya ganti pake dell inspiron beli di solo waktu pameran kemarin. btw rumahnya mana mas saya juga sekitar solo.

  4. aku dah pake laptop ini hampir satu tahun….jade garansinya uda hampir habis, hehehe…
    pake 3 0S, ubuntu xp ma 7…
    mantappp… ga kalah ama S**y V**o temenqu kalo buat grafikan kaya COrel….

    emang luarnya keliatan kusem.. tapi
    dont judge a “note”book from the cover…..
    hehe..

  5. Baru beli hp cq 515 baru sminggu adaptor chargenya dah rusak dah ga bisa ngchas trus ga bsa dicolokin listrik. Wah apes bnget dapet barang jelek…… Mau komplain jauh bnget tokonya dari rumah…… Nasib….nasib….

  6. Tolong kasih solusinya donk mas ntar krim ke email aja ya mas
    Laptop hp cq 515 bru bli tgl 7 agust 2010, baru pemakain seminggu adaptor chargernya dah rusak ga bisa buat ngecas batre, dicolokin langsung pake listrik tanpa batrai juga ga mau, laptop murah kualitas murahan juga mungkin, baru 1 minggu udah ada yg ga beres, tolong donk mas kasih solusinya, diservice apa minta garansi atau beli baru, makasih mas tengkuy bls ke email saya mas,…

    • @parmin
      wah berarti anda apes, soalnya, dari 4 orang temen saya yang saya rekomendasikan pake laptop ini gak ada masalah tuh, :).
      saran saya, mending di garansikan, gratis dan lebih terjamin 🙂

  7. @Parmin… mendingan di garansiin aja gan…
    garansinya HP ama compaq tempatnya sama…
    coba ke tokonya dulu… biasanya sih terus disuruh ke service center nya… kalo di jogja ada di jalan monjali…….

    pengalaman kalo masih garansi biasanya di ganti baru…..

    kemaren baru aja garansiin compaq cq40-717tu yang rusak, rusaknya waktu di charge.. baterenya ga ke detect trus langung mati….. digaransiin n disuruh sekitar 2 minggu…..

    (kayanya problemnya hampir mirip tuh,….)

    sekarang udah jadi dan ga bayar apa2….. padahal ganti motherboard ama baterenya………

    tak ada gading yang tak retak…….

    • @eka
      prasaan gak panas2 bget deh.. asal lubang exhaust gak ketutup, aman2 aja… Baterai Compaq 515 emang cuma kuat 2 jam-an gan….

  8. gan, ane sudah pake ni laptop hmpir setahun, tidak mengecewakan. 12jam lebih setiap hari(kadang 24 jam) nyala sampai sekarang normal2 aja,
    cuma pingin upgrade ke 2Giga gimana gan? apa yg diperlukan dan caranya gimana thanks. kisaran harga sekalian

  9. bawaan ini laptop 1GB, kebaca 768MB. rencana memory ditambahin 2GB (pingin main pes 2010 dgn quality high) pertanyaannya slot nya ada brp ya??
    kalau slot nya 2 rencana 2.5GB (bawaan + 2GB)
    tp klo 1 slot, memory yg lama di ganti sm memory 2GB (yg lama dibuang donk)
    thanks pencerahanya

    • @wince
      kalo gak salah si 2 slot gan 🙂 coba cek di situs resminya. Rata2 notebook kan pake 2 slot memory, jd yang lama gak perlu dibuang 😀

  10. harga baterai 515 berapa ya..oia setahu ane compaq keluaran 2008 akhir emang baterainya yang bermasalah.. klo emang 515 kelauran tahun gitu ya harap maklum..

  11. Ikut comment dahh, gw juga beli ni compaq 515, setelah berjuang dengan budget yang minimum…akhirnya jatuh hati e laptop ini.
    biar kata banyak kekurangan nya (batere yang tahan 2 jam kurang, USB yang baris, Exhaust yang kurang nendang, body doff yang gampang ngejiplak tangan)
    tapi overall, gw PUAS! banget ama ni laptop.
    sekarang jalan XP SP3 + OpenSuse 11.3 dengan tambahan RAM sehingga jadi 2GB (bonus, lagi promo dulu)
    rencana ke depan, nambah RAM jadi 3GB biar ngacir…

  12. Sudah hampir 11 bulan saya pake Compaq 515 QL-64. Sejauh ini saya benar benar puas. Awalnya saya pakai Win XP-Pro SP3. Setelah 3 bulanan, saya migrasi ke Win7-Ultimate. Sudah upgrade memory ke 2Gb dengan merk beda, tapi tetap bisa jalan Dual Channel. Memory asli pake Micron, tambahan 1 Gb pake A-Data. Sehari-hari pake untuk video editing plus rendering-encoding, dengan jam pemakaian yang luar biasa. Sering sampai 12jam nonstop ON terus. Rencana mau migrasi lagi ke Win7 Ultimate 64bit, belanja memory 4Gb x 2pcs biar full ngaciiiir!!! Menurut data resmi yang saya punya dari HP, laptop ini mampu membaca memory sampai dengan 8Gb menggunakan OS 64 bit.

  13. bos saya beli tanggal 26 0kt 2009 batre dah droup… waktu di colokin ke di indikator batree ada tanda cros red, sistemnya ato emang batrenya,,, sampe penasaran takutnya sistemnya dah saya instal w7 dah 3x tapi tetep aja masih ada tanda.kalaw garansi apa termasuk batree ga ya.?

  14. SOb ane beli laptop ini dengan harga yang lumayan tinggi,4.1jt tapi ane di kasih memory 1GB lagi. kira2 itu sesuai gak dengan harga sekarang??? and tadi pas ane baca coment2nya malah ada yang dapet bonus yang lumayan banyak,apa masih bisa ane minta ya…..”bluetooth,keyboard protector ama lcd screen cleaning kit”??

    • @@ndi
      menurut saya harga segitu dengan bonus RAM 1GB masih rasional. bonus bluetooth dll tergantung promosi tokonya, hehehehe 😀

  15. ni labtob lumayan oke perbandingan price to performance…saya jg punya ni compaq515. win7 64 bit lancar. slot memori ada 2, radeon HD3200 biarin GPU onboard tapi adalah GPU onboard pertama di dunia yg support HD (sygnya ga ada port HDMI yh?). Support DirectX 11, 3D Mark 2001 SE berjalan lancar dgn skor kisaran 6900. tampilan luar lumayan sangar – hitam doff, tapi sayang speaker cuma sebelah dan suara cenderung seperti handphone, haha.. (mgkn krn murah kli y? krn sebagian besar labtob2 HP & compaq g secempreng ini suaranya). sementara itu aja reviewnya, baru diangkut 3 hr yg lalu ni..

  16. kk ram 2 gb,,brp pasaran nya,,
    klo compaq 515,,
    mwu buat game revolusi tnggi butuh apa aja,
    tolong pencerahan GAn

  17. mw tnya nih, kl sekarang harga cOmpaq 515 2nd itu brpa y? coZ kmren ada Yg mw ngjual 3 jt,, kira” itu kemahalan gg? soalnya saya mau beli.. tlong info.a…

    mksii

    • @Aku
      emang gak ada yang baru 🙂
      Yah gak papa lah, nasi udah jadi bubur, maksimalkan yang ada 🙂 diskusi lebih lanjut, add ymq yah grayback_hammer

  18. aku sdh beli laptop cq 515, aq pake 6 bln, pas aku buat design undangan pake program corel draw x4, dan koreksi foto pake PS3 matot untung sdh hasil kerja aq sdh aku save.. terus aq klaim di service centernya HP, trus diminta nunggu 2 minggu, katanya yang rusak mother board dan prosesornya, setelah 2 minggu jadi nyala, normal tanpa diminta uang sepersenpun, katanya mother board dan prosesornya diganti baru, bersyukur dech…sekarang sudah normal dan dapat dipakai untuk kerja kembali bwt design.. thx buat sevice center HP…aq salut atas pelayanannya.

  19. MAS
    LAPTOP AKU compaq 515 kok wifinya bermasalah yaa
    bisa mendeteksi host tujuan tappi kalu di klik ada keteranganh problem yaa
    hem hem
    tpi kyak drivernya sudah terpasang
    mohon ya di di bls yaaa
    di email aja
    [email protected]

  20. mas bisa nda 515 di pakai 2 os wndows misx xp sm 7 at xp ma xp??????
    trus klw tmbh memory slot bagian atas atau bwh yg di lepas( leptop posisi normal).mksh mas

  21. punya saya sudah tewas setelah digeber setahunan untuk edit video + render. teman bilang sih VGAnya. Kira2 ada informasi dimana ada ladang pembantaian utk lapie ini?

  22. Kebetulan saya juga pake laptop compaq 515, di awal saya membeli dulu agak sedikit trobel karena setelah di instal, kalau gak pake mouse pasti gak bisa jalan, ternyata memang harus update masternya agar bisa dipakai tanpa menggunakan mouse..untuk sekarang sdh lbh baik, tdk ada troubel2, paling hanya kena virus, lalu instal ulang.

  23. ane jg pake ni compaq 515… uda hampir 2th.. masih fine2 aja, batre juga masih kuat 2jam an (bwt nnton film sampe kelar)… tapi maslhnya, ane uda nemuin 2 deadpixel di LCDnya…
    bagi temen2 yg pake lepi ini lebih dari 1th, coba deh di cek LCDnya.. ada dead pixlenya jg ga???

  24. @svengsli gmna ngecek dead pixelna…, aku pake nie laptop 2 taun…, bare udah soak…, btw nie laptop panas banget yow….,

  25. ane beli compaq c515 tgl 13-8-2010….ram 2gb…ni tak pakek buat PES2012..lumayan gan …..msih enak pkek…lok batre udah pasti udah soak…

  26. Awet gannn…..! sampe dettik ini laoptop compaq 515 ane masih lancar tanpa masalah apapun.
    Murah tapi awet. mantap ini HP.

  27. @ezugawa.
    ada dua Ga,,,! itu tumpuk atas bawah jadi gak keliatan, coba dicopot culu yg satu, pasti keliatan yang satunya lagi. oiya kalo cepet panas itu solusinya bisa ganti processor gan, AMD yg lebih bagus dari base nya.

  28. mas admin saya mo tanya nih..cq515 saya dh pk kipas atas,bawah kurang lebih 30 menit,..langsung mati…buat dipake internet,games or ngetik ?

  29. gan ane udah pakai ni cq515 sekitaran 2 tahun,,masalahnya sekarang kadang pas dinyalain, mesinnya nyala tapi LCD gelap2 aja (kadang2)… itu kenapa ya gan?

  30. Mas,kalau laptop ini mau dijual kembali,kira2 laku berapa untuk saat ini?
    Mas apakah ada rekomendasi laptop 1,5 juta- 2,8 juta?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here