Fedora 21 Linux Telah Dirilis, Download di Sini Gan!

Fedora 21 Linux – Halo Pembaca! Akhirnya distribusi atau distro Fedora 21 Linux versi final secara resmi telah dirilis dan tersedia dalam tiga varian, yakni Workstation, Server, dan Cloud. Sebelumnya memang rilis Fedora 21 Linux sempat mengalami beberapa penundaan dan tentunya fans berat Fedora tetep setia menunggu hingga rilis final 🙂 Jujur saja, Tuxlin selama menggunakan Linux belum pernah menginstal atau menggunakan distro Fedora, kenapa? Dulu saya telah dibutakan oleh cinta pada distro Mandriva dan PC Linux OS :mrgreen: , sehingga tidak begitu memperhatikan distro mayor lain seperti Fedora ini.

Fedora 21 Linux“Proyek Fedora dengan bangga mengumumkan Fedora 21, rilis final, siap untuk berjalan di desktop Anda, server, dan di cloud. Fedora 21 adalah game-changer untuk Fedora Project, dan kami pikir Anda akan sangat senang dengan hasilnya.”

“Sebagai bagian dari inisiatif Fedora.next, Fedora 21 datang dalam tiga rasa: Cloud, Server, dan Workstation – apakah Anda menggunakan Linux di laptop Anda, menggunakan Linux pada server Anda, atau berputar sampai kontainer atau gambar di cloud, kami memiliki apa yang Anda butuhkan untuk menjadi sukses,” menurut rilis resminya.

Baca juga: Langkah Instal Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn Linux

Seperti yang kita ketahui, distro Fedora ini dikembangkan oleh komunitas yang tergabung dalam Fedora Project yang disponsori oleh Red Hat. Pengguna Linux kawakan pasti nggak asing lagi dengan distro Red Hat yang dulu pernah populer dengan package RPM-nya. Sekarang Red Hat sudah punya bisnis yang membidik segmen enterprise dan sebagai gantinya, meluncurlah proyek komunitas yang disebut dengan Fedora ini.

Fedora 21 Linux ini tersedia dalam tiga varian yang bisa diilih sesuai dengan kebutuhan, yakni Workstation, Server, dan Cloud. Bagi pengguna desktop disarankan untuk memilih versi Workstation gan… Tapi kalau mau belajar dan coba-coba juga nggak masalah download Fedora 21 Linux versi Server atau Cloud. Saya masih awam mengenai distro Fedora ini, soalnya belum pernah pakai, bahkan distro turunannya pun belum ada satu pun yang pernah saya coba 😀 Eh ada ding, dulu jaman belum kenal Linux pernah nyoba instal IGOS Nusantara 2006 yang menggunakan basis Fedora.

Baca juga: Review Netrunner 14 Frontier Linux, Distro Keren dengan Desktop KDE

“Fedora Workstation adalah hal baru dalam pengembangan desktop dari komunitas Fedora. Tujuan kami adalah untuk memilih komponen terbaik, dan mengintegrasikan dan memoles mereka. Hasil kerja ini dalam sistem yang lebih halus dan ditargetkan daripada Anda pernah menggunakan Fedora desktop sebelumnya. Kami ingin sistem operasi desktop untuk memecahkan masalah Anda, tidak menjadi masalah Anda,” menurut rilis resminya.

System Requirement Fedora 21 Linux

  • Prosesor berkecepatan 1GHz atau lebih cepat
  • CD atau DVD blank untuk membakar instaler Fedora. Juga bisa menggunakan USB flash drive untuk media instalasi.
  • Memori RAM minimal 512MB. Memori RAM 1GB atau lebih besar disarankan untu performa lebih maksimal.
  • Ruang kosong hard disk minimal 10GB untuk instalasi

Download Fedora 21 Linux

Buat pembaca yang sudah nggak sabar pengen nyobain Fedora 21 Linux, bisa download di situs resminya.

Anda mungkin suka: Dari Mac OS X Migrasi ke Linux: NetRunner 14 Frontier


5 Comments

  1. fauzan December 14, 2014
    • Tuxlin December 14, 2014
  2. gadgetboi December 19, 2014
    • Tuxlin December 19, 2014
  3. bhery July 1, 2015

Add Comment

*