Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau

7 min read

Itel S23 Review

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau – Halo Pembaca! Pasar smartphone kelas entry-level tanah air emang baru aja dibikin gempar dengan kehadiran Itel S23! Kemunculan Itel S23 ini mengingatkan Tuxlin Blog dengan kemunculan Redmi 1S tahun 2014 silam yang menawarkan spek gahar dengan harga sejutaan saja, mantap kan? 😎 Ya sebenarnya Itel sendiri udah agak lama lho masuk Indonesia dan dimulai dari seri Vision. Saat itu emang nggak ada gebrakan, jadi nama Itel cuma sekadar lewat dan jadi lelucon karena kata “Itel” itu agak vulgar kalau bahasa jawa wkwkwk πŸ˜‚

Spesifikasi Itel S23 ini emang gahar cuy, bayangin aja dengan harga sejutaan lebih dikit aja udah dapat smartphone powerful bertenaga Unisoc Tiger T606 octa-core dengan RAM 4GB atau 8GB, kamera utama 50 megapiksel, baterai kapasitas gede, layar 90Hz, dan banyak lagi! Nggak cuma itu, Itel S23 ini juga tampangnya lumayan stylish dan desainnya nggak asal-asalan lho. Casing belakangnya aja untuk varian Mystery White bisa berubah warna jadi agak pink… Cowok-cowok pada suka kan? *eh 🫣 Daripada penasaran, mending langsung simak Itel S23 review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau

Spesifikasi Itel S23

  • Sistem Operasi Android 12 dengan antarmuka Itel OS 8.6
  • Chipset Unisoc Tiger T606 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,6GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,6GHz
  • Grafis Mali-G57 650Mhz
  • Dual kamera dengan kamera utama belakang 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8 dilengkapi LED flash, AI + kamera QVGA AI camera
  • Kamera depan 8 megapiksel lensa aperture f/2.0 fixed focus, sensor BSI CMOS, AI
  • Layar sentuh waterdrop Display 6,6 inci 2.5D aspek rasio 20:9, dengan resolusi HD+ 1612 x 720 pixels, kerapatan 269 ppi (pixel per inch), refresh rate 90Hz, 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 4GB atau 8GB, ROM 128GB UFS 2.1 dilengkapi slot microSD maksimal 1TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted)
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 165,0 x 76,3 x 8,6 mm dengan berat 185 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, standard charge 10W
  • Warna Black dan Mystery White

Harga Itel S23

Harga smartphone Itel S23 RAM 4GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun adalah Rp 1.299.000 dan Rp 1.449.000 untuk varian RAM 8GB dan ROM 128GB. Ada juga varian RAM 8GB dan ROM 256GB, harganya kalau ndak salah Rp 1.699.000. πŸ€”

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Itel S23Β di Sini (Klik)Β atauΒ di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Itel S23

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 1
  • Handset Itel S23 varian 8GB/128GB warna Mystery White
  • Kepala charger 10W
  • Kabel USB Type-C
  • Hardcase
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Itel S23

Harga yang tergolong murah banget nggak bikin tampang Itel S23 amburadul atau pakai desain asal-asalan. Smartphone Itel S23 ini desainnya stylish dan modern lho 😎 Ada dua varian warna, yakni Black dan Mystery White. Tuxlin Blog pilih varian warna Mystery White karena casing belakangnya itu bisa berubah warna jadi agak pink kalau kena sinar UV. Ini keren sih. Soalnya yang ada color changing case kayak Itel S23 biasanya cuma ada di smartphone dengan harga 3 jutaan ke atas.

Casinng belakang Itel S23 ini pakai finishing glossy yang berasa seperti kaca, tetapi sebenarmnya plastik. Ini agak licin kalau tangan kalian basah dan berkeringat. Sementara bagian atasnya ada housing kamera yang bentuknya bulat, hitam, menonjol, dan lumayan gede… Jadi inget sesuatu nggak sih? 🫣 Tuxlin jadi inget housing kamera Infinix Note 12 2023, modelnya kayak gini juga. πŸ˜‚

Itel S23 dibekali dengan frame flat yang juga berbahan plastik yang berasa cukup kokoh dan solid. Sementara kalau dilihat dari depan, Itel S23 ini nggak jauh beda kayak smartphone lain dengan layar berponi pada bagian atasnya. Bezel layarnya lumayan tebal dan ini bisa dimaklumi ya. Secara umum, desain dan build quality Itel S23 udah bagus banget untuk smartphone dengan harga 1 juta lebih dikit.

Pada Itel S23 review kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, earpiece, layar HD+ 2.5D berukuran 6,6 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Layar smartphone Itel S23 udah terlindungi oleh screenguard yang terpasang dari pabrik, tapi nggak disebutkan adanya proteksi antigores dari Gorilla Glass atau sejenisnya.πŸ€”

Tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Itel S23 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray SIM triple slot. Sisi atas nggak ada port atau tombol apapun. Sedangkan bagian belakang ponsel Itel S23 ini terdapat dua buah kamera, LED flash, dan logo Itel. Itel menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Antarmuka dan Fitur Itel S23

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 8

Agak disayangkan ya, Itel S23 ini masih pakai Android 12 dengan antarmuka Itel OS 8.6. Idealnya kalau hape yang belum lama diluncurin itu udah pakai Android 13 gitu yang terbaru. Sampai saat ini belum ada informasi apakah Itel S23 bakal dapat upgrade ke Android 13 di masa mendatang atau tidak? Itel sejauh ini belum ada track record ngasih upgrade OS sih hehehe… Namanya juga hape murah, harus serba maklum wkwkw… πŸ˜†

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 9

Tuxlin emang baru pertama kali review smartphone bseutan Itel, ya seri S23 ini. Anehnya, pas lihat Itel OS 8.6 ini kok kayak familiar ya? Semacam XOS punya Infinix yang ganti nama hehe. Ya sebenarnya tampilannya udah cukup rapi dan terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App Drawer. Desain ikonnya lumyan oke dengan bentuknya kotak dengan sudut rounded.

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 10

Opsi kostumisasi yang ada di Itel OS 8.6 yang digunakan Itel S23 ini lumayan lengkap. Kita bisa mengatur theme, wallpaper, widget, fonts, ukuran icon, dan banyak lagi sesuai selera. Jadi nggak gampang bosen tama tampilan menunya.

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 11

Meski Itel S23 ini harganya murah, fitur yang ada di dalam Itel OS 8.6 ini tergolong lengkap lho… Beberapa fitur andalannya antara lain face recognition, dark theme, Eye Care, auto-switch refresh rate, AI Assistant, Kids Mode, Smart Scenes, Social Turbo, Game Mode, Smart Panel, i-Smart, Video Assistant, Power Menu, Phone Clone, Peek Proof, Micro Intelligence, Phone Master, Dual App, Freezer, dan banyak lagi.

Baca juga:Poco M5 Review: Performa Paling Kencang di Kelasnya, Baterai Irit

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 12

Salah satu fitur menarik di Itel S23 review kali ini menurut Tuxlin Blog adalah Social Turbo memungkinkan menyimpan stories WhatsApp, clean WhatsApp, WhatsApp mode, video beauty mode, WhatsApp Sticker maker, dan banyak lagi. Fitur Social Turbo ini udah semacam fitur andalan ya buat smartphone besutan Transsion Group kayak Itel, Tecno, dan Infinix. πŸ€”

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 13

Aplikasi bawaan di smartphone gahar sejutaan Itel S23 ini ya lumayan lah ya, antara lain Google Apps, aplikasi proprietary Itel, AHA Games, Carlcare, Facebook, Hi Translate, Hi Browser, Instagram, My Health, Palm Store, Facebook Messenger, Visha Player, Welife, WPS Office, dan beberapa aplikasi lainnya.

Sejauh ini Itel OS 8.6 di smartphone Itel S23 ini udah lumayan bagus dengan tampilan antarmuka yang cukup mudah dimengerti, meski kurang clean atau minimalis menurut Tuxlin Blog. Fiturnya lengkap dan sejauh ini nggak ketemu bug yang mengganggu. Bagian yang paling ngeselin adalah spam notifikasi dari aplikasi bawaan πŸ₯²

Performa Itel S23

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 14

Soal performa emang jadi salah satu nilai jual dari smartphone Itel S23. Selama ini smartphone harga sejuta lebih dikit identik dengan performa yang lemot, dikit-dikit ngelag, dan nggak nyaman dipakai kalau instal banyak aplikasi. Nah stigma kayak gini yang bakal diubah Itel S23. Smartphone ini emang dibekali spesifikasi yang terbilang gahar untuk harga segini.

Jadi Itel S23 ini ditenagai chipset Unisoc Tiger T606 (12nm) yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,6GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,6GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 4GB atau 8GB. Sedangkan sektor grafis, Itel S23 ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 650MHz. Mantap kan? 😎

Padahal biasanya smartphone dengan harga sejutaan lebih dikit pakai chipset zaman megalitikum kayak Helio A22, Helio A25, Helio P35, dan bahkan ada yang masih pakai chipset dengan teknologi 28nm kayak Unisoc SC9863A πŸ˜‚ Mereka semua masih pakai core hemar energi semua dari ARM Cortex-A53 atau Cortex-A55.

Nah Unisoc Tiger T606 yang dipakai Itel S23 ini tergolong di atas rata-rata kalau dibandingkan pesaing terdekatnya karena sudah menyertakan cluster performance yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75. Nggak heran, performa sehari-hari berasa lebih responsif dan kenceng! Dipadukan dengan RAM 8GB, Itel S23 nggak bakal kehabisan RAM pas jalanin banyak aplikasi. Ini patut disebut era baru smartphone sejutaan!

Pas Tuxlin Blog jajal Itel S23 untuk penggunaan sehari-hari seperti komunikasi, jalanin banyak aplikasi sosmed, editing foto ringan pakai Snapseed, dan sebagainya berlangsung lancar. Buka tutup aplikasi juga responsif dan enteng sih, nggak ada lag yang mengganggu. Enak bangetlah harga sejutaan begini πŸ‘πŸΌ

Baca juga:Realme GT Neo 3 80W Review: Performa Powerful, Charge Baterai Ngebut!

Apa bisa Itel S23 ini dipakai ngegame? Ya bisa, masak Unisoc T606 + RAM 8GB nggak bisa wkwkwk… Game modelan kayak Mobile Legends: Bang Bang ya libas! Cuma kalau game kayak COD Mobile atau PUBG Mobile juga lancar dan playable, cuma Itel S23 nggak dilengkapi gyroscope, jadi kalau pasi bidik musuh agak lag dikit πŸ˜… Berikut ini hasil benchmark Itel S23 oleh Tuxlin Blog!

Device Info HW

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 15

Benchmark AnTuTu v10

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 16

Benchmark Geekbench 6

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 17

Benchmark PCMark

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 18

Benchmark 3DMark

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 19

Benchmark Basemark OS II

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 20

Benchmark Androbench

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 21

Sensorbox for Android & Multitouch Tester

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 22

Itel S23 Review

Itel S23 Review

Layar

Layar Itel S23 udah pakai teknologi panel IPS dengan resolusi HD+ dengan ukuran 6,6 inci, sama seperti pesaingnya. Kualitas layarnya gimana? Ya kalau untuk harga satu juta lebih dikit, udah lumayan oke ya. πŸ€” Saturasi warnanya cukup bagus, nggak pudar. Viewing angle luas dan lumayan tajam sebenernya. Menariknya, layar Itel S23 ini udah 90Hz lho refresh rate-nya. Scrolling sosmed dan ngegame jadi makin smooth.

Eh tapi bagian layar Itel S23 ini ada minusnya, yakni nggak ada sensor cahaya alias light sensor yang bertanggungjawab pada fitur auto/adaptive brightness. Jadi kita musti ngatur brightness secara manual kayak jaman Android 8 tahun lalu wkwkwk… πŸ˜… Performa layar di luar ruangan atau di bawah terik sinar ultrafeng matahari juga payah. Nggak kelihatan 🫣

Audio

Speker stereo? πŸ˜‚ Hape sejutaan mana ada yang pakai speaker stereo. Lha yang harganya hampir 6 juta kayak Vivo V27 5G aja masih mono dan cempreng kok, apalagi Itel S23 ini hahaha… πŸ˜… Hape sejutaan ini cuma dibekali satu speaker saja dan kualitasnya juga nggak bisa diharapkan. Dengan harga yang cuma sejuta, kualitasnya bisa Tuxlin bilang standar. Tapi kurang nyaring dan agak cempreng saja πŸ˜…

Memori

Itel S23 Review, Spek Gahar dengan Harga Terjangkau 23

Pada Itel S23 review oleh Tuxlin Blog kali ini adalah varian RAM 8GB dan memori internal 128GB. Saat pertama kali dihidupkan, memori internal yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 113,01GB. Sedangkan free RAM Itel S23 ini rata-rata 4,5 – 4,7GB. Itel S23 dengan casing belakang yang bisa berubah warna ini mendukung USB OTG melalui port USB Type-C dan tersedia slot microSD (dedicated) buat pengguna yang pengen ekspansi ruang penyimpanan.

Baterai

Daya tahan baterai Itel S23 ini ternyata nggak sesuai harapan Tuxlin Blog gaes. Kirain dengan kapasitas baterai yang lumayan gede yakni 5000mAh kayak para pesaingnya itu, bakalan tahan lama… Setelah dua mingguan pakai Itel S23 sebagai hape kedua, ternyata daya tahannya rata-rata nggak sampai seharian penuh dengan penggunaan non gaming. 🧐

Ya ini bisa dimaklumi sih soalnya Itel S23 masih pakai Unisoc T606 yang menggunakan teknologi fabrikasi 12nm. Sementara SoC lain udah pakai 8nm, 6nm atau bahkan 4nm. Oiya, Itel S23 ini nggak dilengkapi fitur fast charging lho. Charger bawaannya aja cuma 10W aja, standar emang. Butuh waktu lebih dari dua jam dari 3% hingga penuh.

Lain-Lain

Fitur konektivitas yang dimiliki smartphone gahar sejutaan Itel S23 ini berjalan dengan lancar tanpa kendala selama Tuxlin Blog cobain. Lock GPS pas pakai Google Maps cukup cepat dengan akurasi yang cukup bagus. Sensor sidik jarinya yang lokasinya sisi samping bodi Itel S23 ini juga bisa diandalkan menurut Tuxlin Blog. Harganya emang murah, tapi jarang ngadat fingerprint-nya πŸ‘πŸΌ

Kesimpulan

Secara umum, Itel S23 emang salah satu martphone sejutaan dengan spek gahar yang nggak bisa dilewatkan begitu saja. Ini hape cuma sejutaan tapi performa kencang, RAM gede, fitur tergolong lengkap, dan desainnya juga nggak asal-asalan. Penggunaan jangka panjang kayaknya nggak gampang ngelag deh.

Sebagai hape murah, Itel S23 ini emang ada kekurangannya seperti kamera yang kurang mantap, daya tahan baterai yang harusnya bisa lebih lama lagi, dan nggak ada fast charging. Meski demikian, Itel S23 tetep salah satu smartphone sejutaan yang patut kalian pertimbangkan kalau budget mepet. πŸ‘πŸΌ

Kelebihan Itel S23

  • RAM gede di kelasnya
  • Storage gade dan udah pakai UFS 😎
  • Performa kenceng dengan Unisoc T606
  • Harganya murah untuk spek kayak gini πŸ‘πŸΌ

Kekurangan Itel S23

  • Nggak ada auto brightness/adaptive brightness
  • Kamera kurang oke, terutama pas malam
  • Gak support fast charging

Anda mungkin suka: Vivo T1 5G Review: Smartphone 5G Kencang, Cantik, dan Harga Murah!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *