Langkah Instal Netrunner 14 Frontier Linux

Langkah Instal Netrunner 14 Frontier – Halo Pembaca!! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara atau langkah instal Netrunner 14 Frontier yang merupakan distro Linux yang berbasis Kubuntu 14.04 Trusty Tahr. Distro Netrunner 14 Frontier adalah distribusi Linux yang saya gunakan saat ini untuk bekerja sehari-hari. Istilah kerennya saya pamke buat workhorse, hahahaha… Secara umum instalasi distro Netrunner 14 Frontier tak jauh berbeda dengan distro Linux lainnya, penasaran? Simak posting berikut ini.

Instal Netrunner 14 Frontier Tuxlin_01 Persiapan Instal Netrunner 14 Frontier

Persiapan yang harus dilakukan sebelum instal Netrunner 14 Frontier antara lain adalah mandi kembang dulu dan dilanjutkan dengan puasa mutih selama 7 hari berturut-turut…. eh enggak ding, ntar malah jadi orang sakti, hahahaha… :mrgreen: Berikut adalah hal yang harus disiapkan sebelum instalasi distro Netrunner 14 Frontier.

  • DVD Instalasi atau USB installer Netrunner 14 Frontier
  • Jika belum punya installer Netrunner 14 Frontier, bisa download di sini
  • Komputer atau laptop yang akan diinstal Netrunner 14 Frontier
  • Jika perlu, siapkan dua partisi kosong berkapasitas minimal 6GB untuk instalasi Netrunner 14 Frontier
  • Secangkir kopi, teh, susu, dan sebagainya sesuka ente lah gan buat temen ngoprek, hehehehe 😆

Baca juga: Review Netrunner 14 Frontier Linux, Distro Keren dengan Desktop KDE

Minimum System Requirements Netrunner 14 Frontier

  • CPU 1.6-GHz Intel Atom N270
  • RAM 1GB
  • Hard Drive Size 10GB
  • Graphics Card Intel GMA 945
  • Video Memory 128MB

Langkah Instal Netrunner 14 Frontier

Instalasi Netrunner 14 Frontier ini bisa melalui USB flash drive atau DVD gan… Kalau mau pake DVD ya bakar dulu file ISO-nya di DVD dan set boot priority pada DVD room. Nah kalau kita bikin USB flash drive instaler melalui aplikasi Image Writer atau Unetbootin bisa langsung set boot priority ke flash drive melalui BIOS. Oke setelah boot priority di set, makan sesi Live dari Netrunner 14 Frontier akan segera mengudara dan kita akan di suguhi tampilan desktop di atas. Double klik pada ikon Install Netrunner 14 LTS untuk memulai instalasi.

Instal Netrunner 14 Frontier Tuxlin_02 Pilih bahasa yang diinginkan, kemudian klik Continue. Saya sih biasanya milih bahasa English aja gan, soalnya kalau bahasa Indonesa malah aneh, hihihi 😀

Instal Netrunner 14 Frontier Tuxlin_03

Jika tidak terhubung dengan jaringan WiFi, langsung saja klik Continue.

Instal Netrunner 14 Frontier Tuxlin_04

Instaler Netrunner 14 Frontier akan mengecek apa yang dibutuhkan saat instalasi, klik Continue.

Instal Netrunner 14 Frontier Tuxlin_05

Berikutnya adalah memilih metode instalasi dan menyiapkan partisi. Pilih Manual saja gan…

Instal Netrunner 14 Frontier Tuxlin_06

Instaler Netrunner 14 Frontier akan mendeteksi partisi yang terdapat pada komputer. Pilih partisi yang akan digunakan untuk instalasi Netrunner 14 Frontier dan klik Change, makan akan muncul kotak dialog di atas. Pada bagian Use as, pilih Ext4 journaling file system dan beri tanda cek atau centang pada format the pertition. Pada bagian mount point pilih “/” seperti pada screenshot di atas. Klik OK.

Instal Netrunner 14 Frontier Tuxlin_07

Setelah semua benar, klik Install Now. Pastikan nggak salah pilih partisi lho ya… Kalo salah bisa ilang data ente ntar, makanya kudu hati-hati 🙂

Instal Netrunner 14 Frontier Tuxlin_08

Selama proses instalasi, kita akan disuruh milih Timezone. Karena saya tinggal di Jawa Tengah, maka saya pilih Jakarta Time atau GMT+7 dan klik Continue

Instal Netrunner 14 Frontier Tuxlin_09

Berikutnya adalah memilih keyboard, pilih saja keyboard English (US) kemudian klik Continue.

Instal Netrunner 14 Frontier Tuxlin_10

Berikutnya adalah mengisi data user yang akan menjadi pengguna di Netrunner 14 Frontier. Isi nama, username, password, dan confirm password. Kita bisa milih Log in automatically atau require my password to log in. Bedanya? Kalo pilihan yang pertama itu saat Netrunner 14 Frontier terinstal kita bisa langsung masuk desktop tanpa harus masukin password. Jika semua sudah terisi, klik Continue.

Instal Netrunner 14 Frontier Tuxlin_11

langkah berikutnya adalah kita hanya tinggal menunggu proses instalasi Netrunner 14 Frontier selesai. Biasanya sih 15 menit kelar, tergantung speskifikasi komputer yang kita gunakan.

Instal Netrunner 14 Frontier Tuxlin_13

Setelah langkah instal Netrunner 14 Frontier selesai, maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di atas. Pilih Restart untuk menjalankan sistem operasi Netrunner 14 Frontier yang sudah terinstal di sistem kita. Sedangkan Continue Testing adalah melanjutkan sisi Live DVD/Live USB yang sedang kita jalankan. Cukup mudah bukan langkah instal distro Netrunner 14 Frontier? Secara umu sama saja seperti instal distro lainnya kok. Sampai di sini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat bagi Pembaca semua 🙂

Anda mungkin suka: Menikmati Keripik Pare Khas Boyolali, Mantap!


2 Comments

  1. gadgetboi October 27, 2014
    • Tuxlin October 27, 2014

Add Comment

*