Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Lenyes S105 Review: Speaker Bluetooth Murah, Ringkas, dan Ngebass!

3 min read

Lenyes S105 Review

Lenyes S105 Review: Speaker Bluetooth Murah, Ringkas, dan Ngebass! – Halo Pembaca! Selamat tahun baru 2022 yah! menyambut tahun baru ini, Tuxlin Blog bakal bahas sebuah speaker bluetooth yang murah, ringkas tapi suaranya ngebasss! Yoi, speaker itu adalah Lenyes S105! Awalnya Tuxlin Blog lihat speaker Lenyes S105 ini kok murah ya, cuma 180 ribuan di e-commerce dan tampangnya juga lumayan keren. Udah gitu, ini speaker lumayan tangguh karena udah memiliki kemampuan tahan air dengan sertifikat IPX7, menarik kan? Daripada penasaran ya langsung check out sajalah… 😆

Tuxlin tuh baru denger speaker wireless merk Lenyes ini… Nama yang aneh kan? Sama kayak kita kalau seharian nggak makan, pasti rasanya Lenyes banget wkwkwk… *itu LEMES Bang!* Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun, Lenyes ini adalah brand asal Tiongkok yang emang fokus menghadirkan aneka produk audio, khususnya speaker Bluetooth. Nah Lenyes S105 adalah produk perdana yang Tuxlin coba. Udah pada penasaran kan sama speaker murah ini? Simak Lenyes S105 review oleh Tuxlin Blog di postingan kali ini!

Lenyes S105 Review: Speaker Bluetooth Murah, Ringkas, dan Ngebass!

Spesifikasi Lenyes S105

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 50mm x 1
  • RMS: 4Ω 5W x 2 THD=1%
  • Frequency Response: 120Hz – 20KHz
  • Signal to noise ratio 63dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tersedia
  • Mendukung TWS
  • Waterproof dengan sertifikat IPX7
  • Baterai built-in 1200mAh lithium battery, hingga 10 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 90 x 47 x 81 mm
  • Berat 331,7 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Blue

Anda dapat membeli atau cek promo Lenyes S105 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Lenyes S105

Paket Penjualan Lenyes S105
  • Speaker Lenyes S105 warna Blue
  • Kabel USB
  • User guide
  • Strap

Desain Lenyes S105

Desain Lenyes S105

Sisi desain emang salah satu daya tarik dari speaker Lenyes S105 review kali ini menurut Tuxlin Blog. Gaya desainnya itu beda dan nggak meniru brand yang lebih gede. Secara konsep, bentuknya kotak kecil kayak JBL Go 2 atau Mifa M1, tapi Lenyes S105 ini terasa lebih garang dan aura outdoor-nya lebih kuat. Kalau mobil, Lenyes S105 ini kayak Mitsubishi Pajero Sport gitu hehehe… Lenyes S105 tersedia dalam beberapa varian warna, tapi unit yang Tuxlin gunakan adalah varian warna Blue. Walau kalau diperhatikan malah kayak ungu ya? 🤔

Bentuk speaker bluetooth Lenyes S105 ini nggak sepenuhnya kotak karena sudut-sudutnya nggak tajam. Speaker grill bagian depan terbuat dari bahan metal yabg kokoh. Sementara bodinya sendiri nggak tau terbuat dari bahan metal atau plastik, tetapi yang jelas dilapisi lapisan mirip karet atau rubbberized gitu. Kelebihan lapisan kayak gitu adalah nggak licin saat digenggam meski dalam kondisi basah.

Ukuran speaker Lenyes S105 review kali ini sangat ringka, jadi enak buat dibawa kemana-mana… Istilahnya nggak jadi beban. Udah gitu pada bagian sudut kanan atasnya ada lubang yang memungkinkan pengguna pasang tali atau carabine untuk menggantungkan speaker Lenyes S105 ini di tas atau sepeda. Build quality Lenyes S105 ini termasuk tangguh dan solid. Ia punya lemampuan tahan air dengan sertifikat IPX7, jadi nggak masalah kalau kalian tenggelamkan speaker Lenyes S105 ini. 😎 Berikut tampang lebih detail dari Lenyes S105.

Baca juga:SPC Noah Sound NS1, Speaker Portabel Ngebass untuk Penggemar Babang Ariel

Pada Lenyes S105 review kali ini, sisi depan terdapat speaker grill yang terbuat dari bahan metal dengan logo Lenyes yang lumayan mencolok. Sedangkan sisi kanan dan kiri speaker tidak terlihat adanya tombol atau port apapun. Sisi bawah speaker Lenyes S105 ini terdapat informasi teknis singkat.

Sedangkan pada bagian atas speaker bluetooth Lenyes S105 ini terdapat tombol power, tombol volume minus, tombol play/pause, tombol volume plus, dan lubang untuk memasang tali gantungan. Sedangkan pada sisi belakang speaker Lenyes S105 ini terdapat passive bass radiator. Sisi belakang ini juga terdapat port microUSB untuk mengisi daya dan slot microSD.

Video Unboxing Lenyes S105

Lenyes S105 Review

Lenyes S105 Review

Apa yang pembaca harapkan dari sebuah speaker yang dijual dengan harga 100 ribuan? Awalnya sih Tuxlin juga pesimis kalau speaker Lenyes S105 bakal menghasilkan suara yang oke. Setelah nyoba, eh ternyata speaker murah ini nggak murahan dari segi kualitas suara. Lalu yaka gimana hasil Lenyes S105 review oleh Tuxlin Blog?

Baca juga:UE Wonderboom, Speaker Portabel Tangguh Impian Tuxlin Blog!

Kualitas Suara

Bermodalkan single driver dinamis dengan daya 5W dan ditemani dengan sebuah passive bass radiator, speaker bluetooth Lenyes S105 mencoba menggbrak. Suara yang dihasilkan ini ternyata cukup nyaring untuk sebuah speaker dengan ukuran sekecil ini. Saat volume dimaksimalkan, memang terdengar ada distorsi atau sedikit pecah di beberapa lagu. Wajar ini sih. 🤔

Hal yang perlu disorot pada ulasan speaker portabel Lenyes S105 ini adalah sektor bass. Siapa sangka kalau speaker kecil yang tangguh ini bass-nya lumayan bertenaga? 😎 Tuxlin Blog langsung coba hajar pakai lagu The Stage milik Avenged Sevenfold dan dilanjutkan dengan Kirisute Gomen dari Trivium. Nggak nyangka, dobel kick drum di awal lagu mampu disajikan dengan apik oleh Lenyes S105 ini. Bass-nya ini punchy, responsif, enerjik, tetapi nggak terlalu mendalam.

Sektor mid juga cukup menonjol di speaker wireless Lenyes S105 ini. Suara vokal pria maupun wanita mampu diperdengarkan dengan jernih, jelas, dan artikulasinya pun lumayan oke. Tuxlin seneng banget pas dengerin lagunya Watch Over You milik Alter Bridge, suara vokalisnya enak banget… Apalagi pas muter lagunya Sleeping Sun milik Nightwish, suara vokal Tarja Turunen yang melengking terasa jernih dan intim. Buat yang suka lagu metal, distorsi gitar yang disajikan Lenyes S105 cukup gahar dan bertekstur lho.

Sejauh ini pas Lenyes S105 review, kekurangannya cuma di sektor treble atau high. Menurut kuping kaleng Tuxlin, treble yang dihasilkan speaker ini terasa kurang kuantitasnya dan cuma terdengar ces-ces doang, kurang detail. Kalian bakal susah bedain mana suara cymbal, crash cymbal atau hi hats pakai speaker ini hehehe… Kalau buat dengerin lagu yang banyak treble atau yang berkarakter bright emang kurang cocok.

Baca juga:Pengalaman Setahun Pakai Speaker Harman Kardon Onyx Studio 3

Kalau ngomongin separasi antar instrumen sama soundstage, ya jangan terlalu berharap sama speaker sekecil ini dengan daya cuma 5W lagi. Kurang oke. Sedangkan daya tahan baterai speaker portabel Lenyes S105 ini diklaim bertahan 10 jam. Akan tetapi pas Tuxlin cobain hajar dengan volume di atas 60%, baterai cuma betah 5 jam-an aja sih… 🥲

Kesimpulan

Secara umum, Lenyes S105 adalah salah satu speaker bluetooth yang layak dipertimbangkan dengan harga 100 ribuan saja. Suara yang dihasilkan cukup baik dan bertenaga di kelasnya, selain itu speaker ini juga tangguh dengan kemampuan tahan air yang dibuktikan dengan sertifikat IPX7.

Kelebihan Lenyes S105

  • Bass kuat untuk ukuran seringkas ini
  • Build quality kuat dan tahan air
  • Harga terjangkau

Kekurangan Lenyes S105

  • Nggak ada port AUX
  • Treble kurang keluar

Special thanks to Laptophia for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Tech Blogger Butuh Akurasi Warna ASUS OLED!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.