Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Lenyes S108 Review, Speaker Bluetooth Powerful dengan Daya 40W

4 min read

Lenyes S108 Review

Lenyes S108 Review, Speaker Bluetooth Powerful dengan Daya 40W – Halo Pembaca! Kali ini Tuxlin Blog bakal bahas sebuah speaker bluetooth yang lumayan powerful, yakni Lenyes S108! Gimana nggak powerful? Speaker ini dibekali dengan dua buah driver masing-meng berdaya 20W, jadi totalnya 40W. Dahsyat kan? Bentar lagi bakal saingan sama speaker kondangan kampung sebelah ini hehehe… 🀣 Power besar inilah yang mendorong Tuxlin Blog untuk membeli dan membahas Lenyes S108 review di postingan kali ini. Sebelumnya Tuxlin udah bahas Lenyes S105 dan hasilnya nggak mengecewakan. Semoga Lenyes S108 ini juga demikian ya gaes.

Pembaca Tuxlin Blog udah pada familiar belum sih sama merk Lenyes ini? Itu lho kalau kita nggak makan dalam waktu lama, badan langsung lenyess… Eh itu lemes ding… wakakaka… *garing dikit 🀣 Jadi Lenyes ini brand asal Tiongkok yang cukup menonjol produk audionya, terutama speaker Bluetooth. Setelah sebelumnya nyobain yang murah terus puas, kini Tuxlin cobain Lenyes S108 yang agak mahalan. Saat ini harga speaker wireless bluetooth dengan daya 40W ini ada di kisaran Rp 500 ribu-an. Penasaran? Langsung saja cekidot Lenyes S108 review kali ini!

Lenyes S108 Review, Speaker Bluetooth Powerful dengan Daya 40W

Spesifikasi Lenyes S108

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Stereo
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 53mm x 2 + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ξ© 20W x 2 THD=1%
  • Frequency Response: 80Hz – 18KHz
  • Signal to noise ratio 65dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tersedia
  • Waterproof dengan sertifikat IPX7
  • Mendukung fitur TWS
  • Baterai built-in 5200mAh lithium battery, hingga 8 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 20.5 cm x 6.5 cm x 8 cm
  • Berat 331,7 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Hitam, Biru, Abu-abu, Hijau, atau Merah

Anda dapat membeli atau cek promo Lenyes S108Β di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Lenyes S108

Paket Penjualan Lenyes S108
  • Speaker Bluetooth Lenyes S108 warna Black
  • Kabel USB
  • Kabel aux
  • User guide
  • Tali (sepatu?) πŸ€”

Desain Lenyes S108

Desain Lenyes S108

Penampilan pada Lenyes S108 review kali ini udah menggambarkan bahwa speaker ini tangguh dan cocok untuk outdoor. Bahasa desainnya itu lho udah outdoor banget, berasa siap tempur di alam bebas hehehehe… Jadi speaker Lenyes S108 ini mengusung bentuk persegi panjang yang sekilas nggak jauh berbeda dengan speaker bluetooth outdoor lainnya. Bagian sudut-sudutnya cukup tegas dan bagian speaker grill dihiasi dengan frame yang dipermanis dengan deretan baut yang membuatnya terkesan tangguh.

Bodi sporty pada Lenyes S108 review kali ini sebenarnya terbuat dari bahan plastik alias polikarbonat yang teras tebal dan kokoh, serta dilengkapi finishing mirip karet atau rubberized finish. Bagian sudut kanan atas terdapat lubang untuk memasang tali yang ada dalam paket pembelian. Atau biusa juga dipasang hook carabiner dan digantung di tas, biar berasa petualang gitu… 😎

Build quality speaker bluetooth powerful Lenyes S108 ini berasa kokoh dan solid banget. Ketangguhannya nggak perlu diragukan lagi. Cuma bobotnya lumayan berat dan ukurannya gede, jadi nggak bakal masuk kalau cuma bawa tas berukuran kecil. πŸ˜… Untungnya speaker ini dilengkapi kemampuan tahan air dengan sertifikat IPX7, jadi sanggup kena cipratan atau bahkan ditenggelamkan ke dalam air.

Baca juga:Review Mifa A3, Speaker Unik dengan Suara Asik!

Pada Lenyes S108 review kali ini, sisi depan terdapat speaker grill dengan logo Lenyes berukuran besar. Sedangkan sisi kanan dan kiri speaker tidak terlihat adanya tombol atau port apapun. Sisi bawah speaker Lenyes S108 ini terdapat informasi teknis singkat. Sedangkan pada bagian atas speaker bluetooth Lenyes S108 ini terdapat tombol power, tombol EQ, tombol mode, tombol play/pause, tombol volume plus, tombol volume minus, dan lubang untuk memasang tali gantungan.

Sedangkan pada sisi belakang speaker Lenyes S108 ini terdapat passive bass radiator yang berukuran cukup besar. Sisi belakang ini juga terdapat port USB Type-C untuk mengisi daya, port aux, dan slot microSD.

Lenyes S108 Review

Lenyes S108 Review

Power besar emang menjadi daya tarik utama pada Lenyes S108 review kali ini. Eh taoi sebenarnya power gede sendiri nggak selalu berbanding lurus dengan kualitas suara lho… πŸ€“ Power gede belum tentu bagus dan power kecil juga belum tentu lebih jelek. Kalau power gede sampai 40W kayak Lenyes S108 ini ya diharapkan volume suara yang dihasilkan bakal nyaring banget.

Baca juga:Vivan VS10 Review, Speaker Bluetooth Tahan Air dengan Daya 10W

Kualitas Suara

Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun, speaker bluetooth Lenyes S108 ini mengusung konfigurasi yang sebenarnya udah sangat umum. Jadi speaker ini terdiri dari dua buah driver dinamis berukuran 53mm yang mana masing-masing dayanya adalah 20W, sehingga totalnya 40W. Guna mendongkrak performa bass-nya, Lenyes S108 ini dilengkapi passive bass radiator yang lumayan gede pada sisi belakangnya.

Sesuai perkiraan Tuxlin Blog ya, speaker portabel Lenyes S108 ini mampu menghasilkan suara yang sangat nyaring. Bahkan kalau dipakai buat dengerin musik di luar masih memadai Lenyes S108 ini. Di ajak ke kolam renang juga oke, kan udah tahan air hehehe… 😎Kalau volume dimaksimalin, distorsi terdengar di lagu-lagu tertentu aja, tapi kurang enak didengar. Berasa kehilangan dinamika aja. Tuxlin saranin mentok di 80 – 85% aja.

Hal yang menonjol dari Lenyes S108 review kali ini adalah bass-nya yang powerful! Tuxlin coba dengerin lagu-lagu yang menonjolkan bass seperti EDM atau hip-hop, berasa nendang. Lagu-lagu kayak Believe Me punya Fort Minor atau Mocking Bird-nya Eminem terasa jedag-jedug. πŸ‘πŸΌ Nggak cuma powerful, bass yang dihasilkan Lenyes S108 juga cukup responsif lho. Pas muter lagunya Arch Enemy – Nemesis dan Kirisute Gomen – Trivium, dobel kick drum masih bisa Tuxlin nikmati.

Ya memang beberapa lagu, kadang karakter bass-nya jadi agak muddy gitu, meski nggak separah Mifa A20 yang Tuxlin ulas sebelumnya sih. Sebenarnya ada mode semaca bass boost gitu di Lenyes S108 review kali ini, tapi Tuxlin kurang suka sih. Soalnya karakter bass-nya jadi makin muddy alias mendem gitu menurut kuping kaleng Tuxlin. πŸ₯²

Sedangkan sektor mid, speaker Bluetooth Lenyes S108 ini lumayan bisa diandalkan dan nggak terganggu dengan bass-nya yang kuat. Cuma kadang suara distorsi gitar berasa kurang ada teksturnya gitu. Hal yang sama juga Tuxlin rasakan kalau dengerin lagu yang ada vokal scream dan growl-nya. Kalau suara vokal biasa sih udah enak banget, apalagi dengerin lagu Watch Over You – Alter Bridge, syahdu dah… πŸ‘πŸΌ Suara vokal cewek juga oke kok, apalagi model seriosa/opera kayak Nightwish, berasa merinding hehehe…

Sayangnya treble yang dihasilkan speaker Lenyes S108 ini memanga berasa agak kurang, baik dari segi kuantitas maupun tingkat detailnya. Karakter suara speaker ini memang sejak awal berasa warm banget menurut Tuxlin, jadi clarity atau kejernihan treble-nya terdengar kurang. Kalau pembaca suka lagu-lagi berkarakter bright dan pop, kayaknya kurang cocok sama speaker Lenyes S108 ini.

Baca juga:Anker Soundcore Select Review: Tahan Cipratan Air, Suara Powerful!

Soundstage yang dihasilkan speaker Lenyes S108 ini relatif standar, agak sempit dan memang nggak istimewa. Meski dilengkapi dua driver, efek imaging atau perpindahan channel kanan dan kirinya kurang berasa. Selain itu, separasi antar instrumennya memang standar banget. Kalau diajak muter lagu dengan instrumen banyak dan rumit kayak lagu-lagunya Nightwish atau Epica berasa kurang asik.

Daya tahan baterainya gimana? Speaker Lenyes S108 dibekali baterai yang lumayan gede lho, yakni 5200mAh dan diklaim tahan hingga 8 jam. Kenyataannya sih nggak sampai segitu, apalagi ini powernya sampai 40W lho… Berdasarkan pengalaman Tuxlin, daya tahan baterai Lenyes S108 cuma skitar 4 – 5 jam dengan volume di atast 50%. πŸ€”

Kesimpulan

Secara umum, Lenyes S108 adalah sebuah speaker bluetooth yang powerful dan mampu menghasilkan volume suara yang nyaring. Kualitas suara yang dihasilkan bisa dikatakan bagus dengan karakter bass yang cukup menonjol. So, Lenyes S108 ini cocok buat penggemar bass yang butuh speaker wireless tahan air dengan budget 500 ribu-an.

Kelebihan Lenyes S108

  • Kualitas suara powerful
  • Volume suara nyaring
  • Tahan air, cuy! πŸ˜ŽπŸ‘πŸΌ

Kekurangan Lenyes S108

  • Ukuran besar dan bobot berat
  • Treble kurang jernih

Special thanks toΒ LaptophiaΒ for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Poco F3 Review, Smartphone 5G Paling Kencang di Kelasnya!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *