Menanti Rilis Android One di Indonesia

Rilis Android One – Halo Pembaca! Rilis Android One di Indonesia kian dekat dan saya sudah tak sabar ingin menyaambutnya ketika meluncur nanti, hehehehe… Android One akan menjadi solusi tepat untuk konsumen entry-level yang menginginkan smartphone yang terjamin update perangkat lunaknya. Selama ini update perangkat lunak atau sistem operasi menjadi masalah smartphone di kelas entry-level, mengapa? Hampir semua merek yang bermain di pasar entry-level tidak memberikan update sistem operasi.

Kan nggak asik tuh misal kita beli smartphone sekarang dengan OS Android 4.4 KitKat dan setahun kemudian, sebagian sudah beralih ke Android 5.0 Lollipop… Ketinggalan dah :mrgreen:

Android One 2Apa itu Android One? Yuk Kenalan…

Android One bukan smartphone gan, tapi sebuah platform smartphone yang digagas oleh Google untuk pasar entry-level, terutama di wilayah negara berkembang seperti India dan Indonesia. Android One adalah salah satu senjata Google untuk mengakselerasi adopsi smartphone agar mencapai 5 miliar pengguna di seluruh dunia. Secara umum, Android One ini mengusung konsep yang mirip Nexus yang mana mendapatkan dukungan update perangkat lunak atau sistem operasi Android hingga 2 tahun langsung dari Google.

Dukungan update selama dua tahun dari Google inilah yang menjadi fitur “killer” dari Android One. Siapa sih yang bisa nolak smartphone murah dengan dukungan kayak Nexus? :mrgreen:

Siapa yang bakal produksi smartphone Android One ini? Sama seperti smartphone Nexus, Google menggandeng sejumlah produsen smartphone untuk memproduksi Android One, antara lain adalah Karbonn, Micromax, dan Spice. ketiga merek tersebut adalah merek lokal India.

Baca juga: MusiXMatch for Android, Aplikasi Player Musik dengan Lirik Lagu

Nah kalo di Indonesia? Belum jelas siapa saja yang bakal produksi smartphone Android One, baru satu yang ketahuan, yakni Evercoss. Meski merek smartphone yang mengusung platform Android One macem-macem, tetapi spesifikasinya dipastikan identik gan… 🙂 Spesifikasi Android Onesendiri secara umum mirip dengan Motorola Moto E.

Android One Spesifikasi Android One

  • Sistem Operasi Android 4.4 KitKt stock (upgrade Android 5.0 Lollipop Januari 2015)
  • Chipset MediaTek MT6582 dengan prosesor 4 core atau quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,3GHz
  • Grafis Mali-400MP
  • Kamera 5 megapiksel autofokus dilengkapi LED flash. Kamera depan 2 megapiksel
  • Layar 4,5 inci, dengan resolusi FWVGA 854 x 480 pixels, kerapatan 218 ppi (pixel per inch), 16 juta warna
  • Memori RAM 1GB, ROM 4GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, 3G HSPA
  • Baterai 1700mAh

Baca juga: Review Xiaomi Redmi Note, Phablet Gahar Harga Masuk Akal


Spesifikasi smartphone Android One secara umum seperti yang disebut kan di atas berdasarkan produk Android One yang sudah diluncurkan di India. Di Indonesia, spesifikasi Android One ini bisa saja berbeda. 🙂

Ngomongin soal spesifikasi, Android One di atas sudah lumayan mantap lho…. Apalagi nanti dijual dengan harga Rp 1 jutaan. Merek-merek branded yang suka jual mahal (baca overprice) harus minggir dulu sama Android One ini, hehehehe… Kan ada tuh merek sebelah yang udah terkenal, ngasih spesifikasi jadul dibanderol dengan harga tinggi! Wajar aja vendor yang macam begitu mengalami penurunan penjualan, mengapa? Konsumen smartphone itu semakin pintar dan nggak bisa lagi dikasih smartphone spek zaman purba dengan harga mahal, hehehehehe… :mrgreen:

Rilis Android One di Indonesia

Kapan smartphone Android One dirilis di Indonesia? Berdasarkan informasi yang beredar, smartphone dengan platform Android One akan diluncurkan pada Desember 2014. Belum diketahui merek atau vendor mana saja yang akan merilis smartphone Android One ini. Saya sendiri sebenarnya agak penasaran dengan smartphone Android One ini.

Semoga nanti saat smartphone Android One ini dirilis, Tuxlin Lab berkesempatan untuk melakukan review, hehehehe… :mrgreen: Evercoss adal;ah salah satu vendor smartphone lokal yang akan merilis Android One di Indonesia. Smartphone Android One pertama dari Evercoss akan diluncurkan Januari 2015 mendatang dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Baca juga: Review Kamera Xiaomi Redmi Note Berkekuatan 13 Megapiksel

Harga Android One

Berapa harga smartphone Android One di Indonesia? Nah inii penting gan, soal harga ini adalah salah stu hal yang paling sensitif… Apalagi BBM (Bahan Bakar Munyuk 😆 ) baru aja naik :mrgreen: Tenang gan, harga Android One di Indonesia nggak akan mahal kok… Jika mengambil referensi dari rilisnya di India, harga smartphone Android One adalah sekitar Rp 1 jutaan. Yah tebakan Tuxlin sih nggak beda jauh sama Motorola Moto E, yakni Rp 1.299.000.

Mantap nggak sih smartphone Android harga 1 jutaan dengan spesifikasi yang lumayan mantap dan dapat dukungan update sistem operasi langsung dari Google selama 2 tahun? Ini baru smartphone murah rasa Nexus, hehehehehe…. 😀 Jadi nggak sabar pengen review smartphone Android One ketika dirilis nanti, hehehehe… Sampai di sini dulu posting mengenai rilis Android One di Indonesia, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

Anda mungkin suka: Langkah Instal Ubuntu 14.10 Utopic Unicorn Linux


Add Comment

*