Mengatasi Flicker Pada Playback Video Saat Compiz-Fusion Aktif

Halo Pembaca! Saya punya pengalaman saat menggunakan distro Ubuntu 8.04, saat itu saya lagi seneng-senengnya bermain-main dengan efek 3D desktop compiz-fusion yang keren. Saat itu saya berhasil menginstalasikan driver proprietary Ati Catalyst untuk linux di ubuntu 8.04 LTS. Setelah driver terinstall dengan baik, langsung saya aktifkan compiz-fusion 3d desktop, KEREN! Tapi setelah itu saya melakukan playback video, gambarnya kok flicker (berkedip) yah? Setelah saya utak-atik, ternyata flicker tersebut hilang setelah video saya putar dengan mode fullscreen, namun tetap saja flicker jika tidak pada mode fullscreen…. Saya memutuskan untuk bertanya pada mbah google untuk menyelesaikan masalah ini. Hasilnya? Resolved!

Solusi untuk mengatasi masalah flicker saat playback video saat compiz-fusion diaktifkan akan saya bahas di posting kali ini. Saya menggunakan PCLinuxOS untuk praktek kali ini, karena saya mengalami hal yang sama (flicker) dengan distro ini. Caranya hanya sedikit mengubah setting pada player video, untuk Mplayer, jalankan masuk preferences>klik tab video di bagian ini, terdapat berbagai macam video driver. Default video drivernya adalah X11/xv, ganti dengan X11/Ximage Shm>klik OK, restart Mplayer, coba mainkan video, sudah hilangkan flickernya? Pada player Kaffeine, klik settings>xine engine parameters>pilih opsi video>pada tab beginner options terdapat menu video driver to use, defaultnya adalah ‘auto’ klik pada menu dropdown, pilih Xshm>klik Apply>Klik OK, restart Kaffeine, lakukan playback video, Sudah gak flicker lagi kan? Menurut info yang saya dapat, flicker ini terjadi karena rendering efek compiz-fusion menggunakan driver yang sama dengan yang digunakan untuk playback video (X11/xv), sehingga terjadi anomali seperti demikian. Benarkah? Saya sendiri belum yakin dengan pendapat ini, karena ada beberpa distro yang compiznya aktif, namun tidak terjadi flicker saat palyback video.


 

kaffeine prefSaya menggunakan driver video Xshm pada kaffeine

mplayer pref

Pada Mplayer juga saya sesuaikan

Saya menyarankan agar pembaca bereksperimen dengan mencoba driver lain selain Xshm, karena mungkin tidak semua distro dapat terselesaikan menggunakan Xshm. Okeh sampai disini dulu posting kali ini, semoga membantu…..


4 Comments

  1. gadgetboi December 17, 2009
    • tuxlin December 18, 2009
  2. gadgetboi December 18, 2009
    • tuxlin December 21, 2009

Add Comment

*