Categories
Tutorial Windows

Mengatasi Windows 8.1 Tidak Mau Shutdown di Laptop

startscreen

Mengatasi Windows 8.1 Tidak Mau Shutdown di Laptop – Halo Pembaca! Belum lama ini saya mengalami masalah pada laptop yang saya gunakan dengan sistem operasi Windows 8.1, yakni tidak mau shutdown, lalu apa masalahnya? Awalnya saya tidak tahu pasti apa penyebabnya karena sebelumnya saya menggunakan si merah alias netbook Acer Aspire One 531h tidak ada masalah sama sekali. Namun setelah saya menggunakan laptop Dell Vostro 5470 dengan sistem operasi Windows 8.1 x64, laptop saya nggak mau shutdown dengan benar. Ketika saya klik shutdown, laptopnya malah sleep  yang mana layarnya mati tetapi ketika kita sentuh touchpad-nya, laptop kembali hidup. Setelah diusut, ternyata masalah ini disebabkan oleh fitur hybrid shutdown yang telah hadir sejak Windows 8 dirilis.  Fitur hybrid shutdown ini memang terbukti efektif memangkas waktu shutdown dan startup secara signifikan.

Solusi Windows 8.1 Tidak Mau Shutdown di Laptop

Capture Solusinya untuk mengatasi Windows 8.1 tidak mau shutdown di laptop ini cukup mudah, yakni dengan menonaktifkan fitur hybrid shutdown. Bagaimana cara menonaktifkan fitur ini? Dapat dilakukan dengan mudah, yakni klik kanan tombol Start dan masuk ke Control Panel. Setelah Control Panel terbuka, cari menu Power Options yang biasanya masuk dalam kategori Hardware and Sound. Setelah masuk ke bagian Power Options, klik saja opsi Choose what the power buttons do dan akan tampil menu seperti di bawah ini.

Baca juga: Mito Fantasy Pocket, Quad Core Sejutaan

power Sebelum menonaktifkan fitur hybrid shutdown, pastikan kita pada bagian When I press the power button adalah Shutdown, baik pada bagian On battery maupun Plugged in. Jika sudah tersetting Shutdown, maka langkah berikutnya adalah mematikan fitur hybrid shutdown dengan melakukan scroll ke bawah dari tampilan menu di atas. Akan tampil beberapa opsi seperti screenshot di bawah ini.

Baca juga: Sony Xperia M, Smartphone Kelas Menengah Andalkan Prosesor Dual Core

Mengatasi Windows 8.1 tak mau shutdow Cara menonaktifkan fitur hybrid shutdown pada Windows 8 atau Windows 8.1 adalah dengan menghilangkan tanda centang atau checklist pada menu Shutdown settings, tepatnya pada bagian Turn on fast startup (recomended). Setelah menghilangkan tanda centang tersebut, klik Save Changes. Sete;ah ini harusnya laptop dengan sistem operasi Windows 8.1 ini akan shutdown dengan sebagaimana mestinya. Laptop Dell Vostro 5470 yang saya gunakan juga dapat shutdown dengan baik setelah menonaktifkan fitur hybrid shutdown di atas. Sampai di sini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat :).

By Tuxlin

Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.

Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: [email protected]

80 replies on “Mengatasi Windows 8.1 Tidak Mau Shutdown di Laptop”

wah blog baru nih, keren banget tampilan nya sangat eksklusif 😀

kebetulan saya belum punya windows 8 nih, jadi hanya bisa menyimak dengan seksama 😀

Pada Shut-down Setting, pada bagian Turn on fast startup (recomended), centangnya tidak dapat dihilangkan, kenapa ya…? Makasih sebelumnya..

coba klik yang ada tulisannya ini “Change settigs that are currently unavaiable”…insyaallaah bisa dihilangkan centangnya…

Gan, laptop saya kan acer waktu awal2 pake windows 8 shutdown nggak masalah. tapi setelah hampir setahun, shutdown dari laptop melalui menu jadi nggak bisa, dan saya coba setel power button sebagai shutdown jadi bisa, tapi lama banget matinya kira2 kenapa ya?

Wah ada yang nggak beres sama Windows nya gan, coba update Windows nya via Windows Update… Jika setelah update masih bermasalah, mungkin instal ulang saja 🙂

Gan, laptop saya kalau di shutdown normal saja cuma kalau di sleep, hanya layarnya saja yang mati, tetapi kipas dll masih berjalan dan tidak mau di hidupkan kembali. Kira2 bagaimana mengatasinya? Terimakasih

Pastikan driver chipset sudah terinstal semua gan, Windows juga sudah update versi terbaru… Biasanya kalo sleep nggak sempurna itu masalah kompatibilitas 😀

maaf saya sudah mencoba seperti yang disampaikandiatas namun tetap tidak bisa matikan laptop saya dengan shotdown saya minta bantuan mungkin ada solusi lain

Sama laptop saya juga begitu gan laptop saya waktu di shutdown tapi gak bener bener mati hardisknya sudah matitapi kipasnya masih hidup tapi kalau di restart malah mati. ada yang bisa bantu?

Mas, saya baru update ke windows 10, sekarang masalahnya laptop saya tidak bisa sleep otomatis, padahal semua sudah di setting sleep setelah 3 menit, jadi baterai jadi boros kalau lupa tidak sleep manual.

sekarang masih sperti itu lagi gan.
gk sempurna shutdown..apa karena driver chipset nya ya.
clx kmaren sya cuma instal driver pakek driver pack.
posisi laptop ane DELL 3442.

Makasih Gan Sama Bantuaanya,,,,
Sebelumnya Laptop Saya Gak Bisa Di Shutdow.Ketika Di Shutdown Cuma Layarnya Yang Mati……Sedangkan Sistem Laptop Saya Masih Aktif…
#Thanks Banget Buat Lu Gan…..

Aman2 saja kah gan? Kalau Hybrid Shutdown yang di matikan ?

Saya mau mencoba tapi takut error , sudah seharian ini Laptop saya ,saya paksa matikan gara2 ga mau mati

Mohon responnya

Ga ngaruh Om sampe2 rubah registry via HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon >>PowerDownAfterShutdown valuenya diganti 0 atau sebaliknya. Kebetulan ane pake win.10. Solusi lainnya ada g Om?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *