Mengenal Kamera Nikon Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Kamera Nikon Dan Jenis-Jenisnya – Nikon adalah salah satu merek kamera yang banyak di gemari oleh masyarakat di seluruh dunia. Karena merek kamera Nikon ini dalam dunia fotografi sudah memiliki jaminan mutu yang bagus, sehingga kamera ini banyak di gunakan dalam dunia fotografi.

Bukan hanya saat ini saja nama Nikon sudah terkenal pada dunia fotografi, pada masa era 35 tahunan nama Nikon juga sudah di kenal oleh banyak orang. Kamera Nikon di produksi di negara Jepang, kamera nini juga terkenal dengan kualitas lensanya yang tinggi. Selain itu Nikon juga memiliki konsumen yang loyal Nikon sudah dapat melewati transisi ke digital dengan baik.

Nikon D500

Apalagi saat ini banyak di produksi kamera dengan berbagai merek namun para konsumen tetap mencari Nikon meskipun mereka tidak tahu apa alasan mereka memilih kamera ini. Bagi Anda yang ingin tahu mengenai penjelasan lebih rinci mengenai kamera Nikon, berikut ini akan di jelaskan apa kamera Nikon itu sebenarnya.

Dahulu orang-orang lebih menyukai kamera SLR, namun seiring berkembangnya zaman saat ini kamera SLR sudah mengalami revolusi menjadi kamera DSLR. Sebenarnya antara kamera SLR dengan kamera DSLR mempunyai kesamaan dari segi rancangan dan konstruksi bangunnya.

Keduanya memiliki cermin yang berfungsi untuk memantulkan gambar, terdapat pula prisma untuk membelokkan gambar ke viewfinder atau kamera bidikan tentunya terdapat mount yang berfungsi untuk memasang lensa.
Ketika membicarakan mount maka hal ini tak akan lepas dari kompatibilitas, setiap merek memiliki kualitas masing-masing mount lensa sehingga tidak akan bisa suatu kamera di ganti dengan lensa yang tidak memiliki merek yang sama kecuali bila kamera sudah di modifikasi dengan adapter khusus.

Sejarah kamera Nikon

Nikon merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi kamera yang paling sanggup mempertahankan kualitas lensa mount terhitung sudah 52 tahun. Ini bisa di lihat dari munculnya kamera SLR pertama yaitu Nikon F yang di perkenalkan pada tahun 1959.

Pada kamera ini standar mount lensa yang di gunakan adalah 44mm yang di sebut dengan nama F-Mount. Sejak saat itu semua lensa yang di gunakan pada Nikon di sebut dengan F-Mount.

Karena kamera Nikon ini dahulu begitu terkenal maka banyak produsen lensa yang berlomba-lomba untuk memproduksi lensa F-Mount seperti Zeiss, Voigtlander, Schneider, Tokina, Sigma, Vivitar dan Tamron.
Bahkan saking terkenalnya kamera Nikon ini banyak pula yang membuat adapter untuk lensa F-mount agar lensa yang di gunakan dapat di pasang pada kamera DSLR dengan merek lain.

Tak hanya itu, sampai saat ini lensa yang di gunakan pada kamera Nikon masih F-Mount sehingga meskipun lensa yang di gunakan lama namun bisa di pasang pada kamera Nikon yang terbaru atau modern. Sebaliknya untuk lensa kamera Nikon yang modern juga bisa di pasang pada kamera Nikon SLR yang keluaran lama.

Meskipun tetap mempertahankan keaslian lensa F-Mount, Nikon terus menerus menyempurnakan teknologi lensanya seperti dengan adanya lensa yang dapat di gunakan pada lensa ber-CPU.

Jika dahulu semua lensa Nikon harus di gunakan dengan manual fokus sejak tahun 1959 kini mulai dari tahun i986 Nikon kini sudah bisa menggunakan auto fokus. Sejak tahun inilah kini kamera Nikon memperkenalkan lensa AF atau auto fokus. Auto fokus adalah lensa yang putaran fokusnya di kendalikan oleh motor AF pada kamera yang terhubung melalui sebuah screw drive.


Fungsi kerja AF ini berjalan secara mekanik sehingga motor Af pada kamera kan berputar sendiri saat sedang mencari fokus sehingga timbullah suara berisik dan putarannya agak melambat pada motor AF-nya dari kamera Nikon.

Setahun setelah ditemukannya auto fokus pada kamera Nikon barulah kamera canon berani memutuskan untuk meninggalkan focus manual dan mengubahnya menjadi mount generasi baru yang diberi nama EF-Mount untuk sistem kamera EOS. Pada konsep auto fokus canon berbeda dengan auto fokus pada Nikon.

Jika pada Nikon auto fokus terletak di kamera lain halnya dengan Nikon, pada Nikon auto fokusnya terletak pada lensa. Sehingga lensa canon yang memiliki auto fokus tersebut di beri nama EF. Sehingga semua lensa EF dapat di gunakan pada semua kamera canon Eos apapun.

Setelah lima tahun canon memproduksi lensa Ef kemudian kanon memutuskan untuk memproduksi lensa yang serupa dengan di beri nama AF-I (auto focus internal) yang sama-sama memiliki motor pada lensanya. Sayangnya jumlah lensa AF-I pada Nikon masih terbatas, karena kebanyakan lensa yang di gunakan masih lensa Af biasa.
Kemudian pada tahun 1998 Nikon memutuskan untuk meluncurkan lensa AF-S, pada lensa ini pengiriman auto fokus lebih mudah serta perputaran lebih cepat serta tidak menimbulkan suara bising.

Namun seiring dengan berkembangnya kamera DSLR penggunaan AF-I dan AF-S tidak bisa di gunakan pada kamera Nikon DSLR sehingga saat di pasang ketika mencari fokus harus di lakukan secara manual.

Jenis-Jenis Kamera Nikon

Setelah mengulas berbagai keunggulan dan sejarah kamera Nikon, berikut adalah beberapa jenis kamera yang cocok untuk Anda yang masih pemula hingga yang sudah profesional, diantaranya adalah sebagai berikut:
Untuk kelas pemula Nikon memperkenalkan kamera Nikon khusus untuk pemula di mulai dari Nikon tipe D3100, Nikon D5000, Nikon D90. Sedangkan untuk kelas menegah semi pro Nikon juga memperkenalkan kamera Nikon D7000, Nikon D300s.

Sedangkan ntuk kelas pro hingga profesional kamera Nikon juga memperkenalkan Nikon D700, Nikon D3x dan Nikon D3s. Untuk Anda yang penasaran dengan spesifikasi dari merek kamera Nikon di atas berikut ini akan di jelaskan sedikit penjelasan kamera Nikon untuk Anda.

Nikon D3100 merupakan kamera DSLR penerus dari Nikon D3000 yang meneruskan Nikon D60 dan Nikon D40 yang di gunakan sebagai kamera Nikon DX untuk kelas pemula tanpa mirror Af di bodi. Pada tipe ini terdapat tambahan fitur HD movie dan kemampuan merekam video dengan auto fokus.

Kamera ini memiliki harga jual Rp. 5.800.000 yang di lengkapi dengan lensa kit. Dengan kualitas ini Nikon mampu bersaing dengan kamera lain khusus untuk kamera Nikon jenis untuk pemula.

Pada kamera Nikon D5000 ini merupakan produk elit bagi kelas pemula, keistimewaan dari kamera ini adalah adanya LCD lipan dan HD movie serta di lengkapi sensor CMOS 12 MP dan burst 4 fps di tambah juga dengan modul 11 titik Af yang menjadikannya DSJR lengkap dan sarat ditur.

Untuk harga kamera Nikon ini cukup tinggi yaitu sekitar 8 jutaan jika mengingat bahwa kamera Nikon ini bukan kamera untuk kelas semi pro.

Untuk keterangan lebih jauh mengenai kamera Nikon baik spesifikasi maupun harga bisa Anda cari tahu lebih lengkapnya lagi. Kamera Nikon memiliki banyak keunggulan di bandingkan dengan kamera yang lain.

Selain itu kamera Nikon juga sudah ada sejak zaman dahulu dan sudah di minati banyak orang sehingga kualitas yang di berikan oleh kamera Nikon di jamin terbaik.

Kamera Nikon juga tersedia untuk kelas pemula sampai dengan kelas profesional. Harga yang di tawarkan kamera ini juga bervariasi jika di lihat dari jenis dan spesifikasinya.

Referensi: http://www.bhinneka.com/category/camera_slr/brands/nikon.aspx


13 Comments

  1. Ikrom November 3, 2017
    • Tuxlin November 3, 2017
    • ashar November 5, 2017
  2. Darma November 3, 2017
    • Tuxlin November 3, 2017
  3. Hastira November 4, 2017
    • Tuxlin November 4, 2017
  4. Fanny Fristhika Nila November 4, 2017
    • Tuxlin November 5, 2017
  5. Agung Rangga November 5, 2017
    • Tuxlin November 6, 2017
  6. Dicky November 7, 2017
    • Tuxlin November 9, 2017

Add Comment

*