Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem

8 min read

MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 1

MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem – Halo Pembaca! Kali ini Tuxlin Blog bakal bahas sebuah laptop gaming kelas dewa dari MSI Vector GP66 12UGS! Yoi, selama ini Tuxlin Blog emang jarang sih bahas laptop karena emang nggak pegang unitnya atau nggak ada yang nitip beli terus Tuxlin review hehehe… πŸ˜… Nah kali ini MSI Indonesia dan Laptophia berbaik hati meminjamkan unit laptop MSI Vector GP66 12UGS untuk Tuxlin cobain selama kurang lebih seminggu. Laptop MSI Vector GP66 12UGS ini spesifikasinya udah kelas dewa lho dan harganya juga nggak murah.

Jadi, laptop gaming MSI Vector GP66 12UGS ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-12700H generasi ke-12 alias Intel Core 12th Gen yang menggunakan nama sandi Alder Lake. Prosesor ini unik lho, soalnya udah mengusung arsitektur hybrid yang menggabungkan dua tipe Core yang berbeda. Sebagai laptop gaming, tentunya performa grafis dari MSI Vector GP66 12UGS nggak kaleng-kaleng ya karena udah ditopang GPU diskrit dari Nvidia GeForce RTX 3070 Ti. Nggak heran, semua game terkini mampu dilibas tanpa masalah oleh laptop ini, penasaran? Simak MSI Vector GP66 12UGS review oleh Tuxlin Blog kali ini!

MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 2

Spesifikasi MSI Vector GP66 12UGS

  • Layar IPS-Level LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi QHD 2560 x 1440 piksel, 100% DCI-P3 color gamut, refresh rate 165Hz, Anti-Glare Panel, Thin Bezel Design
  • Prosesor Intel Core i7-12700H 14-core (20 thread) terdiri dari hexa-core P-core 2,3 GHz TurboBoost 4,7GHz + octa-core E-core 1,7GHz TurboBoost 3,5GHz
  • Chipset Intel HM670
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (96 EUs) dan Nvidia GeForce RTX 3070 Ti VRAM 16GB GDDR6
  • Memori RAM 16GB DDR4 3200MHz (8GB x 2) dual-channel
  • Storage SSD 1TB PCIe 4.0 x4 M.2 NVMe
  • Konektivitas WiFi 6E Intel AX1675 802.11 ax, Bluetooth 5.2, Killer Gb LAN (RJ45), Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen2 Type-C, (support DisplayPort), Port Mini DisplayPort, Port HDMI, card reader, port audio combo
  • SteelSeries Gaming Keyboard dengan Per-Key RGB backlight, Mystic Light
  • Dual stereo speaker 2 x 2W, Nahimic by SteelSeries Technology, Hi-Res Audio
  • Kamera webcam full HD type (30fps@1080p)
  • Baterai 4-cell, 65 Whr Li-ion
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home asli pre-installed
  • Dimensi 358 x 267 x 23.4 mm berat 2,38 kg
  • Warna Core Black

Harga MSI Vector GP66 12UGS

Harga laptop gaming MSI Vector GP66 terbaru di Indonesia saat artikel ini Tuxlin Blog tulis adalah adalah Rp 33.999.000. 

Anda dapat membeli laptop gaming MSI Vector GP66 12UGS dengan harga lebih murahΒ di Sini (Klik)Β atauΒ di Shopee (Klik)

Paket Penjualan MSI Vector GP66 12UGS

  • Laptop MSI Vector GP66 12UGS
  • Adaptor charger 280W
  • Kabel power
  • User guide
  • kartu garansi
  • Stealth Trooper Backpack II

Desain MSI Vector GP66 12UGS

Seperti yamng udah Tuxlin singgung di judul, tampang laptop gaming MSI Vector GP66 12UGS ini cenderung kalem. Padahal biasanya mah laptop gaming tuh desainnya nyolok, RGB sana-sini, lekukan tajem, dll. Nah kalau seri MSI Vector GP66 12UGS ini kayaknya sih memadukan gaya elegan dengan sentuhan yang futuristik. Ini terlihat banget dari desain LID cover-nya berwarna grey tanpa banyak lekukan dan terdapat logo naga yang emang udah jadi ciri khas MSI.

Lekukan atau sentuhan futuristik pada laptop MSI Vector GP66 12UGS ini terlihat pada area engsel yang dikasih detail yang cukup futuristik. LID cover laptop ini terbuat dari bahan metal gaes, jadi berasa kuat dan mewah gitu pas dipegang. Sementara kalau kita lihat interior-nya, juga nggak terkesan futuristik banget. Keyboard berdesain chiclet tanpa hadirnya number pad berjajar rapi dengan RGB backlight dan dibawahnya terdapat touchpad berukuran standar.

Beralih ke layarnya, laptop MSI Vector GP66 12UGS ini layarnya berukuran 15,6 inci dengan bezel yang lumayan tipis cuy! Terutama bagian kanan dan kiri layar. Kalau bagian atas memang sedikit lebih tebal karena buat nempatin webcam. Ngomongin soal ukuran, bodi laptop MSI Vector GP66 12UGS ini memang agak tebal dan berat lho… Lumayan juga kalau kemana-mana bawa ini laptop wkwkw… Tebalnya 23,4mm dan beratnya 2,38 kilogram. Berikut tampang laptop gaming MSI Vector GP66 12UGS.

Baca juga:Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda

Pada sisi kanan laptop gaming MSI Vector GP66 12UGS ini terdapat dua buah port USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps). Sedangkan bagian kiri laptop ada port USB 3.2 Gen 1 (5 Gbps), port USB-C 3.2 Gen 2 (10 Gbps) yang juga mendukung Display Out dengan protokol Display Port, dan 3.5 MM Audio Combo Jack. Nggak cuma itu, sisi belakang laptop ini juga ada port tambahan seperti port Mini Display Port, Gigabit Ethernet (RJ45), port HDMI, dan port DC-IN untuk Charging Laptop.

Software MSI Vector GP66 12UGS

MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 11

Sekarang emang sebagian besar laptop baru yang beredar di Indonesia udah dibekali dengan sistem operasi bawaan, termasuk MSI Vector GP66 12UGS. Laptop gaming ini udah terinstal Microsoft Windows 11 Home asli, tetapi belum ada aplikasi Office-nya. Padahal beberapa vendor kayak Asus, Acer atau Lenovo rata-rata udah dibundle dengan Microsoft Office 2021 Home & Student. πŸ€”

Kalau Tuxlin sih nggak masalah nggak ada Microsoft Office-nya, biasanya pakai LibreOffice yang open-source dan free. Selama ini emang nggak terlalu intensif pakai software Office begini. Eh tapi kalau kalian terbiasa dengan aplikasi Microsoft Office ya nggak ada salahnya untuk mempertimbangkan beli lisensinya.

Performa MSI Vector GP66 12UGS

MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 12

Sebagai sebuah laptop gaming, tentunya performa jadi daya tarik utama pada MSI Vector GP66 12UGS review kali ini. Lagian mana ada sih laptop gaming yang speknya kentang? πŸ˜‚ Nah unit MSI Vector GP66 12UGS yang Tuxlin Blog ulas ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-12700H 14-core (20 thread) generasi Alder Lake atau Intel Core generasi ke-12 yang terdiri dari hexa-core P-core 2,3 GHz TurboBoost 4,7GHz + octa-core E-core 1,7GHz TurboBoost 3,5GHz dan ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 16GB jenis DDR4 (8GB x 2) dual-channel dengan kecepatan 3200MHz.

Apa istimewanya prosesor Intel Core 12th gen Alder Lake yang dipakai di laptop andalan Micro Star International ini? Jadi sejak generasi Alder Lake, Intel menerapkan arsitektur hybrid yang menggabungkan dua buah core yang berbeda dalam satu prosesor, yakni P-core atau performance core yang didesain untuk menangani beban komputasi tinggi dan E-core atau efficiency core adalah core yang didesain untuk menangani beban komputasi rendah, background task, dan sebagainya.

Tujuan utama arsitektur hybrid kayak Intel Alder Lake ini adalah agar konsumsi dayanya lebih efisien. Konsep hybrid kayak prosesor Intel begini sebenarnya bukan hal yang baru karena ARM udah lebih dulu memperkenalkan konsep big.LITTLE yang menggabungkan dua jenis core yang berbeda dengan tujuan penghematan konsumsi daya.

Performa grafis MSI Vector GP66 12UGS juga nggak bisa dipandang remeh karena udah pakai GPU diskrit kelas atas dari Nvidia GeForce RTX 3070 Ti. Jadi, GeForce RTX 3070 Ti ini ini mengandalkan 5632 CUDA core berkecepatan 915MHz dan turbo 1410MHz yang dipadukan dengan 176 TMUs, dan 80 ROPs. Kartu grafis GeForce RTX 3070 Ti yang diusung oleh laptop gaming MSI Vector GP66 12UGS ini dikawinkan dengan memori VRAM 8GB GDDR6 berkecepatan 14Gbps dengan antarmuka memori 256-bit.

Baca juga:Apple Macbook Air M1 Review: Kinerja Kencang, Portabel, dan Baterai Awet

Kombinasi spek dewa macam MSI Vector GP66 12UGS begini bikin Tuxlin betah kerja. Biasanya sih buka puluhan tab di Chrome, kadang ditambah beberapa tab di Microsoft Edge, jalanin Office, editing foto ringan, streaming, dan komputasi dasar lain dapat ditangani dengan sangat ngebut oleh MSI Vector GP66 12UGS ini 😎 Mustinya sih game semacam Cyberpunk 2077 juga dapat dimainkan dengan lancar di MSI Vector GP66 12UGS, bahkan deang raytracing aktif sekalipun. πŸ‘πŸΌ

Benchmark

MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 13
CPU-Z
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 14
GPU-Z
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 15
Benchmark CPU-Z
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 16
Geekbench 5 CPU
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 17
Geekbench 5 OpenCL
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 18
Geekbench 5 Vulkan
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 19
Geekbench 5 CUDA
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 20
Cinebench R15
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 21
Cinebench R20
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 22
Cinebench R23
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 23
PCMark 10
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 24
3DMark Fire Strike
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 25
3DMark Night Raid
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 26
3DMark Time Spy

Storage

MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 27
CrystalDiskInfo
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 28
CrystalDiskMark
MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 29
AS SSD

Pada MSI Vector GP66 12UGS review oleh Tuxlin Blog kali ini, laptop gaming kelas dewa ini dilengkal;i dengan SSD berkapasitas 1TB NVMe PCIe 4.0 x4 dari Micron 2450 MTFDKBA1T0TFK. Berdasarkan benchmark di atas, speed read/write-nya emang nggak kayak SSD PCIe 4.0 kelas atas yang nyampe 7000MB/s-an, tapi ini stabil kok di angka 3400-3500MB/s.

Pasti pembaca banyak yang nanya, apakah SSD atau storage di laptop gaming ini bisa di-upgrade? Oh tentu bisa karena laptop MSI Vector GP66 12UGS ini masih dibekali dengan slot M.2 PCIe 4.0 x4 kosong kalau emang butuh tambahan media penyimpanan.

MSI Vector GP66 12UGS Review

MSI Vector GP66 12UGS Review

Layar

MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 30

Spesifikasi layar laptop MSI Vector GP66 12UGS ini relatif bersaing di kelasnya sih kalau Tuxlin amati. Jadi laptop gaming kelas dewa ini dibekali dengan layar berukuran standar, yakni 15,6 inci dengan resolusi esolusi QHD (Quad High Definition) 2560 x 1440 piksel, serta mampu memancarkan 100% DCI-P3 color gamut yang akurat dengan dukungan MSI True Color. 

Ngelihat speknya di atas, nggak heran sih kalau MSI Vector GP66 12UGS ini dapat nampilin kualitas visual yang tajam, padat, dan coloful… 😎 Viewing angle layarnya cukup luas, jadi dilihat dari sisi samping pun masih oke dengan tingkat brightness yang masih oke untuk penggunaan di luar ruangan.

Nggak cuma itu, sebagai laptop gaming tentu dibekali dengan refresh rate tinggi, begitu juga dengan laptop MSI ini dibekali refresh rate sampe 165Hz. Jadi kalian yang suka main game eSports nggak gampang pusing gegara layarnya stuttering atau tearing… Smooth banget πŸ‘πŸΌ

Audio

Kualitas audio di laptop gaming kelas dewa MSI Vector GP66 12UGS ini gimana? Spek speakernya sih kurang dewa ya, soalnya cuma modal dua buah speaker dengan daya masing-masing 2W tanpa adanya subwoofer. Untungnya, laptop ini didukung fitur Nahimic Sound 3 Technology dan udah mengantongi sertifikasi Hi-Res Audio untuk kualitas audio yang lebih mantap.

Setelah seminggu lebih dengerin musik pakai laptop gaming MSI Vector GP66 12UGS ini, suara yang dihasilkan kedua speakernya cukup nyaring, jernih, dan detail yang lumayan oke. Sayangnya, bass-nya tu kurang berasa. Jadi, kualitas suara secara umum masih kurang bertenaga menurut Tuxlin Blog.

Keyboard & Touchpad

MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 31

Salah satu daya tarik dari MSI Vector GP66 12UGS review kali ini bagi bocil-bocil adalah hadirnya ergebe alias RGB Backlight di keyboard-nya. 😎 Ya RGB emang nggak pengaruh ke performa, tapi pokoknya kelihatan keren wkwkwk… Mana di MSI Vector GP66 12UGS bisa atur RGB backlight-nya per Key lagi 😍 Kalian bisa atur backlight melalui menu Mystic Light di aplikasi MSI Center.

Baca juga:Anker Soundcore Ace A0 ROG Edition Review: Ukuran Kecil, Suara Galak…

RGB doang keren, pengalaman ngetiknya gimana? Secara mengejutkan, keyboard MSI Vector GP66 12UGS ini ternyata lumayan nyaman dengan keytravel yang agak pendek sih. Tuxlin coba jajal ngetik sampai 2 jam lebih masih terasa enak, tetapi kayaknya bukan yang paling nyaman di kelasnya. πŸ€”

Oiya, touchpad laptpp gaming MSI Vector GP66 12UGS sekilas ukurannya agak kecil ya? Tapi sebenarnya lumayan oke kok. Dipakai buat navigasi, swipe kanan dan kiri, dan sebagainya berasa cukup enak. Tuxlin sendiri sebenarnya lebih suka pakai mouse sih πŸ˜…

Konektivitas

Konektivitas yang dimikiliki laptop gaming MSI Vector GP66 12UGS ini lumayan lengkap gaes, ada WiFi 6E Intel AX1675 802.11 ax, Bluetooth 5.2, Killer Gb LAN (RJ45), Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen2 Type-C, (support DisplayPort dan USB Power Delivery), Port Mini DisplayPort, Port HDMI, card reader, dan port audio combo.

Mungkin salah satu kekurangan pada MSI Vector GP66 12UGS review kali ini adalah absennya port Thunderbolt 4. Kayaknya sih gamer nggak butuh-butuh amat fitur ini, ya nggak sih? πŸ€” Satu lagi, MSI Vector GP66 12UGS nggak bisa charging lewat port USB Type-C lho… Ini juga nggak penting-penting amat, tapi untuk harga segini kok ya nggak ada πŸ˜…

Fitur MSI Center dan MSI App Player

MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 32

Pada MSI Vector GP66 12UGS review kali ini, laptop ini dibekali dengan aplikasi yang disebut dengan MSI Center. Ini fungsinya mirip dengan Armoury Crate di Asus ROG atau TUF Gaming, cuma desain antarmuka MSI Center ini emang cupu wkwkwkw… Meski demikian, fungsi MSI Center ini banyak lho, mulai dari hardware monitoring, mengatur shortcut, MSI Companion, Game Highlights, WiFi Analysis, dan banyak lagi.

Selain itu, MSI Center juga menyediakan profil performa yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan atau tugas yang sedang lo kerjain, misalnya Smart Auto, Extreme Performance, Balance, Silent, dan Super Battery. Nggak cuma itu, kalian juga bisa tuh atur RGB Light yang ada di laptop gaming MSI Vector GP66 12UGS ini melalui menu Mystic Light dan atur sesuai selera. 😎

MSI Vector GP66 12UGS Review: Laptop Gaming Dewa Bertampang Kalem 33

Oiya, ada satu lagi aplikasi unik di laptop gaming MSI Vector GP66 12UGS dan mungkin juga ada di laptop MSI lainnya, yakni MSI App Player! Jadi MSI App Player ini semaca Android simulator yang dikembangkan oleh MSI dan BlueStacks yang memungkinkan kalian menjalankan atau memainkan game Android langsung di MSI Vector GP66 12UGS. Tuxlin baru nyoba game ringan sih kayak Real Racing 3 dan jalan lumayan mulus.

Baterai

Daya tahan baterai laptop gaming MSI Vector GP66 12UGS ini jauh dari kata istimewa gaes. Ini wajar sih, soalnya laptop gaming kan nggak didesain untuk mobilitas kayak ultrabook. Selama seminggu lebih jajal laptop MSI Vector GP66 12UGS, rata-rata baterai cuma tahan hingga 5 jam aja untuk kerja sehari-hari non gaming. Pola pemakaiannya kayak jalanin puluhan tab chrome, office, streaming YouTube, edit foto ringan, dan sebagainya.

Kalau dipakai buat gaming, mungkiin daya tahan baterainya lebih singkat lagi. Eh tapi kalau mau dapat performa gaming maksimal ya laptop MSI Vector GP66 12UGS sebaiknya dicolok ke listrik. Oiya, MSI Vector GP66 12UGS ini kapasitas baterainya 4 cell 65Whr, nggak terlalu gede sih. Pas Tuxlin pakai charger bawaan, butuh waktu 2 jam lebih buat mengisi penuh baterai laptop MSI Vector GP66 12UGS ini. πŸ€”

Kesimpulan

Secara umum, MSI Vector GP66 12UGS adalah salah satu laptop gaming kelas dewa yang sanggup memainkan game-game terkini dengan setting grafis yang optimal dan kemampuan pendinginan yang oke. Cocok banget nih buat gamer yang anti ngelag-ngelag club! Selain itu, processing performance yang gede dan layar dengan kualitas oke bikin MSI Vector GP66 12UGS juga masih cocok untuk kreator konten.

Minus laptop ini mungkin emang di ukurannya yang agak gede dan tebel. Ini bisa dimaklumi sih, emang rata-rata laptop gaming kayak gitu buat nampung sistem pendinginan. Kalau kalian butuh Thunderbolt 4, ini juga nggak ada hhehehe… Terlepas dari kekurangannya, MSI Vector GP66 12UGS layak kalian pertimbangkan. πŸ‘πŸΌ

Kelebihan MSI Vector GP66 12UGS

  • Performa gaming ngebut, cuy!
  • Fitur buat dukung gaming lengkap banget
  • Desain kalem, build quality kuat
  • Kualitas layar mantap

Kekurangan MSI Vector GP66 12UGS

  • Ukuran lumayan gede dan berat
  • Nggak dikasih port Thunderbolt 4.0
  • Baterai agak boros

Anda mungkin suka:Asus ExpertBook B7 Flip B7402FEA Review: Laptop Bisnis Hybrid udah Dukung 5G


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *