Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9

8 min read

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 1

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 – Halo Pembaca! Konten saat ini emang jadi salah satu kebutuhan masyarakat di era modern kayak sekarang ini. Jelas, buka hape langsung lihat konten kayak video tutorial, dengerin podcast, baca blog, nonton YouTube, dan sebagainya. Makanya, nggak heran kalau sekarang tercipta profesi kreator konten yang digemari generasi muda. ๐Ÿ˜Ž Tuxlin sendiri sih sejauh ini masih menekuni blog dan sedang menjajal terjun ke dunia kreasi konten bersama istri di bawah bendera Kisah Foto. Bikin Reels, video TikTok, dan kadang-kadang cuma sekadar posting foto di Instagram. Udah bisa disebut konten kreator belum? ๐Ÿคญ

Travel dan kuliner menjadi tema utama konten Kisah Foto. Kontennya macem-macem sih, mulai dari video, blogpost, dan juga stories yang diposting di beberapa sosial media. Nah bikin konten kayak gini tu butuh peralatan tempur yang andal dan kompeten. Kandidat kuatnya sih smartphone Asus Zenfone 9. ๐Ÿ˜Ž Asus secara resmi telah meluncurkan Zenfone 9 di Indonesia sejak November 2022. Keunggulan utama Asus Zenfone 9 ini adalah kemampuan kameranya yang mantap di kelasnya dengan fitur 6-axis gimbal stabilization yang nggak dimiliki pesaingnya dan performanya kelas flagship dengan dukungan SoC Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1. Hebatnya, spesifikasi secanggih itu dikemas dalam ukuran paling ringkas di kelasnya. Penasaran?

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 2

Pengalaman Pakai Asus Zenfone

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 3

Asus adalah salah salah satu brand smartphone favorit Tuxlin Blog. Ada banyak tipe smartphone Asus Zenfone yang pernah menjadi daily driver dan salah satu yang paling berkesan adalah Zenfone Zoom S. Keunggulan utama Zenfone Zoom S andalan Asus ini adalah kemampuan kameranya yang termasuk superior di masanya dan daya tahan baterai yang mumpuni. ๐Ÿ˜Ž Makanya, Tuxlin betah banget pakai Zenfone Zoom S ini untuk foto produk dan rekam video unboxing buat YouTube. Sayangnya, saat itu belum bikin Kisah Foto sih hehehehe… ๐Ÿคฃ

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 4

Selain Zenfone Zoom S, Tuxlin juga pernah pakai Zenfone Max Pro M2 dan Zenfone 3. Nah Zenfone 3 ini bisa dibilang smartphone midrange yang kualitas kameranya salah satu yang terbaik di kelasnya dan sudah dibekali fitur OIS. Tahun 2016, smartphone yang dibekali fitur OIS sangatlah langka dan paling cuma flagship doang. ๐Ÿค” Sedangkan Zenfone Max Pro M2 fokusnya bukan di kamera sih, tapi performa yang paling kenceng di kelasnya. Meski demikian, kemampuan kameranya nggak bisa dipandang sebelah mata.

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 5

Secara umum, kesan menggunakan lini smartphone Asus Zenfone ini sangat memuaskan dan minim keluhan. Lini Zenfone Zoom S dan Zenfone 3 membuktikan bahwa Asus ini udah banyak makan asam garam di dunia mobile photography. Nggak heran, kehadiran Zenfone 9 ini menurut Tuxlin menjadi momen reinkarnasi dari Zenfone Zoom S dan Zenfone 3 yang memang menonjolkan kemampuan kameranya. Akan tetapi Zenfone 9 ini sebenarnya lebih dari itu dan nggak cuma soal kamera. ๐Ÿ˜Ž

Keunggulan Asus Zenfone 9 Buat Ngonten

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 6

Smartphone yang kayak gimana sih yang cocok buat bikin konten? Ya kalau menurut pandangan Tuxlin Blog sih ya yang paling penting adalah kemampuan kamera. Ini penting banget karena untuk bikin konten kan musti motret dan merekam video, musti smartphone dengan kemampuan kamera yang bagus biar kualitas kontennya juga bagus.

Selain kamera, performa juga musti kenceng! Ini penting karena konten jaman sekarang itu kan lebih banyak berupa video. Nah ngedit dan render video ini butuh performa yang kencang agar hemat waktu dan bekerja bisa lebih efektif. Nah Asus Zenfone 9 ini memenuhi kriteria buat jadi smartphone yang asik buat bikin konten. Mengapa? Ini dia… ๐Ÿ˜Ž

1. Kamera Mumpuni dengan 6-axis Gimbal Stabilization

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 7

Jadi Asus Zenfone 9 ini dibekali dua kamera belakang. Kok cuma dua? Ya baguslah, daripada kamera banyak-bamnyak tapi nggak ada manfaat signifikan kayak kamera macro, AI, dan sebagainya ๐Ÿ˜… Kamera utama Zenfone 9 ini mengusung resolusi 50 megapiksel dengan sensor Sony IMX766 berukuran 1/1.56 inci 1um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa 24mm aperture f/1.9 yang dilengkapi dengan fitur 6-axis hybrid gimbal OIS (optical Image Stabilization), phase-detection autofokus, dan LED flash.

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 8
Teknologi Quad Bayer di sensor Sony (credit: Sony)

Kamera utama Zenfone 9ย yang berkekuatan 50MP yang kemungkinan menggunakan sensor Sony IMX766 yang merupakan keluarga sensor Sony Exmor RS ini menggunakan teknologi Quad bayer Filter yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, smartphone bergaya balap terjangkau ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Kehadiran fitur 6-axis hybrid gimbal OIS pada kamera utama Asus Zenfone 9 ini mampu meredam guncangan saat merekam video, sehingga hasil perekaman video bisa lebih stabil meski sambil bergerak. Gimbal sendiri pada dasarnya adalah sebuah perangkat atau sistem yang dilengkapi dengan motor dan sensor untuk mengurangi getaran dan memungkinkan pengguna menggerakkan, memiringkan, ataupun memutar perangkat berdasarkan garis (axis) ketika mengambil gambar atau merekam video.ย 

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 9

Kamera kedua Asus Zenfone 9 ini mengusung resolusi 12 megapiksel sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4um piksel Dual Pixel phase-detection autofokus yang ditandemkan dengan lensa ultra-wide 14mm dengan aperture f/2.2 untuk mengambil foto super wide dengan field of view (FoV) 123 derajat. Dukungan Dual Pixel PDAF pada kamera kedua Zenfone 9 ini membuatnya juga dapat difungsikan sebagai kamera macro.

Kamera depan Asus Zenfone 9 ini berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX663 1/2.93 inci 1.22um piksel dengan lensa 28mm aperture f/2.45 Dual Pixel phase-detection autofokus yang cukup mumpuni untuk foto selfie dan video call. Resolusi tinggi yang diusungnya membuat Zenfone 9 ini laik mendampingi pengguna yang menyukai swafoto atau foto selfie.

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 10
Konten video kuliner di akun @kisahfotoblog

Nah, apa manfaat kamera canggih yang dimiliki oleh Zenfone 9 ini untuk kreasi konten? Kamera mumpuni sangat bermanfaat sekali buat Tuxlin untuk bikin konten, dokumentasi pas wisata, rekam video unboxing, dan juga memotret produk. Kamera berkualitas tinggi adalah modal awal untuk bikin konten yang bagus. Spesifikasi kamera Zenfone 9 ini Tuxlin kira udah sangat superior di kelasnya.

Teknologi 6-axis hybrid gimbali OIS-nya bakal bermanfaat lagi kalau bikin footage video pas traveling. kadang kan lagi naik motor atau jeep wisata sambil rekam video gitu, hasil video pasti bakal lebih stabil dan bebas guncangan. Bahkan bikin video sambil lari-lari kecil ala film Bollywood pun, hayuklah akalu pakai Zenfone 9. ๐Ÿ˜Ž Sebelumnya udah pakai Zenfone 3 dan Zenfone Zoom S udah puas banget sama performa kameranya.

2. Performa Kenceng Banget!

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 11

Kriteria smartphone yang cocok buat bikin konten adalah performanya yang kencang agar kerja bisa lebih cepat, hemat waktu, dan tentunya lebih efisien. Nah Zenfone 9 ini udah kenceng banget dan sama kayak smartphone flagship yang harganya lebih mahal dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 SM8475 (4nm) yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X2 3.19GHz, triple-core ARM Cortex-A710 2,75GHz, dan quad-core ARM Cortex-A510 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB, 8GB atau 16GB LPDDR5, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 730 yang powerful.

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 12

Performa tinggi Asus Zenfone 9 apa manfaatnya buat kreasi konten? Lho penting juga ini! Saat traveling ke sebuah tempat wisata atau bikin video kuliner, Tuxlin bikin konten bareng istri yang terdiri dari foto dan video. Nah kumpulan video tadi diedit pakai aplikasi editor video kayak InShot atau CapCut. Setelah proses editing selesai, maka harus dirender agar jadi sebuah konten video siap publish. Sering juga sambil edit foto vide Canva dan Snapseed.

Kalau pakai Asus Zenfone 9 yang memiliki performa paling kenceng, proses rendering di atas bakal berjalan lebih cepat dan lebih hemat waktu, produktivitas terdongkrak! Tuxlin makin semangat deh ngontennya. Ini juga bikin mood bagus dan lebih semangat editnya. Coba kalau performanya lambat dan baru nambah filter aja loading, pasti mood bikin konten langsung bubar… ๐Ÿคฃ Makanya, performa ini sangat penging buat kreasi konten. ๐Ÿค”

Kenceng begini, tar panas kalau dipakai ngedit video atau gaming? Lho jangan salah, Asus selalu totalitas kalau bikin smartphone. Nah Zenfone 9 yang kenceng ini dibekali dengan solusi pendinginan Vapor Chamber yang terbuat dari bahan tembaga, lembaran grafit, dan dipadukan dengan thermal paste untuk membuang panas.ย Dijamin, ngedit video seharian atau ngegame nggak bakalan overheat pakai Zenfone 9 ini. ๐Ÿ˜

3. Layar Super AMOLED 120Hz yang Imersif

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 13

Asus membekali Zenfone 9 ini dengan spesifikasi layar yang ciamik di kelasnya, yakni layar sentuh punch hole pada sudut kiri atas berukuran 5,9 inci berteknologi panel Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) kapasitif display dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel yang menawarkan kerapatan hingga 445 piksel per inci dengan kecerahan hingga 1100 nits dan telah mendukung HDR10+, menawarkan 112% DCI-P3 color gamut, dan akurasi warna dengan Delta E < 1 (sangat akurat).

Layar Asus Zenfone 9 mampu menghasilkan animasi yang mulus berkat refresh rate layar yang 120Hz guna mengurangi screen tearing dan stuttering saat bermain game atau scrolling sosial media. Juga tersedia fitur SGS Eye Care 6.5% & SGS Seamless Pro yang berfungsi mengurangi pancaran cahaya biru di layar agar mata tak lekas lelah. Tak hanya itu, layar Asus Zenfone 9 ini disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass Victus.

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 14
Butuh layar akurat untuk edit konten

Layar canggih Zenfone 9 ini juga ada manfaatnya kok buat kreasi konten. Refresh rate layar tinggi bikin lebih asik kalau scrolling sosial media atau pas milih bahan buat bikin konten, berasa lebih mulus gitu. Paling penting sih karena warna layar Zenfone 9 ini akurat banget dengan Delta E < 1 dan 111,8% DCI-P3 color gamut, bakal ngebantu Tuxlin pas edit foto dan video, terutama proses color grading.

Selain itu, warnanya yang ciamik bikin betah buat nonton di layanan streaming videoโ€ฆย Udah gitu pelindung Gorilla Glass Victus-nya cocok banget buat melindungi layar dari goresan semisal pas traveling hape jatoh eheheheโ€ฆ

4. Fitur Lengkap

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 15

Salah satu keunggulan Asus Zenfone 9 adalah fitur yang lengkap. Paling utama sih menurut Tuxlin Blog adalah adanya port audio 3,5mm, mengapa? Soalnya Istri suka voice over pakai microphone tambahan di smartphone, jadi adanya port audio 3,5mm ini wajib banget! Ya sebenarnya bisa sih pakai hape yang cuma ngandelin USB Type-C, tapi kan musti beli adapter dan harganya nggak murah kalau yang kualitasnya bagus. Padahal sekarang rata-rata hape mahal malah nggak ada port audio 3,5mm-nya ๐Ÿฅฒ Heran, hape mahal kok malah nyusahin wkwkwk ๐Ÿคฃ

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 16

Kreator konten bakal semakin dimanja dengan hadirnya dua buah speaker stereo yang mumpuni dan masih diperkuat oleh teknologi Dirac Audio! Ini bakal meningkatkan pengalaman saat menikmati konten multimedia dengan suara yang lebih imersif! Selain itu, pas bikin konten juga bisa merasakan sensasi audio yang lebih nyata saat preview file project, asyik kan? Udah gitu, ni hape udah tersertifikasi Hi-Res Audio, jadi penikmat musik lossless seperti format FLAC bakal lebih maksimal pakai hape ini ๐Ÿ‘๐Ÿผ

Masih ada satu lagi, Asus Zenfone 9 ini dibekali dengan fitur OZO Audio yang memungkinkan kita merekam video buat bahan konten dengan audio berkualitas tinggi dengan kemampuan 3D surround sound dan wind-noise reduction, hasilnya? Suara dari video yang direkam lebih nyata, jernih, dan nyaring. Ini tentunya bakal menjadi modal utama untuk bikin konten berkualitas karena bahan mentah yang dihasilkan juga udah berkualitas tinggi.

Udah gitu, Zenfone 9 ini udah ada fitur NFC nih, bisa digunakan untuk cek saldo atau top up e-Money, transaksi digital, dan juga bertukar file. Nah ini buat temen-temen yang sering transaksi cashless atau isi ulang e-money, penting banget punya hape dengan fitur NFC seperti Zenfone 9.

5. Ukuran Ringkas dan Tangguh

Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9 17

Pernah nggak sih pembaca Tuxlin pakai celana jeans yang lumayan ketat, terus susah masukin smartphone ke saku? Atau pernah ngalamin nggak, nonton video sambil rebahan eh hape kelepas dari tangan terus nimpa muka? Kalau ukuran hapenya besar dan berat sih bakal bonyok dah hehehhe… ๐Ÿ˜… Apalagi sekarang malah ngetren smartphone bongsor yang susah digenggam. Alhasil, smartphone berukuran ringkas mulai langka.

Nah hal kayak di atas nggak bakal menimpa kalian kalau pakai Asus Zenfone 9! Soalnya ukurannya tuh ringkas banget, cuma 146.5 x 68.1 x 9.1 mm doang dan beratnya juga cuma 169 gram. Jadi nggak berlebihan kalau Tuxlin bilang Zenfone 9 ini adalah smartphone flagship paling ringkas. ๐Ÿ˜Ž Bayangin aja dengan spesifikasi gahar dan fitur yang amat lengkap, Asus bisa mengemasnya ke dalam ukuran yang sangat ringkas dan nyaman dioperasikan pakai satu tangan. Ini keren!

Nggak cuma ringkas, Asus Zenfone 9 ini juga tampangnya keren, unik, dan tangguh! Nggak ada tuh yang konsep desainnya semodern Asus Zenfone 9 ini. Udah gitu, smartphone andalan Asus ini dibekali dengan kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikat IP68 yang artinya smartphone ini dapat ditenggelamkan ke air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit!

Apa manfaatnya buar kreator konten? Ya manfaatnya gede banget, apalagi kalau traveling ke tempat wisata yang banyak airnya seperti waterboom atau air terjun yang rawan kecipratan air pas bikin konten. Pas bikin konten kuliner juga bermanfaat banget, siapa tahu nggak sengaja hape jatuh masuk mangkok isi sop kan berabe kalau nggak tahan air ๐Ÿ˜‚

Kesimpulan

Secara umum, Tuxlin menilai Asus Zenfone 9 ini cocok banget buat kreator konten yang butuh smartphone untuk perangkat utamanya. Kameranya mumpuni untuk bikin bahan ‘mentah’ konten berkualitas, layarnya akurat untuk bantu proses editing dan colot grading, performa kenceng biar render makin ngebut dan hemat waktu. Udah gitu fitur lengkap, ukuran ringkas, dan tahan air. Dah mau ngonten di mana aja aman dan andal pakai Asus Zenfone 9 ini. ๐Ÿ‘๐Ÿผ

Harga Asus Zenfone 9

Harga smartphone Asus Zenfone 9 RAM 6GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog himpun adalah Rp 7.999.000. Adapun Asus Zenfone 9 varian RAM 8GB ROM 256GB yang dijual dengan harga Rp 9.999.000 dan varian RAM 16GB ROM 256GB dengan harga Rp 11.999.000.

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store.

Spesifikasi Asus Zenfone 9

  • Sistem Operasi Android 12 dengan antarmuka Zen UI
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 SM8475 (4nm) dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core ARM Cortex-X2 3.19GHz, triple-core ARM Cortex-A710 2,75GHz, dan quad-core ARM Cortex-A510 1,8GHz
  • Grafis Adreno 730
  • Dual atau Dua kamera belakang resolusi resolusi 50 megapiksel, sensor Sony IMX766 1/1.56 inci 1um piksel, lensa 24mm aperture f/1.9, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash, 6-axis hybrid gimbal OIS + 12 megapiksel (ultra wide) lensa 14mm aperture f/2.2 sensor Sony IMX363 1/2.55 inci 1.4um piksel, Dual Pixel phase-detection autofokus
  • Kamera depan 12 megapiksel, sensor Sony IMX663 1/2.93 inci 1.22um piksel, lensa 28mm aperture f/2.45, Dual Pixel phase-detection autofokus
  • Layar sentuh punch hole 5,9 inci 2.5D, dengan resolusi full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 446 ppi (pixel per inch), 1100 nits, refresh rate 120Hz, 112% DCI-P3, 16 juta warna, panel Super AMOLED, HDR10+, Corning Gorilla Glass Victus
  • Memori RAM 6GB, 8GB atau 16GB LPDDR5, ROM 128GB atau 256GB UFS 3.1, tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, port 3.5mm audio jack, GPS, Dual SIM, NFC, fingerprint sensor (side mounted), face unlock
  • Stereo speaker dengan Dirac Audio, sertifikasi Hi-Res Audio, OZO Audio
  • Tahan air dan debu dengan sertifikat IP68
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 146.5 x 68.1 x 9.1 mm dengan berat 169 gram
  • Baterai 4300mAh non-removable, HyperCharge 30W, reverse charging
  • Warna Starry Blue, Moonlight White, Sunset Red, dan Midnight Black

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari.

Anda mungkin suka:Keunggulan Asus ROG Phone 6 untuk Gamer dan Blogger


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

2 Replies to “Ngonten Makin Asyik dengan 5 Keunggulan Asus Zenfone 9”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *