Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Pagerank…Oh…Pagerank…..!

1 min read

Halo Pembaca! Pada posting ini, saya mau sharing soal page rank dari google dan alexa. Seperti yang kita tau, google pagerank dan alexa rank adalah patokan popularitas sebuah situs atau blog. Alexa melakukan perhitungan ranking berdasarkan traffic, kalo google? gak tau deh. Saya sampai sekarang masih belum tau bagaimana google melakukan penilaian terhadap sebuah situs web atau blog. Saya mempunyai 3 blog, blog ini dan dua di blogspot. Sampai saat ini, yang paling rajin saya update adalah blog ini, selain itu, traffic kunjungan blog ini perhari rata 135 hits dengan kunjungan tertinggi perhari mencapai 478 hits di bulan november tahun lalu. Melalui inspeksi statistik blog tadi, page rank alexa saya berkisar di angka 1

jutaan dan google di pegerank 1. Perjalanan selanjutnya, sekitar bulan desember-januari, saya mengalami syndrom males ngeblog yang cukup akut disamping kesibukan saya sebagai pemulung mahasiswa yang tidak pernah jauh dari tugas-tugas yang kadang membuat saya malas tidak sempat ngeblog. Hal yang membuat saya bertanya-tanya, ketika saya rajin ngeblog di bulan agustus-november tahun lalu, alexa rank saya mengalami peningkatan, sedangkan googl rank saya tetap. Namun, ketika bulan desember-januari, ketika saya jarang posting, page rank google saya langsung melonjak jadi 4! Heran, gimana sie itunganya mbah google? Seseorang pernah bilang, hal yang paling penting untuk google pagerank adalah backlink, benarkah? Gak tau deh. Lebih aneh lagi, setelah saya tau pagerank blog ini meningkat jadi 4, saya segera posting artikel karena kembali bersemangat, hasilnya? Sekarang malah gak ada tuh pagerank nya, padahal traffic blog saya cukup stabil. Bagaimana dengan alexa? menurut saya, alexa rank lebih logis dalam hal ranking, mungkin karena perhitunganya berdasarkan traffic.

Itu tadi ngomongin soal blog saya ini, bagaimana dengan dua blog saya di blogspot? Blog yang pertama, ini memiliki traffic perhari sekitar 30-40hits dan blog yang kedua memiliki traffic yang sangat tidak stabil, kalo lagi rame ya nyampe 90-an, kalo lagi sepi malah gaak ada yang mampir, hehehehehehe…. Kedua blog saya di blogspot memang sudah tidak pernah lagi saya urus, update pun sebulan sekali atau kalo inget aja,hehehehe… Pageranknya? Alexa rank menunjukan rank dengan angka yang cukup tinggi, yang artinya urutanya semakin kebawah,hehehe… Google pagerank? Ajaib, dua-duanya di pagerank 3!! Gila, padaha sangat jarang di update lho! Pagerank yang aneh…. Sebenernya sie motivasi utama saya ngeblog bukan untuk pagerank, cuma gatel aja liat pagerank turun,hahahaha… Selama isi atau content sebuah blog menarik, unik dan berbobot, saya yakin, blog tersebut bakal ramai pengunjung. Blog ini? Saya isi dengan pengalaman saya di dunia Teknologi Informasi terutama komputer hardware dan linux. Sebuah pengalaman dan ilmu harus di sharing agar bertambah, saya pun begitu dengan ngeblog disini. Pagerank dan traffic adalah tujuan yang diutamakan sampingan dalam ngeblog menurut saya. Sampai disini dulu  posting kali ini, see u next time!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

11 Replies to “Pagerank…Oh…Pagerank…..!”

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    PR emang sering kali bikin pusing para blogger baik yang pemula kayak saya maupun para master sekalipun.
    Buktinya banyak blognya para master SEO, tapi PRnya biasa-biasa saja. Sebaliknya banyak blog yang kemarin2 (november-desember) jarang update tapi bulan januari kemarin PRnya nambah.

    Ah, gitu aja kok repot. Yang penting ngeblog

  2. iya. PR rada aneh. tapi q baru aja nih dapet PR=3 dari om google. pengunjung per hari rata” sih 300an.

  3. Setahu saya yang menentukan PageRank bukan cuma backlink. Tapi backlink dari berbagai halaman yang berkaitan. Yang penting: berkaitan alias nyambung 🙂

    1. @mardianto
      owh gitu ya gan… pantes dulu dah dapat PR 4, sekarang malah ditendang jadi gak dapet ranking… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.