Pakai MicroSD Class 10 Ternyata Juga Ngaruh…!

42

DSC_0140

Halo Pembaca! Beberapa waktu lalu saya melakukan review ponsel Sony Ericsson Xperia Ray menggunakan microSD merk Vgen tanpa embel-embel kelas atau class yang sebelumnya saya gunakan di ponsel lama saya, Samsung GT-C3322 Lakota Duos. Setalah menyimak sebuah thread di Kaskus, ternyata menggunakan microSD dengan class tinggi cukup berpengaruh pada performa smartphone. Dari thread tersebut, banyak yang menyarankan untuk menggunakan microSD yang ber-kelas Smile with tongue out, terutama yang menggunakan microSD sebagai tempat instalasi aplikasi.

Class dalam sebuah memori seperti microSD menandakan kecepatan dan performanya. MicroSD sendiri terdapat 5 class yang umum dan terdapat di pasaran, yakni microSD class 2, class 4, class 6, class 8, dan class 10. Secara teori, makin tinggi class atau kelasnya, makin tinggi pula kecepatan dan performanya. Berdasarkan informasi dari Wikipedia Nerd smile, class tersebut menandakan minimal kecepatan saat transfer data, yakni seperti berikut :

  • Class 2 = minimal kecepatan 2MB/s
  • Class 4 = minimal kecepatan 4MB/s
  • Class 6 = minimal kecepatan 6MB/s
  • Class 8 = minimal kecepatan 8MB/s
  • Class 10 = minimal kecepatan 10MB/s

Berbekal informasi ini, saya jadi tergoda untuk mengganti microSD Vgen tanpa kelas dengan kapasitas 8GB ini dengan microSD class 10 untuk menemani ponsel Sony Ericsson Xperia Ray. Sebenarnya, ponsel ini datang dengan microSD bawaan yang mungkin masuk kategori class 4 dengan kapasitas 4GB, tapi saya pindahkan ke ponsel Cross G900T. Sedangkan Xperia Ray menggunakan Vgen tanpa kelas (katanya class 2 Thinking smile) bekas pakai ponsel Samsung saya dulu.

Iseng-iseng buka website salah satu toko online terbesar di tanah air Hot smile, kebetulan pas ada diskon besar-besaran bertajuk Diskonsaurus, langsung saja saya buka laman produk microSD, ternyata produk incaran saya kena diskon Open-mouthed smile, yakni Team MicroSDHC E5 Class 10 berkapasitas 16GB. Lumayanlah, kena 155 ribu sudah termasuk ongkir. 3 hari setelah pemesanan di toko tersebut, barang pun datang Laughing out loud.

DSC_0139 (2)

DSC_0141

Kardusnya segedhe gaban, isinya cuman nota pembelian plus Team MicroSDHC E5 Class 10 berkapasitas 16GB, kirain ada bonusnya Laughing out loud. Perlengkapan microSD ya cuma SD card adapter dan karu microSD nya sendiri. Langsung deh saya pindahin data-data dari memori lawas ke memori yang baru dan saya coba tes pake AnTuTu 3.0.2 benchmark dan Quadrant Standard dengan ponsel Sony Ericsson Xperia Ray ternyata cukup siginifikan, berikut hasilnya :

Quadrant vgenantutu vgenantutu vgen detail

Vgen tanpa kelas (mungkin class 2) 8GB, mencetak skor 1223 di Quadrant Standard dan di AnTuTu 3.0.2 benchmark mencetak skor 4499. Pada bagian detail AnTuTu 3.0.2 benchmark, menunjukan SD card write hanya 1,7MB/s dan SD card read mencapai 9,0MB/s.

quadrantntutu tean barantutu team detail

Team MicroSDHC E5 Class 10 16GB mencetak skor 1232 di Quadrant Standard, naik 10 poin dari skor pas pake Vgen. AnTuTu 3.0.2 benchmark mencetak skor 4580. Pada bagian detail AnTuTu 3.0.2 benchmark, menunjukan SD card write 7,9MB/s dan SD card read mencapai 11,5MB/s. Meski hanya separuh dari klaim Team yang mencapai write 14MB/s dan read 20MB/s, tapi performanya meningkat drastis jika dibandingkan dengan microSD sebelumnya.

Wah berarti Team MicroSDHC E5 Class 10 16GB ini harusnya masuk class 8 aja, lha gak sesuai klaimnya? Smile with tongue out Atau mungkin perlu di tes di PC biar ketauan speed yang sebenarnya? Entahlah, meski gak sesuai dengan klaim, saya cukup puas kok dengan performanya. Akan lebih puas lagi jika sesuai dengan klaim Smile with tongue out.

Perbedaan performa ini juga cukup terasa ketika ponsel Urushi S18i digunakan. Hal ini terlihat ketika Xperia Ray di hidupkan dan dimatikan, terasa lebih cepat. Pas dihidupkan, startup jadi lebih cepat serta loading aplikasi yang terinstal di microSD  di-load lebih cepat. Jadi gak ada tuh icon aplikasi berwarna abu-abu karena nunggu loading microSD Smile with tongue out. Mematikan ponsel juga jadih lebih cepat dari sebelumnya. Takhanya itu, ketika mengambil foto melalui kamera, proses menyimpan gambar juga berlangsung cepat.

Okelah, sampai disini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat Smile.

42 COMMENTS

  1. Lum update jga??

    Nitip cerita misteri karangan saya,Perkemahan yang terganggu.http//erit07.wordpress.com/2012/12/16/cerita-misteriperkemahan-yang-terganggu/

  2. @ditya
    Waduh,kalo note 2 ku dipasang 64 gb class 10 gimana ya? Pasti kayak kesamber bledek 🙂 soalnya memory card ku cuma 4 gb class 4 🙁
    Btw,belinya di website mana tuh? Jadi pingin 🙂

    • @Jason
      ah gak gitu juga kali,… faktor utama yang mempengaruhi performa tetep spek chipset+prosesor+ram 🙂 btw masak pake GL Note 2 cuma pake 4GB class 4? ganti dunk, minimal kek saya, 16GB class 10 😀

  3. Tapi tu 4gb class 4 nya visi on 🙂 ndeso dapet pas beli nds xl 😀 gak bondo banget yah 😀
    Btw internalnya g note 2 ku tinggal 2 gb 🙁

  4. Waduh… @Ditya
    Tapi barusan tak cek di antutu kok memory card ku yg class 4 sd card write nya sampe 10.0 mb :mrgreen:
    Berarti tuh juga pengaruh sm device nya,bukan cuma class memorynya 😀 Btw total benchmark g note 2 ku nyamoe 17000 lebih :mrgreen:

  5. @arip
    Km pake hp apa? Kalo hp biasa v gen sudah cukup.Tapi kalo untuk android setidaknya sandisk/team/transcend Vgen lumayan kok tapi mudah rusak 😆 (tergantung pamakaian sih) :mrgreen:

  6. salam kenalas,,

    sekedar share..

    ana pake gal y + micro sd vgen 16gb class10, setelah ditest dg berbagai tool di gal y n laptop, max. write hanya 8mbps.. tidak sesuai dg klaim produsen.

    yg speed writingnya sesuai dg klaim produsen, yg pernah ana coba adalah merk s*nd*sk.

    so…??

  7. salam kenal,,,

    sekedar share..

    ana pake gal y + micro sd vgen 16gb class10, setelah ditest dg berbagai tool di gal y n laptop, max. write hanya 8mbps.. tidak sesuai dg klaim produsen.

    yg speed writingnya sesuai dg klaim produsen, yg pernah ana coba adalah merk s*nd*sk.

    so…??

  8. bermanfaat bgd nii infonya..mau tanyaa..sbelumnya sya pke hp Samsung Galaxy Y gunain micro sd 8GB (kyknya ga ada kelas2nya) 😀 ..trus sya hijrah HP ke Lenovo A706..sy pindah tuh micro SD nya…di PC kebca datanya, di file manager HP jg kebca,tp di kamera ma musiknya ga nongol..ngaruh kah dr class micro SD nya?makasii

    • @tami stau saya, kelas gak pengaruh dgn isi data. Kelas ini berpengaruh pada kecepatan saja. Lbh baik, data di microsd dibackup dulu di pc,trus di format dulu 🙂

    • @yusuf
      pakai SD card tool di Play Store gan, atau kalo nggak pake crystal disk benchmark, tapi yang crystal ini aplikasi komputer 😀

  9. maaf bro.ya mau tanya cara mengatasi memory micro sd ultra 10 uda minta d format gmn yah? soalnya data d dlm memory saya penting bgt. bisa tlg d bantu? tq

    • @susan
      wah kalo udah minta diformaat biasanya memang harus diformat… Selesai diformat, segera lakukan recovery data yang tersimpan 🙂

  10. gun’s …. gua punya sony xperia c yg masalhnya cum satu memori internalnya kecil, gua beliin sd card merk sandisk 32gb kelas 4, ponsel udah gua root, udah dipartisiin jadi 2 bagian, yg satu 10gb yg satu 20gb… udah gua donlod jg aplikasi link2sd, gua pake itu buat ngelink ke sd card yg udah gua partisiin…. masalah muncul ternyata gak semua data ke link ke sd card patisi gua, kira2 kenapa ya guns ?? satu lagi guns …kalo pake kartu sd kelas 10 bisa gak ya instal aplikasi langsung kesitu ?? bingung gun’s butuh pencerahan … thank’s ya gun’s 😉

    • Emaang begitu an, nggak semua aplikasi dan datanyanya dapat dipindah ke microSD, saya juga ngalamin seperti itu…. 🙂

      Mungkin pembaca blog Tuxlin ada yang bisa bantu agan Ardhi? 🙂

  11. Betul micro sd class berpengaruh terhadap kinerja smarphone. Berdasarkan penelitian yg pernah saya baca, kinerja smartphone ditentukan oleh beberap faktor antara lain: processor, ram, memory internal, dan memory eksternal/micro sd.

  12. perangkat keras yang “mungil” ini saat ini seakan menjelma menjadi kebutuhan wajib para penikmat IT di jagat raya. kinerjanya yang bisa menyamai device – device penyimpan file lainya, ditunjang dengan desain fisik yang amat sangat minimalis membuatnya menjadi pilihan… mau aneka Micro sd terbaik.??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*