Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Panduan Sederhana Tentang Cara Melakukan Pembelian Dengan Bitcoin

2 min read

Panduan Sederhana Tentang Cara Melakukan Pembelian Dengan Bitcoin 1

Panduan Sederhana Tentang Cara Melakukan Pembelian Dengan Bitcoin – Kelebihan pembayaran menggunakan Bitcoin mulai dari kemudahan, jaminan dan keamanan pribadi karena tidak ada perantara antara dua pihak yang bersangkutan. Bitcoin sudah menjadi mata uang internet yang menggunakan kode jaringan keamanan untuk memastikan bahwa ia tidak bisa dimanipulasi jika dibandingkan dengan bank yang memanipulasi mata uang konvensional. Hasilnya berupa mata uang bebas dan desentralisasi bagi semua orang di seluruh dunia, asalkan memiliki akses ke internet.

Ada banyak kelebihan dari penggunaan Bitcoin dibandingkan banyak metode pembayaran tradisional. Contohnya, dengan Bitcoin, Anda bisa lebih mudah dan aman untuk mengirimkan uang lewat internet, karena tidak ada pihak ketiga yang memotong komisi. Kemudian, kode atau blockchain yang terikat pada pembayaran Bitcoin tidak hanya mengamankan transaksi, namun juga keamanan data pribadi, dimana pihak ketiga dan pemerintah sangat sulit untuk masuk ke detail transaksi tersebut.

Panduan Sederhana Tentang Cara Melakukan Pembelian Dengan Bitcoin 2
Credit:pxfuel.com

Dengan semakin banyaknya diterima pembayaran menggunakan Bitcoin, artikel ini akan menjelaskan panduan sederhana tentang cara melakukan pembelian dengan Bitcoin.  Oleh karena itu, Anda juga harus mewaspadai dunia forex yang bullish dan bearish, ini adalah artikel yang bagus untuk dibaca. Sehingga Anda bisa langsung mempraktekkannya dan secara tidak langsung berkontribusi dalam meningkatkan pangsa pasar Bitcoin di dunia. Dengan semakin banyaknya penggunaan Bitcoin, harapannya semakin banyak pula perusahaan yang menerima pembayaran Bitcoin dan meningkatkan kepercayaan Bitcoin di mata pemerintah dan komunitas di seluruh dunia.

Cara Melakukan Pembelian

Pembayaran dengan Bitcoin acap kali mirip dengan mengirimkan sebuah email, bedanya, yang Anda kirimkan bukan berupa informasi pesan, melainkan nominal koin ke alamat Bitcoin tujuan.

Salah satu kelebihan Bitcoin adalah Anda tidak perlu menyisipkan terlalu banyak informasi pribadi. Anda hanya perlu memasukkan nama dan alamat saat Anda membeli barang fisik. Sedangkan untuk produk digital, hanya alamat email saja cukup. Bahkan untuk donasi, Anda tidak perlu memberikan informasi pribadi apapun.

Setelah memasukkan informasi yang dibutuhkan, Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran Bitcoin yang bisa dipilih dari tiga cara berikut.

Membayar via Wallet

Jika toko tempat Anda ingin membayar menggunakan metode pembayaran dengan dompet Bitcoin, Anda bisa mentransfer dana dengan melakukan login ke akun dompet dan menyelesaikan transaksi disana. Setelah itu, proses selesai dan toko tujuan akan dinotifikasi atas pembayaran Anda.

Membayar via kode QR

Kebanyakan pembayaran Bitcoin akan menawarkan kode QR di halaman checkout, dimana mewakili alamat Bitcoin dan jumlah pembayaran secara otomatis. Kode QR mempermudah Anda membayar dari app dompet Bitcoin lewat ponsel. Anda hanya perlu melakukan scan kode QR tersebut dan secara otomatis informasi yang dibutuhkan akan terisi. Setelah mengirim transaksi, pembayaran selesai.

Pilihan ini dianjurkan jika Anda menggunakan dompet Bitcoin yang tidak populer dan terintegrasi dengan sistem pembayaran toko.

Membayar ke alamat Bitcoin

Jika Anda tidak bisa scan kode QR atau toko terkait hanya memfasilitasi lewat pembayaran alamat Bitcoin, Anda bisa secara manual memasukkan alamat tujuan dalam transaksi di dompet Bitcoin. Untuk itu, Anda membutuhkan dua jenis informasi berikut:

  • Alamat Bitcoin tujuan
  • Nominal lengkap Bitcoin untuk dikirimkan

Kedua informasi diatas akan ditampilkan dalam halaman pembayaran saat ingin transaksi, walaupun beberapa akan memberikan kebebasan pada Anda untuk menentukan nominal yang pasti, contohnya seperti saat melakukan donasi ke Wikipedia atau model pembayaran lebih fleksibel lainnya.

Dengan alamat dan jumlah, masukkan kedua informasi tersebut untuk dikirimkan lewat dompet dan selesaikan transaksi. Kemudian setelah itu, di halaman checkout, akan ada pembaruan yang mengindikasikan bahwa dana sudah diterima, dan pembelian akan ditandai selesai. Namun sebagai catatan, tidak semua proses pembayaran akan seperti ini.

Dompet Bitcoin

Untuk melakukan pembayaran menggunakan Bitcoin, Anda juga perlu kepemilikan dompet Bitcoin yang berisi sejumlah koin. Dompet ini merupakan cara Anda untuk mudah mengelola Bitcoin Anda, memberikan Anda tampilan navigasi praktis melakukan pembelian, pengiriman dan menerima Bitcoin.

Setelah memiliki dompet Bitcoin, Anda bisa mengisinya dengan sejumlah koin yang kemudian Anda pergunakan sebagai alat pembayaran. Detail selengkapnya bisa dilihat disini. Jadi Bitcoin selain menjadi aset investasi, juga memiliki tujuan utama sebagai alat pembayaran internasional. Anda bisa membeli barang-barang impor menggunakan Bitcoin untuk dikirim ke Indonesia dengan lebih murah. Karena tidak adanya spread perbedaan harga jual beli mata uang yang perlu diterapkan.

Anda mungkin suka:Review Vivo Y19: Ponsel Menengah yang Patut Diperhitungkan

Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *