Pengalaman Akun Dibatasi di Shopee

8

Pengalaman Akun Dibatasi di Shopee – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog nggak membahas gadget atau review, tetapi curhat colongan hahaha… Nggak, maksdunya Tuxlin bakal berbagi pengalaman mengenai akun di toko online Shopee yang dibatasi, sehingga tidak dapat melakukan transaksi.

Pembaca pernah mengalami pembatasan atau keterbatasan akun di Shopee juga? Kalau iya, berarti kita pernah senasib. Kalau belum, mungkin bentar lagi kena hahaha… Lalu bagaimana ceritanya akun belanja di Shopee bisa dibatasi? Apakah Tuxlin melanggar aturan yang diterapan Shopee? Ini yang bakal Tuxlin ceritain pada postingan kali ini.

Awal Pembatasan Akun di Shopee

Kisah pahit ini berawal pada suatu sore… halah… 😆 jadi awalnya begini, Tuxlin Blog telah melakukan konfirmasi penerimaan barang yang baru saja dibeli di toko online Shopee… Emang beli apa gan? Mau tau aja. 😛 Beli gadget buat bahan review di Tuxlin Blog lah hehehe… Setelah proses konfirmasi selesai dan menilai transaksi, muncul notifikasi bahwa akun Shopee milik Tuxlin Blog dibatasi! Tuxlin langsung kaget, kenapa bisa dibatasi begini? Tuxlin Blog juga ngga tahu pasti kenapa begini. Akun Shopee yang dibatasi ini masih bisa login, melihat produk, tetapi nggak bisa transaksi.

Tuxlin Blog bingung, soalnya selama ini hanya melakukan transaksi normal sepertu pengguna lainnya. Nggak pernah komen spam, komen kata kasar, dan sebagainya. Tuxlin juga nggak jualan produk di Shopee, cuma beli doang. Lalu apa salahku, Shopee?! *jeng… jeng… ala sinetron* 😛 Awalnya Tuxlin menduga, pembatasan akun ini disebabkan oleh keseringan menggunakan kode voucher cashback yang memang dipromoin oleh Shopee sendiri. Keseringan pakai, mungkin algoritma keamanan Shopee secara otomatis mendetek aktifitas Tuxlin sebagai pelanggaran penggunaan voucher. 🙁

Setelah membaca keterangan yang ada di laman web Shopee, Tuxlin Blog dianjurkan untuk menghubungi customer service dan menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP dan bukti pembelian produk (foto produk, resi atau nota pembelian). Ini mungkin untuk memastikan bahwa akun tersebut benar-benar manusia, bukan bot. Serta memastikan bahwa akun tersebut benar-benar melakukan transaksi, bukan transaksi fiktif.

Baca juga:Review Aukey PB-N15 20.000mAh, Power Bank Kapasitas Besar Berkualitas

Menghubungi Customer Service Shopee

Setelah mengumpulkan dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, Tuxlin Blog langsung menghubungi Customer Service Shopee untuk menanyakan penyebab pembatasan akun dan penyelesaiannya. Sejauh ini sih Tuxlin Blog menggunakan voucher cash back sesuai aturan yang berlaku sih, nggak pernah aneh-aneh. Yah memang kalau pas ada promo, Tuxlin langsung beli. Kalu nggak promo ya nggak beli hahaha… 😆 Nggak lama kemudian email dibalas seperti ini.

Admin CS Shopee dengan nama Aliky membalas email Tuxlin Blog dan meminta beberapa data, seperti di atas. Seperti biasa, apa yang dia butuhkan langsug Tuxlin Blog kirim biar permasalahan segera kelar. Akhirnya terungkap penyebab akun Tuxlin Blog di Shopee dibatasi, yakni terindikasi pelanggaran penggunaan voucher Shopee. Lho kok bisa? Tuxlin Blog pakai voucher sesuai aturan dan kalau melebihi ketentuan kan ada peringatan saat checkout di Shopee.

Terima kasih atas data yang kamu berikan. Saya cek pada username kamu, kamu terdeteksi adanya indikasi pelanggaran ketentuan penggunaan voucher yaitu memiliki lebih dari 1 akun dalam penggunaan voucher yang memiliki kuota terbatas oleh sistem Shopee.

Alasan di atas emang agak menggelikan, soalnya kalau Tuxlin melebihi kuota yang diperkenankan, maka nggak bisa pakai karena ada peringatan saat check out barang. Susah emang kalau belanja ngandelin voucher begini, toko online jadi suka suudzon wkwkwk… 😆 Setelah membalas email di atas, langsung dibalas oleh admin Shopee yang lain, yakni Zarhan dan kayak gini isinya.

Saya Zarhan, terkait permasalahan kamu terkait pemulihan akun, mohon maaf atas ketidaknyamannya. Saat ini akun Shopee kamu telah dipelajari kembali dan dinyatakan akan diaktifkan kembali dalam 1×24 jam. Disarankan untuk selalu mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku dari Shopee agar terhindar dari penonaktifan akun dikemudian hari.

Sebenarnya nggak ada yang salah dengan balasan email dari Zarhan ini. Cuma bagian yang dicetak tebal itu kesannya Tuxlin Blog telah melakukan pelanggaran aturan mereka. Padahal selama ini Tuxlin Blog menggunakan voucher sesuai ketentuan dan memang terbilang cukup sering sih transaksi pas ada promo voucher cashback. Sebenarnya malah Tuxlin transaksi di Shopee kalau pas ada promo voucher cashback saja. 😆

Akun Shopee Kembali Diaktifkan!

Setelah bertapa di grojogan sewu diiringi doa yang tulus dari hati yang paling dalam, akhirnya akun Shopee milik Tuxlin Blog kembali aktif. Sejauh ini sudah digunakan untuk transaksi dan menggunakan voucher cashback seperti biasa, hasilnya? Aman aja sih sejauh ini. 😀 Yah kalau nanti kena pembatasan akun, ya pindah ke lapak sebelah. Gitu aja kok repot. 😛 Oke, sampai di sini dulu posting curhat kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca Tuxlin Blog semua!

Anda mungkin suka:Review Kamera Honor 7A: Kayak Gini Hasil Fotonya!

8 COMMENTS

  1. Wah masak gegara pakai voucher jadi dibatasi. Informasi yang saya dapat, bakal di suspend permanen 30 hari kemudian jika tidak kontak CS… Jadi deg2an belanja di situ, mending toko sebelah kali ya 😀

  2. Saya baru kena juga ini. Dapat VOUCHER 20.000 dari KOPI GOOD DAY, katanya dari sistem itu vouchernya sudah dipakai 5orang. CS Shopee dengan lancar dan santaii juga bilang silahkan kalau mau disebarkan hahha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here