Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Pengalaman Blog Blogspot (Laptophia) Dihapus Oleh Google, Apakah Bisa Kembali?

4 min read

Pengalaman Blog Blogspot (Laptophia) Dihapus Oleh Google, Apakah Bisa Kembali? 1

Pengalaman Blog Blogspot (Laptophia) Dihapus Oleh Google, Apakah Bisa Kembali? – Halo Pembaca! Tuxlin Blog kali ini mau berbagi duka atau cerita sedih nih… Hiks… 😭Jadi ceritanya salah satu blog andalan yang berbasis Blogspot telah dihapus oleh Google. Tentu sebagian pembaca sudah tahu bahwa blog yang dihapus tersebut adalah Laptophia.com. 😭 Ya awalmya sih blog andalannya yang Tuxlin ini, tetapi seiring berjalannya waktu, ternyata Laptophia memberikan performa dan trafik yang jauh lebih mantap. 😎 Bahkan sebulan lalu baru aja masuk Google News! Jarang banget Blogspot bisa masuk Google News hehehe…😅

Akan tetapi semua kebanggaan dan semangat tersebut sirna setelah Google menghapus blog Laptophia. Rasanya tuh nyesek banget ya, namanya juga blog yang udah dirintis sejak 2015 dan perjuangan untuk mengisi konten di dalamnya nggak main-main. Eh malah lenyap dalam itungan detik saja. 🤦‍♂️ Sebenarnya beberapa suhu yang juga mentor Tuxlin udah ngingetin sih untuk migrasiin Laptophia ke WordPress self-hosted karena trafiknya udah lumayan besar dan branding sudah terbentuk. Eh Tuxlin malah ngeyel karena sudah ‘nyaman’ hehehe… Akhirnya kenyamanan berakhir bencana. 😐

Pengalaman Blog Blogspot (Laptophia) Dihapus Oleh Google, Apakah Bisa Kembali? 2

Blog Laptophia Dihapus

Jadi gini, Laptophia.com adalah situs tekno yang sudah Tuxlin rintis sejak tahun 2015 silam dan menggunakan platform Blogspot milik Google. Apa bedanya dengan Tuxlin Blog? Secara umum, pembahasan antara Tuxlin dan Laptophia itu sama, bedanya adalah gaya bahasanya aja. Laptophia bahasanya lebih baku dan nggak ada slengean kayak di sini hehehe…😅 Karena Laptophia menggunakan platform Blogspot, berarti ya ‘numpang’ hosting sama Google. Nggak berdiri sendiri seperti Tuxlin Blog yang pakai WordPress self-hosted.

Seiring berjalannya waktu, Laptophia berkembang dengan trafik yang terus tumbuh dan mulai menarik beberapa brand gede untuk bekerja sama. Nah mulai dari sini, beberapa rekan Blogger dan suhu udah ngasih wejangan supaya Laptophia dimigrasikan ke WordPress self-hosted saja menggunakan server VPS (Virtual Private Server), mengapa? Agar mendapat kendali penuh atas database dan isi konten di Laptophia. Kalau masih ‘numpang’ sama Google, pas kena apes dihapus ya wassalam.

Berhubung Tuxlin udah keenakan pakai Blogspot, rasanya kok ogah-ogahan pindahan, ribet dan pasti trafik menurun hehehe… Tapi sebenarnya solusi itu lebih baik, soalnya Google itu suka aneh dan mood-nya kagak bisa diprediksi. Cewek yang lagi haid aja bisa kalah moody sama Google ini wkwkwk… Dan ternyata apa yang dikhawatirkan terjadi, Laptophia.com tetiba dihapus. Duh, dunia berasa gelap dan sempit… 🤦‍♂️

Baca juga: Pengalaman Upgrade Storage SSD di Apple Macbook Air

Kisah tragis ini berawal ketika tanggal 1 September 2022 kemarin Tuxlin Blog sedang menyelesaikan proses review smartphone Samsung Galaxy A23. Saat itu Tuxlin menuju alun-alun Pancasila di Salatiga untuk hunting sampel foto malam hari Galaxy A23. Pulangnya, Tuxlin bermaksud menyicil bikin artikel review Galaxy A23 di Laptophia.com. Anehnya, baru ngetik dua paragraf saja, udah muncul pesan error ‘resource not available’ dan mekanisme autosave di Blogspot nggak jalan.

Awalnya Tuxlin kira ada masalah dengan koneksi internet, sehingga fungsi autosave nggak jalan. Begitu back ke dashboard Blogspot, lho kok muncul gambar kayak di atas? Catatan: blog ini telah dikunci! 😭 Tuxlin langsung cek situs Laptophia, ternyata beneran di hapus… 😭

Pengalaman Blog Blogspot (Laptophia) Dihapus Oleh Google, Apakah Bisa Kembali? 3

Terdeteksi Sebagai Spam oleh Robot

Pengalaman Blog Blogspot (Laptophia) Dihapus Oleh Google, Apakah Bisa Kembali? 4

Pembaca Tuxlin Blog pada penasaran nggak sih alasan Google menghapus Laptophia.com? Tuxlin pun juga penasaran. Langsung deh Tuxlin cek email dan benar, ada email dari Blogger alias Google perihal penghapusan Laptophia. Setelah Tuxlin baca, sebabnya ini:

Mengapa blog Anda dihapus? Konten Anda telah melanggar kebijakan kami terkait SPAM.

Yap, Laptophia.com dihapus karena terindikasi melakukan spam. Padahal ya isi kontennya cuma tentang teknologi dan Tuxlin ketik sendiri artikelnya, nggak pakai mesin atau bot. Apa mungkin intensitas posting artikelnya terlalu tinggi kali ya? Sehari sih biasa posting 3 – 6 artikel. Atau mungkin keseringan posting artikel press release tanpa diedit terlebih dahulu, sehingga terdeteksi sebagai duplikasi konten dari web lain yang juga posting artikel press release yang sama? 🤔 Tuxlin juga masih belum tahu pasti apa penyebabnya.

Apakah yang menghapus Laptophia.com ini adalah tim Blogger sendiri atau Robot? Kalau berdasarkan keterangan yang Tuxlin kumpulkan, yang menghapus adalah Robot milik Google. Jadi, Google ini bikin Robot yang didalamnya dilengkapi algoritma khusus untuk mendeteksi blog-blog Blogspot yang terindikasi melanggar aturan Pedoman Komunitas mereka. Nah Laptophia ini terdeteksi oleh robot sebagai spam. Kriteria blog spam menurut pedoman platform Blogger adalah:

Jangan mengirim spam. Tindakan ini dapat mencakup konten promosi atau komersial yang tidak diinginkan, konten tidak diinginkan yang dibuat oleh program otomatis, konten berulang yang tidak diinginkan, konten yang tidak masuk akal, atau apa pun yang tampak seperti ajakan massal.

Tuxlin Blog kadang berpikir apa mungkin gegara ngasih link affiliate kali ya di Laptophia? Entahlah. 🤔

Mengajukan Banding

Jujur saja, Tuxlin panik banget saat Laptophia dihapus oleh Google dan dianggap spam. Akan tetapi, Google cukup fair dengan menyediakan opsi banding agar nantinya blog yang terindikasi melanggar aturan oleh Robot, dapat dievaluasi ulang oleh tim Blogger guna memastikan bahwa blog tersebut tidak melanggar aturan komunitas. Saat itu juga Tuxlin langsung ngajuin banding agar Laptophia.com dapat kembali. 😭

Tuxlin Blog sempat iseng lihat YouTube, ternyata ada juga blogger yang mengalami hal yang sama. Video tersebut menceritakan bahwa blog yang ia kelola tetiba dihapus oleh Google pada tanggal 3 Desember dan kemudian langsung mengajukan banding. Tanggal 9 atau kurang lebih 6 hari kemudian, blog tersebut telah dievaluasi oleh tim Blogger dan dinyatakan tidak melanggar aturan. Blog tersebut kembali dan sampai artikel ini Tuxlin tulis, blog tersebut masih beroperasi.

Tuxlin saat ini masih menunggu hasil banding, apakah nantinya akan diputuskan tidak melanggar dan situs Laptophia.com kembali atau malah sebaliknya. Duh bener-bener beberapa hari ini tidur nggak enak, makan tidak nyenyak… *eh kebalik ya? 🤣 Tuxlin berharap banget Laptophia.com bakal kembali. Kalau misal kembali lagi, tampaknya memang sudah saatnya migrasi ke VPS dan menggunakan WordPress self-hosted kayak Tuxlin Blog ini.

Oke, sampai di sini dulu curhat mengenaskan Tuxlin kali ini. Mohon doanya para pembaca setia Tuxlin Blog agar Laptophia.com dapat kembali lagi… Terima Kasih😭🙏 Nanti jika ada update dan perkembangannya, bakal Tuxlin tulis di bawah ya.

#Update 7 September 2022

Posting ke Forum Blogger Help/Community

Pengalaman Blog Blogspot (Laptophia) Dihapus Oleh Google, Apakah Bisa Kembali? 5

Kurang lebih tiga hari setelah blog Laptophia.com dihapus, Tuxlin mendapat informasi dari salah satu rekan blogger yang mengalami hal yang sama untuk memosting masalah ini ke forum resmi Blogger Help atau Blogger Community yang beralamat di https://support.google.com/blogger. Ya sudah, Tuxlin langsung menurutinya untuk posting di Blogger Community dan menumpahkan keluh kesah hilang nya blog andalan.

Hello
My blog (blogspot with domain www.laptophia.com) has been blocked since september 1 2022 and I can’t access it. The information I get from email, my blog is considered spam.

The blog contains gadget reviews, news, and sometimes press releases. I have already filed an appeal. Is there any chance of my blog recovering?
I need my blog back as soon as possible.

Please give me your hands.
Thank you in advance.

Pengalaman Blog Blogspot (Laptophia) Dihapus Oleh Google, Apakah Bisa Kembali? 6

Dalam hitungan jam, postingan di atas sudah mendapat jawaban dari member lain, yakni Adam yang menggunakan lencana ‘Diamond Product Expert’. Tuxlin Blog nggak tahu apakah posting di grup ini akan membantu atau tidak, tetapi Adam tadi bilang kalau musti nunggu dulu seminggu untuk proses banding dan evaluasi.

Blog Laptophia Kembali

Pengalaman Blog Blogspot (Laptophia) Dihapus Oleh Google, Apakah Bisa Kembali? 7

Sekitar seminggu setelah blog Laptophia dikunci alias dihapus sementara oleh Google, kini kembali aktif. Tepatnya tanggal 7 September 2022 siang, tetiba ada email dari Google Blogger yang menginformasikan bahwa blog Laptophia dinyatakan tidak melanggar Pedoman Komunitas Blogger dan diaktifkan kembali. Alhamdulilah… 😍

Anda mungkin suka:Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

5 Replies to “Pengalaman Blog Blogspot (Laptophia) Dihapus Oleh Google, Apakah Bisa…”

  1. Kalau dari sudut pandang saya, untuk Laptophia dan Tuxlin setiap saya buka hampir selalu auto landing ke Lazada mas. Saya curiga inilah yang jadi alasan kenapa Laptophia dianggap sebagai spam. Mungkin ada baiknya dimatikan fitur auto landing tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.