Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Pengalaman Ganti Baterai Smartphone di Service Center Xiaomi

3 min read

Pengalaman Ganti Baterai Smartphone di Service Center Xiaomi 1

Pengalaman Ganti Baterai Smartphone di Service Center Xiaomi – Halo Pembaca! Daya tahan baterai gadget saat ini menjadi salah satu hal yang penting dan nggak bisa dipisahkan dalam kegiatan sehari-hari. terlebih bagi mereka yang punya mobilitas tinggi. Nah begitu juga buat Tuxlin, baterai gadget itu penting banget, Sob! Kali ini Tuxlin Blog bakal curhat dikit nih pengalaman ganti baterai smartphone di service center resmi Xiaomi. Sejak pertama kali menggunakan smartphone Android zaman Xperia Ray sampai sekarang, baru kali ini Tuxlin Blog memutuskan untuk mengganti baterai. Biasanya sih baterai loyo, langsung jual hapenya wkwkwk… 🀣

Kali ini sedikit berbeda karena gadget satu ini adalah smartphone kesayangan Tuxlin Blog. Sejak dulu hingga sekarang, baru kali ini Tuxlin merasa sesayang ini sama smartphone dan nggak mau ganti ke yang lain… *gombalan ini sih 😜 Yup, Xiaomi Mi Note 10 Pro adalah smartphone kesayangan Tuxlin Blog dan kayaknya susah tergantikan. Ada banyak alasan mengapa device yang sudah berumur hampir 3 tahun ini tetap Tuxlin pertahanin sampai rela bela-belain ganti baterai agar lebih joss lagi. Nanti deh kapan-kapan Tuxlin ceritain alasannya. Kali ini cerita dulu soal pengalaman ganti baterai di service center resmi Xiaomi.

Pengalaman Ganti Baterai Smartphone di Service Center Xiaomi 2
Service center resmi Xiaomi di Solo Baru, Sukoharjo

Baterai Xiaomi Mi Note 10 Pro Sudah Mulai Boros

Pengalaman Ganti Baterai Smartphone di Service Center Xiaomi 3

Seperti yang udah Tuxlin Blog singgung di atas, Xiaomi Mi Note 10 Pro ini adalah salah satu smartphone kesayangan Tuxlin Blog. Namun, tiga bulan terakhir ini Mi Note 10 Pro “turun tahta” sari smartphone utama Tuxlin Blog, mengapa? Baterai berasa mulai boros. Sehari saja bisa ngecharge sampai 3x dengan kebutuhan sosial media intensif, WhatsApp, edit foto, bales-balesin email, dan kebutuhan dasar lainnya πŸ˜…

Ini beda jauh dengan awal-awal pemakaian dulu bisa seharian penuh sekali charge dengan pola penggunaan yang sama. Puncaknya pas Tuxlin Blog refreshing ke pantai bareng istri, Xiaomi Mi Note 10 Pro jadi smartphone utama untuk mengambil dokumentasi karena hasil jepretannya mantap surantapp 😎 Ternyata baru setengah hari dengan intensitas motret yang lumayan sering (+ cuaca panas pantai), baterai cuma sisa 30% saja.

Baca juga:Xiaomi Redmi Note 11 Review: Layar Apik, Desain Ciamik

Ya sudah, Xiaomi Mi Note 10 Pro diistirahatkan sementara karena nggak bawa charger atau power bank. repot kalau bawa power bank, tas makin berat. Kalau nge-charge juga ribet, di pantai kan susah nyari colokan 🀣 Sesi motret digantikan oleh Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon yang menjadi smartphone kedua Tuxlin. Sejak saat itu, kepikiran buat pensiunin Xiaomi Mi Note 10 Pro dan ganti smartphone baru.

Selama tiga bulan, Tuxlin Blog udah ganti dua tipe smartphone, yakni Xiaomi 11T dan Realme GT Neo 3. namun, keduanya kayak belum memuaskan Tuxlin Blog. Padahal keduanya lebih baru dan spesifikasinya lebih gahar, tetapi hati ini tak bisa move on dari Mi Note 10 Pro 😭 Akhirnya kepikiran buat ganti baterai, mungkin staminanya bisa balik kayak baru dulu. πŸ€”

Ganti Baterai Smartphone di Service Center Xiaomi

Pengalaman Ganti Baterai Smartphone di Service Center Xiaomi 4

Pas lagi nganggur dan abis gajian, Tuxlin Blog iseng cari-cari info mengenai lokasi service center Xiaomi terdekat dari Boyolali. Kemudian muncul informasi kalau servuce center terdekat ada di kompleks ruko selatan The Park Mall, Solo Baru, Sukoharjo. Lokasi ini kira-kira 32 kilometer dari Tuxlin HQ. Hm… Lumayan jauh juga ya? Naik motor bisa setengah jam lebih dikit itu πŸ€”

Setelah mengumpulkan niat dan tekat yang kuat, Tuxlin Blog memutuskan untuk mendatangi service center Xiaomi. Sengaja berangkatnya agak sore agar nggak panas, karena menurut informasi dari Google, service center ini buka sampai pukul 18.00.

Sampai di TKP, ternyata sepi cuy! Nggak ada antrean, jadi langsung disambut sama mbak-mbak CS. Tuxlin langsung mengutarakan niat untuk mengganti baterai Xiaomi Mi Note 10 Pro dengan yang baru. Mbak CS langsung cek stok baterai melalui komputernya dan Alhamdulilah, stok baterainya ready. Salut sih, ini hape umurnya udah hampir tiga tahun tapi baterainya masih tersedia. 😁

Kirain sih proses ganti baterai bakal bisa ditunggu, eh ternyata nggak. Smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro musti nginep dulu semalam. Besoknya dijanjikan sudah selesai. Maklum, selain Tuxlin datangnya udah kesorean, ternyata membongkar smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro ini termasuk agak rumit. Ya sudah, Tuxlin nurut saja dan mendapat kertas berisi keterangan permintaan layanan purna jual kayak di bawah ini.

Pengalaman Ganti Baterai Smartphone di Service Center Xiaomi 5

Oiya, Xiaomi Mi Note 10 Pro ini udah nggak garansi ya. Jadi kalau ganti baterai ya bayar baterai + biaya service-nya. Mbak CS sudah menginformasikan estimasi biaya service + harga baterai, jadi kita bisa nyiapin duit dulu. Kata Mbak CS, pembayaran nanti dilakukan saat unit diambil.

Esok harinya sekitar pukul 11.30, CS Xiaomi mengirim pesan melalui WhatsApp yang memberitahukan bahwa proses penggantian baterai Xiaomi Mi Note 10 Pro sudah selesai dan unit sudah bisa diambil. Berhubung hari itu Tuxlin sedang ada acara, maka pengambilan unit smartphone mundur satu hari.

Setelah hari itu tiba, Tuxlin Blog langsung meluncur ke service center Xiaomi untuk mengambil unit Xiaomi Mi Note 10 Pro. Kira-kira habis berapa ya? πŸ€” Total jendral yang harus Tuxlin bayar adalah Rp 314.000, lumayan murah ya? Harga baterainya cuma Rp 187.568 dan biaya service-nya Rp 115.200, serta sisanya PPN dan pajak lainnya.

Pengalaman Ganti Baterai Smartphone di Service Center Xiaomi 6

Sambil menerima pembayaran, Mbak CS menyerahkan unit smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro ke Tuxlin Blog untuk dilakukan pengecekan. Setelah merasa semua oke, Tuxlin Blog memutuskan untuk pamit dan meninggalkan service center. Kalau nggak salah inget, Xiaomi service center tadi memberikan garansi selama 7 hari sejak pengambilan unit. Jadi sebelum masa garansi berakhir ada masalah, kita bisa balik lagi untuk mengajukan komplain.

Sampai rumah, unit Xiaomi Mi Note 10 Pro langsung di-charge penuh dan menjajalnya untuk melakukan kegiatan sehari-hari kayak streaming YouTube, browsing, motret, merekam video, dan sebagainya. Tuxlin ngerasa baterainya kembali awet! Nggak cuma itu, Tuxlin juga memutuskan untuk melakukan factory reset, biar Xiaomi Mi Note 10 Pro berasa baru dan makin seger performanya. πŸ˜πŸ‘

Kesimpulan

Pengalaman Ganti Baterai Smartphone di Service Center Xiaomi 7

Secara umum, pelayanan service center dalam rangka penggantian baterai smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro ini memuaskan. CS dan teknisinya ramah, pengerjaan cepat, dan unit bekerja dengan baik tanpa ada masalah sampai saat artikel ini ditulis.

Nah buat pembaca Tuxlin Blog yang punya hape kesayangan dan baterainya udah boros, mending ke service center resmi buat ganti baterai yang baru. Solusi yang murah agar baterai mebali awet! Kalau ganti hape baru kan lumayan juga budget yang musti dikeluarkan hehehe… Oke sampai di sini dulu curhat kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca Tuxlin Blog semua. ☺️

Anda mungkin suka: Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *