Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100

7 min read

Poco X3 GT Review

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 – Halo Pembaca! Kali ini Tuxlin Blog bakal bahas sebuah smartphone 5G yang serba kencang! Siapa lagi kalau bukan Poco X3 GT 😎 Smartphone ini serba kencang karena menawarkan performa kencang di kelasnya berkat sokongan chipset MediaTek Dimensity 1100 5G octa-core, layar kencang dengan refresh rate 120Hz, dan juga ngecharge baterai kencang dengan fitur Turbo Charge 67W, mantap khan? Kalau buat download atau internetan juga bakal kencang banget kalau rumah kalian udah tercover jaringan 5G hehehe… πŸ˜…

Nggak cuma serba kencang, fitur yang ditawarkan Poco X3 GT juga termasuk lengkap di kelasnya. Hape 5G ini dibekali dengan fitur NFC (Near Field Communications), infrared blaster, dan juga ada speaker stereo dengan dukungan Dolby Atmos. Harga smartphone Poco X3 GT ini nggak bikin kantong kempes, karena kalian bisa bawa pulang hape ini dengan harga mulai Rp 4.399.000. Kalau lihat spesifikasi dan fiturnya, harga segini menarik banget. Penasaran? Simak Poco X3 GT review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100

Spesifikasi Poco X3 GT

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka MIUI 12.5 for POCO
  • Chipset MediaTek Dimensity 1100 5G MT6891Z dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A78 2,6GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G77 MC9 836MHz
  • Triple kamera 64 megapiksel, sensor OmniVision OV64B 1/1.97 inci 0.7um piksel, lensa 26mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash + 8 megapiksel sensor Sony IMX355 1/4 inci lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 2 megapiksel dengan sensor GalaxyCore GC02M1 lensa f/2.4 (macro)
  • Kamera depan 16 megapiksel, sensor OmniVision OV16A1 1/3.06 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.45, fixed focus, Slo-Selfie
  • Layar sentuh punch hole DotDisplay 6,6 inci 2.5D, aspek rasio 20:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 399 ppi (pixel per inch), 450 nits, HDR10, 120Hz refresh rate, 240Hz touch sampling rate, 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass Victus
  • Memori RAM 8GB LPDDR4X, ROM 128GB atau 256GB UFS 3.1, tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, FM Radio, GPS, Dual SIM, IR blaster, fingerprint sensor (side mounted), face unlock, NFC
  • Stereo speaker dengan Hi-Res Audio, Dolby Atmos
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 163.3 x 75.9 x 8.9 mm dengan berat 193 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, Turbo Charge 67W, terisi 100% dalam 42 menit
  • Warna Stargaze Black, Wave Blue, dan Cloud White

Anda dapat membeli Poco X3 GT dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Poco X3 GT

Paket Penjualan Poco X3 GT
  • Handset Poco X3 GT 8GB/128GB varian warna Wave Blue
  • Kepala charger 67W
  • Kabel USB Type-C
  • Adapter 3,5mm to USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Poco X3 GT

Desain Poco X3 GT

Nggak cuma serba kencang, desain yang berbeda juga menjadi salah satu daya tarik pada Poco X3 GT review kali ini. Txulin seneng lihat desain housing kamera belakangnya yang terkesan mewah dengan aksen silver pada kamera utamanya. Ketiga kameranya tersusun secara vertikal dengan housing yang agak menonjol. Casing belakangnya mengusung tekstur unik vertikal strip yang bikin nggak licin saat digenggam. Kebetulan unit Poco X3 GT yang Tuxlin gunakan adalah varian warna Wave Blue.

Kalau dilihat desain casing belakangnya, Poco X3 GT ini terlihat lebih elegan jika dibandingkan dengan Poco M3 atau Poco M3 Pro 5G yang kesannya terlalu ramai dengan logo Poco segede gaban lagi wkwkwk… Kalau di Poco X3 GT, logo Poco lebih kecil dan terlihat bagus. Casing belakang dan frame Poco X3 GT ini terbuat dari bahan polikarbonat yang cukup kuat. Sayangnya, bahan polikarbonat pada casing smartphone Poco X3 GT bikin nggak terasa premium kalau kalian pegang.

Sedangkan sisi depan terlihat layar dengan desain punch hole yang terletak pada bagian tengah. Bezel layar smartphone Poco X3 GT terbilang tipis, kecuali bezel bagian bawahnya. Ukuran ponsel 5G ini juga nggak terlalu gede, sehingga masih nyaman digenggam. Secara umum, build quality hape 5G serba kencang Poco X3 GT ini terasa solid dan kuat, tapi nggak berasa premium. Oiya, hape ini tahan percikan air dengan sertifikat IP53 lho… Tapi ya nggak bisa ditenggelemin. πŸ˜… Berikut tampang detail Poco X3 GT.

Baca juga:Asus ROG Phone 3 Review: Nggak Ada Lawan!

Pada Poco X3 GT review kali ini pada sisi depan terdapat layar sentuh punch hole dengan ukuran 6,6 inci dengan bezel yang cukup tipis dan kamera depan terletak di tengah atas pada DotDisplay atau punch hole. Sementara pada sisi belakang ponsel ini terdapat triple camera, dual-tone LED flash, microphone, dan logo Poco yang terletak di sudut kiri bawah.

Poco X3 GT dilengkapi tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor dan volume rocker pada sisi kanan. Sedangkan sisi kiri terdapat tray SIM card. Bagian atas Poco X3 GT terdapat speaker grill, microphone, dan infrared blaster. Sedangkan pada sisi bawahnya terdapat port USB Type-C, speaker grill, dan microphone.

Video Unboxing Poco X3 GT

Antarmuka & Fitur Poco X3 GT

Antarmuka & Fitur Poco X3 GT

Smartphone 5G Poco X3 GT ini menggunakan sistem operasi Android 11 dengan bakutan antarmuka MIUI 12.5. Jika dibandingkan dengan MIUI 12, Tuxlin merasa MIUI 12.5 ini performanya lebih smooth dan iklan yang nongol nggak terlalu anarkis. Harusnya sih Poco X3 GT bakal dapat upgrade ke Android 12 dengan antarmuka MIUI 13 di masa mendatang.

Baca juga:Vivo V20 2021 Review: Cantik, Ringkas dan Cocok untuk Selfie

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 6

Tampang MIUI 12.5 di Poco X3 GT ini memang agak berbeda dari smartphone Xiaomi atau Redmi karena dilengkapi dengan App drawer. Salah satu kelebihan MIUI dari dulu adalah opsi kostumisasinya luas banget. Kita bisa ganti hampir semua elemen visual yang ada, jadi kalian nggak bakalan gampang bosen dengan antarmukanya. Jadi nggak bakal bosen deh tampa tampilan menunya.

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 7

Salah satu keunggulan MIUI 12.5 pada Poco X3 GT review kali ini menurut Tuxlin Blog adalah fiturnya yang sangat lengkap. Beberapa fitur unggulannya antara lain adalah Mi Remote, Floating Window, Child Mode, Do Not Disturb, Security, one handed mode, barcode scanner, Document scanner, Mi Share, NFC, Enterprise mode, Lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Quick replies, Video Toolbox, screen gesture, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, dual apps, Second space, Game speed booster, Blocklist, App Vault, Digital Wellbeing & parental control, dan banyak lagi.

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 8

Aplikasi bawan smartphone Poco X3 GT ini lumayan banyak gaes, yakni Xiaomi, GetApps, Amazon Shopping, Facebook, iQiyi, LinkedIn, Lazada, Snack Video, Netflix, NovelToon, WPS Office, TikTok, Booking.com, Bubble Shooter With Friends, Block Puzzle Guardian, Dust Settle, Jewels Blast, Tile Fun, dan PUBG Mobile Gift Box, banyak kan? Sebagian besar bisa di-uninstall kok kalau nggak butuh.

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 9

Secara umum sih MIUI 12.5 di smartphone Poco X3 GT ini cukup responsif dan nyaman digunakan. Kostumisasi lengkap dan fiturnya bejibun gaes! Iklan memang masih muncul, tapi nggak sebrutal dulu. Yang masih lumayan mengganggu itu ya spam notifikasi dari aplikasi bawaan. Semoga nanti rilis MIUI 13 bisa memberikan user experience yang lebih baik lagi di Poco X3 GT. πŸ™‚

Baca juga:Oppo Reno 5 Review: Paket Komplet dalam Bodi Tipis dan Ringkas

Performa Poco X3 GT

Performa Poco X3 GT

Seperti yang udah Tuxlin Blog singgung di paragraf pembuka di atas, Poco X3 GT ini adalah smartphone 5G yang serba kencang. Kinerja Poco X3 GT ini bisa dikatakan salah satu yang paling kencang dengan harga 4 jutaan! πŸ˜ŽπŸ‘πŸΌ Tapi kan Poco X3 GT pakai MediaTek? *kata bocil-bocil penggemar Snapnaga* πŸ˜‚ Lho MediaTek sekarang udah berkembang pesat dan lini chipset Dimensity 5G udah kompeten banget bersaing dengan chipset Snapdragon seri 7 atau bahkan seri 8. πŸ€”

Nah pada Poco X3 GT review kali ini ditenagai chipset MediaTek Dimensity 1100 5G MT6891Z (6nm) dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A78 dengan kecepatan 2,6GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G77 MC9 836MHz. Storage hape 5G ini juga kencang lho, karena udah pakai UFS 3.1, makin wass wuss dah…

Banyak yang nanya, sebenarnya chipset MediaTek Dimensity 1100 5G ini berada di mana level performanya? Berdasarkan hasil benchmark, Dimensity 1100 ini menawarkan level performa yang bersaing dengan Snapdragon 860 atau Snapdragon 855 dengan skor benchmark AnTuTu yang Tuxlin dapetin di angka 580 ribu-an. Uniknya, untuk benchmark 3DMark, skor yang dihasilkan bisa deketin Snapdragon 870G yang dipakai Poco F3 yang Tuxlin ulas sebelumnya. 😎

Penggunaan sehari-hari, Poco X3 GT terasa responsif dan ringan banget. Tuxlin Blog pakai smartphone 5G ini untuk daily driver selama hampir 1 bulan dan nyaman banget, bebas lag… Biasanya sih aneka aplikasi sosial media terinstal dan jalan di background, terus dipakai buat edit foto di Snapseed dan berpindah ke editor video CapCut, rasanya smooth. Proses render video di CapCut juga termasuk kencang, nggak beda sama Asus ROG Phone II yang memang jadi daily driver Tuxlin yang sebenarnya.

Kalau buat gaming gimana? Tetep kenceng bosss… 😎 Tuxlin bisa mainkan game yang lumayan berat seperti Call of Duty Mobile dengan setting grafis Very High dengan lancar dan Genshin Impact pun bisa dilibas sama hape 5G Poco X3 GT ini. Mustinya game-game lain kayak PUBG Mobile atau Mobile Legends: Bang Bang juga lancar dimainin di hape 5G serba kencang ini.

Baca juga: Samsung Galaxy A32 Review: Smartphone Ringkas dengan Layar 90Hz

Panas kabarnya jadi masalah yang dikeluhkan user pada chipset MediaTek, lalu bagaimana dengan Poco X3 GT? Smartphone ini pakai teknologi cooling namanya LiquidCool 2.0 untuk menjinakkanm panas. Hasilnya memang panas lebih terkontrol dan frame rate di beberapa game berasa dibatasi gitu. Nggak ada tuh yang namanya overheat atau throttling yang signifikan. Cuma bodi belakang emang berasa panas. Berikut ini hasil benchmark Poco X3 GT oleh Tuxlin Blog!

Device Info HW

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 10

Benchmark AnTuTu v9

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 11

Benchmark Geekbench 5

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 12

Benchmark PCMark

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 13

Benchmark 3DMark

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 14

Benchmark Basemark OS II

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 15

Benchmark Androbench

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 16

Sensorbox for Android & Multitouch Tester

Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100 17

Poco X3 GT Review

Poco X3 GT Review

Layar

Smartphone 5G Poco X3 GT ini dibekali layar dengan resolusi full HD+ 6,6 inci dengan teknologi panel IPS. Menariknya, refresh rate yang ditawarkan mencapai 120Hz dan ditandemkan fitur Adaptive Sync. Kalau fitur ini aktif, maka refresh rate layar akan berjalan antara 30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz, 90Hz, dan 120Hz sesuai dengan konten pengguna, keren kan? Nggak perlu repot ngatur refresh rate ini.

Kualitas layar Poco X3 GT ini kayak gimana? Sekelas layar IPS sih udah bagus ya tapi ngga sebagus layar Xiaomi Mi 10T Pro yang Tuxlin ulas sebelumnya. Warna yang dihasilkan vibrant, tajam, dan udah dukung HDR10 lagi. Respon touchscreen juga sensitif dan enak banget buat ngegame. Cuma ya kalau Tuxlin boleh milih, mending layar AMOLED sih harga segini hehehe… πŸ˜…

Baca juga:Asus ExpertBook P2 P2451FB Review Setelah 6 Bulan Pakai, Ternyata Begini…

Audio

Hal yang paling Tuxlin suka dari Poco X3 GT review kali ini adalah performa speaket stereo yang diusungnya. Volume suara yang dihasilkan lumayan kenceng lho… Udah gitu kualitasnya nggak kaleng-kaleng. Meski dominan treble dan mid, tetapi kedua speaker Poco X3 GT ini mampu menhasilkan detail yang kaya dan balance. Bass juga ada, tapi yang memang gak bisa diharapkan. Namanya juga speaker ponsel cuy. πŸ˜…

Nah yang bikin Tuxlin agak kesel sama Poco X3 GT ini adalah nggak ada port audio 3,5mm. Untungnya sih dikasih adapter USB Type-C to audio 3,5mm dalam paket pembelian. Buat dengerin musik pakai headset IEM Philips TX2 dan Senfer DT6 Pro ternyata bagus lho, asik banget kualitasnya. Xiaomi sih klaim udah dukung fitur Hi-Res audio dan kita masih bisa tuning karakter suaranya berkat dukungan fitur Dolby Atmos.

Memori

Poco X3 GT Review

Pada Poco X3 GT review kali ini memori internal atau ROM yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 105,64GB. Sedangkan free RAM ponsel 5G serba kencang ini rata-rata 4 – 4,3GB. Smartphone Poco X3 GT ini mendukung USB OTG melalui port USB Type-C, tetapi nggak dikasih slot microSD, jadi tidak bisa ekspansi memori eksternal.

Baterai

Daya tahan baterai emang jadi keunggulan pada Poco X3 GT review kali ini menurut Tuxlin Blog. Bermodalkan baterai berkapasitas 5000mAh, Poco X3 GT ini mampu bertahan rata-ratya hampir 2 hari penuh lho untuk penggunaan sosial media intensif, komunikasi sehari-hari, dan non gaming. Ya kalau dipakai gaming, tentunya bakal lebih boros ya. πŸ˜…

Nah yang bikin Tuxlin seneng sama Poco X3 GT ini adalah fitur Turbo Charge 67W gaes! Berdasarkan pengalaman Tuxlin, baterai Poco X3 GT ini terisi penuh dalam waktu kurang dari 50 menit lho… Kece kan? Udah gitu charger 67W-nya udah disediakan dalam paket pembelian, jadi nggak perlu beli sendiri. πŸ‘πŸΌ

Lain-Lain

Fitur konektivitas yang dimiliki oleh Poco X3 GT ini berjalan dengan lancar tanpa problem. Lock GPS cukup cepat dan akurat. Selama pakai GMaps nggak pernah tersesat, kalau pun nyasar gegara salah baca Map-nya wkwkwk… 🀣 Sensor sidik jarinya yang berada di samping ponsel dan terintegrasi dengan tombol power. Performa fingerprint-nya lumayan sensitif dan bisa diandalkan. Oiya Poco X3 GT ini juga udah ada NFC-nya, cocok buat kalian yang sering transaksi digital, cahsless atau top up e-money.

Kesimpulan

Secara umum, Poco X3 GT ini adalah smartphone 5G 4 jutaan yang serba kencang! Performa kencang dengan Dimensity 1100, layar kencang dengan refresh rate 120Hz, dan ngecharge baterai kencang juga dengan Turbo Charge 67W!

Minusnya cuma nggak ada slot microSD dan port audio 3,5mm. Selain itu, kalaun kalian lebih suka layar AMOLED yang lebih vibrant lagi, mungkin Poco X3 GT bukan pilihan tepat. Terlepas dari kekurangan yang ada, Poco X3 GT salah satu smartphone yang paling Tuxlin rekomendasiin untuk dibeli dengan harga 4 jutaan.

Review kamera Poco X3 GT baca di sini:Review Kamera Poco X3 GT 64MP dengan Sensor OmniVision OV64B

Kelebihan Poco X3 GT

  • Performa powerful dengan Dimensity 1100 5G
  • Ngecharge baterai ngebut, 50 menit udah penuh! 😎
  • Kamera belakang bisa diandalkan
  • Speaker stereo-nya mantap

Kekurangan Poco X3 GT

  • Nggak ada slot microSD
  • Nggak ada port audio 3,5mm
  • Layarnya lebih bagus kalau pakai AMOLED πŸ˜…
  • Kamera depan kurang joss

Special thanks to Laptophia for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi Note 10 Pro Review, Fitur Premium dengan Harga Bersaing


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *