Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling. Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda

7 min read

Realme Book Prime Review

Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda – Halo Pembaca! Laptop Realme Book Prime telah resmi diluncurkan di pasar Indonesia dengan membawa tagline “Dare To Create”. Laptop ini emang dirancang khusus oleh Realme untuk generasi muda yang suka bikin konten. Tentunya konten yang bermanfaat lho ya, bukan yang kontroversial wkwkwk… Sebenarnya ini bukan kali pertama Realme meluncurkan laptop karena pada Agustus 2021 silam, vendor asal Tiongkok ini telah lebih dulu menghadirkan laptop perdananya melalui seri Realme Book. Harga laptop Realme Book Prime adalah Rp 11 jutaan dan bisa lebih murah kalau pas flash sale.

Sebagai laptop yang dirancang untuk kreator muda, tentunya dapur pacu yang kencang menjadi syarat utama. Nah Realme Book Prime ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-11320H generasi Tiger Lake ditandemkan RAM sebesar 8GB. Hal yang menarik dari laptop Realme Book Prime ini adalah dibekali dengan layar yang nggak biasa, yakni layar dengan aspek rasio 3:2 guna menunjang produktivitas dengan resolusi 2K, menarik bukan? Lalu kayak gimana sih performa laptop untuk kreator muda ini? Simak Realme Book Prime review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda

Spesifikasi Realme Book Prime

  • Layar IPS LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi 2K Full Vision Display 2160 x 1440 piksel, 400 nits, 100% sRGB color gamut, aspek rasio 3:2, slim bezel
  • Prosesor Intel Core i5-11320H quad-core (8 thread) 3,2 GHz TurboBoost 4,5GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (96 EUs)
  • Memori RAM 8GB LPDDR4x-4266MHz, onboard
  • Storage SSD 512GB M.2 NVMe, PCIe 3.0 x4
  • Konektivitas WiFi 6 AX201 802.11ax 2×2, Bluetooth 5.2, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 2 Type-C (support Power Delivery & Display Port), Port Thunderbolt 4 (support USB4, Power Delivery & Display Port), port combo audio
  • Stereo speaker Harman Kardon dengan fitur DTS Audio
  • Kamera depan HD 720p fixed focus webcam
  • Baterai 54 WHr, 4-Cell Battery (integrated), 65W PD Super-Fast Charge
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home asli pre-installed
  • Dimensi 307.21 x 228.96 x 14.9 mm berat 1,37kg
  • Warna Real Grey, Real Green, dan Real Blue

Anda dapat membeli laptop Realme Book Prime dengan harga lebih murahย di Sini (Klik)ย atauย di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Realme Book Prime

Paket Penjualan Realme Book Prime
  • Laptop Realme Book Prime warna Real Grey
  • Kepala charger 65W
  • Kabel USB Type-C
  • User Guide
  • Kartu garansi

Desain Realme Book Prime

Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 1

Desain yang minimalis dan elegan menjadi daya tarik tersendiri pada Realme Book Prime review oleh Tuxlin Blog kali ini. Kalau dilihat secara umum, bahasa desain yang digunakan oleh laptop Realme Book Prime ini memang mirip dengan Macbook Air, bener gak sih? ๐Ÿค” Desainnya tuh minimalis banget dan terkesan mewah. Bagian LID covernya aja nggak ada ornamen apapun, hanya ada logo Realme yang letaknya agak menyamping. Kebetulan unit Realme Book Prime yang Tuxlin ulas kali ini warna Real Grey.

Realme Book Prime mengusung desain clamshell kayak laptop kebanyakan dan engselnya bisa diputar 180 derajat (flat). Layarnya berukuran 14 inci dengan bezel yang cukup tipis, nggak heran screen to body rationya mencapai 90%! Bezel bagian bawah agak tebal, sedangkan bagian atas tetap terlihat tipis meski di sana terdapat webcam 720p. Sementara di bawahnya terdapat keyboard berdesain chiclet dengan touchpad berukuran besar.

Hal yang bikin Tuxlin Blog seneng pas Realme Book Prime review adalah ukurannya yang ringkas, tipis, dan bobotnya ringan banget! Cuma 1,3 kilogram lebih dikit. Ya meski bodi ringkas, laptop Realme Book Prime ini lumayan kuat lho. Jadi bodi laptop ini menggunakan material anodized aluminium alloy yang bikin bodinya tetap ringan tapi tetep kokoh. Sudut-sudut laptop andalan Realme ini nggak tajam, jadi dibawa pakai tangan pun enak. Berikut tampilan detail laptop Realme Book Prime.

Baca juga:SSD VGen Platinum 512GB Review, Apakah Bagus dan Layak Beli?

Sisi kanan laptop Realme Book Prime terdapat sebuah port USB 3.2 Gen 1 Type A dan port audio 3,5mm. Sedangkan sisi kiri terdapat port Thunderbolt 4 yang juga mendukungย USB4, Power Delivery & Display Port, serta sebuah port USB 3.2 Gen 2 Type-C yang juga mendukung Power Delivery & Display Port.

Software Realme Book Prime

Software Realme Book Prime

Sama kayak laptop keluaran baru lainnya, pada Realme Book Prime review kali ini juga udah dilengkapi dengan sistem operasi terbaru dari Microsoft Windows 11 Home x64. Jadi Tuxlin Blog nggak perlu repot-repot melakukan ritual upgrade dari Windows 10 ๐Ÿคฉ

Sayangnya sih, Realme Book Prime ini nggak dibundel dengan aplikasi Microsoft Office Home & Student 2021 kayak laptop yang lain. Yang terinstal di dalamnya cuma Microsoft Office 365 alias MS Office yang berbasis cloud yang mana kita musti berlangganan untuk dapat menggunakan semua fiturnya. Kalau Tuxlin pribadi sih nggak masalah, soalnya selama ini pakai aplikasi Office open source dari LibreOffice. ๐Ÿ˜Ž

Performa Realme Book Prime

Performa Realme Book Prime

Jika dibandingkan dengan Realme Book yang lebih dulu dirilis, Realme Book Prime ini menawarkan lompatan performa yang lumayan. Kalau sebelumnya kan pakai prosesor Intel Core i5-1135G7 yang TDP-nya 15W. Kalau Realme Book Prime ini lebih perkasa dengan prosesor Intel Core i5-11320H dengan TDP 35W. Keduanya sama-sama generasi Intel Core 11th Tiger Lake, bedanya seri H menawarkan performa yang lebih tinggi dengan TDP yang lebih gede juga. Biasanya prosesor seri H digunakan di lini laptop gaming.

Baca juga:Adata XPG SX8200 Pro Review: SSD M.2 NVMe Terjangkau dengan Performa Ngebut!

Jadi prosesor Intel Core i5-11320H yang digunakan pada Realme Book Prime review kali ini mengusung quad-core (8 thread) generasi Tiger Lake H35 atau Intel Core generasi ke-11 yang berlari dengan kecepatan standar 3,2GHz dan TurboBoost hingga 4,5GHz. Laptop ini didukung memori RAM sebesar 8GB jenis LPDDR4x-4266Mhz dual-channel. Sayangnya, RAM di laptop ini onboard dan nggak ada slot SODIMM, jadi kita nggak bisa upgrade kapasitas RAM. ๐Ÿฅฒ

Kemampuan grafis laptop Realme Book Prime ini terbilang lumayan kompeten karena dibekali GPU terintegrasi dari Intel Iris Xe Graphics G7 yang mengusung 96 execution unit (EUs) dengan kecepatan 400 โ€“ 1350MHz. Performa grafis Intel Iris Xe Graphics G7 ini nggak bisa dipandang sebelah mata kayak GPU onboard zaman dulu. Kinerja komputasinya bahkan bisa disejajarkan dengan GPU diskrit entry-level seperti Nvidia GeForce MX350. ๐Ÿ˜Ž

Selama proses Realme Book Prime review oleh Tuxlin Blog, nggak ada masalah atau kendala berkaitan dengan performa. Dua minggu menggunakan Realme Book Prime sebagai laptop utama untuk bekerja ternyata memberikan pengalaman yang lebih responsif. Maklum, sebelumnya biasa pakai laptop dengan prosesor Intel Core 10th Gen wkwkwk… ๐Ÿคฃ Biasa buka office, sambil jalanin puluhan tab Chrome, editing foto ringan dan batch convert foto di Fastone Image Viewer, dan sambil dengerin musik pun berjalan lancar tanpa lag.

Kalau buat kreator muda, kemampuan dan kinerja pada Realme Book Prime review kali udah memadai banget. Editing video dan rendering pun dilibas sama laptop ini. Lebih bagus lagi kalau pakai aplikasi yang support akselerasi GPU atau Intel QuickSync, kinerjanya bakal lebih kencang lagi. Kalau butuh performa GPU yang lebih ngebut lagi, bisa diakalin dengan pakai GPU eksternal dan disambungin dah tuh ke port Thunderbolt 4.0… Buzz… Realme Book Prime udah jadi laptop gaming ๐Ÿ˜Ž

Panas mugkin bukan masalah serius pada Realme Book Prime review kali ini karena udah dibekali dengan solusi pendinginan Vapor Chamber Liquid Cooling dengan desain berstruktur mikro dipadukan lithographic etching dan dua buah kipas berkecepatan tinggi yang diklaim 32,7% lebih efektif meredam panas. Kalau lagi kerja berat, area keyboard dan palmrest relatif adem dan paling banter cuma hangat doang. Yang agak panas cuma bagian atas keyboard dan itu masih dalam batas wajar. ๐Ÿค”

Baca juga:Merintis Bisnis Plafon PVC dan Minuman Kekinian bersama Asus ExpertBook B5 Flip

Nah yang nggak ada obatnya itu malah soal RAM, cuma 8GB dan nggak bisa di-upgrade. Buat kreator yang demen multitasking tentu bakalan kurang RAM segini. Semoga sih Realme bisa boyong varian dengan RAM 16GB biar lebih ngebut. ๐Ÿฅน Penasaran kayak gimana performa laptop Realme Book Prime? Berikut hasil benchmark yang Tuxlin Blog lakukan.

Benchmark Realme Book Prime

Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 7
CPU-Z
Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 8
GPU-Z
Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 9
CrystalDiskMarkInfo
Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 10
Cinebench R15
Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 11
Cinebench R20
Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 12
Cinebench R23
Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 13
PCMark 10
Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 14
CPU-Z CPU Benchmark
Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 15
3DMark Fire Strike
Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 16
3DMark Night Raid
Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 17
3DMark Time Spy
Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 18
CrystalDiskMark
Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 19
AS SSD Benchmark

Realme Book Prime Review

Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 20

Layar

Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 21

Layar adalah salah satu nilai jual utama pada Realme Book Prime review kali ini menurur Tuxlin, mengapa? Karena laptop ini mengusung spesifikasi layar yang jauh berbeda dengan kompetitornya yang rata-rata mengusung aspek rasio 16:9 atau 16:10. Sedangkan Realme Book Prime mengusung layar aspek rasio 3:2 yang membuat layarnya terlihat lebih tinggi dan sangat cocok untuk mendukung produktifitas.

Aspek rasio seperti ini bikin work view lebih luas lho… Misak kalian lagi buka dokumen atau edit foto, tentu nggak bakalan sering scroll dibandingkan layar dengan aspek rasio 16:9 yang cenderung melebar. Keseringan scroll kan bikin kerja jadi nggak efisien dan ngrepotin hehehe. ๐Ÿ˜…

Baca juga:Seagate One Touch 4TB Review, Kapasitas besar dengan Fitur Lengkap

Layar Realme Book Prime ini berukuran 14 inci dengan resolusi 2K 2160 x 1440 piksel dengan panel IPS yang menawan dengan tingkat kecerahan maksimal mencapai 400 nits. Warna yang dihasilkan layar Realme Book Prime ini juga memuaskan mata karena mampu menghasilkan 100% sRGB color gamut. Nggak heran kalau layar Realme Book Prime ini tajam, colorful, dan viewing angle-nya juga luas. ๐Ÿ‘๐Ÿผ

Audio

Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 22

Laptop Realme Book Prime ini dibekali dengan dua buah speaker stereo dengan daya masing-masing 2 watt dari Harman Kardon. Siapa sih yang meragukan kualitas speaker Harman Kardon? ๐Ÿ˜Ž Kedua speaker laptop andalan Realme ini mampu menghasilkan suara yang nyaring, renyah, dan detail yang lumayan asik. Bass juga terdengar, tapi ya nggak jedag-jedug… Kalau mau jedag-jedug, bisa disambungkan ke speaker hajatan. ๐Ÿคฃ

Secara default, Realme Book Prime ini dibekali denghan fitur DTS Audio yang bikin kualitas suara makin mantap. Kalau fitur ini dimatikan, maka suara yang keluar jadi lebih pelan. Meski demikian, tanpa fitur DTS Audio malah level detailnya enakan dan rapih gitu kesannya. ๐Ÿง

Baterai

Daya tahan baterai juga menjadi salah satu daya tarik dari Realme Book Prime review kali ini menurut Tuxlin Blog. Laptop ini dipersenjatai dengan baterai berkapasitas 54Wh dan ditandemkan dengan fitur fast charge Power Delivery 65W yang mampu mengisi daya 50% dalam waktu setengah jam saja. Udah gitu, Realme Book Prime ini juga dukung teknologi Dart Charge 30W yang biasa digunakan di smartphone Realme, keren kan? ๐Ÿ˜Ž

Daya tahan baterai laptop Realme Book Prime ini lumayan bisa diandalkan untuk bekerja seharian. Berdasarkan pengalaman Tuxlin yang udah dua minggu menggunakan laptop ini, baterai Realme Book Prime rata-rata mampu bertahan hingga 7 – 8 jam untuk penggunaan kasual non gaming seperti Office, browsing puluhan tab di Chrome, dengerin musik, dan sebagainya.

Keyboard & Touchpad

Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 23

Laptop Realme Book Prime dibekali dengan keyboard berdesain chiclet yang agak melengkung pada bagian tengahnya. Realme menyebutnya sih sebagai Smile Arc design yang dipadukan dengan keytravel yang cukup ideal untuk ngetik lama, yakin 1,3mm. Sejauh ini, Tuxlin merasa nyaman mengetik di laptop Realme Book Prime sampai berjam-jam dan lebih minip typo. Keyboardnya udah dilengkapi backlight dengan tiga tingkat kecerahan.

Ukuran touchpad yang lumayan luas jadi kelebihan Realme Book Prime review kali ini. Desainnya sih minimalis dan nggak kelihatan ada tombol fisik di touchpad-nya. Performa touchpad-nya oke, sensitif, dan nyaman untuk bernavigasi. Jujur aja sih, selama ini kalau kerja Tuxlin jarang pakai touchpad. Lebih memilih menggunakan mouse, biar sat set ๐Ÿ˜‚

Selain itu, laptop Realme Book Prime ini juga dilengkapi fitur keamanan lho, yakni sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power gaes… Selain itu, sensor sidik jarinya itu juga udah didukung standar Windows Hello, jadi nggak perlu repot masukin password untuk login. Sejauh pengalaman Tuxlin, performa sensor sidik jarinya bisa diandalkan dan nggak pernah salah deteksi sejauh ini. ๐Ÿ‘๐Ÿผ

Konektivitas

Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 24

Ketersediaan porty menjadi salah satu kekurangan pada Realme Book Prime review kali ini, mengapa? Port yang disediain terbatas, cuma ada satu port Thunderbolt 4.0, satu port USB 3.2 Gen 2 Type-C, port USB 3.2 Gen 1, dan port audio doang. Ini masih mending sih ada USB Type-A, jadi Tuxlin masih bisa nancepin flash drive atau dongle mouse wireless. ๐Ÿ˜…

Kalau kalian butuh port yang lebih banyak seperti USB Type-A, HDMI, dan sebagainya ya mau nggak mau harus beli dongle tambahan atau Thunderbolt docking dan bergabunglah dengan komunitas dongle for life. ๐Ÿคฃ Untungnya sih laptop Realme Book Prime udah dipersenjatai dengan WiFi 6 AX201 802.11ax 2×2 dan Bluetooth 5.2.

Baca juga:Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022?

Fitur Lain

Realme Book Prime Review: Laptop Kencang untuk Kreator Muda 25

Salah satu fitur yang menarik dari Realme Book Prime review kali ini menurut Tuxlin Blog adalah PC Connect. Fitur ini memungkinkan kita menghubungkan laptop Realme Book Prime ke smartphone Realme tanpa menggunakan kabel. Caranya cukup simpel, cukup aktifkan PC Connect di laptop dan smartphone, kemudian scan QR Code untuk menghubungkan keduanya secara wireless, keren kan? ๐Ÿ˜Ž

Fitur PC Connect di laptop Realme Book Prime ini bisa apa aja sih? Banyak sih, salah satu fitur utamanya adalah transfer file yang mudah antara laptop dan smartphone. Selain itu, juga tersedia fungsi lain seperti screen mirroring, jalanin aplikasi smartphone melalui laptop, dan bahkan bisa berbagi clipboard lho… Lengkap deh ๐Ÿ‘๐Ÿผ

Kesimpulan

Secara umum sih laptop Realme Book Prime menurut Tuxlin Blog memang cocok untuk kreator muda karena kinerjanya kencang dan ada port Thunderbolt 4 yang memungkinkan penggunaan eGPU. Selain itu, layarnya itu sangat mendukung banget buat kerja karena aspek rasio 3:2 yang menawarkan work view yang lebih luas dan resolusi 2K yang imersif.

Bodinya ringkas dan tipis, jadi cocok banget buat dibawa-bawa. Kekurangan Realme Book Prime ini cuma di RAM yang nggak bisa di-upgrade dan ketersediaan port yang minim. Nah masalah port ini bisa diakalin dengan beli dongle tambahan. Tuxlin Blog menilai Realme Book Prime adalah salah satu laptop yang sangat layak kalian pertimbangkan dengan harga di bawah 12 juta.

Kelebihan Realme Book Prime

  • Layar 2K luas berkualitas dengan aspek rasio 3:2
  • Kinerja kencang cocok untuk kreator muda (seperti Tuxlin ๐Ÿ˜Ž)
  • Ukuran ringkas, tipis, dan ringan
  • Udah pakai OS Microsoft Windows 11 Home pre-installed

Kekurangan Realme Book Prime

  • Port terbatas, musti beli dongle ๐Ÿ˜…
  • RAM onboard, nggak bisa di-upgrade

Special thanks toย Laptophiaย for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Asus ExpertBook P2 P2451FB Review Setelah 6 Bulan Pakai, Ternyata Beginiโ€ฆ


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling. Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.