Realme C3 Resmi Diperkenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya – Setelah beberapa kali muncul bocorannya di internet, akhirnya kini Realme C3 secara resmi diluncurkan di India (05/02/2020). Smartphone Realme C3 ini tampil dengan konsep desain baru yang mirip dengan Realme 5i serta meninggalkan gaya diamond cut yang sebelumnya digunakan oleh Realme C2.

Casing Realme C3 ini dilengkapi dengan lapisan anti-fingerprint yang membuatnya tak mudah kotor oleh jejak sidik jari. Tak hanya itu, Realme C3 kabarnya juga dilengkapi kemampuan anti cipratan air. Smartphone ini tersedia dalam dua varian warna, yakni Blazing Red dan Frozen Blue.

Realme C3 Resmi Diperkenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya 1

Tak hanya menawarkan tampilan baru, Realme C3 ini juga menawarkan upgrade atau peningkatan spesifikasi yang cukup signifikan di sektor kamera, baterai, dan performa. Realme C3 juga merupakan salah satu smartphone pertama yang ditenagai oleh chipset kelas menengah MediaTek Helio G70 yang belum lama ini diperkenalkan.

Salah satu fitur unggulan Realme C3 ini adalah Dual Music. Fitur ini memungkinkan pengguna memainkan musik dari port audio 3,5mm dan Bluetooth secara simultan.

Smartphone menengah Realme C3 mengusung spesifikasi layar dewdrop design yang kekinian dengan aspek rasio 19:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,5 inci yang disematkan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi HD+ 1560 x 720 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 270 piksel per inci yang cemerlang.

Tak hanya itu, layar smartphone entry-level berkinerja tinggi Realme C3 ini dilindungi lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3. Salah satu kelebihan Realme C3 ini adalah dilengkapi dengan notch atau poni berukuran kecil atau minimalis pada bagian atas layarnya yang disebut dengan dewdrop design.

Realme C3 Resmi Diperkenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya 2

Kemampuan kamera belakang Realme C3 ini bisa dikatakan mengalami sedikit peningkatan jika dibandingkan dengan Realme C2 menurut Tuxlin Blog dengan mengandalkan kamera belakang ganda berkekuatan 12 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/2.9 inci 1.25um piksel, phase-detection autofokus, dan LED flash. Sedangkan kamera kedua 2 megapiksel (depth sensor). Kombinasi kedua kamera belakangnya mampu menghasilkan foto bokeh yang menawan.

Baca juga:Review Samsung Galaxy M30s: Baterai Jumbo Berkinerja Memadai

Smartphone Realme C3 memiliki fitur teknologi AI untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan scene, meningkatkan dynamic range keseluruhan foto, menajamkan detail yang lebih kaya dalam highlight dan shadows, dan memberikan eksposur yang lebih seimbang.

Realme C3 ini juga terbilang mumpuni untuk foto selfie dengan dukungan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci 1,12um piksel ditandemkan dengan fitur canggih AI Beauty yang lebih cerdas dalam menerapkan efek beautify sesuai dengan karakter pengguna dan mendukung efek bokeh. Kamera Realme C3 juga didukung Screen Flash untuk foto selfie di tempat kurang cahaya.

Performa smartphone Realme C3 ini bisa dikatakan mengalami peningkatan pesat jika dibandingkan pendahulunya karena mengandalkan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G70 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2,2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,7GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB atau 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2.

Smartphone entry-level dengan baterai jumbo Realme C3 ini dibekali dengan memori internal atau ROM 32GB atau 64GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 512GB tipe dedicated slot, serta mendukung USB OTG. Realme C3 tidak dilengkapi sensor sidik jari, sebagai gantinya diperkuat fitur AI Face Unlock.

Sisi perangkat lunak, smartphone Realme C3 ini menggunakan OS Android 10 dengan antarmuka Realme UI 1.0 yang menawarkan tampilan menawan dengan fitur yang kaya. Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya, tanpa kehadiran fitur fast charging.

Berdasarkan informasi dari GSM Arena (05/02/2020), Realme C3 ini mulai dijual 14 Februari 2020 mendatang di India melalui toko online Flipkart. Harga Realme C3 3GB/32GB adalah INR 6.999 atau sekitar Rp 1,3 juta. Sedangkan harga Realme C3 varian 4GB/64GB adalah INR 7.999 atau sekitar Rp 1,5 juta.

Ketersediaan Realme C3 di Indonesia

Sampai saat ini belum ada informasi mengenai kapan Realme C3 akan tersedia di pasar Indonesia. Namun, Tuxlin memperkirakan kehadiran Realme C3 tak akan lama lagi karena ponsel ini sudah masuk situs POSTEL.

Anda mungkin suka:Review Kamera Xiaomi Redmi 8A dengan Sensor Sony IMX486

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here