Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah!

6 min read

Realme C30 Review

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! – Halo Pembaca! Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kalian mengenai smartphone murah 1 jutaan lebih dikit? Pasti kalian bayangin hape dengan desain seadanya dan performa semampunya… 😝 Nah brand Realme kayaknya bakal merubah stigma smartphone murah dengan menghadirkan smartphone Realme C30. Smartphone ini dijual dengan harga mulai Rp 1 jutaan lebih dikit dan tampil dengan desain yang stylish lho. Penampilan fisik smartphone Realme C30 bener-bener dikembangkan dan didesain sedemikian rupa biar tampil keren, serta nggak kelihatan hape murah.

Selain desain asal-asalan, smartphone murah juga identik dengan performa semampunya atau bahkan kurang mampu wkwkwk… πŸ˜… Nah ini nggak berlaku buat Realme C30 yang ditenagai oleh chipset Unisoc Tiger T612 octa-core yang di dalamnya ada dua performance core ARM Cortex-A75, kenceng! Anti lemot-lemot club dah 😎 Sebagai hape murah, Realme C30 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh tapi nggak dikasih fitur fast charge. Penasaran sehebat apa smartphone murah andalan Realme ini? Simak Realme C30 review oleh Tuxlin Blog kali ini!

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 1

Spesifikasi Realme C30

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI R Edition
  • Chipset Unisoc Tiger T612 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G57
  • Kamera belakang 8 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.0 dengan dilengkapi LED flash
  • Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.2, fixed focus
  • Layar sentuh 6,5 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 270 ppi (pixel per inch), aspek rasio 20:9, 16 juta warna, panel IPS LCD, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 2GB atau 4GB LPDDR4x, ROM 32GB atau 64GB UFS 2.2 dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.1 x 75.6 x 8.5 mm dengan berat 182 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, standard charging 10W, reverse charging
  • Warna Lake Blue, Bamboo Green, dan Denim Black

Anda dapat membeli smartphone Realme C30 dengan harga lebih murahΒ di Sini (Klik)Β atauΒ di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Realme C30

Paket Penjualan Realme C30
  • Handset Realme C30 2GB/32GB warna Lake Blue
  • Kepala charger 10W
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Realme C30

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 2

Desain yang stylish menjadi daya tarik tersendiri dari Realme C30 review kali ini menurut Tuxlin Blog. Biasanya kan hape murah itu desainnya asal dan sama sekali nggak keren. Eh tapi Realme C30 ini berbeda karena sisi desain mendapat perhatian khusus. Realme pengen smartphone murah kayak Realme C30 ini juga tampil keren dan nggak maulu-maluin kalau ditenteng ke mall atau jalan bareng gebetan.

Ini terlihat dari desain casing belakang Realme C30 yang terinspirasi dengan desain koper. Casing belakangnya ini mengusung tekstur vertikal dipadukan dengan housing kamera yang simpel. Selain stylish, casing belakang bertekstur ini nggak licin dan nggak mudah meninggalkan jejak sidik jari. Nggak cuma itu sob, Realme C30 ini makin kekinian dengan dukungan frame flat yang tipis. Tebalnya cuma 8,5mm saja. Realme C30 tersedia tiga varian warna dan unit yang Tuxlin ulas adalah warna Lake Blue.

Nah kalau dilihat dari sisi depan, smartphone Realme C30 ini nggak jauh beda dengan smartphone lainnya dengan layar sentuh berponi pada bagian atasnya. Bezel di sekeliling layarnya agak tebal, terutama bezel bawahnya. Bodi smartphone Realme C30 ini terbuat dari bahan plastik, tapi nggak berasa murahan. Build quality solid dan terasa mantap saat digenggam. Berikut tampang Realme C30 lebih dekat.

Baca juga:Realme Narzo 50 5G Review: Performa Andal, Fitur Lengkap

Pada Realme C30 review kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar HD+ 2.5D berukuran 6,5 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Layar smartphone terjangkau Realme C30 nggak dilengkapi screenguard bawaan pabrik dan nggak disebutin ada proteksi antigores semacam Gorilla Glass atau sejenisnya.

Tombol power dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme C30 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM dan microSD dengan jenis dedicated slot. Sisi atas ponsel terdapat microphone. Sedangkan bagian belakang ponsel Realme C30 ini terdapat kamera belakang, LED flash, dan logo Realme. Realme menempatkan port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Antarmuka dan Fitur Realme C30

Antarmuka dan Fitur Realme C30

Berbeda dengan kebanyakan smartphone Realme lainnya, Realme C30 ini menggunakan antarmuka Realme UI R Edition yang menggunakan basis Android 11 Go Edition. Buat pembaca yang belum tahu, Android Go Edition ini merupakan versi ringan dari Android yang dirancang khusus oleh Google untuk smartphone dengan spesifikasin terbatas. Sedangkan Realme UI R Edition juga bisa dikatakan versi ringannya Realme UI.

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 9

Pokoknya Realme C30 ini menjalankan perangkat lunak yang serba ringan. Jadi ngak heran kalau performanya cukup responsif. Konsekuensinya, fitur yang ditawarkan Realme UI R Edition di Realme C30 review kali ini nggak selengkap Realme UI reguler. Bahkan tampilan antarmukanya sedikit berbeda dan lebih mendekati Android pure. Opsi kostumisasi juga terbatas pada wallpaper dan widget doang.

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 10

Aplikasi bawaan Realme juga banyak yang absen dan digantikan dengan aplikasi bawaan Android. Beberapa aplikasi dialer dan SMS di Realme C30 menggunakan bawaan Android. Bahkan galeri besutan Realme juga nggak ada dan digantikan dengan Google Photos. Ini nggak masalah sebenarnya, toh fitur dan fungsinya sama.

Baca juga:Samsung Galaxy A23 Review: Desain Minimalis, Performa Memadai

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 11

Kalau mau jujur, banyak fitur dari Realme UI yang absen di Realme UI R Edition ini. Bisa dimaklumi, selama fungsi dasarnya masih tersedia. Berikut ini beberapa fitur unggulan di Realme C30, seperti Night Light, Dark Theme, Smart controls, Smart motion, Pocket mode, Gestures, Digital Wellbeing, parental control, face unlock, Ultra-Saving Mode, dan sebagainya.

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 12

Aplikasi bawaan di Realme C30 review kali ini bisa dikatakan tidak terlalu banyak, antara lain Google Apps (Go Edition), HeyFun, Facebook, TikTok, Shopee, Snack Video, Spotify, Truecaller, WhatsApp, dan WPS Office. Beberapa aplikasi tersebut bisa dihapus kalau dirasa nggak guna. πŸ˜€

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 13

Secara umum, Realme UI R Edition yang digunakan smartphone Realme C30 ini menawarkan tampilan yang simpel dan mendekati Android pure. Fitur yang disediakan memang terbatas, tetapi masih sangat memadai untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Keunggulan Realme UI R Edition ini sangat ringan, sehingga performa smartphone terasa responsif.

Performa Realme C30

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 14

Salah satu kelebihan dari Realme C30 review kali ini menurut Tuxlin Blog adalah performanya yang kencang dan di atas rata-rata untuk sebuah smartphone dengan harga 1 jutaan. Biasanya hape murah itu ditenagai chipset zaman purbakala plus optimasi seadanya, nggak heran performanya jeblok wkwkwk… 🀯 Nah stigma kayak gini yang pengen diubah Realme melalui seri C30 andalannya.

Performa Realme C30 jelas kenceng dengan dukungan chipset Unisoc Tiger T612 (12nm) yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB atau 4GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57. Kebetulan, unit yang Tuxlinj ulas adalah varian dengan RAM 2GB.

Kalau dilihat dari spek chipset Unisoc T612 ini, jelas performa Realme C30 ngebut banget di kelas entry-level karena rata-rata pesaingnya ditenagai chipset Helio G25, Helio G35, dan juga Unisoc SC9863A yang performanya segitu-segitu aja. πŸ₯² Benchmark AnTuTu chipset ini aja mencapai 170 ribuan lebih, nggak heran Realme C30 ini termasuk powerful.

Tuxlin menjajal Realme C30 ini untuk kebutuhan sehari-hari seperti sosial media, edit foto, komunikasi sehari-hari, dan bahkan edit video. Performanya relatif gegas dan minim lag. Perpindahan antar menu atau buka tutup aplikasi terasa nyaman. Berhubung unit yang Tuxlin pakai adalah varian RAM 2GB, pas buka aplikasi bayak berasa agak lag ehehehe…

Baca juga:Realme 9 4G Review: Kamera Mantap dengan Desain Tipis

Apakah Realme C30 ini bisa dipakai buat main game? Tentu saja bisa. 😎 Game kayak Mobile Legends dan game kasual lainnya bisa datasi dengan baik oleh Realme C30. Cuma Tuxlin saranin ambil varian RAM 4GB kalau niatnya mau main game dengan budget pas-pasan. Oiya, berikut ini hasil benchmark Realme C30 oleh Tuxlin Blog.

Device Info HW

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 15

Benchmark AnTuTu v9

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 16

Benchmark Geekbench 5

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 17

Benchmark PCMark

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 18

Benchmark 3DMark

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 19

Benchmark Basemark OS II

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 20

Benchmark Androbench

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 21

Sensorbox for Android & Multitouch Tester

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 22

Realme C30 Review

Realme C30 Review

Layar

Sama kayak smartphone murah lainnya, Realme C30 ini dipersenjatai dengan layar sentuh resolusi HD+ dengan panel IPS dan ukurannya 6,5 inci. Meski Realme C30 ini termasuk smartphone murah, tapi kualitas layarnya nggak kaleng-kaleng lho. Gambar yang dihasilkan layarnya cukup tajam dan saturasi warnanya vivid, cukup memuaskan mata.

Nggak kayak kebanyakan hape murah yang respon touchscreen-nya ngelag, Realme C30 ini gegas dan responsif karena touch sampling rate sampai 120Hz. Nggak heran, layar Realme C30 cukup nyaman buat main game. Brightness yang dihasilkan layarnya juga cukup tinggi, jadi performanya saat dipakai di bawah sinar matahari lumayan oke.

Audio

Kalian nggak bakal nemu speaker stereo di smartphone Realme C30. Ya jelas, namanya juga smartphone terjangkau hehehe… πŸ˜‰ Smartphone murah ini dibekali dengan sebuah speaker yang mampu menghasilkan suara yang cukup keras dan jernih.

Kualitas suaranya sih nggak ada yang istimewa, karena didominasi treble dan mid. Meski demikian, speakernya nggak cempreng, masih enak buat sekadar dengerin musik. Oiya, Realme C30 ada port audio 3,5mm, jadi kalian bisa dengerin musik pakai headset dan kualitasnya suara yang dihasilkan termasuk oke.

Memori

Realme C30 Review: Keren, Kencang, dan Murah! 23

Pada Realme C30 review kali ini memori internal yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 22,17GB. Sedangkan free RAM smartphone murah dengan desain keren ini rata-rata 600 – 700MB. Smartphone murah Realme C30 ini mendukung USB OTG melalui port microUSB dan tersedia slot microSD (dedicated) buat pengguna yang pengen ekspansi ruang penyimpanan.

Baterai

Sama kayak kebanyakan smartphone masa kini, Realme C30 ini dibekali baterai berkapasitas 5000mAh. Berdasarkan pengalaman Tuxlin Blog yang udah pakai Realme C30 selama hampir dua minggu, daya tahan baterainya terbilang oke. Pola penggunaan sosial media intensif, komunikasi sehari-hari, streaming, pepotoan, dan non gaming bisa tahan seharian. Bahkan kadang-kadang bisa lebih. πŸ€”

Minusnya hape Realme C30 ini cuma satu, yakni nggak dibekali fitur fast charge. Tuxlin pakai charger bawaan yang dayanya cuma 10W itu butuh waktu hampir 3 jam lho buat ngisi baterai Realme C30 sampai penuh. πŸ€¦πŸ»β€β™‚οΈ Ini bisa dimaklumin sih, hape dengan harga sejutaan lebih dikit kayak Realme C30 rata-rata emang jarang dikasih fitur fast charge.

Lain-Lain

Fitur konektivitas yang dimiliki oleh Realme C30 ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Lock GPS juga lumayan cepet dan akurasinya bisa dikatakan cukup baik. Sayangnya, fitur keamanan cuma mengandalkan pattern sama face unlock doang. Nggak dilengkapi fingerprint sensor.

Kesimpulan

Secara umum, Realme C30 adalah sebuah smartphone yang berbeda dari kebanyakan smartphone murah. Realme C30 hadir dengan desain yang stylish dan keren, kinerja di atas rata-rata dengan chipset Unisoc Tiger T612, baterai awet, dan fitur yang cukup lengkap. Jelas, Realme C30 patut jadi kandidat bagi kalian yang butuh smartphone dengan budget terbatas. πŸ‘πŸΌ

Baca review kamera Realme C30 di sini: Review Kamera Realme C30, Memadai dengan Resolusi 8 Megapiksel

Kelebihan Realme C30

  • Desain keren
  • Performa kencang dengan Unisoc Tiger T612
  • Harga terjangkau

Kekurangan Realme C30

  • Paket penjualan minim
  • Tidak dilengkapi fingerprint sensor

Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi 10C Review: Snapdragon 680 Termurah, Layak Pilih?


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *