Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal

6 min read

Realme Narzo 50A Review

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal – Halo Pembaca! Realme Narzo 50A adalah smartphone yang cukup menarik di kelas Rp 2 jutaan. Seri Narzo emang lini smartphone Realme yang menonjolkan performa dan ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Begitu juga dengan Realme Narzo 50A ini yang performanya masih cukup andal berkat dukungan chipset MediaTek Helio G85 yang ditandemkan RAM 4GB. Spek kayak gini masih lebih dari cukup untuk komunikasi sehari-hari atau bahkan gaming tipis-tipis. πŸ‘πŸΌ

Selain performa andal dan harga yang kompetitif, apa yang menarik dari smartphone Realme Narzo 50A? πŸ€” Kapasitas baterainya, cuy! Realme Narzo 50A dibekali dengan baterai berkapasitas besar di kelasnya, yakni 6000mAh. Ini cocok banget buat kalian yang membutuhkan smartphone dengan stamina prima dan siap diajak kemana-mana. Selain itu, Realme Narzo 50A tampil dengan desain yang cukup unik dengan housing kamera berkuran besar dan dan casing belakang bertekstur yang nyaman digenggam, penasaran nggak? Langsung saja deh simak Realme Narzo 50A review oleh Tuxlin Blog kali ini. 😁

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal

Spesifikasi Realme Narzo 50A

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI 2.0
  • Chipset MediaTek Helio G85 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G52 2EEMC2
  • Tiga kamera belakang, kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 2 megapiksel dengan sensor 1/5 inci 1.75um piksel, lensa 27mm aperture f/2.4 (dedicated macro) + 2 megapiksel dengan sensor B/W 1/5 inci 1.75um piksel, lensa 27mm aperture f/2.4 (Depth Sensor)
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus, sensor BSI 1/4 inci 1um piksel, lensa 26mm aperture f/2.0
  • Layar sentuh 6,5 inci 2.5D Mini-Drop dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel, kerapatan 270 ppi (pixel per inch), 60Hz refresh rate, 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 4GB LPDDR4x, ROM 64GB atau 128GB, dilengkapi slot microSD (dedicated)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (back mounted)
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.5 x 75.9 x 9.6 mm dengan berat 207 gram
  • Baterai 6000mAh non-removable, fast charging 18W, reverse charging
  • Warna Oxygen Blue dan Oxygen Green

Anda dapat membeli Realme Narzo 50A dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket Penjualan Realme Narzo 50A

Paket Penjualan Realme Narzo 50A
  • Handset Realme Narzo 50A 4GB/128GB warna Oxygen Green
  • Charger 18W
  • Kabel USB Type-C
  • Softcase silicon
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Realme Narzo 50A

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 1

Desain fisik yang keren bisa dikatakan salah satu daya tarik pada Realme Narzo 50A review kali ini menurut Tuxlin Blog. Kalian pada nyadar nggak sih, Realme itu selalu kasih desain yang unik dan berbeda di setiap serinya, termasuk si Narzo 50A ini. Kalau dari depan sih Realme Narzo 50A nggak jauh berbeda ddengan smartphone lain dengan dukungan layar sentuh berponi pada bagian atasnya. Bezel sekitar layarnya nggak tipis-tipis amat sih, tapi bezel bawahnya lumayan tebel… Wajar sih untuk hape harga segini. πŸ€”

Nah yang menarik dari desain Realme Narzo 50A tuh casing belakangnya yang mengusung konsep kayak two-tone gitu. Bagian kiri di bawah housing kamera mengusung tekstur diagonal stripe dengan sentuhan ripple gitu, jadi enak banget pas digenggam. Sedangkan sisi kanan casing belakangnya juga pakai diagonal stripe texture, tapi ukurannya agak kecil dan lebih soft. Paling menonjol adalah desain housing kameranya yang segeda gaban 🀣 Susunan kameranya itu matrix ditambah LED flash dan ada sensor sidik jarinya, sementara di bawahnya ada logo Narzo yang cukup jelas.

Sebagai smartphone dengan baterai 6000mAh, ukuran yang bongsor dan tebal menjadi kekurangan pada Realme Narzo 50A review kali ini bagi sebagian orang. Meski ukurannya besar dan bobotnya agak berat, smartphone ini cukup solid dan kuat build quality-nya. Casingnya dan frame-nya terbuat dari bahan polikarbonat dan tersedia dalam dua varian warna. Unit Realme Narzo 50A yang Tuxlin ulas kali ini adalah Oxygen Green.

Baca juga:Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Review, Masih Mumpuni di Tahun 2022?

Pada Realme Narzo 50A review kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar HD+ 2.5D berukuran 6,5 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Layar smartphone terjangkau Realme Narzo 50A udah terlindungi oleh screenguard yang terpasang dari pabrik, tapi nggak disebutin ada proteksi antogores semacam Gorilla Glass gitu atau nggak.

Tombol power dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme Narzo 50A ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis triple slot atau dedicated slot. Sisi atas tidak terdapat tombol atau port apapun. Sedangkan bagian belakang ponsel Realme Narzo 50A ini terdapat tiga buah kamera yang tersusun matrix, LED flash, sensor sidik jari, dan logo Narzo. Realme menempatkan port USB Type-C, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Antarmuka & Fitur Realme Narzo 50A

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 8

Pada Realme Narzo 50A review kali ini, smartphone ini udah menggunakan sistem operasi Android 11 dengan balutan antarmuka Realme UI 2.0. Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog dapet, Realme Narzo 50A udah dipastikan dapat jatah upgrade ke Android 12 dengan antarmuka Realme UI 3.0. Belum tau sih kapan upgrade ini bakal dirilis. πŸ€”

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 9

Antarmuka Realme UI 2.0 yang dipakai smartphone dengan baterai 6000mAh ini hadir dengan tampilan yang cukup rapi dan mudah dimengerti. Udah gitu, opsi kostumisasinya juga cukup lengkap dan dapat diakses di satu tempat, yakni Settings > Personalization.Β 

Kita bisa atur aneka macem parameter yang berkaitan dengan tampilan supaya nggak bosen, antara lain Themes, Wallpaper, Icon Styles, App Layout, Colors, Font, dan juga notification drawer.Β Udah gitu wallpaper sama theme juga bisa kita unduh secara gratis, nggak bakalan gampang bosen deh sama tampilan antarmukanya. πŸ‘πŸΌ

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 10

Satu hal yang Tuxlin suka dari Realme Narzo 50A review kali ini adalah fiturnya yang lumayan lengkap, antara lain Eye Care, Dark Mode, screen recording, long screenshot, One-Tap Lockscreen, assistive ball, Kid Space, Quick Return Bubble, smart sidebar, Private Safe, smart driving, Phone Manager, Split Screen, Smart Assistant, Game Space, App Cloner, dan banyak lagi. 😁

Baca juga:Samsung Galaxy M32 Review, Masih Layak Dipilih di 2022?

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 11

Sama kayak Realme 8i yang udah Tuxlin Blog ulas duluan, seri Narzo 50A ini ternyata juga sama… Sama-sama banyak bloatware yang musti dihapus πŸ€¦πŸ»β€β™‚οΈ Beberapa aplikasi bawaan antara lain Google Apps, Agoda, Booking.com, Baca Plus, App Market, iQiYi, J&T Express, TikTok, LinkedIn, Lazada, PUBG Mobile Gift, Snack Video, Snapchat, Shopee, WPS Office, ORoaming, Facebook, HeyFun, Twitter, WeTV, dan sebagainya. Aplikasi bawaan ini dapat dihapus jika tidak dibutuhkan.Β 

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 12

Meski nggak mencolok kayak MIUI, Realme UI 2.0 di Narzo 50A ini juga nampilin iklan lho… Itu ada folder Hot Apps dan Hot Games adalah iklan. Terus kalau kita habis instal aplikasi, maka akan muncul semacam verivikasi atau scanning keamanan gitu, terus tampil dah iklan hehehe… Sejauh ini dua iklan ini yang menonjol.

Secara umum, Realme UI 2.0 di smartphone Realme Narzo 50A tampil dengan antarmuka yang rapi, nyaman, dan cukup mudah dipakai. Opsi kostumisasi yang disediakan lengkap dan fiturnya juga banyak, serta berguna. Optimasinya juga udah matang, sehingga performa UI terasa responsif dan minim bug.

Performa Realme Narzo 50A

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 13

Rasanya nggak berlebihan kalau Tuxlin menyebut performa sebagai salah satu kelebihan Realme Narzo 50A review kali ini. Sejauh ini lini Narzo memang menonjolkan performa yang kencang dengan harga yang kompetitif karena membidik generasi muda. Lalu sekencang apa smartphone Realme Narzo 50A ini? πŸ€”

Dapur pacu Realme Narzo 50A ini mengandalkan chipset MediaTek Helio G85 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) ARM Mali-G52 2EEMC2 dengan kecepatan 1GHz.

Ya harus diakui kalau chipset MediaTek Helio G85 yang digunakan oleh Narzo 50A ini udah mulai tua dan masih menggunakan teknologi fabrikasi 12nm yang mulai ketinggalan. Meski demikian, kinerjanya masih layak diperhitungkan lho… Bahkan kalau dibandingkan dengan Snapdragon 680 yang saat ini naik daun, MediaTek Helio G85 ini cuma kalah tipis. Masih lebih dari cukuplah untuk kebutuhan komunikasi sama gaming tipis πŸ€”

Selama proses review, Tuxlin Blog pakai Realme Narzo 50A sebagai smartphone kedua dan ternyata lumayan nyaman. Buka tutup aplikasi, edit foto di Snapseed, iseng di InShot, dan multitasking relatif lancar dan nggak ada lag yang mengganggu. Perpindahan menu di Realme Narzo 50A review kali ini juga responsif.

Baca juga:Sharp Aquos Sense 4 Plus Review, Smartphone Waterproof Resmi Termurah

Kalau buat main game gimana? Realme Narzo 50A ini masih bisa diperhitungkan lho kinerjanya. game populer semacam PUBG Mobile, Mobile Legends, COD Mobile, dan sebagainya masih bisa dimainkan dengan nyaman di ponsel ini. Kalau Genshin Impact ya bisa, tapi frame bakal drop kalau scene battle atau rame… πŸ€” Panas di Realme Narzo 50A relatif Mandali alias aman terkendali, nggak ada overheat. πŸ‘πŸΌ Berikut hasil benchmark Realme Narzo 50A.

Device Info HW

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 14

Benchmark AnTuTu v9

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 15

Benchmark Geekbench 5

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 16

Benchmark PCMark

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 17

Benchmark 3DMark

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 18

Benchmark Basemark OS II

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 19

Benchmark Androbench

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 20

Sensorbox for Android & Multitouch Tester

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 21

Realme Narzo 50A Review

Realme Narzo 50A Review

Layar

Realme Narzo 50A dibekali dengan layar sentuh 6,5 inci dengan resolusi HD+ yang menggunakan panel IPS. Sekilas, spesifikasi layarnya memang standar banget untuk smartphone dengan harga 2 juta lebih dikit. Meski demikian, kualitas layar Realme Narzo 50A ini lumayan oke dengan saturasi warna yang baik dan lumayan tajam.

Ketajaman layar pada Realme Narzo 50A review ini emang nggak bisa disamain dengan layar resolusi full HD+, tetapi Tuxlin rasa udah memadai untuk komunikasi sehari-hari. Lagian layar resolusi rendah gini biasanya lebih hemat daya dan meringankan kerja GPU kalau main game hehehe… Performa layar Realme Narzo 50A saat di bawah sinar matahari kurang joss, tetapi masih bisa terbaca sih. πŸ€”

Baca juga:Poco X3 GT Review, Hape 5G Serba Kencang Bertenaga Dimensity 1100

Audio

Nggak ada yang istimewa di sektor audio ponsel Realme Narzo 50A ini. Sama seperti pesaingnya, Realme membekali smartphone Narzo 50A ini dengan sebuah speaker alias mono yang ternyata mampu menghasilkan volume suaara yang lumayan nyaring. Soal kualitas, speaker Realme Narzo 50A cenderung standar sih dengan karakter dominan mid dan high. Kalau mau mantep, dengerin musiknya pakai headset aja lebih bagus. πŸ‘πŸΌ

Memori

Realme Narzo 50A Review: Baterai Besar, Performa Andal 22

Pada Realme Narzo 50A review kali ini memori internal yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 106,9GB. Sedangkan free RAM ponsel besutan vendor asal Tiongkok ini rata-rata 1,8GB – 2,1GB. Smartphone dengan baterai jumbo ini mendukung USB OTG melalui port USB Type-C dan masih dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Sektor baterai bisa jadi kelebihan sekaligus kekurangan pada Realme Narzo 50A review oleh Tuxlin Blog kali ini. Smartphone ini dibekali dengan baterai 6000mAh yang daya tahannya bisa dikatakan di atas rata-rata pesaingnya 😎 Berdasarkan pengalaman, Realme Narzo 50A mampu bertahan rata-rata 2 hari untuk penggunaan non gaming, dahsyat kan? πŸ‘πŸΌ

Sayangnya, kapasitas baterai besar di Realme Narzo 50A nggak didukung fitur fast charge yang memadai. Realme cuma kasih fast charge 18W saja, jelas terlalu kecil untuk baterai segede gaban begini πŸ˜… Proses ngecharge dengan charger bawaan butuh waktu hampir 3 jam dari 5% hingga penuh! Wah bisa ditinggal buat nerusin S2 dulu ini… 🀣

Lain-Lain

Fitur konektivitas yang dimiliki oleh Realme Narzo 50A ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Lock GPS juga nggak ada masalah dan relatif akurat. Sensor sidik jarinya yang lokasinya di sisi belakang ponsel kinerjanya cukup baik dan jarang salah deteksi.

Kesimpulan

Secara umum, Realme Narzo 50A adalah sebuah smartphone yang menawarkan daya tahan baterai yang mumpuni, performa kompeten, dan kamera yang memadai untuk kebutuhan sehari-hari. Kekurangan yang paling menonjol hanya pengisian dayanya yang terbilang lambat. Jelas, Realme Narzo 50A ini bisa kalian pertimbangkan dengan dana Rp 2 jutaan. πŸ‘πŸΌ

Lihat hasil foto kamera Realme Narzo 50A di sini: Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya…!

Kelebihan Realme Narzo 50A

  • Performa bersaing di kelasnya
  • Daya tahan baterai mantap surantap πŸ‘πŸΌ
  • Harga ramah kantong

Kekurangan Realme Narzo 50A

  • Ngecharge baterai lama banget πŸ€¦πŸ»β€β™‚οΈ
  • Resolusi layarnya masih HD+

Special thanks to Laptophia for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Tecno Spark 7 Pro Review: Paket Lengkap Harga di Bawah 2 Juta!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.