Categories
Tips n Trik

Rencana yang Tepat untuk Mengembangkan Website dengan Baik

Rencana yang Tepat untuk Mengembangkan Website dengan Baik – Membuat website tidak lagi sulit jika Anda mau belajar dan mencobanya. Setelah memilih jenis web hosting yang tepat untuk website, saatnya Anda membuat rencana yang tepat untuk mengembangkan website dengan baik. Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini ada tujuh tips yang bisa kita simak bersama. 

Rencana yang Tepat untuk Mengembangkan Website dengan Baik 2
credit: https://pxhere.com/en/photo/1571969

Tentukan Niche dengan Tepat

Langkah awal yang tidak boleh diabaikan adalah pemilihan niche dengan matang. Pertama, Anda harus menyadari passion atau minat bakat yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda bisa membuat setiap konten dengan sepenuh hati maka hasilnya juga akan lebih maksimal. Selain itu, Anda perlu mengevaluasi market sehingga bisa mengetahui perkembangan yang terjadi dan bisa menyesuaikan dengan niche website. 

Anda juga bisa mencari informasi tentang kompetitor dengan niche yang sama. Misalnya Anda memilih bidang bisnis, maka Anda bisa membuka website yang membahas bisnis, bagaimana tampilan, konten yang ditampilkan dan lain sebagainya. Kemudian, lakukan brainstorming terhadap ide-ide yang unik agar blog Anda memberikan kesan mendalam bagi para pengunjung. 

Gunakan Google Analytics

Membuat rencana yang tepat tanpa adanya data rasanya akan sulit bagi kita mendapatkan keputusan yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu mengumpulkan data statistik untuk mengecek dan mengumpulkan data yang diperlukan. Salah satu tool yang bisa Anda gunakan adalah Google Analytics (GA). 

Banyak informasi yang bisa Anda dapatkan, seperti dari mana audiens tahu tentang website Anda, berapa lama audiens mengunjung situs Anda, apakah audiens melakukan pembelian dan informasi lainnya. Tidak perlu khawatir jika Anda belum pernah menggunakan tool ini karena sudah ada banyak informasi atau tutorial yang bisa Anda dapatkan untuk menggunakannya. 

Monitor Penggunaan Resource

Mengecek seberapa banyak resource yang digunakan website secara berkala penting untuk dilakukan untuk memastikan performa web agar terhindar dari downtime dan masalah. Beberapa hosting biasanya menyediakan fitur khusus yang memungkinkan Anda melihat dan mengecek langsung melalui control panel.

Semakin banyak orang yang mengakses website, maka terlihat signifikan lonjakan besar yang tak wajar dan aneh. Hal tersebut menunjukkan bahwa website Anda membutuhkan power lebih banyak. Solusi lainnya adalah mau tidak mau Anda harus menurunkan penggunaan resource melalui optimasi. 

Membuat Stagin Environment

Update secara berkala dan menambah fitur baru merupakan faktor penting untuk mengembangkan website. Untuk melakukannya, Anda harus memperhatikan dua hal. Pertama, feedback dari visitor atau user. Setiap perubahan yang dilakukan harus mengutamakan kualitas waktu agar user merasa nyaman dan puas saat mengakses website Anda. 

Kedua, Anda juga harus memperhatikan stagin environment untuk mengembangkan website. Sebenarnya, Anda tidak perlu mengetes fitur baru yang ditambahkan ke website online. Karena Anda justru bisa melihat notifikasi error di layar, apalagi jika sesuatu berjalan tidak semestinya. Solusinya, Anda bisa membuat local testing site dengan fitur Add Website atau XAMPP.

Gunakan Protokol HTTPS

Meski lambat, tapi penggunaan HTTPS akan membuahkan hasil yang baik dengan standar kelayakan terbaru bagi semua web. Apabila website menerima dan menyimpan informasi sensitif, seperti data pribadi, pembayaran dan password, maka pemasangan HTTPS menjadi suatu keharusan. Untuk memasang HTTPS, setup sertifikat SSL/TLS juga wajib dimiliki. 

Terdapat beberapa kegunaan SSL/ TLS yang bisa didapatkan, seperti menaikkan peringkat SEO, terhindar dari peringatan ‘not sercure’ dan mendapatkan kepercayaan dari visitor dan user karena informasi sensitif mereka tersimpan dengan baik dan terlindungi. 

Meningkatkan Keamanan Website

Belakangan ini, banyak website yang kebobolan atau di hack karena keamanan yang dimiliki kurang ampuh. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan keamanan website, terlebih ada beberapa ancaman yang bisa terjadi kapan saja pada website Anda, seperti serangan DoS/DDoS, brute-force attempts, serta injection dan vulnerability.

Langkah-langkah keamanan yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan captcha, selalu update, membatasi usaha login, mengaktifkan CloudFlare, dan menginstall plugin keamanan. Pastikan jika platform website yang Anda pilih memberikan keamanan yang mumpuni agar kinerja website tidak terganggu dan bisa mencegah terjadinya masalah yang tidak seharusnya. 

Meningkatkan Kecepatan Website

Anda pasti merasa kesal jika harus menunggu loading yang terlalu lama? Hal inilah yang harus Anda pertimbangkan mengenai kecepatan website. Page speed dan waktu loading akan memengaruhi kenyamanan user ketika mengakses website Anda. Memiliki rating SEO tinggi memang penting, tapi kecepatan loading juga perlu diperhatikan karena akan memuaskan visitor. 

Sebelumnya, Anda bisa melihat performa website dengan menggunakan PageSpeed Insight atau GTmetrix by Google. Informasi lainnya juga bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan kecepatan website.

Itulah tadi informasi mengenai tips untuk mengembangkan website dengan tepat dan baik. Tidak mudah memang untuk mengembangkan website tanpa komitmen dan usaha. Oleh karena itu, jangan mudah menyerah untuk terus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan website, terutama dalam pemilihan hosting murah yang menjadi bagian penting dair website. Selamat berkarya!

By Tuxlin

Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.

Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *