Review Acer Liquid Z320

Review Acer Liquid Z320

Pada bagian akhir review Acer Liquid Z320, Tuxlin Blog akan menjabarkan sedetail mungkin apa yang dirasakan ketika menggunakan ponsel ini. Seperti yang sudah Tuxlin singgung di paragraf sebelumnya, jangan terlalu berharap dengan performa smartphone entry-level.

Kalau mau kencang ya tambah budgetnya buat beli ponsel kelas menengah 😀 Mengandalkan konfigurasi dapur pacu Qualcomm Snapdragon 210 yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A7 yang berlari dengan kecepatan 1,1GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 304, performanya terbilang standar untuk kelas entry-level.

Tuxlin telah menginstal sejumlah aplikasi sosial media, game ringan, dan beberapa aplikasi lainnya, hasilnya? Ponsel Liquid Z320 andalan Acer ini masih cukup nyaman digunakan. Lag memang muncul, tetapi tidak mengganggu. Tuxlin juga menjajal bermain game ringan seperti Temple Run 2. Game tersebut berjalan lancar tanpa masalah. Secara umum, udah review Acer Liquid Z320 udah mencukupi untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Kualitas layar ponsel Acer Liquid Z320 yang berukuran 4,5 inci FWVGA dengan panel IPS ini tergolong standar untuk kelas entry-level, tetapi setidaknya setingkat di atas Lenovo A1000 yang pernah Tuxlin Blog review sebelumnya. Layar Liquid Z320 ini menghasilkan warna yang lumayan, kontras yang oke, dan brightness yang terbilang nyaman di mata.

Namun, memang karakter layarnya agak warm atau sedikit kuning, ini wajar kok untuk layar IPS. Sudut pandang atau viewing angle layar ponsel ini biasa saja, nggak terlalu bagus. Kinerjanya saat digunakan di bawah sinar matahari nggak terlalu bagus. Bagusnya nih, respon touchscreennya lumayan oke.

Sektar audio diharapkan dapat menjadi tambahan poin pada review Acer Liquid Z320 kali ini karena keberadaan dukungan DTS Studio Sound. Tuxlin Blog langsung menggeber speaker bawaan Liquid Z320 ini untukn memutar lagu-lagu Trivium di album Vengeance Falls 😎

Baca juga:Asus Zenfone Max ZC550KL Resmi Terima Update Android 6.0 Marshmallow

Kualitas speakernya relatif biasa saja, masih setingkat di bawah speaker Andromax Es yang sebelumnya pernah Tuxlin review. Volume yang dihasilkan cukup kencang sih. Headset bawaan ponsel Liquid Z320 kualitas suaranya terbilang lumayan dengan karakter suara dominan treble. Tuxlin kemudian menjajalnya dengan headphone Sennheiser HD 202 II. Keluaran suaranya oke, cuma bass-nya agak boomy 😉

Memori Acer Liquid Z320

Pada review Acer Liquid Z320 ini mengusung memori internal atau ROM berkapasitas 8GB yang mana menyisakan ruang kosong hanya 2.3GB saja… Ebuseettt kepake buat apa aja tuh? Biasanya kalau ROM 8GB yang kosong rata-rata 4GB-an! Kayaknya sih gegara aplikasi bawaan yang lumayan banyak.

Ponsel Acer Liquid Z320 dibekali dengan RAM berkapasitas 1GB dan saat pertama kali dihidupkan, free RAM atau memori bebas yang tersedia adalah 300 – 400an MB. Udah nggak usah pikirin free RAM deh, mending pikirin aja masa depan lu 😆

Smartphone Acer Liquid Z320 ini dilengkapi dengan konketivitas yang cukup lengkap, yakni 3G HSPA, dual SIM, GPS, WiFi, dan Bluetooth. Semua fitur konektivitas udah Tuxlin Blog cobain nggak ada masalah Sob. Lock GPS juga lumayan cepat. Baik SIM 1 atau SIM 2 bisa jalan di 3G secara bergantian.

Ponsel Lollipop murah Acer Liquid Z320 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2000mAh. Relatif standar menurut Tuxlin, soalnya spek yang diusung kan nggak terlalu wah. Dengan penggunaan sosial media aktif, chatting, sesekali main game ringan, kamera, musik, dan eksplor aplikasi bawaan, baterai Acer Liquid Z320 bertahan dari pagi hingga sekitar pukul 7 sore.

Secara umum, review Acer Liquid Z320 ini menunjukkan hasil yang cukup baik di kelasnya. Smartphone ini tak hanya menawarkan harga yang terjangkau, tetapi juga desain yang nggak generik, build quality yang baik, kinerja yang memadai untuk komunikasi dan sosial media dasar, dan fitur yang lengkap.

Peribahasa mengatakan: Tiada gading yang tak retak… Kasihan gajah kalau gadingnya diambil terus *nggak nyambung 😆 Absennya dukungan 4G LTE dan kemampuan kamera yang standar mungkin menjadi nilai minus ponsel andalan Acer ini. Tuxlin menilain ponsel Acer Liquid Z320 bisa dipertimbangkan di kelas entry-level.

Review Kamera Acer Liquid Z320 Baca di Sini:Review Kamera Acer Liquid Z320 Berkekuatan 5MP

Kelebihan Acer Liquid Z320

  • Harga terjangkau
  • Desain menarik

Kekurangan Acer Liquid Z320

  • Nggak support 4G LTE
  • Kamera biasa saja

Outro…

Review Tuxlin Blog akhir-akhir ini lambat (padahal biasanya juga udah lambat 😛 ). Yah maklumlah, namanya manusia pasti nggak bisa lepas dari yang namanya masalah. Kalau nggak mau kena masalah yah nggak usah hidup hahaha… Lho malah curcol wkwkwwkw… Sampai disini dulu review Acer Liquid Z320 kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

Anda mungkin suka:HP Envy M6-P113DX, Laptop Windows 10 Bertenaga AMD FX-8800P

8 COMMENTS

  1. salam gan
    sya bru coba ni acer liquid z320. stlah saya rsakan hp kyaknya cpet pnas, utk kmra wlpun dibkli kmra 5mp tpi kyknya msh krg tjam. masih bgus merk sblh yg trknal tu wlpun cma 3mp tpi hsilnya lumayan utk kmra dpn jg hsilnya rda gelap ya gan. lyar kdang suka terang redup sendiri. klo punya tuxlin gmn gan?

    • Layar kadang terang redup sendiri itu fitur, namanya adaptive brightness. Yang dimaksud Galaxy V ya? Ganti saja ke Galaxy V 🙂

      Sesuai dengan artikel saya di atas, Liquid Z320 ini termasuk bersaing di kelasnya dan masih lebih baik ketimbang Lenovo A1000. Kalau dibandingkan dengan Galaxy V, bisa dikatakan kurang fair. Galaxy V kalah hampir di semua lini karena speknya sudah tidak laik untuk penggunaan masa kini 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here