Review Advan i45: Murah & Elegan

Review Advan i45 – Halo Pembaca! Akhirnya Tuxlin Blog berkesempatan untuk membahas review Advan i45 yang merupakan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) merek lokal murah meriah. Kerjaan akhir-akhir ini emang agak padat merayap, sehingga aktivitas ngeblog dan review terganggu.

Alhasil smartphone review menggunung tak terpakai dan berdebu… Mirip tangan jones yang berdebu karena terlalulama nggak ada yang gandeng bahahahaha… Smartphone 4G LTE merek lokal Advan i45 ini dijual dengan harga yang terjangkau, yakni Rp 900 ribu-an. Lalu seperti apa performa smartphone 4G LTE murah meriah besutan Advan ini? Simak ulasan review Advan i45 kali ini oleh Tuxlin Blog!

Review Advan i45

Spesifikasi Advan i45

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
  • Chipset MediaTek MT6735M dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1GHz
  • Grafis Mali-T720 MP2
  • Kamera belakang 5 megapiksel autofokus plus real LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 4,5 inci, dengan resolusi FWVGA 854 x 480 piksel berteknologi panel TN TFT kapasitif dengan kerapatan 218 piksel per inci
  • Memori RAM 1GB, Memori internal 8GB plus slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • Mendukung jaringan GSM/3G HSPA/4G LTE
  • Dimensi –
  • Baterai 1600mAh
  • Warna Grey & Gold
  • Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Advan i45 di sini (klik) atau melalui aplikasi iOS/Android di Sini (klik)

Paket Penjualan Advan i45

Paket Penjualan Advan i45

  • Handset Advan i45
  • Baterai 1600mAh
  • Kepala charger
  • Kabel data USB
  • Headset
  • Kartu garansi
  • Booklet manual
  • SP Indosat Ooredoo Mentari
  • Screenguard (terpasang di layar)

Penampilan & Desain Advan i45

Spesifikasi Advan i45Desain Advan i45

Seperti yang Tuxlin Blog tulis di judul artikel, review Advan i45 pada sektor desain memang lumayan elegan sob. Meski demikian, bukan berarti penampilan smartphone 4G LTE merek lokal ini original lho… Smartphone ini dibalut dengan casing berbahan plastik atau polikarbonat berwarna abu-abu atau istilah bule-nya adalah Grey Hot smile

Yah Tuxlin Blog akui kalau penampilan smartphone ini dari depan terlihat elegan dan berbeda dengan desain ponsel lokal lainnya. Bagian depan menggunakan bezel hitam yang menawan dengan aksen ala Zenfone pada bagian bawahnya.

Pengguna Zenfone pasti nggak asing dengan aksen dengan tekstur Zen pada bagian bawah tombol kapasitif Advan i45 ini. Saran aja sih, lain kali bikin desain yang lebih original ya. Smile with tongue out Bagian depan ponsel 4G LTE besutan Advan ini terdapat proximity sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 4,5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps.

Sayang sekali sob, ketiga tombol kapasitif tersebut nggak dikasih backlight. Sedangkan sisi belakang Advan i45 ini terdapat lubang kamera utama, LED flash, logo Advan, dan speaker grill.

Desain Advan i45Penampilan Advan i45Penampilan Advan i45

Advan menempatkan port micro USB di sisi bawah dan port audio 3,5mm di sisi atas. Tombol volume rocker dan tombol on/off berbaris rapi di sisi kiri ponsel 4G LTE murah meriah ini. Bagian pinggiran casing ponsel Advan i45 ini agak membulat, sehingga meningkatkan kenyamanan saat menggenggam. Namun, balutan casing plastiknya lumayan licin kalau tangan berkeringat.

Pada review Advan i45 kali ini, Tuxlin Blog nemu hal yang agak unik. Apaan gan? Ternyata kucing tetangga udah melahirkan… 😆 *ngaco* Ternyata, aksen yang mirip dengan Zenfone pada bagian bawah tombol kapasitif ini menyatu dengan casing belakang sob.

Konstruksi ini agak aneh, makanya kalau buka casing ponsel ini harus mulai dari atas. Kalau mulai dari bawah jelas kagak bisa, kecuali dengan kekerasan dan tindakan brutal yang tidak berperike-hape-an 😆

Secara umum, review Advan i45 pada sisi desain menurut Tuxlin Blog udah elegan, keren, dan berbeda jika dibandingkan smartphone merk lokal lainnya. Penampilan ponsel Advan i45 ini makin manis dengan aksen di bawah tombol kapasitifnya.

Sayangnya, itu mirip banget dengan milik Zenfone. Build quality Advan i45 ini terbilang lumayan untuk kelas entry-level, kesan pertama saat menggenggam nggak terlalu wah. Mungkin lain kali Advan perlu bikin desain yang lebih original, nggak pake mirip si A, mirip si B 😆

Baca juga:Review Xiaomi Redmi 3: Menawan!

Tampilan Antarmuka Advan i45

Tampilan Antarmuka Advan i45

Spesifikasi tinggi tanpa optimasi perangkat lunak adalah omong kosong, apalagi kalau perut kosong pasti nyaring bunyinya… eh bener nggak sih? 😆 Review Advan i45 pada sisi software atau perangkat lunak juga tak kalah pentinganya dengan spesifikasi hardware di atas kertas.

Smartphone 4G LTE Advan i45 ini menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka stock Android dengan beberapa sentuhan. Tampilan antarmuka ponsel ini tentu nggak asing lagi bagi beberapa pengguna.

Kita bakal disuguhi tampilan Lockscreen, Homescreen, dan Menu Drawer. Ikon-ikon yang digunakan pada menu smartphone ini juga nggak jauh beda dengan Android stock lainnya.

Tampilan Antarmuka Advan i45

Fasilitas kostumisasi pada smartphone Advan i45 ini terbilang standar (disebut minim juga boleh Smile with tongue out ) soalnya cuma ada opsi untuk mengganti wallpaper Homescreen dan Lockscreen, serta kostumisasi widget. Nggak ada fasilitas untuk menambah jumlah Homescreen secara manual, mengganti efek animasi, ganti font atau ganti themes.

Aplikasi bawaan Advan i45 ini tidak terlalu banyak, sebut saja FreeShare, FlashLight, Touchpad keyboard, UC Browser, dan Advan store. Tuxlin bersyukur ponsel 4G murah meriah ini dilengkapi dengan player musik sederhana. Meski generik, aplikasi player musiknya masih lebih nyaman dari Google Play Music.

Tampilan Antarmuka Advan i45Pada review Advan i45 kali ini, ternyata ponsel ini dilengkapi dengan fitur berbasis gesture. Yah semacam Smart Gesture milik Evercoss atau ZenMotion milik Asus. Fitur ini dapat ditemui di menu Settings >> Action. Fitur yang disediakan macem-macem sob, aga gesture wake up, tapping wake, Quick Start, Flip Mute, dan beberapa lainnya.

Secara umum, antarmuka atau UI bawaan Advan i45 ini masih kental aroma Android stock-nya. Ini mirip dengan smartphone Evercoss Winner T Compo dan Accessgo Gotune 3 yang Tuxlin Blog review sebelumnya. Antarmuka Advan i45 ini cukup smooth, meski sesekali terlihat lag tetapi tidak mengganggu.

Kostumisasi yang minim mungkin bisa bikin pengguna bosen. Ini bisa diatasi dengan menginstal launcher dan sejenisnya Smile. Lalu kayak gimana performa Advan i45 ini? Cekidot halaman berikutnya Sob…

Baca juga:Harga Oppo F1 Plus 5,5 Juta, Diluncurkan di Indonesia


6 Comments

  1. Dodo Nandito April 26, 2016
    • Tuxlin April 26, 2016
  2. Hidayatullah April 27, 2016
    • Tuxlin April 27, 2016
  3. mysearu October 19, 2016
    • Tuxlin October 19, 2016

Add Comment

*