Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Advan i45: Murah & Elegan

7 min read

Review Advan i45

Review Advan i45 – Halo Pembaca! Akhirnya Tuxlin Blog berkesempatan untuk membahas review Advan i45 yang merupakan smartphone 4G LTE (Long Term Evolution) merek lokal murah meriah. Kerjaan akhir-akhir ini emang agak padat merayap, sehingga aktivitas ngeblog dan review terganggu.

Alhasil smartphone review menggunung tak terpakai dan berdebu… Mirip tangan jones yang berdebu karena terlalulama nggak ada yang gandeng bahahahaha… Smartphone 4G LTE merek lokal Advan i45 ini dijual dengan harga yang terjangkau, yakni Rp 900 ribu-an. Lalu seperti apa performa smartphone 4G LTE murah meriah besutan Advan ini? Simak ulasan review Advan i45 kali ini oleh Tuxlin Blog!

Review Advan i45

Spesifikasi Advan i45

  • Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
  • Chipset MediaTek MT6735M dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1GHz
  • Grafis Mali-T720 MP2
  • Kamera belakang 5 megapiksel autofokus plus real LED flash. Kamera depan 5 megapiksel
  • Layar 4,5 inci, dengan resolusi FWVGA 854 x 480 piksel berteknologi panel TN TFT kapasitif dengan kerapatan 218 piksel per inci
  • Memori RAM 1GB, Memori internal 8GB plus slot microSD maksimal 32GB
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM
  • Mendukung jaringan GSM/3G HSPA/4G LTE
  • Dimensi –
  • Baterai 1600mAh
  • Warna Grey & Gold
  • Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Advan i45 di sini (klik) atau melalui aplikasi iOS/Android di Sini (klik)

Paket Penjualan Advan i45

Paket Penjualan Advan i45

  • Handset Advan i45
  • Baterai 1600mAh
  • Kepala charger
  • Kabel data USB
  • Headset
  • Kartu garansi
  • Booklet manual
  • SP Indosat Ooredoo Mentari
  • Screenguard (terpasang di layar)

Penampilan & Desain Advan i45

Spesifikasi Advan i45Desain Advan i45

Seperti yang Tuxlin Blog tulis di judul artikel, review Advan i45 pada sektor desain memang lumayan elegan sob. Meski demikian, bukan berarti penampilan smartphone 4G LTE merek lokal ini original lho… Smartphone ini dibalut dengan casing berbahan plastik atau polikarbonat berwarna abu-abu atau istilah bule-nya adalah Grey Hot smile

Yah Tuxlin Blog akui kalau penampilan smartphone ini dari depan terlihat elegan dan berbeda dengan desain ponsel lokal lainnya. Bagian depan menggunakan bezel hitam yang menawan dengan aksen ala Zenfone pada bagian bawahnya.

Pengguna Zenfone pasti nggak asing dengan aksen dengan tekstur Zen pada bagian bawah tombol kapasitif Advan i45 ini. Saran aja sih, lain kali bikin desain yang lebih original ya. Smile with tongue out Bagian depan ponsel 4G LTE besutan Advan ini terdapat proximity sensor, earpiece, lubang kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 4,5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps.

Sayang sekali sob, ketiga tombol kapasitif tersebut nggak dikasih backlight. Sedangkan sisi belakang Advan i45 ini terdapat lubang kamera utama, LED flash, logo Advan, dan speaker grill.

Desain Advan i45Penampilan Advan i45Penampilan Advan i45

Advan menempatkan port micro USB di sisi bawah dan port audio 3,5mm di sisi atas. Tombol volume rocker dan tombol on/off berbaris rapi di sisi kiri ponsel 4G LTE murah meriah ini. Bagian pinggiran casing ponsel Advan i45 ini agak membulat, sehingga meningkatkan kenyamanan saat menggenggam. Namun, balutan casing plastiknya lumayan licin kalau tangan berkeringat.

Pada review Advan i45 kali ini, Tuxlin Blog nemu hal yang agak unik. Apaan gan? Ternyata kucing tetangga udah melahirkan… 😆 *ngaco* Ternyata, aksen yang mirip dengan Zenfone pada bagian bawah tombol kapasitif ini menyatu dengan casing belakang sob.

Konstruksi ini agak aneh, makanya kalau buka casing ponsel ini harus mulai dari atas. Kalau mulai dari bawah jelas kagak bisa, kecuali dengan kekerasan dan tindakan brutal yang tidak berperike-hape-an 😆

Secara umum, review Advan i45 pada sisi desain menurut Tuxlin Blog udah elegan, keren, dan berbeda jika dibandingkan smartphone merk lokal lainnya. Penampilan ponsel Advan i45 ini makin manis dengan aksen di bawah tombol kapasitifnya.

Sayangnya, itu mirip banget dengan milik Zenfone. Build quality Advan i45 ini terbilang lumayan untuk kelas entry-level, kesan pertama saat menggenggam nggak terlalu wah. Mungkin lain kali Advan perlu bikin desain yang lebih original, nggak pake mirip si A, mirip si B 😆

Baca juga:Review Xiaomi Redmi 3: Menawan!

Tampilan Antarmuka Advan i45

Tampilan Antarmuka Advan i45

Spesifikasi tinggi tanpa optimasi perangkat lunak adalah omong kosong, apalagi kalau perut kosong pasti nyaring bunyinya… eh bener nggak sih? 😆 Review Advan i45 pada sisi software atau perangkat lunak juga tak kalah pentinganya dengan spesifikasi hardware di atas kertas.

Smartphone 4G LTE Advan i45 ini menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka stock Android dengan beberapa sentuhan. Tampilan antarmuka ponsel ini tentu nggak asing lagi bagi beberapa pengguna.

Kita bakal disuguhi tampilan Lockscreen, Homescreen, dan Menu Drawer. Ikon-ikon yang digunakan pada menu smartphone ini juga nggak jauh beda dengan Android stock lainnya.

Tampilan Antarmuka Advan i45

Fasilitas kostumisasi pada smartphone Advan i45 ini terbilang standar (disebut minim juga boleh Smile with tongue out ) soalnya cuma ada opsi untuk mengganti wallpaper Homescreen dan Lockscreen, serta kostumisasi widget. Nggak ada fasilitas untuk menambah jumlah Homescreen secara manual, mengganti efek animasi, ganti font atau ganti themes.

Aplikasi bawaan Advan i45 ini tidak terlalu banyak, sebut saja FreeShare, FlashLight, Touchpad keyboard, UC Browser, dan Advan store. Tuxlin bersyukur ponsel 4G murah meriah ini dilengkapi dengan player musik sederhana. Meski generik, aplikasi player musiknya masih lebih nyaman dari Google Play Music.

Tampilan Antarmuka Advan i45Pada review Advan i45 kali ini, ternyata ponsel ini dilengkapi dengan fitur berbasis gesture. Yah semacam Smart Gesture milik Evercoss atau ZenMotion milik Asus. Fitur ini dapat ditemui di menu Settings >> Action. Fitur yang disediakan macem-macem sob, aga gesture wake up, tapping wake, Quick Start, Flip Mute, dan beberapa lainnya.

Secara umum, antarmuka atau UI bawaan Advan i45 ini masih kental aroma Android stock-nya. Ini mirip dengan smartphone Evercoss Winner T Compo dan Accessgo Gotune 3 yang Tuxlin Blog review sebelumnya. Antarmuka Advan i45 ini cukup smooth, meski sesekali terlihat lag tetapi tidak mengganggu.

Kostumisasi yang minim mungkin bisa bikin pengguna bosen. Ini bisa diatasi dengan menginstal launcher dan sejenisnya Smile. Lalu kayak gimana performa Advan i45 ini? Cekidot halaman berikutnya Sob…

Baca juga:Harga Oppo F1 Plus 5,5 Juta, Diluncurkan di Indonesia

Performa Advan i45

Performa Advan i45

Melihat harga yang ditawarkan relatif murah meriah, sebaiknya pembaca nggak perlu berharap lebih pada performa di review Advan i45 kali ini, mengapa? Spesifikasi yang diusung ponsel ini nggak jauh beda dengan smartphone kelas entry-level lainnya, jadi skor benchmark yang dihasilkan juga nggak bakal tinggi.

Kalau mau skor tinggi, coba beli Samsung Galaxy S7 atau HTC 10. Itu skornya udah tinggi kameranya josss… Meski harganya juga joss 😆 Lagian spesifikasi tinggi juga bukan jaminan itu smartphone bakal enak dipakai, apalagi nggak dibarengi dengan optimasi sistem atau perangkat lunaknya.

Nah kalau ponsel 4G LTE Advan i45 ini dimana? Berdasarkan informasi yang Tuxlin Blog terima, ponsel Advan i45 ini mengandalkan chipset MediaTek MT6735M yang mana mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1GHz yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, ponsel ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) dari Mali-T720 MP2.

Nah kalau kita lihat spek dapur emak pacunya nggak jauh beda sama Polytron L501, Evercoss Winner Y3 atau Lenovo A2010 yang juga merupakan pesaing terdekatnya. Review Advan i45 kali ini nggak bakal lengkap tanpa benchmark. Analoginya, kayak makan tanpa kerupuk coy, nggak ada kriuk-kriuknya hihihihi… Smile with tongue out Berikut ini hasil benchmark Advan Vandroid i45 yang telah Tuxlin Blog lakukan.

CPU-Z Advan i45

CPU-Z Advan i45

Benchmark Geekbench 3 Advan i45

Benchmark Geekbench 3 Advan i45

Benchmark AnTuTu v6 Advan i45

Benchmark AnTuTu v6 Advan i45

Benchmark Vellamo Advan i45

Benchmark Vellamo Advan i45

Benchmark Quadrant Standard Advan i45

Benchmark Quadrant Standard Advan i45Sensorbox for Android & Multitouch Tester  Advan i45

Sensorbox for Android Multitouch Tester Advan i45

Baca juga:Harga Alcatel Flash 2 Turun, Kini Hanya 1,5 Juta!

Review Advan i45

Akhirnya kita sampai pada bagian akhir atau kesimpulan dari review Advan i45 ini. Tuxlin Blog sejak awal nggak berharap lebih dengan smartphone 4G LTE murah besutan merek lokal ini. Penampilannya yang lumayan elegan merupakan nilai tambah dari smartphone ini.

Mengandalkan dukungan prosesor quad-core 64-bit dari chipset MediaTek MT6735M ditandemkan dengan RAM 1GB serta grafis dari Mali-T720 mempu menghasilkan kinerja yang relatif memadai untuk komunikasi sehari-hari. Performanya saat buka tutup aplikasi berlangsung smooth, cukup responsif, tetapi kadang muncul lag.

Yah Tuxlin Blog sih menilainya wajar. Skor benchmark AnTuTu yang dihasilkan mencapai 23 ribu-an poin, relatif standar di kelasnya. Jika dibandingkan dengan Accessgo Gotune 3 yang Tuxlin review sebelumnya, Advan i45 ini sedikit kalah responsif.

Panas gimana gan? Panas baik-baik saja dan sehat walafiat 😆 Semua smartphone Android juga bakal panas kalau dipakai secara intensif, bedanya dia overheat atau nggak? Nah Advan i45 ini nggak terlalu panas sih.

Sektor layar, mungkin ini salah satu titik lemah pada review Advan i45 kali ini. Layar smartphone 4G LTE ini relatif mampu menghasilkan warna yang memuaskan, tetapi sedikit kurang tajam. Ini mungkin disebabkan resolusi layarnya yang standar.

Kinerjanya saat digunakan di bawah sinar matahari lumayan payah Sob, hampir nggak kelihatan meski udah set brightness to the maxxx 😆  Nah yang agak mengganggu itu adalah respon touchscreennnya terasa kurang gegas.

Kalau dipake main game yang butuh kecepatan meraba sentuh  kayak Subway Surfer atau Temple Run bakal emosi wkwkwkw. Satu lagi, saat menjalankan aplikasi kamera, kadang touchscreen-nya ngaco. Itu tampaknya bug, soalnya di aplikasi lain nggak pernah bermasalah.

Sektor audio, speaker bawaan Advan i45 ini tidak terlalu kencang. Tuxlin Blog menjajalnya dengan memutar beberapa musik genre Metalcore, ternyata suara yang dihasilkan nggak detail dan dominan treble. Ini wajar sih, mengingat harganya murah meriah.

Mengenai headset bawaan, sama sekali nggak bisa diharapkan untuk mendengarkan musik Sob hehehehe…. Udah dipake buat telepon aja cukup Smile with tongue out Tuxlin Menjajalnya dengan earphone Xiaomi Hybrid IEM, hasilnya? Suaranya mantap sih, tetapi dominan bass gan.

Xiaomi Hybrid IEM ini emang dari sononya udah dominan bass sih, jadi musti tweaking equalizer agar suara vokal dan treble tidak tenggelam. Yap, treble ditenggelamkan bass kali ini… Tapi cintaku ditenggelamkan oleh pengabaianmu…. 😆 *mulai ngaco Smile with tongue out

Review Advan i45

Smartphone Advan i45 ini dibekali dengan memori internal atau ROM 8GB. Masalahnya di sini Sob! Emang kenapa? memori internal Advan i45 ini ternyata dipartisi menjadi dua, yakni berkapasitas 2,91GB dam 1,84GB. Keduanya sama-sama diberi nama Internal Storage. Kenapa nggak dijadiin satu aja sih? Begini malah ribet dan membingungkan, apalagi kalau udah ditambah microSD.

Sedangkan kapasitas RAM yang mencapai 1GB menyisakan free RAM 512MB saat pertama kali dihidupkan. Free RAM nggak usah dipikirin, jadilah generasi yang memikirkan masa depan. Bukan memikirkan free RAM. Percuma free RAM banyak, masa depan suram 😆  Smile with tongue out

Pabrikan lokal yang populer dengan jajaran produk Vandroid ini membekali Advan i45 dengan konektivitas yang cukup lengkap, yakni 4G LTE, 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, GPS, dan dual SIM. Semua fitur konektivitas bekerja dengan lancar tanpa kendala.

Namun, hanya SIM 1 saya yang mendukung 4G LTE. Sedangkan SIM 2 hanya mentok di jaringan 2G. Lock GPS ponsel ini relatif cepat dan cukup akurat menurut Tuxlin Blog. Baterai berkapasitas 1600mAh yang diusungnya mampu mencukupi kebutuhan daya dari pagi hingga sekitar pukul 6 sore dengan intensitas penggunaan sedang untuk sosial media, sesekali bermain game Subway Surfer, sering memotret, dan berjalan di jaringan 4G LTE (single SIM).

Secara umum, pada review Advan i45 ini sebenarnya cukup menarik tetapi ada beberapa kekurangan  yang membuatnya jadi kurang menarik. Penampilan smartphone ini elegan, build quality yang lumayan, serta spesifikasi yang bersaing dikelasnya.

Namun, respon touchscreen kadang lambat dan kemampuan kamera yang buruk menjadi catatan tersendiri bagi ponsel 4G LTE Advan i45 ini. Smartphone ini bakal menjadi pesaing tangguh bagi Acer Liquid Z320, Lenovo A2010, Accessgo Gotune 3, Asus Zenfone Go ZC541TG, dan Evercoss Winner T3.

Review kamera Advan i45 Baca di Sini:Review Kamera Advan i45 Berkekuatan 5 MP

Kelebihan Advan i45

  • Mendukung 4G LTE
  • Harga terjangkau

Kekurangan Advan i45

  • Kamera buruk
  • Touchscreen kadang kurang responsif

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Advan i45 di sini (klik) atau melalui aplikasi iOS/Android di Sini (klik)

Outro…

Sebenarnya Tuxlin Blog nggak ada niatan untuk bikin review Advan i45 ini. Entah kenapa penasaran juga sama produk Advan yang notabene lumayan populer di kelas entry-level. Makanya, Tuxlin Blog memutuskan untuk mengangkut satu unit smartphone 4G LTE Advan i45.

Hasil review Advan i45 kali ini memang tak seperti harapan Tuxlin Blog. Awalnya, Tuxlin berharap kamera Advan i45 minimal setara dengan Android One generasi pertama dan performa minimal setara Accessgo Gotune 3.

Namun, harapan kadang memang tidak sesuai dengan kenyataan. Seperti aku berharap pada cintamu, tetapi kau malah dengan yang lain… *generasi cengeng 😆  Sampai di sini dulu review Advan i45 kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua Smile

Anda mungkin suka:Unboxing Asus E202SA: Kompak & Elegan


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

6 Replies to “Review Advan i45: Murah & Elegan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *