Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL: Fast Camera

8 min read

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL – Halo Pambaca! Pada sepertiga bulan Ramadhan terakhir di 2016 ini Tuxlin Blog membahas review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL yang mendarat kurang lebih seminggu yang lalu. Selama seminggu itu, Tuxlin Blog menggunakan ponsel Zenfone 2 Laser ZE550KL secara intensif, terutama buat streaming YouTube dan jeprat-jepret hehehehe… Maklum, kalau ngabuburit suka streaming Cak Lontong di YouTube wkwkwkw… Oiya, harga resmi Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL adalah Rp 2.199.000.

Sebelumnya Tuxlin udah lebih dulu membahas kemampuan kamera Zenfone 2 Laser ZE550KL andalan Asus ini, kesimpulannya memang kameranya sangat bisa diandalkan dan kecepatan fokusnya sangat ngebut. Makanya di judul review ini Tuxlin Blog tulis “Fast Camera” soalnya fokusnya emang kayak Valentino Rossi Sob, negbut di tikungan hehehehe…! Penasaran dengan kemampuan keseluruhan ponsel ini? Simak review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL kali ini oleh Tuxlin Blog!

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

  • Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop dengan antarmuka ZenUI, upgradeable to Android 6.0 Marshmallow
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,2GHz
  • Grafis Adreno 306
  • Kamera 13 megapiksel laser-autofokus, lensa 28mm aperture f/2.0, dual-tone LED flash, PixelMaster. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.0 dengan lensa wide
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD dilindungi Corning Gorilla Glass 4
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, USB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual micro-SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 152.5 x 77.2 x 10.8 mm dengan berat 170 gram
  • Baterai 3000mAh lithium polymer
  • Warna Black, Ceramic White, Silver, Purple, Aqua Blue, Sheer Gold, dan Glamour Red

Referensi

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Paket Penjualan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Paket Penjualan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

  • Handset Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL warna Putih
  • Kepala charger
  • Baterai 3000mAh, tenang aja bisa dilepas aka removable kok 😎
  • Kabel USB
  • Kitab-kitab Buku panduan
  • Kartu garansi

Penampilan & Desain Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Desain Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL di sektor desain sebenarnya nggak jauh beda kok sengan keluarga Zenfone 2 series lainnya. Pabrikan asal Taiwan ini masih menggunakan basis desain yang sama dengan Zenfone 2 lainnya. kalau udah pernah pegang Zenfone 2 varian lainnya, pegang Zenfone 2 Laser ZE550KL nggak terasa asing lagi atau malah mungkin bosen? hehehehe… 😆

Terlepas dari kemiripan tampilan dengan keluarga Zenfone 2 lainnya, Zenfone 2 Laser ZE550KL ini tampil elegan dengan gaya khas Asus. Smartphone ini hadir dengan desain sudut yang membulat dan sisi belakang yang melengkung. Dimensi atau ukuran Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL memang lumayan besar karena ukuran layarnya 5,5 inci, tetapi tetep nyaman digenggam Sob!

Hal ini disebabkan desain sisi belakangnya yang melengkung, jadi enak banget saat digenggam. Pada review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini dibalut dengan casing berbahan polikarbonat berkualitas dan terasa solid. Tuxlin Blog dapet varian warna yang paling suci, yakni putih hehehehe… 😆

Sebenarnya, warna putih buat blogger jorok macam Tuxlin Blog 😳 adalah bencana, soalnya ni ponsel gampang terlihat kotor hehehehe 😛 Satu hal yang Tuxlin suka dari Zenfone 2 Laser ZE550KL adalah aksen bertekstur Zen yang berada di bawah tiga tombol kapasitifnya, terlihat manis dan khas Asus gitu 😀

Baca juga:Harga Asus Zenfone Max ZC550KL 32GB Terbaru, Mulai Dijual di Indonesia

This slideshow requires JavaScript.

Seperti yang sudah Tuxlin Blog singgung pada di awal review Zenfone 2 Laser ZE550KL pada sektor desain, smartphone ini mengusung casing belakang yang melengkung yang mana sisi kanan dan kirinya menjadi titik paling tipis. Hal ini membuat sisi kanan dan kiri ponsel Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL tidak ditemapti oleh tombol dan port apapun.

Bagian depan smartphone 4G Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini terdapat earpiece, LED notifikasi, lubang kamera depan, sensor proximity, ambient light sensor, dan layar sentuh berukuran 5,5 inci kapasitif yang dilindungi lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 4.

Jarang nih ada smartphone kelas 2 jutaan yang dikasih Corning Gorilla Glass 4, paling banter Gorilla Glass 3 atau AGC Dragontrail, iya kan? 😛 Meski demikian, Tuxlin Blog tetep merekomendasikan penggunaan tempered glass coy, biar smartphone kesayangan ini terlindungi…

Bayangin aja, smartphone aja dilindungi kok, apalagi kamu? 😳 :mrgreen: Btw, jones-jones yang baca artikel ini mana paham beginian? 😆  Di bawah layar terdapat tiga tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps. Sayangnya nih, Asus nggak kasih backlight di ketiga tombol tersebut, jadi agak susah kalau pakai pas ditempat gelap.

Sedangkan sisi belakang Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL terdapat dual tone LED flash, lubang kamera belakang, modul laser autofokus, tombol volume rocker, logo Asus, logo Zenfone, dan speaker grill. Selain mudah diakses, keberadaan tombol volume rocker di sisi belakang ini bikin penampilan Zenfone 2 Laser ZE550KL tambah keren lho hehehehe… 😀

Asus menempatkan port microUSB dan microphone pada sisi bawah ponsel. Sedangkan microphone kedua, tombol power, dan port audio 3,5mm berada di sisi atas ponsel 4G LTE Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini.

Secara umum, review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL pada sektor desain ini terbilang keren, elegan, dan nggak malu-maluin deh. Meski ukuran atau dimensi secara keseluruhan lumayan besar, ponsel Zenfone 2 Laser ZE550KL relatif nyaman digenggam karena sisi belakangnya yang melengkung. Build quality ponsel ini terbilang mantap, meski casingnya berbahan polikarbonat. Baterai yang dapat dilepas menjadi kelebihan tersendiri bagi ponsel andalan Asus ini.

Tampilan Antarmuka Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Tampilan Antarmuka Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Sektor perangkat lunak atau software juga menjadi salah satu poin penting pada review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL kali ini. Sama seperti keluarga Zenfone 2 lainnya, ponsel 4G Zenfone 2 Laser ZE550KL ini menggunakan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop dengan antarmuka Zen UI yang menawan dan kaya fitur.

Nggak perlu khawatir bakal ketinggalan Sob, soalnya Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini bakal dapat upgrade ke Android 6.0 Marshmallow. Secara resmi udah dirilis sih, tetapi unit yang Tuxlin review belum dapat jatah update via OTA. Kalau udah nggak sabar, bisa kok diupdate secara manual.

Asus Zen UI ini bagai dua sisi mata pedang… *ceileh pake pribahasa ala cak lontong 😆 Yakni ada yang suka dan ada yang enggak. Rata-rata yang nggak suka Zen UI disebabkan karena aplikasi bawaan yang bejibun coy… Bayangin aja, baru aja unboxing hape baru, langsung dapet notif update 50 aplikasi di Play Store!

Bagi yang miskin kuota, ini nightmare 😆 Tuxlin sendiri suka dengan Zen UI karena ringan, konsumsi RAM yang efisien, dan fitur yang kaya. Kita akan disuguhi tampilan Lockscreen, Homescreen, dan Menu drawer.

Zenfone 2 Laser ZE550KL

Pada review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL di sisi software, hal yang Tuxlin suka adalah opsi kostumisasi yang lengkap. Kita bisa ganti wallpaper Lockscreen dan Homescreen, ganti font, kasih warna pada label icon dan mengubah ukurannya, mengubah efek animasi, ganti icon pack, ganti theme, dan banyak lagi.

Saking banyaknya opsi kostumisasi, Tuxlin Blog sampai bingung hahahaha… 😆 Jelas pengguna ngga bakal gampang bosen dengan tampilan ponsel 🙂

Zenfone 2 Laser ZE550KL

Music adalah salah satu app bawaan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL yang Tuxlin Blog sukai. Tampilannya simpel, mudah digunakan, dan fiturnya lengkap. Disediakan pengaturan seperti Bass, Treble, volume, Dialog Enhancement, dan tentu saja equalizer.

Aplikasi bawaan Asus Zenfone 2 Laser ini memang sangat banyak Sob, bahkan jumlahnya di atas 40 buah wwkwkwkw… Beberapa orang nggak suka karena masalah ini. Tuxlin sendiri sebenarnya nggak begitu masalah, soalnya aplikasi besutan Asus emang punya fungsi unik dan nggak terlalu ngaruh sama kinerja.

Akan tetapi kalau nggak kepake yang mending dihapus saja 😀 Kabarnya, upgrade Android Marshmallow nantinya akan menghapus beberapa aplikasi bawaan seperti Omlet, Data Transfer, Photo Frame, ASUS Backup, Dr. Safety, What’s Next, Party Link, Remote Link, PC Link, Yahoo Shopping, EZ Ding, TripAdvisor, Zinio, iReader, Dr.Eye, Google+, Puffin Browser, Mirror, ASUS Email, ASUS Calendar, dan ASUS Messaging.

Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Salah satu kelebihan sisi software pada review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL kali ini adalah kaya fitur coy 😀 Beberapa fitur yang disematkan membuat kita nggak perlu lagi nambah aplikasi utilitas, seperti Asus Mobile Manager (power saver, auto start manager, data usage stat, notification, RAM cleaner, dll), Do It Later, File Manager, Laser Ruler, Whats Next, Super Note, Easy Mode, Kids Mode, dan banyak lagi.

Ada juga yang namanya Asus ZenMotion, apaan tuh? Asus ZenMotion udah Tuxlin ulas di sini: Menjajal Fitur ZenMotion di Asus Zenfone 2 ZE551ML.

Secara umum, review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL di sisi software relatif mantap dan kaya fitur. Aplikasi bawaan yang bejibun ini bisa menjadi nilai minus dan nilai plus dalam satu waktu, tergantung penggunanya juga.

Asus Zen UI menawarkan tampilan yang baik dan menawarkan kostumisasi yang lengkap. Performa Asus Zen UI pada Zenfone 2 Laser ZE550KL relatif smooth dan konsumsi RAM yang cukup efisien. Seperti apa performa smartphone ini? Cek ke halaman berikutnya Sob 😀

Anda mungkin suka:Acer One 14 L1410, Laptop Windows 10 dengan Baterai Tahan Lama

Performa Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Performa Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Sektor performa atau kinerja mungkin menjadi salah satu poin yang ditunggu pada review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL kali ini. Tuxlin Blog katakan sejak awal saja, ponsel Zenfone 2 Laser ZE550KL besutan Asus ini nggak cocok buat mereka yang mendewakan skor AnTuTu dan sejenisnya karena memang skor yang dihasilkan nggak terlalu wah.

Meski demikian, selama Tuxlin pakai ponsel 4G Zenfone 2 Laser ZE550KL ini nggak ada kendala sama sekali soal performa. Pada dasarnya, performa smartphone nggak bisa diukur hanya dari skor benchmarknya saja coy! Optimasi hardware dan software juga nggak kalah penting agar mampu menghasilkan pengalaman pengguna yang memuaskan.

Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini mengandalkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang didalamnya mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,2GHz dan didukung memori RAM 2GB. Kemampuan grafis ponsel ini cukup baik dengan dukungan GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 306. Para pesaingnya emang pada octa-core, tetapi kan nggak pada punya laser autofokus seperti Zenfone 2 Laser ZE550KL ini kan? 😆

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro: Powerful

Spesifikasi dapur pacunya emang nggak terdengar wah, tetapi ini wajar kok soalnya sejak awal yang ditonjolkan oleh Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini kan sektor kameranya yang pake laser autofokus. Duet Qualcomm Snapdragon 410 dengan RAM 2GB yang ditandemkan dengan optimasi yang cukup baik dari Asus membuat Zenfone 2 Laser ZE550KL menghasilkan performa yang sangat nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL di sektor performa sebenarnya udah cukup oke bagi Tuxlin. Berikut ini hasil benchmark Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL yang telah Tuxlin Blog lakukan.

CPU-Z Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

CPU-Z Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Benchmark Geekbench 3 Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Benchmark Geekbench 3 Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Benchmark AnTuTu v6 Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Benchmark AnTuTu v6 Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Benchmark Vellamo Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Benchmark Vellamo Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Benchmark Quadrant Standard Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Benchmark Quadrant Standard Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Benchmark Speedtest Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Benchmark Speedtest Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Multitouch Tester & Sensorbox for Android Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Multitouch Tester & Sensorbox for Android Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Anda mungkin suka:Harga Xiaomi Mi Max 32GB Terbaru, Sudah Tersedia di Indonesia

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Setelah ngetik panjang sambil ngabuburit 😆 akhirnya telah sampai pada akhir review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL! Performa yang ditawarkan oleh smartphone Zenfone 2 Laser ZE550KL memang smooth dan sangat nyaman untuk kebutuhan sehari-hari.

Tampaknya optimasi yang dilakukan oleh Asus di Zen UI cukup baik, sehingga Zenfone 2 Laser ZE550KL yang hanya bertenaga Snapdragon 410 diduetkan dengan RAM 2GB mampu tampil responsif dan minim lag. Buka tutup aplikasi berjalan smooth dan gegas, perpindahan menu juga lancar dan nyaris nggak ketemu lag. Kalau game, Tuxlin bukan gamer sih jadi mainnya Temple Run 2 aja, relatif smooth nggak ada kendala.

Asus membekali Zenfone 2 Laser ZE550KL dengan layar berukuran 5,5 inci HD dengan kerapatan mencapai 267 ppi. meski nggak terlalu wah, kualitas layar smartphone ini termasuk oke lho… Layar Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini jernih, tajam, dan menghasilkan warna yang membuai mata meski resolusinya cuma 720p.

Viewing angle-nya luas khas layar berteknologi IPS. Respon touchscreennya responsif dan nggak mudah meninggalkan jejak sidik jari. Sedangkan performa layar saat digunakan di bawah sinar matahari relatif standar di kelasnya.

Baca juga:Review Infinix Zero 3 X552: Powerful Performance & Camera

Beralih ke sektor audio. Smartphone Zenfone 2 Laser ZE550KL ini mampu menghasilkan suara yang nggak terlalu kencang sebenarnya, tetapi kualitasnya oke. Berbekal five magnet speaker dan memutar lagu Brave This Storm milik Trivium, suara vokal dan trebel yang keluar jernih dan asyik dinikmati. Sedangkan suara bass-nya agak tenggelam, tetapi masih terdengar.

Tuxlin Blog kemudian menjajal mendengarkan lagu Trivium dari album Vengeance Falls dengan menggunakan headphone Sennheisser HD 202 II, hasilnya?  Bass-nya mantap dan bulat. Gebukan drum terdengar jelas meski tempo rata-rata cepat. Suara vokal Matt Heafy aka Bang Mamat 😆 juga terdengar jernih. Hanya saja, treble malah kurang keluar. Akan tetapi bisa diatur melalui audio setting 🙂

Memory Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

Pada review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini mengusung memori internal atau ROM berkapasitas 16GB yang mana menyisakan ruang kosong hanya 10.6GB, relatif standar. Ini agak aneh, padahal aplikasi bawaan udah bejibun, tapi memori yang kosong secara default masih lumayan banyak 🙂

Smartphone 4G LTE andalan Asus ini dibekali dengan memori RAM berkapasitas 2GB. Saat pertama kali dihidupkan, free RAM berkisan antara 850 – 950MB, lumayanlah… Masalah free RAM ini biar diurus sama sistem, kita nggak usah ikut mikirin, mikir masa depan sajalah 😆

Smartphone Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini dilengkapi dengan konketivitas yang cukup lengkap, yakni 4G LTE, 3G HSPA, dual SIM, GPS, WiFi, dan Bluetooth. Semua fitur konektivitas udah Tuxlin Blog cobain nggak ada masalah Sob. Lock GPS juga lumayan cepat dan akurat. Baik SIM 1 atau SIM 2 bisa jalan di 4G LTE/3G secara bergantian.

Pada review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL kali ini, soal daya tahan baterai ternyata di luar dugaan Sob, lumayan awet. Tuxlin Blog biasa cas penuh jam 2 siang, terus nonton YouTube sampai waktu berbuka, sosial media, jeprat-jepret, satu akun Google aktif, dan jarang telepon ternyata mampu bertahan hingga hari berikutnya pukul 1 siang dengan intensitas penggunaan sedang. Tuxlin Blog ambil kesimpulan, baterai Zenfone 2 Laser ZE550KL bisa bertahan antara 1 – 1,5 hari sesuai intensitas penggunaan.

Secara umum, review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL ini relatif memuaskan Tuxlin Blog di kelas 2 juta-an. Performanya memang tak setinggi para pesaingnya yang rata-rata udah bertenaga octa-core, tetapi kamera yang mumpuni dengan fitur yang sangat lengkap, kinerjanya yang smooth, desain yang keren, dan mendapat upgrade ke Android Marshmallow menjadi daya tariknya.

Fitur seperti laser autofokus dan proteksi Corning Gorilla Glass 4 ini jarang dijumpai di ponsel kelas 2 jutaan, sehingga merupakan daya tarik tersendiri ponsel ini. Tuxlin Blog rasa Zenfone 2 Laser ZE550KL ini laik dipertimbangkan di kelasnya dan menjadi pesaing tangguh bagi Infinix Note 2, Flash Plus 2, Samsung Galaxy J3, Lenovo Vibe K5 Plus, dan Oppo Neo 7.

Review kamera Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL baca di Sini: Review Kamera Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL 13 Megapiksel (klik)

Kelebihan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

  • Kamera mantap & fokus cepat dengan laser autofokus
  • Layar dilindungi Corning Gorilla Glass 4
  • Performa smooth dan nyaman
  • Upgradeable to Android 6.0 Marshmallow

Kekurangan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL

  • Aplikasi bawaan terlalu banyak (bloatware)

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Outro…

Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL kali ini terbilang cepat coy, soalnya dalam waktu kurang lebih seminggu udah kelar dan mengudara (meski mengorbankan Andromax A yang datang duluan 😆 ). Tuxlin sebenarnya maunya kayak gini, review ngebut! Akan tetapi kadang ada kendala teknis dan non teknis atau kendala internal dan eksternal yang tak terduga wkwkwkw… Sampai di sini dulu review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

16 Replies to “Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL: Fast Camera”

  1. Waduh tiap kesini jadi nelan ludah aja,,, mau ganti hp baru bisa nyampe kerongkongan aja keinginanya. Sekarang malah ada lagi Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL: Fast Camera…. Ganti gak ya????

  2. Screen On time layar kuat berapa jam gan, screenshot penggunaan dan grafik baterai

      1. Nanya lagi nih..
        1. Ini batere tanam kan ya?
        2. Mending Zenfone ini atau redmi note 3 pro gan?

        1. 1. Baca dengan teliti, sudah saya cantumkan “Build quality ponsel ini terbilang mantap, meski casingnya berbahan polikarbonat. Baterai yang dapat dilepas menjadi kelebihan tersendiri bagi ponsel andalan Asus ini.”

          2. Harganya beda, Redmi Note 3 resmi harganya 2.599, terpaut 500 ribu.

  3. Udah ngebet banget pengen beli si laser tapi ragu soalnya banyak yang bilang kalau gpsnya susah lock dan sekalipun ngelock gak akurat. Entah itu seri laser yang mana aja. Tapi pengalaman agan lock gps di ZE550KL sendiri apa memang kurang akurat ya? Soalnya gps itu lumayan penting buat ane yg sering nyasar gan 😀

    1. Aklurat kok, lock-nya cepet soalnya chipset yang dipakai kan Snapdragon 410. rata2 chipset Snapdragon akurasi GPS dan kecepatan locknya lebih bagus dari pada chipset sebelah 🙂

  4. Itu baterai beneran bisa dilepas gan?? Soalnya di beberapa blog lain tulisannya non-removable.. ‘-‘ ,, butuh pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.