Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: A Luxurious Taste

Review Asus Zenfone 3 ZE520KL – Halo Pembaca! Akhirnya setelah sebulan berlalu (lama amat?) akhirnya Tuxlin Blog berkesempatan mengulas review Asus Zenfone 3 ZE520KL! Yap, Zenfone 3 series memang hadir dengan perubahan yang sangat radikal Sob! Hal ini terlihat dari spesifikasi, desain, dan material yang digunakan oleh ponsel 4G LTE (Long Term Evolution). Hal ini tak lepas dari strategi Asus yang menaikkan kasta Zenfone 3 dari kelas menengah – entry level menjadi menengah premium.

Harga resmi Asus Zenfone 3 ZE520KL terbaru di Indonesia saat artikel ini ditulis adalah Rp 4.099.000. Nah yang jadi pertanyaan, laikkah Asus Zenfone 3 ZE520KL dibandrol dengan harga segitu? Tuxlin Blog sih menilai laik. Lha kok Tuxlin udah ambil kesimpulan? Lha kan gue udah pake sebulan ini, gimana sih wkwkwkw… Simak review Asus Zenfone 3 ZE520KL oleh Tuxlin Blog kali ini!


Review Asus Zenfone 3 ZE520KL

Spesifikasi Asus Zenfone 3 ZE520KL

  • Sistem Operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka Asus Zen UI 3.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis Adreno 506
  • Kamera 16 megapiksel TriTech autofokus, sensor Sony IMX298 1/2.8 inci, aperture f2.0,  dual-tone LED flash, 4 axis OIS, 3 axis EIS. Kamera depan 8 megapiksel fixed focus aperture f/2.0 dengan lensa wide angle
  • Layar 5,2 inci 2.5D dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 423 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel Super IPS+, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB hybrid slot
  • WiFi, Bluetooth, USB type C, 3.5mm audio jack, GPS, 4G LTE, dual SIM, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 146.9 x 74 x 7.7 mm dengan berat 144 gram
  • Baterai 2600mAh non removable dengan Quick Charge 3.0
  • Warna Sapphire Black, Ocean Blue, Moonlight White, Shimmer Gold

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Asus Zenfone 3 ZE520KL di Sini (Klik)

Paket Penjualan Asus Zenfone 3 ZE520KL

Paket Penjualan Asus Zenfone 3 ZE520KL

  • Handset Asus Zenfone 3 ZE520KL Black
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Kartu garansi
  • Buku panduan

Penampilan & Desain Asus Zenfone 3 ZE520KL

Desain Asus Zenfone 3 ZE520KL

Desain adalah salah satu bagian yang paling Tuxlin Blog suka pada review Asus Zenfone 3 ZE520KL. Yoha, pabrikan asal Taiwan ini telah melakukan reformasi dan revolusi desain dari Zenfone 2! Nggak heran penampilan fisik Zenfone 3 ZE520KL ini sama sekali berbeda dengan keluarga Zenfone 2.

Ponsel ini menggunakan frame metal yang kokoh dengan tepian membulat atau istilah kerennya rounded edge 😀 Selain terasa mantap dan kokoh, bentuknya yang rounded edge ini meningkatkan grip dan kenyamanan saat menggenggam. Genggam Zenfone 3 ZE520KL udah nyaman, apalagi genggam tanganmu ya? 😆

Nggak sampai di situ, sisi depan dan belakang ponsel Zenfone 3 varian layar 5,2 inci ini menggunakan material metal yang dilapisi kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 3 yang melengkung 2.5D!  Casing belakangnya ini kalau kena sinar matahari terlihat mengkilap dan eye catching banget! Berasa lihat cewek cakep coy, beningggg!

Hal ini membuat penampilan Zenfone 3 ZE520KL begitu mewah dan premium, makanya di judul Tuxlin Blog menyebutnya ‘A Luxurious Taste’. Konsekuensi penggunaan material kaca hanya satu, yakni licin Sob! kalau nggak hati-hati bisa jatuh dari genggaman.

Baca juga: Serunya Incredible Race Bersama Asus Zenfone 3 di Zenvolution 2016!

Bagian kamera dan sensor sidik jari dilengkapi frame dengan warna krom untuk mempermanis tampilan. Kalau kamu sih udah manis, nggak perlu dipermanis, ntar malah diabetes… *mulai ngawur* 😛 Simak galeri foto Asus Zenfone 3 ZE520KL ini biar lihat lebih detail 😀 (klik gambar untuk memperbesar)

Sisi depan smartphone Zenfone 3 ZE520KL besutan Asus ini terdapat  earpiece, sensor proximity, ambient light sensor, kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 5,2 inci full HD Super IPS+, LED notifikasi, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps.

Kabar buruknya, ketiga tombol kapasitif ini nggak dikasih backlight Sob! Sebenarnya nggak fatal sih, tapi kalau harga udah 4 juta masak nggak dikasih backlight? Yah kadang meraba-raba di tempat gelap memang lebih greget 😆

Sedangkan sisi belakang ponsel andalan Asus ini terdapat laser autofokus generasi kedua, lubang kamera utama, dual-tone LED flash, sensor sidik jari atau fingerprint sensor, dan logo Asus pada bagian bawah.

Pada sisi bawah ponsel terdapat port USB Type-C (reversible aka bisa dibolak-balik), lubang speaker, dan microphone. Asus menempatkan microphone kedua dan port audio 3,5mm pada sisi atas ponsel Zenfone 3 ZE520KL ini.

Sisi kanan ponsel terdapat tombol power dan volume rocker. Sedangkan sisi kiri ponsel terdapat slot hybrid yang dapat diakses dengan bantuan mbah dukun SIM card ejector. Desain unobody yang diusung oleh Zenfone 3 ZE520KL ini membuat kita nggak bisa buka casing belakang atau melepas baterai.

Baca juga:Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL: Fast Camera

Secara umum, review Asus Zenfone 3 ZE520KL pada sisi desain ini mantap surantap menurut Tuxlin Blog. Tak hanya menawarkan top notch build quality, tetapi juga desain yang cantik mewah banget! Kalau Zenfone 3 ini cewek, udah tak ajak nikah 😆 *imajinasi jomblo* Minusnya cuma satu sih, licin Sob! Maklumlah, casingnya kan pake kaca 😀

Tampilan Antarmuka Asus Zenfone 3 ZE520KL

Tampilan Antarmuka Asus Zenfone 3 ZE520KL

Puas ngomongin tampang dan desain, kini kita beralih ke software atau perangkat lunak Sob… Siapa di sini yang suka yang lunak-lunak? Biasanya kalau suka yang lunak-lunak itu udah tanda kalau udah tuwir hahahaha *kaboor naik pesawat* Nah sisi OS atau perangkat lunak juga merupakan salah satu poin penting pada review Asus Zenfone 3 ZE520KL kali ini.

Smartphone andalan Asus ini menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan balutan antarmuka Zen UI. Tuxlin sih berharap ponsel 4G Zenfone 3 ZE520KL bakal dapat Android 7.0 Nougat di masa mendatang. Melihat harga dan spesifikasi yang ditawarkan, kemungkinan besar dapat ini 😀 Kelebihan Zen UI besutan Asus ini adalah ringan, kaya fitur, dan kaya kostumisasi.

Di masa lalu, Zen UI ini dikenal banyak membawa aplikasi nggak penting aka bloatware. Akan tetapi itu dulu… Semua orang boleh kok punya masa lalu, meski kelam… *ini apaan* Sekarang Asus udah berbenah dengan mengurangi banyak aplikasi bawaan pada Asus Zenfone 3 ZE520KL ini. Seperti biasa, kita bakal disuguhi tampilan UI Lockscreen, Homescreen, dan Menu drawer seperti di atas.

Tampilan Antarmuka Asus Zenfone 3 ZE520KL

Sekilas memang tampang Zen UI nya nggak banyak berbeda dari Zen UI milik Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL yang Tuxlin Blog review sebelumnya. Nah yang paling Tuxlin demen adalah banyaknya opsi kostumisasi tampilan UI. Hampir semua elemen UI di Zenfone 3 ZE520KL bisa diganti Sob!

Mulai dari ganti wallpaper Lockscreen dan Homescreen, ganti font, kasih warna pada label icon dan mengubah ukurannya, mengubah efek animasi, ganti icon pack, ganti theme, transparansi background & status bar, scroll effect, dan banyak lagi… Pokoknya dijamin nggak bakal bosen deh sama tampang UI ponsel ini 😀

Software Zenfone 3 ZE520KL

Asus Zen UI ini nggak hanya mengandalkan kostumisasi tampang doang, tetapi juga dilengkapi dengan fitur yang terbilang lengkap. Beberapa utiliti wajib sudah tersedia di Zenfone 3 ZE520KL, sehingga kita ndak perlu repot-repot nambah aplikasi lagi.

Beberapa fitur yang lumayan menonjol pada ponsel ini antara lain adalah  Asus Mobile Manager (power saver, auto start manager, data usage stat, notification, RAM cleaner, dll), Do It Later, Asus ZenMotion, Laser Ruler, Mini Movie, Easy Mode, Kids Mode, fingerprint, Bluelight Filter, dan banyak lagi.

Asus Zenfone 3 ZE520KL

Aplikasi bawaan di Zen UI Asus Zenfone 3 ZE520KL apa kabar? Kabarnya baik-baik saja 😆 Yah aplikasi bawaan dari unit yang Tuxlin Blog terima mungkin agak berbeda dengan unit retail karena ada beberapa game/aplikasi. Nah yang Tuxlin Blog pakai ini terdapat beberapa aplikasi bawaan seperti Google Apps, PhotoCollage, MiniMovie, Share Link, WebStorage, BaBe, Puffin Browser, ZenCircle, ZenTalk, Zenfone Care, TripAdvisor, dan beberapa lainnya.

Baca juga:Hands On Asus Zenfone 3 Max ZC520TL, Andalkan MediaTek Quad Core

Nggak cuma itu, ada tiga game yang udah pre-install di unit yang Tuxlin gunakan, yakni Pokemon Go, Need For Speed: No Limit, dan SimCity. Sayangnya nih, aplikasi musik bawaan Asus malah nggak ada… Yang ada hanya Google Play Music yang UI-nya Tuxlin kurang sreg. Akhirnya instal manual deh Asus Music, hihihih… 😛

Asus Zenfone 3 ZE520KL

Beberapa fitur lain yang Tuxlin suka adalah Bluelight filter yang mengurangi cahaya atau warna biru agar mata nggak gampang cape… Cocok nih buat Tuxlin  yang suka browsing tengah malem hahahaha. Pengaturan soal warna layar ini bisa diakses melalui menu Splendid.

Secara umum, Asus Zen UI yang digunakan oleh Zenfone 3 ZE520KL menawarkan fitur lengkap dan fasilitas kostumisasi yang kaya. Performa Zen UI juga terbilang smooth dan responsif dengan konsumsi RAM yang terbilang lumayan. Lalu seperti apa performa Asus Zenfone 3 ZE520KL? Cekidot ke halaman berikutnya ya Sob 😀

Baca juga:Asus Zenpad 8 Z380KL Masuk Indonesia, Ini Harga & Spesifikasinya


22 Comments

  1. fauzan October 17, 2016
    • Tuxlin October 17, 2016
      • fauzan October 18, 2016
        • Tuxlin October 19, 2016
  2. Wahid October 18, 2016
    • Tuxlin October 18, 2016
  3. Kang Nurul Iman October 21, 2016
  4. Fubuki Aida October 23, 2016
    • Tuxlin October 23, 2016
  5. Deddy Huang October 23, 2016
    • Tuxlin October 24, 2016
  6. Arr November 15, 2016
    • Tuxlin November 15, 2016
  7. gadgetboi November 15, 2016
    • Tuxlin November 15, 2016
  8. setiawan December 24, 2016
    • Tuxlin December 25, 2016
  9. Argo SDN December 27, 2016
    • Tuxlin December 27, 2016
      • Argo SDN December 27, 2016
        • Tuxlin December 27, 2016

Add Comment

*