Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: A Luxurious Taste

8 min read

Review Asus Zenfone 3 ZE520KL

Review Asus Zenfone 3 ZE520KL – Halo Pembaca! Akhirnya setelah sebulan berlalu (lama amat?) akhirnya Tuxlin Blog berkesempatan mengulas review Asus Zenfone 3 ZE520KL! Yap, Zenfone 3 series memang hadir dengan perubahan yang sangat radikal Sob! Hal ini terlihat dari spesifikasi, desain, dan material yang digunakan oleh ponsel 4G LTE (Long Term Evolution). Hal ini tak lepas dari strategi Asus yang menaikkan kasta Zenfone 3 dari kelas menengah – entry level menjadi menengah premium.

Harga resmi Asus Zenfone 3 ZE520KL terbaru di Indonesia saat artikel ini ditulis adalah Rp 4.099.000. Nah yang jadi pertanyaan, laikkah Asus Zenfone 3 ZE520KL dibandrol dengan harga segitu? Tuxlin Blog sih menilai laik. Lha kok Tuxlin udah ambil kesimpulan? Lha kan gue udah pake sebulan ini, gimana sih wkwkwkw… Simak review Asus Zenfone 3 ZE520KL oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Asus Zenfone 3 ZE520KL

Spesifikasi Asus Zenfone 3 ZE520KL

  • Sistem Operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan antarmuka Asus Zen UI 3.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis Adreno 506
  • Kamera 16 megapiksel TriTech autofokus, sensor Sony IMX298 1/2.8 inci, aperture f2.0,  dual-tone LED flash, 4 axis OIS, 3 axis EIS. Kamera depan 8 megapiksel fixed focus aperture f/2.0 dengan lensa wide angle
  • Layar 5,2 inci 2.5D dengan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels, kerapatan 423 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel Super IPS+, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB hybrid slot
  • WiFi, Bluetooth, USB type C, 3.5mm audio jack, GPS, 4G LTE, dual SIM, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 146.9 x 74 x 7.7 mm dengan berat 144 gram
  • Baterai 2600mAh non removable dengan Quick Charge 3.0
  • Warna Sapphire Black, Ocean Blue, Moonlight White, Shimmer Gold

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Asus Zenfone 3 ZE520KL di Sini (Klik)

Paket Penjualan Asus Zenfone 3 ZE520KL

Paket Penjualan Asus Zenfone 3 ZE520KL

  • Handset Asus Zenfone 3 ZE520KL Black
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Kartu garansi
  • Buku panduan

Penampilan & Desain Asus Zenfone 3 ZE520KL

Desain Asus Zenfone 3 ZE520KL

Desain adalah salah satu bagian yang paling Tuxlin Blog suka pada review Asus Zenfone 3 ZE520KL. Yoha, pabrikan asal Taiwan ini telah melakukan reformasi dan revolusi desain dari Zenfone 2! Nggak heran penampilan fisik Zenfone 3 ZE520KL ini sama sekali berbeda dengan keluarga Zenfone 2.

Ponsel ini menggunakan frame metal yang kokoh dengan tepian membulat atau istilah kerennya rounded edge 😀 Selain terasa mantap dan kokoh, bentuknya yang rounded edge ini meningkatkan grip dan kenyamanan saat menggenggam. Genggam Zenfone 3 ZE520KL udah nyaman, apalagi genggam tanganmu ya? 😆

Nggak sampai di situ, sisi depan dan belakang ponsel Zenfone 3 varian layar 5,2 inci ini menggunakan material metal yang dilapisi kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 3 yang melengkung 2.5D!  Casing belakangnya ini kalau kena sinar matahari terlihat mengkilap dan eye catching banget! Berasa lihat cewek cakep coy, beningggg!

Hal ini membuat penampilan Zenfone 3 ZE520KL begitu mewah dan premium, makanya di judul Tuxlin Blog menyebutnya ‘A Luxurious Taste’. Konsekuensi penggunaan material kaca hanya satu, yakni licin Sob! kalau nggak hati-hati bisa jatuh dari genggaman.

Baca juga: Serunya Incredible Race Bersama Asus Zenfone 3 di Zenvolution 2016!

Bagian kamera dan sensor sidik jari dilengkapi frame dengan warna krom untuk mempermanis tampilan. Kalau kamu sih udah manis, nggak perlu dipermanis, ntar malah diabetes… *mulai ngawur* 😛 Simak galeri foto Asus Zenfone 3 ZE520KL ini biar lihat lebih detail 😀 (klik gambar untuk memperbesar)

Sisi depan smartphone Zenfone 3 ZE520KL besutan Asus ini terdapat  earpiece, sensor proximity, ambient light sensor, kamera depan, layar sentuh kapasitif berukuran 5,2 inci full HD Super IPS+, LED notifikasi, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android yang terdiri dari Back, Home, dan Recent Apps.

Kabar buruknya, ketiga tombol kapasitif ini nggak dikasih backlight Sob! Sebenarnya nggak fatal sih, tapi kalau harga udah 4 juta masak nggak dikasih backlight? Yah kadang meraba-raba di tempat gelap memang lebih greget 😆

Sedangkan sisi belakang ponsel andalan Asus ini terdapat laser autofokus generasi kedua, lubang kamera utama, dual-tone LED flash, sensor sidik jari atau fingerprint sensor, dan logo Asus pada bagian bawah.

Pada sisi bawah ponsel terdapat port USB Type-C (reversible aka bisa dibolak-balik), lubang speaker, dan microphone. Asus menempatkan microphone kedua dan port audio 3,5mm pada sisi atas ponsel Zenfone 3 ZE520KL ini.

Sisi kanan ponsel terdapat tombol power dan volume rocker. Sedangkan sisi kiri ponsel terdapat slot hybrid yang dapat diakses dengan bantuan mbah dukun SIM card ejector. Desain unobody yang diusung oleh Zenfone 3 ZE520KL ini membuat kita nggak bisa buka casing belakang atau melepas baterai.

Baca juga:Review Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL: Fast Camera

Secara umum, review Asus Zenfone 3 ZE520KL pada sisi desain ini mantap surantap menurut Tuxlin Blog. Tak hanya menawarkan top notch build quality, tetapi juga desain yang cantik mewah banget! Kalau Zenfone 3 ini cewek, udah tak ajak nikah 😆 *imajinasi jomblo* Minusnya cuma satu sih, licin Sob! Maklumlah, casingnya kan pake kaca 😀

Tampilan Antarmuka Asus Zenfone 3 ZE520KL

Tampilan Antarmuka Asus Zenfone 3 ZE520KL

Puas ngomongin tampang dan desain, kini kita beralih ke software atau perangkat lunak Sob… Siapa di sini yang suka yang lunak-lunak? Biasanya kalau suka yang lunak-lunak itu udah tanda kalau udah tuwir hahahaha *kaboor naik pesawat* Nah sisi OS atau perangkat lunak juga merupakan salah satu poin penting pada review Asus Zenfone 3 ZE520KL kali ini.

Smartphone andalan Asus ini menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan balutan antarmuka Zen UI. Tuxlin sih berharap ponsel 4G Zenfone 3 ZE520KL bakal dapat Android 7.0 Nougat di masa mendatang. Melihat harga dan spesifikasi yang ditawarkan, kemungkinan besar dapat ini 😀 Kelebihan Zen UI besutan Asus ini adalah ringan, kaya fitur, dan kaya kostumisasi.

Di masa lalu, Zen UI ini dikenal banyak membawa aplikasi nggak penting aka bloatware. Akan tetapi itu dulu… Semua orang boleh kok punya masa lalu, meski kelam… *ini apaan* Sekarang Asus udah berbenah dengan mengurangi banyak aplikasi bawaan pada Asus Zenfone 3 ZE520KL ini. Seperti biasa, kita bakal disuguhi tampilan UI Lockscreen, Homescreen, dan Menu drawer seperti di atas.

Tampilan Antarmuka Asus Zenfone 3 ZE520KL

Sekilas memang tampang Zen UI nya nggak banyak berbeda dari Zen UI milik Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL yang Tuxlin Blog review sebelumnya. Nah yang paling Tuxlin demen adalah banyaknya opsi kostumisasi tampilan UI. Hampir semua elemen UI di Zenfone 3 ZE520KL bisa diganti Sob!

Mulai dari ganti wallpaper Lockscreen dan Homescreen, ganti font, kasih warna pada label icon dan mengubah ukurannya, mengubah efek animasi, ganti icon pack, ganti theme, transparansi background & status bar, scroll effect, dan banyak lagi… Pokoknya dijamin nggak bakal bosen deh sama tampang UI ponsel ini 😀

Software Zenfone 3 ZE520KL

Asus Zen UI ini nggak hanya mengandalkan kostumisasi tampang doang, tetapi juga dilengkapi dengan fitur yang terbilang lengkap. Beberapa utiliti wajib sudah tersedia di Zenfone 3 ZE520KL, sehingga kita ndak perlu repot-repot nambah aplikasi lagi.

Beberapa fitur yang lumayan menonjol pada ponsel ini antara lain adalah  Asus Mobile Manager (power saver, auto start manager, data usage stat, notification, RAM cleaner, dll), Do It Later, Asus ZenMotion, Laser Ruler, Mini Movie, Easy Mode, Kids Mode, fingerprint, Bluelight Filter, dan banyak lagi.

Asus Zenfone 3 ZE520KL

Aplikasi bawaan di Zen UI Asus Zenfone 3 ZE520KL apa kabar? Kabarnya baik-baik saja 😆 Yah aplikasi bawaan dari unit yang Tuxlin Blog terima mungkin agak berbeda dengan unit retail karena ada beberapa game/aplikasi. Nah yang Tuxlin Blog pakai ini terdapat beberapa aplikasi bawaan seperti Google Apps, PhotoCollage, MiniMovie, Share Link, WebStorage, BaBe, Puffin Browser, ZenCircle, ZenTalk, Zenfone Care, TripAdvisor, dan beberapa lainnya.

Baca juga:Hands On Asus Zenfone 3 Max ZC520TL, Andalkan MediaTek Quad Core

Nggak cuma itu, ada tiga game yang udah pre-install di unit yang Tuxlin gunakan, yakni Pokemon Go, Need For Speed: No Limit, dan SimCity. Sayangnya nih, aplikasi musik bawaan Asus malah nggak ada… Yang ada hanya Google Play Music yang UI-nya Tuxlin kurang sreg. Akhirnya instal manual deh Asus Music, hihihih… 😛

Asus Zenfone 3 ZE520KL

Beberapa fitur lain yang Tuxlin suka adalah Bluelight filter yang mengurangi cahaya atau warna biru agar mata nggak gampang cape… Cocok nih buat Tuxlin  yang suka browsing tengah malem hahahaha. Pengaturan soal warna layar ini bisa diakses melalui menu Splendid.

Secara umum, Asus Zen UI yang digunakan oleh Zenfone 3 ZE520KL menawarkan fitur lengkap dan fasilitas kostumisasi yang kaya. Performa Zen UI juga terbilang smooth dan responsif dengan konsumsi RAM yang terbilang lumayan. Lalu seperti apa performa Asus Zenfone 3 ZE520KL? Cekidot ke halaman berikutnya ya Sob 😀

Baca juga:Asus Zenpad 8 Z380KL Masuk Indonesia, Ini Harga & Spesifikasinya

Performa Asus Zenfone 3 ZE520KL

Performa Asus Zenfone 3 ZE520KL

Sektor performa pasti salah satu sisi yang ditunggu-tunggu pembaca Tuxlin Blog pada review Asus Zenfone 3 ZE520KL, ya nggak? Ngaku! Terutama mereka yang menjadi anggota laskar fanatik pemuja AnTuTu, pasti bagian ini yang paling menarik. Angka-angka yang yang dihasilkan oleh AnTuTu bagai madu bagi para lebah pemujanya… *tsaaahhh ini apaan* 😆

Ponsel 4G LTE Zenfone 3 ZE520KL ini menggunakan chipset generasi baru besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 625 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz ditandemkan dengan memori RAM 3GB, serta didukung oleh pengolah grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 506.

Yah sekilas terdengar standar untuk segmen kelas menengah premium ya? Yah memang ada sih merek sebelah dengan Snapdragon 820 di segmen ini, tapi nggak bergaransi 😛 Meski nggak segarang Snapdragon 820, chipset Snapdragon 625 ini sama sekali nggak bisa dipandang sebelah mata lho! *mandang pake sebelah mata itu pegel, sumpah! 😆 *

Baca juga:Review Asus ZenPower Pro 10050mAh: Solid

Chipset ini diproduksi dengan teknologi manufaktur (fab) 14 nanometer yang lebih hemat konsumsi daya. Nggak cuma itu, Snapodragon 625 ini mengusung GPU baru lho, jauh lebih bertenaga dari Adreno 405 yang diusung pendahulunya! Jadi soal gaming, mampu menangani resolusi full HD dengan baik Sob 😀 Penasaran? Cekidot hasil benchmark Asus Zenfone 3 ZE520KL yang telah Tuxlin Blog lakukan berikut ini 🙂

CPU-Z Asus Zenfone 3 ZE520KL

CPU-Z Asus Zenfone 3 ZE520KL

Benchmark AnTuTu v6 Asus Zenfone 3 ZE520KL

Benchmark AnTuTu v6 Asus Zenfone 3 ZE520KL

Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone 3 ZE520KL

Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone 3 ZE520KL

Benchmark Vellamo Asus Zenfone 3 ZE520KL

Benchmark Vellamo Asus Zenfone 3 ZE520KL

Benchmark 3DMark Asus Zenfone 3 ZE520KL

Benchmark 3DMark Asus Zenfone 3 ZE520KL

Benchmark Quadrant Standard Asus Zenfone 3 ZE520KL

Benchmark Quadrant Standard Asus Zenfone 3 ZE520KL

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Asus Zenfone 3 ZE520KL

Sensorbox for Android & Multitouch Tester Asus Zenfone 3 ZE520KL

Kesimpulan atau pembahasan akhir review smartphone terbaru Asus ini bisa dibaca di halaman berikutnya 🙂

Baca juga:Harga Asus Zenfone 3 ZE552KL Layar 5,5 Inci, Sudah Tersedia di Indonesia

Review Asus Zenfone 3 ZE520KL

Review Asus Zenfone 3 ZE520KL

Setelah ngetik sebegitu panjang (semoga dibaca yah 😆 ) akhirnya kita sampai pada bagian akhir dari artikel review Asus Zenfone 3 ZE520KL! Yah smartphone ini menawarkan perubahan yang sangat radikal jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini nggak lepas dari strategi Asus yang bikin Zenfone 3 ini naik kelas ke mid-range premium.

Yap, kehadiran ponsel ini bakal jadi pesaing tangguh Samsung Galaxy A series, LG X Cam, dan ponsel songong Oppo F1 Plus 😆 Asus Zenfone 3 ZE520KL ini nggak cuma ngandelin sampang, tapi spek yang mumpuni, kamera yang mantap, dan tentunya fitur yang lengkap.

Mengandalkan duet ngehits Snapdragon 625 dengan RAM 3GB ternyata mampu menghasilkan performa yang sangat nyaman untuk menangani tugas kelas menengah, multitasking atau sekadar komunikasi sehari-hari. Selama sebulan Tuxlin menggunakan ponsel ini, nggak terlihat adanya lag.

Perpindahan menu dan aplikasi berlangsung gegas dan smooth, padahal udah diinstal banyak aplikasi lho. Soal gaming, Asus Zenfone 3 ZE520KL dengan grafis Adreno 506 mampu memainkan game Need for Speed: No Limits dengan lancar jaya. Nangkep atau battle di Pokemon Go juga lancar 🙂

Baca juga:Review Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG, Jagoan Baru Minus 4G LTE

Asus membekali Zenfone 3 ZE520KL dengan layar full HD berukuran 5,2 inci dengan teknologi IPS+. Kualitas layar smartphone ini bening Sob! Layar ponsel ini mampu menghasilkan warna yang punchy dan memuaskan mata, tajam, dan terkesan padat.

Viewing angle atau sudut pandang yang dihasilkan juga luas. Respon touchscreennya termasuk gegas, meski sudah dipasang tempered glass. Performa layar Zenfone 3 ZE520KL saat digunakan di bawah terik sinar matahari relatif standar alias biasa saja. 🙂

Beralih ke sektor audio, pada review Asus Zenfone 3 ZE520KL menghasilkan kualitas yang mantap menurut Tuxlin Blog. Kali ini Tuxlin Blog menjajal ponsel ini untuk memutar lagu-lagu besutan band yang baru saja bubar, ReVamp. *sayang banget malah bubar 🙁 *

Suara speakernya cukup keras, tapi nggak keras banget. Kualitas suaranya oke menurut Tuxlin. Treble memang dominan, tapi detail. Begitu juga suara vokal Jansen Floor pas nyanyi lagu Here is My Hell hehehehe… Tuxlin Blog juga menjajalnya dengan headphone Sennheiser HD 202 II, hasilnya?

Bass-nya nendang banget Sob! Namun bass yang mantab nggak menenggelamkan mid dan high, jadi enak banget di kuping. Sayangnya, volumenya kalau pake headset jadi agak kecil. Tuxlin musti pake volume 60 – 70% biar enak.

Memori Asus Zenfone 3 ZE520KLPada review Asus Zenfone 3 ZE520KL ini mengusung memori internal atau ROM berkapasitas 32GB yang mana menyisakan ruang kosong 20.16GB, relatif standar. Smartphone 4G LTE andalan Asus ini dibekali dengan memori RAM berkapasitas 3GB. Saat pertama kali dihidupkan, free RAM berkisan antara 1,5 – 1,6GB.

Bagi yang merasa kurang memorinya, bisa ditambahkan microSD dengan konsekuensi nggak bisa dual SIM. Maklum, jama sekarang modelnya hybrid slot. Asus Zenfone 3 ZE520KL udah dukung USB OTG kok, cuma flash disk OTG dengan port USB Type-C emang masih jarang di pasaran 😀

Asus membekali ponsel ini dengan sensor sidik jari berbentuk persegi panjang di sisi belakang ponsel. Kemampuan fingerprint milik Zenfone 3 ZE520KL terbilang sensitif dan mampu mengenai sidik jari dengan cepat.

Baca juga:Review Asus ZenPower 9600mAh Gold

Seektor baterai awalnya bikin Tuxlin Blog ragu, mengapa? Asus Zenfone 3 ZE520KL dengan spesifikasi seperti ini kok baterainya cuma 2600mAh? Setelah sebulan pakai, ternyata keraguan itu pupus coy, sama pupusnya dengan kisah cintaku… hiks 🙁

Baterai ponsel ini ternyata mampu bertahan hingga seharian lho! Contohnya kemarin, baterai cas penuh pada malam hari, siangnya dipake buat ngeliput acara talkshow diselingi dengar musik dan live tweet sampai sore. Penggunaan yang cukup intensif tersebut menyisakan baterai 22% ketika sore hari, tepatnya setelah adzan maghrib. Cas baterai juga ngebut, rata-rata 1,5 jam udah penuh.

Panas nggak? Ponsel ini cuma hangat doang setelah dipakai main game Pokemon Go lebih dari satu jam. Snapdragon 625 ini nggak kayak 615 karena teknologi yang dipakai lebih kecil, yakni 14nm jadi lebih efisien dalam hal konsumsi daya maupun panas yang dihasilkan.

Secara umum, kesimpulan review Asus Zenfone 3 ZE520KL ini bisa dikatakan mantap dan sangat kompetitif di kelasnya. Ponsel 4G ini hadir dengan desain yang cantik, mewah, dan build quality yang solid. meski bukan yang tercepat di kelasnya, performa Asus Zenfone 3 ZE520KL sudah bisa diandalkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, multitasking, dan gaming.

Kamera yang mumpuni dan kaya fitur menjadi andalan Zenfone 3 ZE520KL. Nggak heran Asus menyematkan tagline ‘Built for Photography’. Minusnya ya hybrid slot dan licin ketika digenggam. Asus Zenfone 3 ZE520KL laik dipertimbangkan di kelasnya.

Review kamera Asus Zenfone 3 ZE520KL baca di Sini: Review Kamera Asus Zenfone 3 ZE520KL: Flagship Class

Kelebihan Asus Zenfone 3 ZE520KL

  • Desain mewah dan build quality mantap!
  • Kamera diatas rata-rata, bisa diandalkan di segala kondisi cahaya
  • Fitur lengkap, sensor sidik jari
  • Performa bisa diandalkan

Kekurangan Asus Zenfone 3 ZE520KL

  • Casing licin (rawan lepas dari genggaman coy!)
  • Menggunakan hybrid slot
  • Nggak ada backlight di tombol kapasitifnya

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Asus Zenfone 3 ZE520KL di Sini (Klik)

Outro…

Awalnya review Asus Zenfone 3 ZE520KL ini bakal dipublish lebih awal, tetapi malah nggak bisa. Maklum, kemarin yang punya Accesgo Gotune 3i dan Xiaomi Redmi 3S udah nagih… Alhasil, dua ponsel itu duluan deh review duluan. Semenjak kehadiran Asus Zenfone 3 ZE520KL, Tuxlin Blog memutuskan untuk memensiunkan Infinix Zero 3. Kini Asus akan menemani Xiaomi Mi 4c untuk komunikasi dan kerja Tuxlin Blog sehari-hari.

Anda mungkin suka:Harga Asus A456UR Terbaru dengan Prosesor Intel Core i5-6198DU


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

28 Replies to “Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: A Luxurious Taste”

      1. biasa lah, jaman sekarang…
        makin kesin makin ngawurcanggih
        semoga zenfone 3 harga stabil (ngarepnya sih turun ), nggak buat barang mainan harga oleh pedagang ( zenfone 4 kan buat mainan )

  1. Min, numpang request..
    Kapan akan review asus zenfone 3 max 5,2inch dan zenfone Go ZB550KL 5,5 inch?
    ditunggu ya min..seperti menanti seorang kekasih yang tercantik yang datang dihari ini, hahahaha…

  2. mas dityatuxlin, zenfone 3 ini kualitas GPS-nya bagaimana ? apakah cepet ngelock dan stabil(gak lepas lock-nya) atau mengecewakan spt seri zenfone 2,5,6 .

    thx

    1. Tidak ada masalah dengan lock GPS. Saya sebelumnya juga review Zenfone 2, Zenfone 2 Laser, dan Zenfone 5 tidak ada masalah juga dengan GPS 🙂

      1. Oh.. berarti emang defaultnya gitu ya min? Di saya juga dari awal ga muncul. Sementara Zenny 2 dulu muncul. Ngubek-ngubek pengaturan tetap ga ketemu. Takcoba set penyimpanan le internal ternyata tak ada perbedaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.