Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL: Dual Kamera Berstamina

7 min read

Review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL: Dual Kamera Berstamina

Review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL: Dual Kamera Berstamina – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog membahas review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL yang dibekali dengan dual kamera belakang dan didukung baterai badak! Yoha, kamera dan baterai memang sektor yang diunggulkan oleh smartphone ini. Peningkatan spesifikasinya terbilang signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Sama seperti Zenfone 3 Max ZC553KL, Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL masih mengandalkan sokongan SoC Snapdragon 430 octa-core. Nggak cuma itu, resolusi layarnya juga dipangkas dari full HD ke HD saja. Harga smartphone terbaru Asus ini adalah Rp 2.999.000. Penasaran? Simak review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL: Dual Kamera Berstamina

Spesifikasi Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

  • Sistem Operasi Android 7.1.1 Nougat dengan antarmuka Zen UI
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Dual Kamera 16 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI, aperture f/2.0, dan LED flash + 5 megapiksel 120 derajat FoV, aperture f/2.2. Kamera depan 16 megapiksel aperture f/2.0 fixed focus, soft LED flash
  • Layar sentuh 5,5 inci 2.5D dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori 3GB, ROM 32GB, dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicted slot)
  • WiFi, Bluetooth, port miroUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, dual SIM, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 154 x 76.9 x 8.9 mm berat 181 gram
  • Baterai 5000mAh lithium ion, non removable
  • Warna Deepsea Black, Sunlight Gold, Rose Pink

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL di Sini (Klik)

Paket Penjualan Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Paket Penjualan Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

  • Handset Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL Deepsea Black
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • Kabel USB OTG
  • Silicon case
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi

Baca juga: Review Asus Zenfone 3 Max ZC553KL (Snapdragon 430)

Desain Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Desain Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Desain atau penampilan fisik mungkin bukan hal yang menonjol pada review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL kali ini. Tuxlin melihat desain ponsel andalan Asus ini tidak terlalu istimewa, yah hampir sama dengan smartphone kekinian lainnya. Meski demikian, jika dicermati lebih dekat dan digenggam, ponsel Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini ternyata ada kemiripan dengan Zenfone Zoom S ZE553KL. Kayaknya Asus memang menggunakan smartphone premium dual kamera tersebut sebagai basis pengembangan desain tipe lainnya, termasuk Zenfone 4 Max dan Zenfone 4 Max Pro.

Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini hadir dengan balutan casing metal yang kokoh dengan pinggiran yang melengkung atau membulat. Sisi belakang terlihat separasi untuk antenna pada bagian atas dan bawah yang terbuat dari material plastik. Sekilas feel-nya saat menggenggam ponsel ini terasa seperti Zenfone Zoom S, tetapi Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini lebih tebal dan berat.

Baca juga:Menjajal Asus Zenfone Zoom S ZE553KL: Ini Hasil Fotonya

Ada tiga varian warna Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL, yakni Deepsea Black, Sunlight Gold, dan Rose Pink. Kebetulan, unit yang Tuxlin Blog terima ini adalah varian warna Deepsea Black. Sebenarnya bukan kebetulan, lha yang tersedia saat itu cuma warna hitam wkwkwkw… 😆 Bagian depan smartphone dengan baterai 5000mAh ini terdapat layar 5,5 inci dengan kaca 2.5D yang menawan.

Meski dimensi smartphone Zenfone 4 Max Pro ZC554KL andalan Asus ini agak besar, tebal dan lumayan berat, Tuxlin masih merasa cukup nyaman saat menggenggamnya. Mengoperasikannya dengan satu tangan pun nggak susah, cuma permukaan casing belakangnya agak licin. 🙂 Penasaran pengen lihat ponsel dual kamera Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL lebih dekat? Cekidot foto di bawah ini. 😎

Gimana? Udah lihat kan kegantengan Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL di atas kan? Akan tetapi masih gantengan admin Tuxlin Blog kok… 😎 *kemudian diadili masyarakat* 😆

Pada review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL kali ini, sisi depan terdapat lubang kamera depan, ambient light sensor, proximity sensor, LED indikator, earpiece, dan layar HD berukuran 5,5 inci. Bagian bawahnya terdapat dua buah tombol kapasitif yang mengapit tombol Home yang terintegrasi dengan sensor sidik jari.

Baca juga:Review Asus Zenfone 3 Max ZC520TL

Sayangnya nih, layar smartphone Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini nggak disebutin adanya proteksi antigores seperi Gorilla Glass dan sejenisnya. Sedangkan sisi belakang ponsel terdapat dua buah kamera utama (standar dan super wide), LED flash, dan logo Asus.

Sedangkan sisi bawah terdapat port microUSB, speaker grill, dan microphone. Asus menempatkan tombol power dan volume rocker pada sisi kanan ponsel dan slot microSD/SIM card pada sisi kiri. Sedangkan sisi atas Zenfone 4 Max Pro ZC554KL terdapat microphone kedua dan audio jack.

Secara umum, Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini membawa gaya desain yang berbeda dengan pendahulunya. Ponsel ini berkiblat pada basis desain Zenfone Zoom S ZE553KL. Build quality smartphone dual kamera ini terbilang solid dan terasa mantap saat digenggam. 🙂

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Antarmuka & Fitur Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Antarmuka & Fitur Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Smartphone Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini mengusung tagline “We Love Photo & Power” yang menggambarkan kemampuan menonjol pada sisi kamera dan baterai. Meski demikian, fitur pada sisi perangkat lunak tidak diabaikan, coy! Pada review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL kali ini, ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat dengan antarmuka Zen UI 4.0.

Apakah Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini bakal dapat update Android 8.0 Oreo nantinya? Kalau menurut saya sih, Yes. Nggak tau kalau menurut mas anang… 😆 Tenang, Asus menjanjikan update Android Oreo kok buat smartphone Zenfone 3 dan Zenfone 4 series gaes! 😎 Akan tetapi, masih belum ada informasi mengenai kapan update tersebut dirilis.

Antarmuka & Fitur Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Tampilan antarmuka Asus Zen UI 4.0 yang digunakan pada smartphone dual kamera ini memang sedikit berbeda dengan Zen UI generasi sebelumnya. Tampilannya lebih clean, keren, dan responsif. Seperti biasa, antarmuka terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan dilengkapi dengan app drawer. Ada beberapa fitur baru yang diusung oleh Zen UI 4.0, yang paling menonjol adalah Twin Apps.

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone 3 Max ZC553KL 16 Megapiksel

Twin Apps ini fungsinya sama seperti Dual Apps di Xiaomi, yakni kita bisa instal dua aplikasi sosial media atau chatting dalam satu ponsel dengan identitas yang berbeda. Ini cocok buat mereka yang bergelut di dunia online shop atau yang pacarnya banyak, *eh* 😛 Sayangnya, saat Tuxlin Blog melakukan review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL, fitur tersebut belum muncul.

Antarmuka & Fitur Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Aplikasi bawaan Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini sudah jauh berkurang lho gaes, jika dibandingkan dengan Zenfone generasi lama. Asus tampaknya mendengar keluhan pengguna akan banyaknya bloatware hehehehe… 😆 Aplikasi bawaan Zenfone 4 Max Pro ini antara lain adalah Google Apps, WebStorage, BaBe, ZenUI FAQ, ZenTalk, dan sebagainya.

Nggak lupa, aplikasi BeautyLive yang pertama kali diperkenalkan di smartphone Asus Zenfone Live juga tersedia di ponsel dual kamera ini. Sayangnya, Asus udah lama membuang aplikasi player musik bawaannya, padahal lumayan bagus. Akhirnya harus pakai Google Play Music dah. 🙁

Aplikasi yang paling menonjol adalah PowerMaster. Aplikasi bawaan Zenfone 4 Max Pro ini sarat fitur lho gaes! Ada lima mode baterai yang bisa kita pilih dari aplikasi tersebut. Juga terdapat 2X Lifespan untuk meningkatkan daya tahan baterai hingga 2x lipat, pengaturan reverse charging (cas hape lain), dan banyak lagi. 😎

Antarmuka & Fitur Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Pada review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL kali ini, fitur yang diusungnya relatif setara dengan pendahulunya. Beberapa fitur andalannya antara lain adalah Bluelight Filter, Audio Wizard, File Manager, Glove Mode, Easy Mode, Kids Mode, Asus Mobile Manager, Asus ZenMotion (Touch Gesture & Motion Gesture), One Hand Mode, dan sebagainya.

Lalu seperti apa performa Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL yang bertenaga Qualcomm Snapdragon 430 ini? Cekidot halaman dua atau halaman berikutnya ya… 😎

Anda mungkin suka:Vivo Y69 dengan Kamera Depan 16MP Tersedia di Indonesia

Performa Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Performa Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Berbicara mengenai sisi performa, pada review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini memang bisa dikatakan sama dengan pendahulunya, yakni Asus Zenfone 3 Max ZC553KL yang diluncurkan awal 2017 lalu. Meski performanya sama dengan pendahulunya, bukan berarti ponsel ini nggak layak dipilih coy! Asus memag membawa sejumlah peningkatan di pelbagai sektor, tetapi tidak untuk dapur pacu. 😛

Smartphone Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini masih mengandalkan chipset yang sama dengan Zenfone 3 Max ZC553KL, yakni Qualcomm Snapdragon 430 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4GHz dengan dukungan memori RAM berkapasitas 3GB. Sedangkan sektor grafis, ponsel 4G LTE ini mempercayakannya pada GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505.

Baca juga:Review Asus Zenfone 3 ZE520KL: A Luxurious Taste

Sejauh ini menurut pengalaman Tuxlin Blog, performa Snapdragon 430 ini masih sangat memadai dan lebih dari cukup kok buat menangani kebutuhan komunikasi sehari-hari, sosial media, dan juga multitasking. Performanya juga masih oke buat memainkan game 3D, sebut saja Real Racing 3 dan Temple Run 2 yang telah Tuxlin Blog jajal menggunakan ponsel Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini. Tuxlin merasa cukup nyaman dan jarang ketemu dengan yang namanya lag… duh ampe kangen sama lag… 😆 *ngaco*

Buat konsumen yang merupakan penganut aliran sesat jamaah Antutuiyah, tentu skor yang dihasilkan oleh Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini tergolong biasa saja. Yah SoC Snapdragon 430 mentok-mentok juga skornya 40 ribu-an hehehehe… Kalau mau ratusan ribu, coba cari hape yang pakai Snapdragon 835, harganya paling murah 2 kali lipatnya Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini hahahaha… 😆 Berikut ini hasil benchmark Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL oleh Tuxlin Blog.

CPU-Z Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

CPU-Z Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Benchmark AnTuTu v6 Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Benchmark AnTuTu v6 Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Benchmark Vellamo Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Benchmark Vellamo Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Benchmark PCMark Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Benchmark PCMark Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Benchmark 3DMark Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Benchmark 3DMark Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Multitouch Tester & Sensorbox for Android Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Multitouch Tester & Sensorbox for Android Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Pembaca Tuxlin Blog udah lihat kan gambaran performa Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini melalui hasil benchmark di atas? Oke, langsung saja ke halaman berikutnya atau halaman tiga untuk membahas kesimpulan review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL yak 🙂

Anda mungkin suka:Samsung Galaxy J7 Core SM-J701 Masuk Indonesia, Ini Harga & Spesifikasinya

Review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Akhirnya kita sampai pada bagian akhir dari review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL! Smartphone ini bisa dikatakan sebagai penerus dari Zenfone 3 Max ZC553KL dengan peningkatan signifikan di sektor kamera dan baterai. Sayangnya, penurunan spesifikasi terjadi pada resolusi layarnya! 🙄 Smartphone ini hadir dengan desain yang berbeda dengan build quality yang terbilang solid.

Kinerja yang ditawarkan oleh Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini memang sama seperti pendahulunya yang juga mengandalkan sokongan SoC Snapdragon 430 octa-core. Saat digunakan untuk komunikasi sehari-hari, menjalankan aneka aplikasi sosial media, dan juga gaming relatif bukan masalah bagi Zenfone 4 Max Pro ZC554KL. Ponsel ini tetap menunjukkan performa yang smooth dan hampir tak ada lag.

Baca juga:Review Asus Zenbook Pro UX550: Ultrabook Impian

Layar

Mengandalkan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD, Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini malah menurun jika dibandingkan dengan pandahulunya. Layar ponsel ini memiliki kualitas yang cukup baik dengan warna yang punchy, tajam, dan touchscreen yang sensitif.

Resolusi yang hanya HD ini membuatnya kalah kelas jika dibandingkan dengan Zenfone 3 Max ZC553KL. Kepadatan layar yang mencapai 267 ppi tentu bukan lawan sepadan dengan Zenfone 3 Max yang mencapai 401 ppi. Terlepas dari hal itu, performa layarnya di bawah sinar matahari terbilang lumayan.

Audio

Loudspeaker bawaan Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini terbilang kencang! Tuxlin Blog cukup menikmati mendengarkan musik dengan speakernya, meski karakter suaranya masih dominan treble. Berbeda halnya ketika Tuxlin menjajalnya dengan headphone Sennheiser HD 202 II untuk memutar musik The Sins and The Sentence milik Trivium, solid! Bass-nya bulat dan kuat, treble yang dihasilkan detail, dan vokalnya jelas.

Baca juga:Review Asus Zenfone Live ZB501KL: Cantik dengan BeautyLive

Memori Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Memori

Pada review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL kali ini, memori internal atau ROM yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 22,75GB. Sedangkan free RAM Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini rata-rata 1,6 – 1,8GB. Smartphone ini didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal dedicated slot. Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini juga mendukung USB OTG.

Baterai

Baterai menjadi keunggulan utama Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL dengan kapasitas mecapai 5000mAh! Jelas melebihi pendahulunya yang hanya 4100mAh. saya tahan baterai smartphone ini laik mendapat acungan jempol gaes! Berdasarkan pengalaman Tuxlin, setidaknya sekali cas Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini mampu bertahan hingga 2 hari.

Ketika penggunakan intensif, baterai bisa bertahan 1,5 hari dengan SoT rata-rata di atas 5 jam. Sebenarnya soal konsumsi daya ini juga dipengaruhi pola atau cara kita menggunakan ponsel. 🙂 Sayangnya, ngecas smartphone ini lumayan lama gaes, lebih dari 2,5 jam.

Lain-lain

Konektivitas Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini terbilang lengkap. Lock GPS terbilang cepat dan akurat. Smartphone ini dibekali dengan dukungan dual nano SIM yang mana keduanya bisa 4G LTE secara bergantian. Fitur lain seperti WiFi, Bluetooth, dan sebagainya relatif tak ada masalah.

Performa sensor sidik jari atau fingerprint sensor pada review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL sangat baik. Proses pengenalan cepat dan sensitif. Asus mengklaim bisa mengenai 360 derajat sidik jari pengguna, keren juga ya? 😎

Review kamera Asus Zenfone 4 Max Pro ZC553KL baca di sini: Review Kamera Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL Dual Kamera

Kesimpulan

Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini merupakan smartphone menengah yang sangat menarik. Kombinasi dual kamera dengan lensa wide-angle dan baterai berkapasitas super besar menjadi nilai jual yang sulit disaingi oleh kompetitornya. Performanya relatif memadai, meski bukan yang paling kencang di kelasnya. Kameranya bisa diandalkan di pelbagai kodisi cahaya.

Kelebihan Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

  • Dilengkapi dual kamera wide-angle
  • Kamera depan resolusi tinggi
  • Baterai kapasitas besar, reverse charging
  • Harga sangat bersaing
  • Kamera bisa diandalkan

Kekurangan Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

  • Resolusi layar masih HD
  • Kamera mode low-light tidak tersedia

Anda mungkin suka:Si Cantik Asus Zenfone Zoom S Rose Gold Masuk Indonesia


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

16 Replies to “Review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL: Dual Kamera…”

  1. Dual kamera dengan baterai besar yang harganya under 3 juta ya cuma Asus Zenfone 4 max pro ini… Btw dual kameranya bisa bokeh nggak gan?

    1. lah kan udah ane jelasin di spek Asus Zenfone 4 Max pro gan, kamera belakangnya itu 16 megapiksel + 5 megapiksel. Kamera depan baru 16 megapiksel 🙂

    1. Seingat saya pas peluncuran Zenfone 4 series, Asus mengatakan bahwa lini Zenfone 3 dan Zenfone 4 bakal dapat update ke Android Oreo. Termasuk Zenfone 4 Max Pro ini 🙂

  2. Zenfone 4 max pro kelihatannya bersaing dg Mi A1, ya mas? Dual kamera dg harga hampir sama, waktu diluncurkannya jg berdekatan. Kalau dari sisi kualitas kamera bagusan mana kedua hp tsb, mas?

    Lalu kalau dibandingkan dg kualitas kamera Zenfone 3 dan Infinix Zero 4 yg harganya hampir sama dan juga mengedepankan sisi fotografi bagaimana, mas?

    Saya sendiri pakai zenfone 3 (ze520kl) yg dulu sebelum beli saya baca reviewnya dari TuxlinBlog ini. Setelah nyoba sendiri, kameranya memang mantap dan sesuai tagline “built for photography”. Mode auto hasilnya jernih. Pakai mode DoF, bokehnya terlihat oke, meskipun bukan hp dual kamera. Yg paling berkesan mode manual yg sangat leluasa utk kamera HP, terutama slow shutter speed yg bisa sampai 32″. Sayangnya baterai kapasitas kecil.

    1. Betul, Asus Zenfone 4 Max pro bersaing ketat dengan Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus. Berdasarkan hasil review ini dan review Mi A1/G5S Plus yang beredar di internet, kameranya masih bagus Xiaomi dan Motorola. Akan tetapi, tentunya akan lebih afdol jika pegang langsung. Saya belum pernah pegang Mi A1 maupun Moto G5S Plus hehehehe….

      Infinix Zero 4 saya pernah coba, masih unggul Zenfone 3 ZE520KL. Seri Zenfone 3 ZE520KL ini sebenarnya mantap, memang baterainya standar… Tapi cukup lah untuk kebutuhan seharian 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.