Review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL: Dual Kamera Berstamina

16

Review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Akhirnya kita sampai pada bagian akhir dari review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL! Smartphone ini bisa dikatakan sebagai penerus dari Zenfone 3 Max ZC553KL dengan peningkatan signifikan di sektor kamera dan baterai. Sayangnya, penurunan spesifikasi terjadi pada resolusi layarnya! 🙄 Smartphone ini hadir dengan desain yang berbeda dengan build quality yang terbilang solid.

Kinerja yang ditawarkan oleh Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini memang sama seperti pendahulunya yang juga mengandalkan sokongan SoC Snapdragon 430 octa-core. Saat digunakan untuk komunikasi sehari-hari, menjalankan aneka aplikasi sosial media, dan juga gaming relatif bukan masalah bagi Zenfone 4 Max Pro ZC554KL. Ponsel ini tetap menunjukkan performa yang smooth dan hampir tak ada lag.

Baca juga:Review Asus Zenbook Pro UX550: Ultrabook Impian

Layar

Mengandalkan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD, Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini malah menurun jika dibandingkan dengan pandahulunya. Layar ponsel ini memiliki kualitas yang cukup baik dengan warna yang punchy, tajam, dan touchscreen yang sensitif.

Resolusi yang hanya HD ini membuatnya kalah kelas jika dibandingkan dengan Zenfone 3 Max ZC553KL. Kepadatan layar yang mencapai 267 ppi tentu bukan lawan sepadan dengan Zenfone 3 Max yang mencapai 401 ppi. Terlepas dari hal itu, performa layarnya di bawah sinar matahari terbilang lumayan.

Audio

Loudspeaker bawaan Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini terbilang kencang! Tuxlin Blog cukup menikmati mendengarkan musik dengan speakernya, meski karakter suaranya masih dominan treble. Berbeda halnya ketika Tuxlin menjajalnya dengan headphone Sennheiser HD 202 II untuk memutar musik The Sins and The Sentence milik Trivium, solid! Bass-nya bulat dan kuat, treble yang dihasilkan detail, dan vokalnya jelas.

Baca juga:Review Asus Zenfone Live ZB501KL: Cantik dengan BeautyLive

Memori Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

Memori

Pada review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL kali ini, memori internal atau ROM yang tersisa saat partama kali dihidupkan adalah 22,75GB. Sedangkan free RAM Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini rata-rata 1,6 – 1,8GB. Smartphone ini didukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal dedicated slot. Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini juga mendukung USB OTG.

Baterai

Baterai menjadi keunggulan utama Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL dengan kapasitas mecapai 5000mAh! Jelas melebihi pendahulunya yang hanya 4100mAh. saya tahan baterai smartphone ini laik mendapat acungan jempol gaes! Berdasarkan pengalaman Tuxlin, setidaknya sekali cas Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini mampu bertahan hingga 2 hari.

Ketika penggunakan intensif, baterai bisa bertahan 1,5 hari dengan SoT rata-rata di atas 5 jam. Sebenarnya soal konsumsi daya ini juga dipengaruhi pola atau cara kita menggunakan ponsel. 🙂 Sayangnya, ngecas smartphone ini lumayan lama gaes, lebih dari 2,5 jam.

Lain-lain

Konektivitas Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini terbilang lengkap. Lock GPS terbilang cepat dan akurat. Smartphone ini dibekali dengan dukungan dual nano SIM yang mana keduanya bisa 4G LTE secara bergantian. Fitur lain seperti WiFi, Bluetooth, dan sebagainya relatif tak ada masalah.

Performa sensor sidik jari atau fingerprint sensor pada review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL sangat baik. Proses pengenalan cepat dan sensitif. Asus mengklaim bisa mengenai 360 derajat sidik jari pengguna, keren juga ya? 😎

Review kamera Asus Zenfone 4 Max Pro ZC553KL baca di sini: Review Kamera Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL Dual Kamera

Kesimpulan

Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL ini merupakan smartphone menengah yang sangat menarik. Kombinasi dual kamera dengan lensa wide-angle dan baterai berkapasitas super besar menjadi nilai jual yang sulit disaingi oleh kompetitornya. Performanya relatif memadai, meski bukan yang paling kencang di kelasnya. Kameranya bisa diandalkan di pelbagai kodisi cahaya.

Kelebihan Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

  • Dilengkapi dual kamera wide-angle
  • Kamera depan resolusi tinggi
  • Baterai kapasitas besar, reverse charging
  • Harga sangat bersaing
  • Kamera bisa diandalkan

Kekurangan Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL

  • Resolusi layar masih HD
  • Kamera mode low-light tidak tersedia

Anda mungkin suka:Si Cantik Asus Zenfone Zoom S Rose Gold Masuk Indonesia

16 COMMENTS

  1. Dual kamera dengan baterai besar yang harganya under 3 juta ya cuma Asus Zenfone 4 max pro ini… Btw dual kameranya bisa bokeh nggak gan?

  2. Zenfone 4 max pro kelihatannya bersaing dg Mi A1, ya mas? Dual kamera dg harga hampir sama, waktu diluncurkannya jg berdekatan. Kalau dari sisi kualitas kamera bagusan mana kedua hp tsb, mas?

    Lalu kalau dibandingkan dg kualitas kamera Zenfone 3 dan Infinix Zero 4 yg harganya hampir sama dan juga mengedepankan sisi fotografi bagaimana, mas?

    Saya sendiri pakai zenfone 3 (ze520kl) yg dulu sebelum beli saya baca reviewnya dari TuxlinBlog ini. Setelah nyoba sendiri, kameranya memang mantap dan sesuai tagline “built for photography”. Mode auto hasilnya jernih. Pakai mode DoF, bokehnya terlihat oke, meskipun bukan hp dual kamera. Yg paling berkesan mode manual yg sangat leluasa utk kamera HP, terutama slow shutter speed yg bisa sampai 32″. Sayangnya baterai kapasitas kecil.

    • Betul, Asus Zenfone 4 Max pro bersaing ketat dengan Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus. Berdasarkan hasil review ini dan review Mi A1/G5S Plus yang beredar di internet, kameranya masih bagus Xiaomi dan Motorola. Akan tetapi, tentunya akan lebih afdol jika pegang langsung. Saya belum pernah pegang Mi A1 maupun Moto G5S Plus hehehehe….

      Infinix Zero 4 saya pernah coba, masih unggul Zenfone 3 ZE520KL. Seri Zenfone 3 ZE520KL ini sebenarnya mantap, memang baterainya standar… Tapi cukup lah untuk kebutuhan seharian 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here