Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review JBL C150SI, Headset 100 Ribuan Terbaik?

3 min read

Review JBL C150SI

Review JBL C150SI, Headset 100 Ribuan Terbaik? – Halo Pembaca! Kalian tentu udah nggak asing lagi dengan brand audio JBL kan? Yoi, JBL ini udah terkenal banget dengan jajaran speaker bluetooth tahan air yang bass-nya tuh jedag-jedug hehehe… JBL ini juga punya lini headset IEM (In-Ear Monitor) yang harganya lumayan murah, yakni JBL C150SI. Tuxlin Blog beli headset ini dengan harga 100 ribuan aja dan kalau pas flash sale atau event diskon lainnya, kalian bisa dapat harga yang lebih murah. 😉 Sebelumnya sih Tuxlin udah pernah review JBL C100SI yang notabene adalah pendahulunya. Makanya, Tuxlin penasaran apakah JBL C150SI ini menawarkan peningkatan kualitas suara yang signifikan nggak atau signature sound-nya beda atau nggak.

Beberapa orang bilang kalau JBL C150SI ini adalah salah satu headset IEM 100 ribuan terbaik. Ah yang bener? Nah ini dia nih yang bikin Tuxlin makin penasaran dan akhirnya beli headset ini. Sebelumnya Tuxlin udah nyobain beberapa headset murah kayak Haylou H8 dan hasilnya memuaskan! Nah kali ini Tuxlin bakal berbagi pengalaman setelah menggunakan headset JBL C150SI, apakah bakal lebih bagus dari pesaingnya atau nggak. Kalau dilihat dari spesifikasi teknis, JBL C150SI ini nggak jauh beda sama JBL C100SI dan tampang keduanya pun mirip. Penasaran kan? Simak review JBL C150SI oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review JBL C150SI, Headset 100 Ribuan Terbaik?

Spesifikasi JBL C150SI

  • Model: JBL T150SI
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe dinamis
  • Speaker Impedansi: 16±3.2 ohm
  • Sensitivitas 100±3 dB/mW
  • Maximum SPL 5 mW
  • Rated power input 3mW
  • Berat: 3,4 gram
  • Diameter driver 9 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz – 20kHz
  • Dilengkapi microphone
  • Dilengkapi 3 ukuran eartips (S/M/L)
  • Kabel standar, tidak dilengkapi Sleeve

Anda dapat membeli atau cek promo JBL C150SI di Sini (Klik)

Paket Penjualan JBL C150SI

Paket Penjualan JBL C150SI
  • Headset JBL C150SI varian warna Hitam
  • Eartips
  • Kartu garansi
  • Manual

Desain JBL C150SI

Review JBL C150SI, Headset 100 Ribuan Terbaik? 1

Tampang atau desain pada review JBL C150SI ini sebenarnya nggak jauh beda dari pendahulunya. Headset ini dibalut dengan housing plastik yang menggunakan finishing glossy pada bagian belakang dan doff pada bagian depan. Finishing glossy sebenarnya lumayan keren, sob! Eh tapi gampang baret kalau kita pakainya sembarangan. Selain itu, plastik yang digunakan di headset ini berasa agak murahan gitu… Ya wajar sih, namanya juga headset 100 ribuan mau minta mewah. 🤣

Oiya, sebenernya headset IEM JBL C150SI ini tersedia dalam beberapa varian warna, tetapi Tuxlin Blog memilih untuk beli yang warna hitam, mengapa? Soalnya dulu pas review JBL C100SI dapat warna putih dan pemakaian jangka panjang jadi menguning… Udah gitu gampang kucel lagi 🤦‍♂️ Oiya, nozzle JBL C150SI ini mengusung desain asimetris alias agak miring sekian derajat guna mendukung kenyamanan saat pemakaian. Desain miring begini udah umum kok dipakai di headset IEM dan Tuxlin pertama kali kenal desain asimetris ini dari Xiaomi Piston 3 yang keluar di tahun 2015 dulu.

Headset JBL C150SI ini dibekali dengan kabel sepanjang 1,2 meter dan nggak dilengkapi sleeve. Kualitas kabelnya standar aja sih, berasa agak tipis tapi lumayan lentur. Pada bagian microphone, terdapat single button yang memiliki banyak fungsi gaes, yakni mengangkat telepon dan play/pause dengan menekannya sekali. Tombol ini juga bisa digunakan untuk next track dengan menekan tombol dua kali dan previous track dengan menekannya tiga kali. Kece kan? Nah berikut tampang headset JBL C150SI lebih dekat.

Baca juga:Review Xiaomi Capsule Earphone: Unik, Tapi…

Video Unboxing JBL C150SI

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Review JBL C150SI

Review JBL C150SI

Sebagai headset dengan harga murah, Tuxlin Blog sih nggak berharap lebih dari review JBL C150SI kali ini. ya memang bawa brand besar JBL, tapi harga cuma 100 ribuan. Paling nggak, kualitas suaranya lebih baik darpada headset abal-abal yang dijual oleh abang-abang konter hehehe… Bermodalkan single driver dinamis berukuruan 9mm, sehebat apakah headset IEM JBL C150SI?

Kualitas Suara

Seperti biasa, pada review JBL C150SI kali ini Tuxlin Blog menggunakan DAP Fiio M3k dan smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro. Impresi awal saat dengerin beberapa lagu, JBL C150SI ini ternyata mampu menghasilkan suara yang bertenaga dan bass melimpah! Kalau dilihat dari sudut pandang kuping kaleng Tuxlin Blog, JBL C150SI ini menawarkan sound signature v-shape dengan bass yang agak dominan.

Baca juga:Senfer DT6 Pro Review: Suara Makin V Shape, Tetap Detail!

Tuxlin langsung hajar headset ini buat muter aneka lagu metalcore, symphonic metal, dan juga thrash metal. Bass yang dihasilkan memang cukup melimpah, mendalam, dan tetap empuk di kuping, sob! Jadi nggak terlalu jedag-jedug alias boomy yang bikin puyeng hehehe… Dengerin lagu hiphop kayak Mockingbird-nya Eminem atau Dedicated (demo) milik Linkin Park berasa mantap dentuman bass-nya.

Sayangnya nih, meski bass yang dihasilkan cukup melimpah, tapi nggak begitu responsif dan kayak ada buntutnya gitu. Jadi kalau kita dengerin lagu dengan dobel kick drum ngebut kayak lagu Kirisute Gomen milik Trivium atau Nemesis milik Arch Enemy, cuma terdengar mendengung… Nggak detail tendangan dobel kick drumnya. Udah gitu, mid nya berasa kurang detail. Pas dengerin lagu metalcore dari AxeWound, distorsi gitarnya berasa kurang garang dan kurang bertekstur.

Untungnya, JBL C150SI masih dapat menyajika suara vokal yang jelas dan enak, baik suara cowok maupun cewek. Akan tetapi kalau buat vokal growl atau scream, tetep nggak bertekstur gitu. 😅 Clarity yang dihasilkan lumayan sih, tapi bukan yang terbaik di kelasnya. Sedangkan treble-nya berasa cukup crisp dan detail, tanpa bikin kuping sakit. Sedangkan soundstage-nya agak sempit dan kayak ngumpul di tengah gitu. Wajar sih untuk headset 100 ribu-an.

Secara umum, kualitas suara pada review JBL C150SI ini cukup bagus. Apakah terbaik di kelas 100 ribuan? Nggak juga sih menurut Tuxlin. Setidaknya jauh lebih bagus dari headset murahan yang dijual dipasaran. Kualitas mic bawaan headset ini lumayan oke, memadai buat telponan, zoom meeting atau main Smule. 😉👍

Kelebihan JBL C150SI

  • Kualitas suara secara umum bagus
  • Harga murah
  • Bass bertenaga

Kekurangan JBL C150SI

  • Detail dan clarity agak kurang

Anda mungkin suka:Pengalaman Menggunakan Soundmagic E10C, IEM Keren Berkualitas Oke!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

6 Replies to “Review JBL C150SI, Headset 100 Ribuan Terbaik?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *