Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review JBL Tune T110, IEM Murah yang Bassnya Brutal!

3 min read

Review JBL Tune T110, IEM Murah yang Bassnya Brutal! 1

Review JBL Tune T110, IEM Murah yang Bassnya Brutal! – Halo Pembaca Tuxlin Blog! Malem minggu begini pada main kemana? Udah nggak usah kemana-mana gaes… Kan masih PPKM, di rumah aja wkwkwk… Setelah sebelumnya nyobain headset IEM JBL C150Si, sekarang Tuxlin nyobain saudaranya yang harganya sedikit lebih mahal, yakni JBL Tune T110. Selisih harganya sih nggak banyak, cuma puluhan ribu doang. Tuxlin beli IEM (In-Ear Monitor)JBL Tune T110 ini di e-commerce dengan harga Rp 119 ribu dan masih dapat diskon voucher, lumayanlah…๐Ÿ˜‰ Satu hal yang bikin Tuxlin Blog tertarik buat mengulas headset besutan JBL ini adalah dukungan teknologi Pure Bass! Kayaknya cocok nih buat yang suka bass? ๐Ÿค”

Setelah dengerin sound yang dihasilkan JBL C100Si dan C150Si, Tuxlin sih berharap adanya peningkatan kualitas suara dan bass yang lebih empuk gitu… Kalau bass doang yang kenceng kayak Realme Buds Classic sih Tuxlin kurang suka. Sukur-sukur clarity-nya ditingkatin. Lho murah kok minta aneh-aneh? Nggak aneh-aneh sih, soalnya di harga segini banyak kompetitor yang kualitas suaranya lumayan menjanjikan dan kompeten, contohnya KZ EDX atau Haylou H8 yang Tuxlin ulas sebelumnya. Lalu apakah headset IEM andalan JBL ini bakal jadi yang terbaik? Simak reviewJBL Tune T110 oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review JBL Tune T110, IEM Murah yang Ngebass Banget!

SpesifikasiJBL Tune T110

  • Model: JBL Tune T110
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe dinamis
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 103 dB/mW
  • Output maksimal 20 mW
  • Berat: 3,4 gram
  • Diameter driver 9 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz โ€“ 20kHz
  • Microphone Condenser
  • Sensitivity (Microphone) -44 dB (0 dB=1 V/Pa, 1 kHz)
  • Frequency Response (Microphone) 100 โ€“ 10,000 Hz
  • Polar Pattern (Microphone) Omnidirectional
  • Dilengkapi 3 ukuran eartips (S/M/L)
  • Kabel flat, tidak dilengkapi Sleeve

Anda dapat membeli atau cek harga promo JBL T110ย di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Paket PenjualanJBL Tune T110

Paket Penjualan JBL Tune 110
  • Headset IEM JBL Tune T110
  • Eartips
  • Kartu garansi
  • Manual

Baca juga:UE Wonderboom, Speaker Portabel Tangguh Impian Tuxlin Blog!

DesainJBL Tune T110

Desain JBL Tune T110

Soal penampilan fisik atau desain, sebenarnya headsetJBL Tune T110 ini tak jauh berbeda dengan kebanyakan IEM lain yang udah beredar di pasaran. Akan tetapi kalau dibandingin sama JBL C100Si atau C150Si, tampangJBL Tune T110 sedikit berbeda. Bentuk housingnya nggak sebulat dua saudaranya tersebut. Pada reviewJBL Tune T110 kali ini, bentuk lebih tegas dengan sentuhan rounded yang lebih terkesan elegan menurut Tuxlin.

Bahan housing IEMJBL Tune T110 ini masih polikarbonat gan… Ya headset 100 ribuan masak pakai housing metal, nggak cuan ntar produsennya ๐Ÿคฃ Bahan plastiknya itu berasa agak murahan gitu dan menggunakan finishing glossy yang gampang banget kena ninggalin baret atau lecet. Kalau yang make bar-bar, pasti cepet buluk hehehe…๐Ÿ˜†Untungnya sih warna housingnya item, jadi nggak bakal menguning atau keliatan kusam di masa mendatang.

Nozzle pada reviewJBL Tune T110 kali ini sama dengan dua saudaranya, agak serong gitu… *ah siapa suka main serong?* ๐Ÿ˜ Maksudnya agak miring sekian derajat gitu, nggak tepat lurus. Desain seperti ini udah umum diaplikasikan headset jenis IEM guna mendukung kenyamanan saat digunakan dalam waktu lama. Miring begini bukan sembarang miring, tetapi udah diitung berdasarkan bentuk telinga manusia. Begini tampangJBL Tune T110 lebih detail.

Baca juga:Pengalaman Menggunakan Soundmagic E10C, IEM Keren Berkualitas Oke!

JBL Tune T110 ini dibekali dengan kabel sepanjang 1,2 meter tanpa sleeve. Kualitas kabelnya sedikit lebih baik dari dua saudaranya, nggak berasa tipis dan cukup lentur. Sedangkan jack-nya sendir bentuknya nanggung, sob, nggak lurus dan nggak juga L-shape… Ya seperti yang pembaca lihat di atas, agak miring gitu hehehe…JBL Tune T110 ini dilengkapi dengan single button yang berfungsi untuk mengangkat telepon dan play/pause dengan menekannya sekali. Tombol ini juga bisa digunakan untuk next track dengan menekan tombol dua kali dan previous track dengan menekannya tiga kali.

Video UnboxingJBL Tune T110

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia yaย di Sini (Klik)

ReviewJBL Tune T110

Review JBL Tune T110

Kalau dilihat dari spesifikasi teknisnya, IEMJBL Tune T110 ini hampir sama dengan JBL C100Si maupun C150Si yang menggunakan single driver dinamis berukuran 9mm dengan impedansi 16 ohm. Lah terus apa bedanyaJBL Tune T110 dengan dua seri lainnya? Tenang, bedanya nggak cuma tampang doang kok. IEMJBL Tune T110 ini memiliki teknologi Pure Bass yang nggak dimiliki dua saudaranya. Nggak ada informasi yang jelas soal teknologi ini, tetapi dilihat dari namanya sih kayakya bakal bikin bass-nya jedag-jedug kek jantung kalian pas mau ketemu gebetan… ๐Ÿคฃ

Kualitas Suara

Seperti biasa, pada reviewJBL Tune T110 kali ini menggunakan DAP Fiio M3k dan smartphone Asus ROG Phone II sebagai source alias perangkat yang digunakan. Selain itu, Tuxlin nggak pakai ritual burn in segala, langsung tancep dan dengerin aja lagu-lagu yang rata-rata alirannya metal dan rock. ๐Ÿ˜Ž Impresi awal, Tuxlin Blog kaget, ternyata sound signatureJBL Tune T110 ini sedikit berbeda dengan saudaranya sob, ini lebih warm dan bass-nya itu lebih bulat. Ini mungkin gegara fitur Pure Bass yang diusungnya.

Buat yang suka bass gede tapi tetep proporsional dengan budget terbatas, bisa nyobain IEMJBL Tune T110 ini. Tuxlin coba dengerin beberapa lagu yang temponya nggak terlalu cepet seperti Venom – Bullet For My Valentine, Until It Sleep – Metallica, dan juga Dedicated (Demo) – Linkin Park, bass yang dihasilkan headset ini berasa bulat, deep, dan kuantitasnya cukup melimpah. Kalau buat Tuxlin sendiri sih agak kegedean dikit wkwkkw… Sayangnya, nggak bisa diajak ngebut! Tuxlin coba dengerin lagu Nemesis – Arch Enemy dan Kirisute Gomen – Trivium, dobel kick drumnya nggak terdengar jelas. ๐Ÿ˜…

Baca juga:Jaringan Makin Kuat, 3 Indonesia Luncurkan AlwaysOn & KeepOn

Beralih ke mid nih,JBL Tune T110 ini mampu memperdengarkan suara vokal dengan jelas, tapi nggak terlalu detail sih. Tuxlin coba dengerin lagu Supremacy – Tarja Turunen, suara lengkingan nada tingginya tetep enak meski nggak terlalu dramatis. Kalau vokal cowok juga jelas, tapi kalau buat vokal scream/growl gitu berasa kurang garang sob! Kalau kalian cuma dengerin lagu-lagu dengan clean vocal sih masih bisa disajikan dengan baik olehJBL Tune T110. Suara distorsi gitar juga berasa kurang garang di headset ini. Kayaknya cocoknya sih buat dengerin lagu-lagu EDM atau hip-hop deh yang bass nya emang jedag jedug… ๐Ÿค”

Bagaimana dengan high alias treble diJBL Tune T110? Biasanya sih kalau headset murah dengan karakter warm dan bassnya kuat, biasanya treble bakal tersisih… Dan itu juga terjadi diJBL Tune T110 ini gaes. Treble saat mainin lagu Sever The Hands – Trivium sebenarnya masih terdengar dengan baik sih, cuma berasa kurang detail aja. Buat yang sering dengerin lagi berkarakter bright, emang kurang oke. Separasi antar instrumen di headset ini terbilang lumayan bagus untuk harga 100 ribuan.

So, buat kalian yang nyari earphone IEM dengan bass kuat dan kualitas suara yang lumayan bagus, bisa mempertimbangkanJBL Tune T110 ini. Kualitasnya udah cukup baik buat dengerin musik sehari-hari dan mic-nya juga lumayan oke performanya. ๐Ÿ™‚

KelebihanJBL Tune T110

  • Kualitas suara baik
  • Ngebass, cuy! Cocok buat basshead
  • Harga terjangkau

KekuranganJBL Tune T110

Anda mungkin suka:Review Sennheiser MX 375, Suara Mantap Harga Bersahabat


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

8 Replies to “Review JBL Tune T110, IEM Murah yang Bassnya Brutal!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *