Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Advan i45 Berkekuatan 5 MP

4 min read

Review Kamera Advan i45

Review Kamera Advan i45 – Halo Pembaca! Akhirnya Tuxlin Blog ada kesempatan buat membahas review kamera Advan i45 yang mengusung resolusi 5 megapiksel. Nggak cuma itu sob, kamera Advan i45 ini dibekali dengan LED flash yang diklaim cukup terang – Advan menyebutnya sebagai Real Flash. Apa beneran real atau sungguh terang? Nanti ketahuan apakah LED flash-nya beneran terang atau nggak hehehehe…

Tuxlin Blog sih sejak awal nggak terlalu berharap sama kemampuan kamera Advan i45 ini, mengapa? Lha harganya murah meriah masak mau kamera joss haha… Yah minimal setara dengan Android One generasi pertama seperti Evercoss One X atau Mito Impact A10. Penasaran dengan kemampuan kamera Advan i45? Sumak ulasan review kamera Advan i45 oleh Tuxlin Blog kali ini.

Review Kamera Advan i45

Spesifikasi Kamera Advan i45

Seperti yang sudah Tuxlin Blog singgung di atas, spesifikasi kamera yang diusung oleh smartphone 4G LTE Advan i45 ini relatif standar di kelas entry-level. Pada review kamera Advan i45 kali ini memang Tuxlin Blog maklum, asal hasil jepretannya nggak kebangetan aja hehehehe….

Ponsel 4G Advan i45 ini dibekali dengan kamera belakang berkekuatan 5 megapiksel yang didukung lensa aperture f/2.8 ditandemkan dengan fitur autofokus dan LED flash. Nah Advan pakai gimmick marketing “Real Flash” yang diklaim mampu memancarkan cahaya hingga 3 meter.

Sedangkan kamera depan, Advan i45 mengandalkan resolusi 5 megapiksel untuk ritual foto selfie. Sektor video, Advan i45 nggak terlalun istimewa menurut Tuxlin Blog. Kamera belakang ponsel 4G murah ini mampu merekam video dengan resolusi HD 720p. Sedangkan kamera depan mampu merekam video dengan reolusi VGA atau 480p.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Advan i45 di sini (klik) atau melalui aplikasi iOS/Android di Sini (klik)

Antarmuka Kamera Advan i45

Antarmuka Kamera Advan i45

Sama seperti review sebelumnya, pada review kamera Advan i45 kali ini Tuxlin Blog menggunakan aplikasi kamera bawaan. Sesuai dugaan, ternyata ponsel 4G besutan merek lokal Advan ini menggunakan aplikasi MediaTek Camera App sebagai aplikasi defaultnya. Bagi pengguna smartphone bertenaga chipset MediaTek atau pembaca Tuxlin Blog yang sering mantengin  review kamera di sini, pasti nggak asing lagi dengan tampilan antarmuka di atas.

Aplikasi kamera bawaan i45 andalan Advan ini mengusung dua menu bar kanan kiri yang mengapit viewfinder. Menu bar sebelah kiri terdapat ikon mode kamera yang terdiri dari normal, live photo mode, face beauty (mode wajib jamaah narsisyah 😆 ), motion track mode, mode panorama, dan mode multi angle view.

Sedangkan menu bar sebelah kanan terdapat shortcut atau akses cepat ke galeri, tombol shutter, tombol mode perekam video, dan tombol setting. Bagian atas viewfinder terdapat empat tombol yang terdiri dari V gesture detection, HDR (High Dynamic Range), tombol untuk setting LED flash (on, off, dan auto), dan tombol switch kamera (depan atau belakang).

Mode live photo yang disediakan Advan i45 ini berfungsi merekam video sesaat sebelum kita memotret sebuah obyek. Sedangkan mode motion track berguna untuk mengunci fokus saat memotret obyek bergerak.

Sedangkan mode face beauty adalah andalan anggota Jamaah Narsisiyah 😆 Sangat cocok buat wajahnya yang kayak bulan purnama, penuh kawah dan jerawat Smile with tongue out Mode face beauty akan menghaluskan kulit dengan sekejab hehehehe…. Adapun mode multi angle view yang sebenarnya nggak jauh berbeda dengan mode panorama.

Spesifikasi Kamera Advan i45screenshot kamera Advan i45 Tuxlin Blog_03screenshot kamera Advan i45 Tuxlin Blog_04

Aplikasi kamera bawaan i45 besutan Advan ini memungkinkan kita mengatur beberapa parameter gan, antara lain geotagging, exposure, scene mode (auto, night, sunset, party, portrait, landscape, night portrait, theatre, Beach, Snow, Steady Photo, Fireworks, Sports, dan Candle light), white balance, image properties (sharpness, hue, saturation, brightness, dan contrast), dan anti flicker.

Nggak cuma itu sob, kamera Advan i45 ini juga menyediakan pengaturan ISO dengan rentang 100 – 1600 yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Nggak lengkap kalau nggak ada efek warna atau filter, begitu juga pada review kamera Advan i45 kali ini. Efek filter yang disediakan relatif standar yang terdiri dari Mono, Sephia, Negative, Aqua, Blackboard, dan Whiteboard.

Adapun fitur EIS (Electronic Image Stabilization) untuk mengurangi blur saat memotret obyek bergerak atau tangan kita bergoyang pas merekam video. Tuxlin Blog sempat menjajal fitur V gesture atau kamera otomatis memotret ketika jari kita membentuk huruf V, hasilnya? Nggak jalan Smile with tongue out

Pada review kamera Advan i45 kali ini, Tuxlin Blog juga menjajal fitur smile shot yang mana kamera otomatis menjepret gambar jika terdeteksi ada senyuman, hasilnya? Sukses! Ngomongin soal senyum, Tuxlin Blog jadi teringat senyum manismu…. *mulai ngaco 😆

Berikut ini beberapa foto hasil jepretan kamera ponsel 4G LTE Advan i45 yang telah di-resize ke 800 x 600 piksel. Mengapa harus di-resize? Soalnya hosting Tuxlin Blog agak kacrut, kalau gambarnya gede-gede bisa lemot nih blog wkwkwkw… Langsung cek saja hasil foto kamera Advan i45 di halaman berikutnya Smile

Anda mungkin suka:ZTE Blade L3, Siap Saingi Asus Zenfone Go ZC451TG

Hasil Foto Kamera Advan i45 HDR

Hasil Foto Kamera Advan i45 HDRHasil Foto Kamera Advan i45 HDR

Hasil Foto Kamera Advan i45 Siang Hari

Hasil Foto Kamera Advan i45 Siang HariHasil Foto Kamera Advan i45 Siang Hari

Sampel foto pertama di-crop

Hasil Foto Kamera Advan i45 Siang HariHasil Foto Kamera Advan i45 Siang HariHasil Foto Kamera Advan i45 Siang Hari

Indoor

Hasil Foto Kamera Advan i45 Macro

Hasil Foto Kamera Advan i45 MacroHasil Foto Kamera Advan i45 MacroHasil Foto Kamera Advan i45 MacroHasil Foto Kamera Advan i45 Macro

Hasil Foto Kamera Advan i45 Malam Hari

Hasil Foto Kamera Advan i45 Malam HariHasil Foto Kamera Advan i45 Malam HariHasil Foto Kamera Advan i45 Malam HariHasil Foto Kamera Advan i45 Malam Hari

Hasil Foto Kamera Advan i45 Malam Hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Advan i45 Malam Hari dengan LED flashHasil Foto Kamera Advan i45 Malam Hari dengan LED flashHasil Foto Kamera Advan i45 Malam Hari dengan LED flashHasil Foto Kamera Advan i45 Malam Hari dengan LED flashHasil Foto Kamera Advan i45 Malam Hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Advan i45

Hasil Foto Kamera Depan Advan i45

Baca juga:Meizu Pro 6 Bertenaga MediaTek Helio X25 10 Core Diperkenalkan

Review Kamera Advan i45

Akhirnya kita sampai pada bagian akhir dari pembahasan review kamera Advan i45 Open-mouthed smile Udah lihat kan hasil jepretan kamera ponsel 4G LTE murah meriah ini di halaman sebelumnya? Yah hasilnya kayak gitu itu Embarrassed smile Sejak awal postingan ini Tuxlin Blog nggak ngarep banyak dengan kemampuan kamera smartphone ini.

Harapan atau ekspektasi Tuxlin sendiri sebenarnya nggak berlebihan juga, minimal setara kamera Android One generasi pertama. Setelah melihat hasil jepretan Advan i45 di halam sebelumnya, yah memang agak mengecewakan sih. Agak jauh juga kalau dibandingkan dengan Android One.

Kamera Advan i45 ini pada siang hari menghasilkan foto yang kurang tajam dan terlihat seperti berkabut. Warna yang dihasilkan terlihat pudar dan banyak sampel foto Advan i45 ini yang overekspose. Bagaimana dengan detail? Tidak bisa diharapkan sob, suram… Just kidding Lihat saja hasil crop pada sampel foto siang hari yang pertama, seperti kena badai gurun nggak jelas 😆

Dynamic range-nya juga bisa dikatakan agak payah. Ini terlihat area gelap di sisi kiri pada sampel foto siang hari  keempat. Pada mode HDR, mampu memberikan efek signifikan. Hal ini terlihat dari bagian langit yang tak lagi overekspose dan bayangan di bawah pohon pisang menjadi sedikit lebih terang.

Pada review kamera Advan i45, Tuxlin juga menjajalnya untuk memotret macro. Sayangnya, hasil jepretan macro smartphone 4G LTE murah meriah ini kurang memuaskan. Warna yang dihasilkan memang tidak terlalu pudar dan masih mendekati akurat, tetapi kurang tajam.

Efek blurr atau bokeh yang dihasilkan Advan i45 ini juga kurang mantap untuk kelas entry-level sekalipun. Sedangkan detail yang dihasilkan relatif agak kurang. Jelas, untuk kelas entry-level Advan i45 ini kurang cocok untuk foto macro.

Bagaimana dengan kemampuan kameranya di malam hari? Wah Tuxlin Blog agak susah nih ngomongnya… Kalau mau jujur, hasil jepretan pada malam hari khususnya low-light sangat suram dan mengecewakan. Foto yang dihasilkan sama suramnya dengan generasi muda Indonesia yang dididik oleh sinetron atau acara reality show nggak jelas 😆 *malah ngaco Smile with tongue out

Foto yang dihasilkan gelap dan warna yang dihasilkan agak jauh dari aslinya. Saat digunakan pada kondisi cahaya yang agak mendingan, foto masih kurang tajam dan nggak detail. Akibatnya, foto mie ramen yang menggairahkan selera makan jadi terlihat seperti mi instan dikasih telur wkwkwkw 😆

Kecepatan fokus kamera Advan i45 ini memang agak lambat dan pada kondisi malam hari akan semakin lambat lagi. Lalu soal Real Flash gimana? Itu sih cuma gimmick marketing saja sob! Berdasarkan ujicoba yang Tuxlin Blog lakukan pada review kamera Advan i45 kali ini menunjukkan bahwa LED flash nya tidak terlalu terang.

Sedangkan performa kamera depan Advan i45 ini terbilang lumayan untuk kelas entry-level. Meski karakternya agak soft, hasil fotonya masih bisa dinikmati dengan warna yang mendekati akurat.

Secara umum, Tuxlin Blog menilai review kamera Advan i45 ini kurang mantap untuk kelas entry-level. Hasil foto siang hari yang notabene cahaya melimpah kurang memuaskan, begitu juga dengan foto macro-nya. Kecepatan fokus kamera ponsel 4G LTE murah meriah ini relatif lambat dan semakin lambat ketika kondisi cahaya minim.

Saat malam hari, jelas kamera Advan i45 ini tidak bisa diandalkan. Harga yang ditawarkan memang murah meriah gan, tetapi menurut Tuxlin dengan harga kisaran Rp 900 ribuan, kemampuan kameranya minimal setara Android One generasi pertama. Sukur-sukur setara Accesgo Gotune 3 Open-mouthed smile Sampai di sini dulu review kamera Advan i45, semoga bermanfaat bagi pembaca semua Smile

Anda mungkin suka:Harga Oppo F1 Plus 5,5 Juta, Diluncurkan di Indonesia


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

6 Replies to “Review Kamera Advan i45 Berkekuatan 5 MP”

  1. wiiih gokil juga tuh hape. makasih gan infonya. ohiya ]katanya Sony Experia yang baru punya kamera gokil loh gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *