Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Evercoss Winner T Selfie R40H

5 min read

Review Kamera Evercoss Winner T Selfie

Review Kamera Evercoss Winner T Selfie – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog membahas review kamera Evercoss Winner T Selfie R40H yang telah diluncurkan Oktober 2016 lalu. Sebenarnya smartphone ini udah agak lama nongkrong di Tuxlin Lab, tetapi ketimbun kenangan masa lalu gadget lain, jadi kelupaan deh hahahaha…

Oiya, kamera memang menjadi fitur andalan ponsel Evercoss Winner T Selfie ini karena didukung kamera yang dapat diputar 180 derajat. Ini berarti kamera utamanya dapat difungsikan sebagai kamera depan untuk foto selfie, keren bukan? Untuk smartphone dengan harga 600 ribu-an yang udah keren bingitsss hehehehe… Penasaran? Simak review kamera Evercoss Winner T Selfie oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Kamera Evercoss Winner T Selfie

Spesifikasi Kamera Evercoss Winner T Selfie

Spesifikasi kamera Winner T Selfie besutan Evercoss ini memang nggak istimewa Sob, meski sebenarnya kameralah yang paling ditonjolkan oleh smartphone ini. Yah maklum lah, smartphone dengan harga Rp 600 ribu-an tuh kayak gini udah bagus 😆 Nggak mungkin dong minta kamera emejing sekelas Asus Zenfone 3? 😛

Evercoss Winner T Selfie hanya dibekali sebuah kamera saja dengan resolusi 8 megapiksel yang didukung dengan lensa aperture f/2.8 dan diperkuat dengan fitur autofokus. Nggak sampai di situ Sob, Evercoss juga membekali kamera Winner T Selfie ini dengan dual LED flash untuk membantu memotret di tempat gelap.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Evercoss Winner T Selfie R40H di Sini (Klik)

Evercoss Winner T Selfie pakai sensor apa gan? Jujur aja, Tuxlin Blog nggak tahu, tanyalah pada nganu yang bergoyang… 😆 Salah satu kelebihan kamera Winner T Selfie  ini adalah dapat diputar 180 derajat. Nggak ada mekanisme otomatis.

Kita harus menggunakan bantuan kuku untuk menarik kamera keluar dari sarangnya 😀 Jadi, kamera utama Evercoss Winner T Selfie ini juga berfungsi sebagai kamera depan 🙂 Oiya, kamera ponsel merk lokal ini mampu merekam video dengan resolusi HD 720p.

Baca juga:Review Evercoss Winner T Plus Compo Big Speaker

Antarmuka Kamera Evercoss Winner T Selfie

Kamera Winner T Selfie

Pada review kamera Evercoss Winner T Selfie kali ini, Tuxlin Blog menggunakan aplikasi kamera bawaan. Sayangnya, aplikasi kamera bawaannya adalah Google Camera 🙁 Ada yang salah dengan Google Camera? Sebenarnya nggak ada yang salah sih, cuma minim fitur aja Sob.

Bandingkan saja dengan aplikasi kamera generik MediaTek aja Google Camera masih kalah dari segi fitur dan fasilitas didalamnya. Penampilan UI atau antarmukanya memang minimalis, meski diikuti dengan fitur yang minimalis pula 😆

Tampilan antarmuka kamera Winner T Selfie terdiri dari dua bagian, yakni Viewfinder dan panel menu. Tak banyak tombol atau ikon di kamera ponsel ini. Pada panel viewfinder terdapat ikon tiga dot dan pengaturan flash (ikon petir). Sedangkan pada panel menu terdapat tombol shutter berukuran besar berwujud kamera. Juga terdapat ikon bergambar lipstik untuk mengaktifkan mode Beautify (mode favorit jamaah Narsisiyah ini 😆 )

Winner T Selfie

Lalu fitur atau pengaturan apa yang dapat diakses melalui menu 3 dot yang terdapat pada bagian atas LED flash? Ada empat pengaturan Sob, yakni LED flash (On, Auto, dan Off), show/hide gridline, pengaturan timer (off, 3S dan 10S), dan pengaturan EV atau ekxposure value. Tuxlin Blog rasa itu fitur basic banget dan sudah menjadi fasilitas wajib untuk smartphone masa kini.

Baca juga:Review Kamera Evercoss Winner T Plus Compo

Winner T Selfie

Nggak ada aneka mode pada review kamera Evercoss Winner T Selfie ini. Hanya ada satu mode yang tersedia, dan itu sangat penting bagi kaum narsis: Beautify! 😆 Yap, kita bisa mengaktifkan mode Beautify ini dengan menyentuh ikon bergambar lipstick atau bahasa kerennya adalah gincu wkwkwkw 😛

Setelah mode ini aktif, maka akan muncul slider untuk menentukan level efek Beautify-nya. Kalau mukanya penuh jurang terjal berliku bekas jerawat, langsung geser slider sampai mentok, Sob! Hahahaha… 😆 Kamera ponsel lokal ini juga menyediakan filter atau color effect yang dapat diakses melalui menu Setting, antara lain adalah Mono, Negative, Sepia, Cold, dan Antique. Sedangkan scene yang disediakan kamera Winner T Selfie besutan Evercoss ini antara lain Auto, Action, Night, Normal, Portrait, dan Landscape.Winner T Selfie

Kita bisa mengaktifkan mode perekaman video dengan melakukan swipe layar dari kiri ke kanan. Beberapa pengaturan teknis yang disediakan oleh kamera Evercoss Winner T Selfie berdasarkan pantauan Tuxlin Blog antara lain adalah White Balance, Contrast, Brightness, ISO (Auto, 100, 200, 400, 800, 1600), Saturation, Matering, dan banyak lagi.

Penasaran pengen lihat hasil foto kamera Evercoss Winner T Selfie? Langsung saja cekidot halaman berikutnya Sob! Seperti biasa, foto Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel untuk memudahkan proses upload.

Baca juga:Harga Xiaomi Redmi 4A Terbaru, Mulai Dijual di Indonesia

Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T Selfie Siang Hari

Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T Selfie Siang Hari
Sample 1 Siang Hari
Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T Selfie Siang Hari
Sample 1 Siang Hari di-crop

Ketika foto di-crop, terlihat bahwa detail yang dihasilkan sangat payah dan terdapat garis-garis vertikal yang sebenarnya lumayan mengganggu 🙂

Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T Selfie Macro

Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T Selfie Macro
Sample 1 Macro
Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T Selfie Macro
Sample 1 Macro di-crop

Berbeda dengan sampel foto sampel foto siang hari, sampel foto macro yang telah di-crop ini tidak menampakkan garis-garis vertikal yang mengganggu.

Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T Selfie Malam Hari

Jepretan foto malam hari bisa dikatakan lumayan untuk smartphone dengan harga terjangkau seperti Evercoss Winner T Selfie ini.

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi 3X dengan Sensor Samsung

Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T Selfie Malam Hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Evercoss Winner T Selfie Malam Hari dengan LED flash
Kiri LED flash off, kanan LED flash on

Kemampuan dual LED flash yang diusung oleh Evercoss Winner T Selfie memang agak mengecewakan dan hanya efektif jika digunakan jarak dekat.

Hasil Foto Selfie Kamera Evercoss Winner T Selfie

Hasil Foto Selfie Kamera Evercoss Winner T Selfie
LED flash off
Hasil Foto Selfie Kamera Evercoss Winner T Selfie
LED flash on

Baca juga:Harga & Spesifikasi Asus Zenfone 3 Laser ZC551KL, Sudah Tersedia di Indonesia

Review Kamera Evercoss Winner T Selfie

Review Kamera Evercoss Winner T Selfie

Akhirnya kita sampai pada bagian akhir dari review kamera Evercoss Winner T Selfie R40H! Smartphone dengan harga yang sangat terjangkau ini memang tampil menarik dengan kamera yang dapat diputar 180 derajat. Memutar kameranya harus menggunakan bantuan kuku dan itu cukup mudah.

Hanya saja konstruksinya terkesan agak ringkih. Ketika kita memutar kamera dari belakang ke depan, maka aplikasi kamera langsung aktif. Eh tapi ini nggak berlaku jika layar terkunci ya. Satu lagi kelebihan yang ditawarkan oleh Evercoss Winner T Selfie ini adalah dilengkapi dengan tombol shutter dedicated, jadi lebih nyaman saat kita ambil foto Sob 😀

Hasil jepretan atau foto dari kamera Evercoss Winner T Selfie ini kita nggak boleh berekspektasi terlalu tinggi. Walau bagaimanapun juga, Winner T Selfie tetaplah sebuah smartphone entry-level dengan harga Rp 600 ribuan.

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone 3 ZE520KL: Flagship Class

Foto yang dihasilkan saat siang hari sebenarnya warnanya cukup bagus, tetapi saat kondisi terlalu terang atau tersorot matahari, foto yang dihasilkan langsung pudar warnanya. Selain itu, foto juga menghasilkan noise yang lumayan terlihat dengan detail yang terbilang kurang. Terlebih terlihat adanya garis-garis vertikal yang mengganggu.

Meski dijual dengan harga yang terjangkau, kamera Evercoss Winner T Selfie ini dilengkapi dengan fitur autofokus Sob 😀 Tuxlin Blog menjajalnya memotret beberapa foto macro. Hasilnya? Kecepatan fokus kamera Winner T Selfie memang terbilang lambat, begitu juga dengan proses save foto. Hasil jepretan foto macro-nya mampu menghasilkan bokeh yang baik. Sayangnya, lagi-lagi warna yang dihasilkan kusam dan pudar. Sedangkan detailnya terbilang lumayan.

Saat digunakan pada malam hari, review kamera Evercoss Winner T Selfie ini terbilang diluar dugaan Tuxlin Blog. Kameranya ternyata mampu menghasilkan foto yang laik. Seperti biasa, noise terlihat sangat mengganggu dan fotonya nggak detail. Namun, warna yang dihasilkan lumayan dan obyeknya terlihat cukup jelas. Saat digunakan di lingkungan indoor, Winner T Selfie relatif dapat diandalkan.

Dukungan dual LED flash pada ponsel Evercoss Winner T Selfie R40H ini agak mengecewakan menurut Tuxlin Blog. Bahkan saat sortir foto sempat bingung foto mana yang pakai flash dan tidak pakai flash 😆 Nggak percaya? Cek halaman sebelumnya bagian perbandingan foto LED flash off vs LED flash on 😛

Sedangkan ketika digunakan untuk swafoto atau foto selfie, hasilnya cukup memuaskan di kelas entry-level. Dukungan dual LED flash-nya memungkinkan kita foto selfie di mana saja. Bahkan kalau mau bisa nyoba selfie di kuburan, tetep kelihatan kok muka kita kalau dibantu LED flash, tapi nggak jamin bakal muncul penampakan atau kagak 😆

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Evercoss Winner T Selfie R40H di Sini (Klik)

Secara umum, review kamera Evercoss Winner T Selfie R40H oleh Tuxlin Blog kali ini cukup baik di kelas entry-level. Dukungan dual LED flash dan kemampuan autofokusnya menjadi daya tarik tersendiri. Hasil jepretan kamera ponsel lokal ini memang tak bisa dikatakan bagus, tetapi cukup laik untuk harga Rp 600 ribu-an. Sampai di sini dulu ulasan review kamera Evercoss Winner T Selfie R40H kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

Anda mungkin suka:Samsung Galaxy J1 Mini Prime 4G Mulai Dijual di Indonesia


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

4 Replies to “Review Kamera Evercoss Winner T Selfie R40H”

  1. Hasil kamer malam cukup bagus ya gan…. Kalo dibandingin note 7 mending yang ini,, soalnya note7 pas di cekrek langsung terbakar ponselnya.. hehe
    eh salah bandinganya z2 yang tizen itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *