Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Infinix Note 11, Jernih Nggak Hasil Fotonya?

4 min read

Review Kamera Infinix Note 11, Jernih Nggak Hasil Fotonya?

Review Kamera Infinix Note 11, Jernih Nggak Hasil Fotonya? – Halo Pembaca! Pada kesempatan yang berbahagia ini, Tuxlin bakal bahas kemampuan kamera smartphone Infinix Note 11! 😎 Brand asal Tiongkok yang sering disebut sebagai ‘pawangnya’ MediaTek ini emang udah rilis beberapa smartphone menengah di pasar tanah air, salah satunya adalah Infinix Note 11 yang merupakan salah satu smartphone dengan layar AMOLED termurah saat ini. Nggak cuma mengandalkan layar yang ciamik, Infinix Note 11 juga dipersenjatai dengan kemampuan fotografi yang bersaing di kelasnya dengan dukungan tiga buah kamera belakang dan sebuah kamera depan.

Kamera utama Infinix Note 11 ini berkekuatan 50 megapiksel dengan dukungan sensor yang saat ini lagi laris manis dipakai di smartphone mainstream, yakni Samsung ISOCELL JN1. Sejauh ini Tuxlin udah nyobain beberapa smartphone yang pakai sensor kamera ini dan hasilnya bagus sih, meski nggak bisa dikatakan istimewa. Sebenarnya hasil fotonya bisa berbeda tiap produsen, tergantung optimasi masing-masing. Lalu apakah racikan Infinix Note 11 ini bakal mampu menghasilkan foto yang jernih? Berikut review kamera Infinix Note 11 oleh Tuxlin Blog!

Review Kamera Infinix Note 11, Jernih Nggak Hasil Fotonya?

Spesifikasi Kamera Infinix Note 11

Spesifikasi kamera Infinix Note 11 ini sebenarnya nggak jauh beda dengan kebanyakan smartphone lain di kelasnya dengan tiga buah kamera belakang dengan desain housing yang elegan. Tentunya yang jadi andalan Infinix Note 11 ini adalah kamera utamanya yang berkekuatan 50 megapiksel dengan lima elemen lensa aperture f/1.6 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan quad LED flash.

Sensor Samsung ISOCELL JN1 yang digunakan pada review kamera Infinix Note 11 ini selain sebagai sensor kamera keluaran terbaru yang mengusung dimensi kecil dan tipis, juga dibekali teknologi anyar ISOCELL 2.0. Teknologi tersebut diklaim mampu meningkatkan sensitivitas hingga 16% dan disematkan teknologi canggih seperti Smart ISO dan Double Super PDAF untuk menghasilkan foto yang lebih berkualitas dari generasi sebelumnya.

Nggak ketinggalan, sensor Samsung ISOCELL JN1 yang digunakan oleh Infinix Note 11 ini dibekali dengan fitur tetrapixel atau pixel binning 4-to-1 yang menggabungkan empat buah piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar. Makanya, nggak heran kalau secara default foto yang dihasilkan pada review kamera Infinix Note 11 ini resolusinya hanya 12,5 megapiksel aja. Kalau mau, kalian bisa juga jepret pakai resolusi native 50MP tanpa pixel binning.

Anda dapat membeli Infinix Note 11 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Sedangkan kamera kedua Infinix Note 11 berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang ponsel pintar ini mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh dengan mode portrait. Sedangkan kamera ketiga berfungsi sebagai AI lens detection yang mana spesifikasinya Tuxlin nggak tahu pasti. Kamera ketiga ini lebih kayak gimik gitu nggak sih?

Buat penggemar foto selfie, Infinix Note 11 ini bisa dikatakan di atas rata-rata lho karena dibekali dengan kamera depan berkekuatan 16 megapiksel dengan sensor BSI CMOS yang ditandemkan dengan lensa f/2.0 fixed focus dan diperkuat dengan dual LED flash, mayankan bisa selfie di tempat yang gelap gulita hehehe… 😅 kelebihan lain dari Infinix Note 11 ini adalah kamera belakangnya bisa rekam video dengan resolusi hingga 2K.

Antarmuka & Fitur Kamera Infinix Note 11

Review Kamera Infinix Note 11, Jernih Nggak Hasil Fotonya? 1

Aplikasi kamera pada review kamera Infinix Note 11 kali ini hadir dengan antarmuka yang sama dengan kamera smartphone Infinix lainnya. Kalau udah pernah pakai hape Infinix, mustinya udah nggak asing lagi ya… Tampilannya terdiri dari viewfinder yang diapit dua baris menu pada sisi kanan dan kirinya. Bagian kiri terdapat menu filter, aspek rasio, mode 50M, HDR, LED flash, dan setting lainnya. Sementara pada bagian bawah terdapat beberapa mode yang dapat dipilih dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri, serta swipe up untuk menampilkan semua mode.

Pada review Infinix Note 11 kali ini juga ada shortcut Google Lens, tombol switch ke kamera depan, dan shortcut untuk mengakses galeri. Sedangkan untuk mode kamera dapat diakses melalui menu rolodex yang bisa digeser-geser sesuai kebutuhan. Mode yang lebih lengkap dapat diakses dengan cara swipe up pada tanda panah kecil.

Baca juga:Review Kamera Realme Narzo 50A, Kayak Gini Hasil Fotonya…!

Review Kamera Infinix Note 11, Jernih Nggak Hasil Fotonya? 2

Mode yang disediakan pada aplikasi kamera Infinix Note 11 ini cukup lengkap gaes, antara lain ada Short Video, Video, AI Cam, Beauty, Portrait, Super Night, AR Shot, Slow Motion (hingga 240fps), Panorama, Pro, Documents, dan Time Lapse. Lumayan lengkap yak mode yang disediakan untuk harga 2 jutaan.

Mode Pro di di kamera Infinix Note 11 juga menyediakan opsi yang lengkap, nggak cuma sekadar tempelan doang. Kita bisa atur aneka parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 6400), Shutter Speed (hingga 30s), dan fokus distance.

Review Kamera Infinix Note 11, Jernih Nggak Hasil Fotonya? 3

Penasaran dengan hasil jepretan kamera Infinix Note 11? Oke, langsung scroll ke bawah saja… Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Infinix Note 11 ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Baca juga:Review Kamera Samsung Galaxy M32, Apakah Cukup Andal?

Hasil Foto Kamera Infinix Note 11 Siang Hari

Hasil Foto Kamera Infinix Note 11 Portrait Mode

Hasil Foto Kamera Infinix Note 11 Macro

Hasil Foto Kamera Infinix Note 11 Malam Hari

Hasil Foto Kamera Infinix Note 11 Night Mode

Review Kamera Infinix Note 11, Jernih Nggak Hasil Fotonya? 34
Night mode off
Review Kamera Infinix Note 11, Jernih Nggak Hasil Fotonya? 35
Night mode on

Baca juga:Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555

Hasil Foto Kamera Infinix Note 11 dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Infinix Note 11

Review Kamera Infinix Note 11

Review Kamera Infinix Note 11

Udah lihat kan kayak gimana hasil foto kamera Infinix Note 11 ini? 🤔 Gimana jernih nggak menurut pembaca? Infinix Note 11 ini dipersenjatai kamera utama 50MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 yang suah umum digunakan di smartphone lain di kelas yang sama. Sejauh ini sih smartphone dengan sensor ini rata-rata hasilnya bagus, tapi nggak istimewa. Lalu bagaimana dengan review kamera Infinix Note 11? 🧐

Saat siang hari, foto yang dihasilkan oleh kamera utama Infinix Note 11 tampak lumayan jernih. Kalau kalian zoom gitu, baru terlihat ada sedikit noise atau grain, tapi nggak mengganggu sih. Tingkat detail yang dihasilkan lumayan tinggi dan cara Infinix menampilkan detail dedaunan juga oke… 👍🏼 Saturasi warna yang dihasilkan cenderung natural.

Baca juga:Review Kamera Realme 8i dengan Sensor Samsung ISOCELL JN1 50MP

Sayangnya nih, kayaknya performa white balance dan eksposure-nya di Infinix Note 11 ini nggak konsisten deh. Kadang foto yang dihasilkan agak warm, kadang overekspose, dan kadang juga undekspose. Selain itu, dynamic range tampaknya perlu ditingkatkan lagi karena detail bayangan jadi kelihatan terlalu gelap, salah satu contohnya adalah sampel foto pohon di area dekat sawah terlihat gelap banget, malah beberapa bagian keliatan hitam. 😅

Performa kamera utama Infinix Note 11 untuk mode portrait tergolong standar di kelasnya. Separasinya nggak terlalu rapi dan efek bokehnya kurang alami, tapi cukup memuaskan untuk harga segini. Kecepatan autofokus pada review kamera Infinix Note 11 ini cukup gegs dan akurat, sehingga mampu menghasilkan foto macro yang oke dengan tingkat detail yang mantap. Sayangnya, kadang foto macro-nya cenderung overekspose atau lebih putih dari aslinya. 😅

Kemampuan kamera Infinix Note 11 saat malam hari atau kondisi low-light malah sedikit di atas rata-rata menurut Tuxlin Blog. 😎Foto yang dihasilkan cukup terang dengan tingkat detail yang masih memadai. Udah gitu, saturasi warnanya tetep oke, nggak pudar 👍🏼 Kalau diperhatikan emang fotonya masih menampilkan noise yang lumayan dan performa autofokusnya melambat. Bisa dimaklumi sih ini.

Nah yang Tuxlin suka dari review kamera Infinix Note 11 ini adalah mode malam alias Night Mode-nya yang mumpuni. Foto yang dihasilkan jadi sangat terang, detail meningkat, dan dynamic range juga makin luas. Cuma kadng terlihat kurang natural aja hehehe… Btw quad LED flash yang diusung Infinix Note 11 sangat ngebantu banget buat motret dalam kondisi gelap.

Hal yang mengejutkan Tuxlin Blog adalah performa kamera depan Infinix Note 11 yang ternyata lebih bagus dari ekspektasi. Foto selfie yang dihasilkan terbilang memuaskan, detail, dan tone warna yang mendekati aslinya. Kamera depan Infinix Note 11 juga bisa diandalkan dalam kondisi low-light lho… Dan ada LED flash depannya 😎 Minusnya cuma opsi beautify nggak terlalu lengkap.

Secara umum, kemampuan kamera Infinix Note 11 ini bersaing di kelasnya. Kamera belakang maupun kamera depannya bisa diandalkan untuk memotret di berbagai kondisi cahaya. Night mode yang disediakan juga lebih keren dari kompetitornya. Hanya saja, kamera utamanya mungkin perlu dioptimalkan lagi agar hasilnya lebih konsisten.

Oke, sampai di sini dulu review kamera Infinix Note 11 oleh Tuxlin Blog kali ini, semoga bermanfaat. 😁

Special thanks to Laptophia for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021, 108MP Masih Mumpuni?


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.