Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera iPhone 6, Berkekuatan 8 Megapiksel dengan True Tone Flash

3 min read

Review Kamera iPhone 6

Review Kamera iPhone 6 – Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog akan review kamera iPhone 6 yang merupakan lanjutan dari review sebelumnya. Seperti apa kemampuan kamera smartphone iPhone 6 yang dijual dengan harga setara dua kamera DSLR kelas entry-level ini? :mrgreen: Jujur saja Tuxlin penasaran dengan hasil jepretan kamera smartphone besutan Apple ini yang berkekuatan 8 megapiksel.

Apple sendiri menggunakan resolusi 8 megapiksel sejak iPhone 4S hingga iPhone 6, tetapi setiap seri selalu menghadirkan peningkatan kualitas 🙂 Perusahaan asal Cupertino ini cukup percaya diri dengan resolusi 8 megapiksel meski para pesaingnya dari Android sudah dipersenjatai dengan kamera 13 megapiksel, 16 megapiksel, bahkan 20,7 megapiksel. Penasaran? Berikut review kamera iPhone 6.

IMG_20150214_190523 Spesifikasi Kamera iPhone 6

Spesifikasi kamera iPhone 6 ini adalah mengusung sensor berukuran 1/3 inci dengan resolusi 8 megapiksel dan aperture f/2.2. Untuk mengakomodasi pengambilan gambar ditempat gelap, Apple mendampingi kamera iPhone 6 ini dengan dual-tone LED flash. Kamera smartphone ini kabarnya menggunakan teknik autofokus yang berbeda dengan kamera smartphone lain, yakni dengan menerapkan phase detection autofocus gan…

Berdasarkan informasi yang diterima Tuxlin, teknik ini biasanya digunakan pada kamera profesional. Cara kerjanya adalah menganalisa cahaya untuk menentukan fokus, sehingga fokus kamera lebih akurat. Teknik ini kabarnya juga mamou meningkatkan kecepatan fokus pada malam hari secara signifikan.

Smartphone lain biasanya menggunakan teknik contrast autofocus, yakni menganalisa kontras untuk menentukan fokus… 😀 Apa cuma iPhone 6 doang yang punya teknologi phase detection autofocus ini gan? Kagak… Samsul Samsung Galaxy S5 juga punya teknologi ini.

Baca juga: Review Kamera Xiaomi Redmi 1S, Berkekuatan 8 Megapiksel

Apple juga membekali iPhone 6 dengan fitur EIS (Electronic Image Stabilization) yang berfungsi untuk mencegah blur saat kita memotret dalam keadaan bergetar… Nah ini yang bikin beda antara kamera iPhone 6 dengan iPhone 6 Plus gan.

Smartphone iPhone 6 hanya mengandalkan EIS, nah kalau iPhone 6 Plus lebih canggih lagi karena udah pake OIS (Optical Image Stabilization). Kamera smartphone ini juga bisa merekam video dengan resolusi full HD dengan frame rate  60fps.

Antarmuka Kamera iPhone 6

Screenshot iPhone 6 Tuxlin Blog03 Secara umum, antarmuka aplikasi kamera bawaan iPhone 6 ini cukup minimalis gan, tapi mudah digunakan… Tuxlin Blog sendiri nggak butuh waktu lama untuk mengerti fungsi-fungsi yang disediakan aplikasi kamera smartphone besutan Apple ini.

Antarmuka aplikasi kamera iPhone 6 ini terdiri dari dua bar menu yang terletak di sisi kanan dan kiri viewfinder. Sisi kiri terdapat pengaturan LED flash, pengaturan HDR, timer, dan switch kamera. Sedangkan sisi kanan terdapat pilihan mode (Photo, video, slow-motion, square, panorama, dll), filter, tombol shutter, dan shortcut untuk membuka galeri. Sekilas terlihat sederhana, tetapi setelah Tuxlin telusuri, fungsinya cukup lengkap 😀

Baca juga:Review Kamera Asus Zenfone 4 Berkekuatan 5 Megapiksel

Screenshot iPhone 6 Tuxlin Blog04 Screenshot iPhone 6 Tuxlin Blog05 Screenshot iPhone 6 Tuxlin Blog06 Screenshot iPhone 6 Tuxlin Blog07

Kamera smartphone ini memang dilengkapi dengan HDR (High Dynamic Range) yang dapat diatur menjadi auto, on, dan off. Juga disediakan filter untuk menghasilkan foto dengan warna yang berbeda. Sayangnya, Tuxlin nggak nyobain kemampuan foto panorama maupun video slow-motion yang disediakan oleh iPhone 6 ini.

Setelah beberapa saat mencoba mengutak-atik aplikasi kamera iPhone 6 ini, ada yang kurang… Ternyata tidak disediakan pengaturan resolusi, ISO, white balance dkk gan! Atau mungkin Tuxlin Blog kelewatan nggak nemu pengaturan itu? Hehehehe… :mrgreen:

Oke, daripada penasaran dengan hasil jepretan smartphone iPhone 6, langsung saja kita mulai saja jeprat-jepretnya 😆 Berikut ini adalah hasil jepretan kamera iPhone 6 yang telah Tuxlin resize menjadi 1024 x 768 piksel untuk memudahkan upload ke blog. Semua foto di sini menggunakan mode auto tanpa pengaturan khusus, jika ada perubahan pengaturan, ada keterangannya di bawah 🙂

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi Note Berkekuatan 13 Megapiksel

Hasil Foto Kamera iPhone 6 HDR

IMG_2564 IMG_2565

Kiri dengan HDR, kanan HDR off

Hasil Foto Kamera iPhone 6 Siang Hari

IMG_2556 indoor

IMG_2557

IMG_2558

IMG_2566

IMG_2569

Hasil Foto Macro Kamera iPhone 6

IMG_2226 IMG_2227 IMG_2562 IMG_2563 IMG_2568 Hasil Foto Kamera iPhone 6 Malam Hari

IMG_2216 IMG_2220

indoor, cahaya berlimpah

IMG_2218

LED flash off

IMG_2219

LED flash on

IMG_2244 IMG_2245

Indoor, LED flash off (kiri) LED flash on (kanan)

IMG_20150214_195225

Xiaomi Redmi Note w/ LED flash on

IMG_2217

iPhone 6 auto, LED flash off

IMG_20150214_194242

Xiaomi Redmi Note, ISO 1600, LED flash off

Baca juga:Kamera Xiaomi Redmi 1S vs Sony Xperia Ray: Duel Kamera 8 Megapiksel

Kesimpulan Review Kamera iPhone 6

Mantap! Itulah kesan pertama Tuxlin Blog ketika melihat hasil jepretan kamera smartphone iPhone 6 besutan Apple ini. Kameranya memang cuma mengusung resolusi 8 megapiksel, tapi kualitasnya mantap gan… Hal ini tak terlepas dari spesifikasi kamera iPhone 6 yang cukup baik dengan mengandalkan sensor berukuran 1/3 inci dengan resolusi 8 megapiksel dan ukuran pikselnya adalah 1.5µm pixel, serta ditrandemkan dengan dual LED flash dan teknik phase detection autofocus. Spesifikasi seperti ini membuat kamera iPhone 6 sudah mencukupi untuk kebutuhan fotografi pengguna awam, menurut Tuxlin Blog 🙂

Lalu bagaimana dengan hasil jepretan kamera iPhone 6? Saat siang hari dan cahaya berlimpah, Tuxlin melihat hasil jepretan kamera iPhone 6 ini tajam, dengan warna yang natural dan detail yang baik. Saat digunakan untuk memotret di malam hari, kamera iPhone 6 ini juga menunjukkan performa yang prima yang mana hasil jepretan tidak kehilangan detail dan obyek terlihat jelas.

Noise yang dihasilkan saat memotret malam hari bisa dikatakan minim gan… Satu hal yang Tuxlin Blog suka dari kamera iPhone 6 ini adalah dual-tone LED flash! Ya, dual-tone LED flash iPhone 6 ini bekerja dengan baik dan sangat membantu memotret di tempat gelap. Hasil jepretannya dengan LED flash juga mantap.

Baca juga:Review Logitech M235, Mouse Wireless Nyaman Digunakan

Tuxlin mencoba membandingkan kemampuan dual tone LED flash dengan LED flash Xiaomi Redmi Note. Hasilnya bisa ditabak, Xiaomi Redmi Note kalah performa LED flash nya…. Nggak percaya? Cek foto kembar urutan keempat dari bawah 😀 Saat malam hari tanpa flash, Xiaomi Redmi Note saya masih bisa mengimbangi iPhone 6 dan ini bisa dilihat di dua foto terakhir di atas.

Satu hal lagi, iPhone 6 ini mampu memotret pada mode HDR dengan cepat, nggak akayak Android ane yang ada sedikit jeda 🙂 Sayangnya, Tuxlin Blog lupa tidak mencoba kemampuan kamera depan iPhone 6 ini, wkwkwkwkw… :mrgreen: Jadi nggak tahu deh performa iPhone 6 buat foto selfie kek gimana 😆 Sampai di sini dulu posting tentang review kamera iPhone 6, semoga bermanfaat bagi pembaca semua 🙂

Anda mungkin suka:Asus Zenfone 5 Lite Masuk Indonesia, Ini Harga & Spesifikasinya


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

24 Replies to “Review Kamera iPhone 6, Berkekuatan 8 Megapiksel dengan True…”

  1. Assalamualikum. Kak cerita sedikit ya . Saya beli iphone 6 second gold 16 gb di tokopedia. Harga 4,2jt. Ex USA . Sebelumnya saya punya iphone 5 tapi keluaran japan. Lalu saya bandingkan kamera nya. Saya terkejut sekali dengan hasilnya. Karena dari kamera depan kurang jernih, kurang fokus, kamera belakang juga diteksi wajah kurang cepat. Pokoknya waktu itu saya nyesal banget. Masa kamera iphone kalah sama iphone saya yang dulu. Mohon pencerahannya kak. Saya harus bagaimana?

    1. Waalaikumssalam.

      Menurut saya, hasil jepretan kamera iPhone 6 seharusnya selangkah di depan iPhone 5S. Bisa jadi komponen yang digunakan pada ponsel tersebut tidak ori atau kameranya bermasalah (defect). Bisa docoba dibawa ke service center resmi atau service center lain yang terpercaya untuk di cek.

      Bisa juga, Anda pinjam teman yang juga menggunakan iPhone 6 sebagai perbandingan 🙂

    2. Hi, saya juga baru berniat nih mau beli di Tokopedia iPhone 6 Ex-USA, tapi denger cerita sis Putri kok saya jadi khawatir sama Camera-nya, soalnya saya pengen beli iPhone 6 karena saya pengen kualitas kameranya yang bagus itu. Karena saya minat iPhone 6 karena ngincer kameranya yang jernih itu. Jadi kesimpulannya gimana yaa? saya harus order/tidak, soalnya nyari yang Ex-USA nemu di Tokopedia.

      1. Kameranya lebih bagus kok dari iPhone 5S menurut saya 🙂

        Coba beli yang ex-Japan, rata2 kondisi barangnya masih mulus dan belum pernah dibongkar. Cek lapak Evo Store di Tokopedia 🙂

        1. Terima kasih info lapak Tokopedianya 🙂

          Jadi kesimpulannya jangan ambil yang Ex-USA yaa?
          tapi kamera Ex-Japan gak silent camera kan yaa?

          1. Nggak begitu juga, semua itu tergantung dari kondisi ponsel dan kejujuran sellernya. Ada juga eks USA yang kondisinya bagus dan jeroannya masih ORI 🙂

          2. Lapak Evo Store
            bener kan yang ini gan?
            Linknya : https//www.tokopedia.com/evo-store/etalase/apple-iphone-seken-original

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *