Review Kamera iPhone 6, Berkekuatan 8 Megapiksel dengan True Tone Flash

24

Review Kamera iPhone 6 โ€“ Halo Pembaca! Pada posting kali ini Tuxlin Blog akan review kamera iPhone 6 yang merupakan lanjutan dari review sebelumnya. Seperti apa kemampuan kamera smartphone iPhone 6 yang dijual dengan harga setara dua kamera DSLR kelas entry-level ini? :mrgreen: Jujur saja Tuxlin penasaran dengan hasil jepretan kamera smartphone besutan Apple ini yang berkekuatan 8 megapiksel.

Apple sendiri menggunakan resolusi 8 megapiksel sejak iPhone 4S hingga iPhone 6, tetapi setiap seri selalu menghadirkan peningkatan kualitas ๐Ÿ™‚ Perusahaan asal Cupertino ini cukup percaya diri dengan resolusi 8 megapiksel meski para pesaingnya dari Android sudah dipersenjatai dengan kamera 13 megapiksel, 16 megapiksel, bahkan 20,7 megapiksel. Penasaran? Berikut review kamera iPhone 6.

IMG_20150214_190523 Spesifikasi Kamera iPhone 6

Spesifikasi kamera iPhone 6 ini adalah mengusung sensor berukuran 1/3 inci dengan resolusi 8 megapiksel dan aperture f/2.2. Untuk mengakomodasi pengambilan gambar ditempat gelap, Apple mendampingi kamera iPhone 6 ini dengan dual-tone LED flash. Kamera smartphone ini kabarnya menggunakan teknik autofokus yang berbeda dengan kamera smartphone lain, yakni dengan menerapkan phase detection autofocus ganโ€ฆ

Berdasarkan informasi yang diterima Tuxlin, teknik ini biasanya digunakan pada kamera profesional. Cara kerjanya adalah menganalisa cahaya untuk menentukan fokus, sehingga fokus kamera lebih akurat. Teknik ini kabarnya juga mamou meningkatkan kecepatan fokus pada malam hari secara signifikan.

Smartphone lain biasanya menggunakan teknik contrast autofocus, yakni menganalisa kontras untuk menentukan fokusโ€ฆ ๐Ÿ˜€ Apa cuma iPhone 6 doang yang punya teknologi phase detection autofocus ini gan? Kagakโ€ฆ Samsul Samsung Galaxy S5 juga punya teknologi ini.

Baca juga: Review Kamera Xiaomi Redmi 1S, Berkekuatan 8 Megapiksel

Apple juga membekali iPhone 6 dengan fitur EIS (Electronic Image Stabilization) yang berfungsi untuk mencegah blur saat kita memotret dalam keadaan bergetarโ€ฆ Nah ini yang bikin beda antara kamera iPhone 6 dengan iPhone 6 Plus gan.

Smartphone iPhone 6 hanya mengandalkan EIS, nah kalau iPhone 6 Plus lebih canggih lagi karena udah pake OIS (Optical Image Stabilization). Kamera smartphone ini juga bisa merekam video dengan resolusi full HD dengan frame rateย  60fps.

24 COMMENTS

  1. Assalamualikum. Kak cerita sedikit ya . Saya beli iphone 6 second gold 16 gb di tokopedia. Harga 4,2jt. Ex USA . Sebelumnya saya punya iphone 5 tapi keluaran japan. Lalu saya bandingkan kamera nya. Saya terkejut sekali dengan hasilnya. Karena dari kamera depan kurang jernih, kurang fokus, kamera belakang juga diteksi wajah kurang cepat. Pokoknya waktu itu saya nyesal banget. Masa kamera iphone kalah sama iphone saya yang dulu. Mohon pencerahannya kak. Saya harus bagaimana?

    • Waalaikumssalam.

      Menurut saya, hasil jepretan kamera iPhone 6 seharusnya selangkah di depan iPhone 5S. Bisa jadi komponen yang digunakan pada ponsel tersebut tidak ori atau kameranya bermasalah (defect). Bisa docoba dibawa ke service center resmi atau service center lain yang terpercaya untuk di cek.

      Bisa juga, Anda pinjam teman yang juga menggunakan iPhone 6 sebagai perbandingan ๐Ÿ™‚

    • Hi, saya juga baru berniat nih mau beli di Tokopedia iPhone 6 Ex-USA, tapi denger cerita sis Putri kok saya jadi khawatir sama Camera-nya, soalnya saya pengen beli iPhone 6 karena saya pengen kualitas kameranya yang bagus itu. Karena saya minat iPhone 6 karena ngincer kameranya yang jernih itu. Jadi kesimpulannya gimana yaa? saya harus order/tidak, soalnya nyari yang Ex-USA nemu di Tokopedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here