Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B

4 min read

Review Kamera Poco M3 Pro 5G

Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B – Halo Pembaca! Kalian udah siap menyambut 5G belum nih? Kalau Tuxlin boro-boro menyambut 5G, lha koneksi 4G aja ngos-ngosan hahaha… πŸ˜‚ Jadi kali ini Tuxlin Blog bakal bahas smartphone 5G termurah saat ini, yakni Poco M3 Pro 5G! Pembahasan smartphone besutan subbrand Xiaomi ini dimulai dari review kamera Poco M3 Pro 5G dulu sob. Kalau dilihat dari spesifikasi atau setup kameranya, Poco M3 Pro 5G ini sebenarnya nggak jauh berbeda dengan Poco M3 varian 4G yang udah Tuxlin ulas sebelumnya. Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan tiga buah kamera belakang alias triple-camera!

Kamera utama Poco M3 Pro 5G ini berkekuatan 48 megapiksel yang menggunakan sensor OmniVision OV48B yang sebenarnya ukuran sensornya sama dengan Samsung ISOCELL GM1 atau Sony IMX586. kalau Tuxlin nggak salah inget, Poco M3 varian 4G juga pakai sensor ini untuk kamera utamanya. Oiya, harga smartphone Poco M3 Pro 5G ini mulai Rp 2.699.000. Kebetulan Tuxlin Blog mendapat pinjaman unit Poco M3 Pro 5G ini dari tim Laptophia dan menggunakannya selama kurang lebih dua minggu. Penasaran? Simak review kamera Poco M3 Pro 5G oleh Tuxlin Blog kali ini! πŸ˜ŽπŸ‘

Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B

Spesifikasi Kamera Poco M3 Pro 5G

Spesifikasi pada review kamera Poco M3 Pro 5G ini sebenarnya nggak jauh berbeda dengan Poco M3 4G gaes, yakni dibekali dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama 48 megapiksel. Berdasarkan pantauan Tuxlin Blog, kamera utama Poco M3 Pro 5G ini menggunakan sensor OmniVision OV48B yang menggunakan teknologi PuerCel Plus dengan ukuran 1/2 inci 0.8um piksel. Sama dengan kamera 48MP lainnya, kamera utama Poco M3 Pro 5G ini juga udah mendukung fitur 4-in-1 pixel binning gaes, jadi nanti secara default kamera utama menghasilkan foto resolusi 12MP saja. 😁

Oiya, kamera utama Poco M3 Pro 5G ini diperkuat dengan lensa aperture f/1.8 yang didukung fitur phase-detection autofocus (PDAF) dan LED flash. Sedangkan kamera kedua berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai sebagai depth sensor buat bikin efek bokeh pas mode portrait.Β Ada juga kamera ketiga dari Poco M3 Pro 5G ini yang juga berkekuatan 2 megapiksel ditandemkan lensa f/2.4 untuk foto macro. Sayangnya nih, kamera macro ini fixed focus, jadi nggak perlu berharap banyak deh πŸ˜…

Anda dapat membeli Poco M3 Pro 5G dengan harga lebih murahΒ di Sini (Klik)Β atauΒ di Shopee (Klik)

Buat jamaah selfiyah alias penggemar foto selfie, Poco M3 Pro 5G ini terbilang standar karena cuma dipersenjatai dengan kamera depan 8 megapiksel yang menggunakan sensor OmniVision OV8856 yang berukuran 1/4 inci 1.12um piksel yang ditandemkan lensa aperture f/2.0 fixed focus. Baik kamera depan maupun belakang Poco M3 Pro 5G ini cuma bisa rekam video Full HD saja, nggak bisa 4K. Lagian SoC Dimensity 700 5G yang dipakai Poco M3 Pro 5G juga cuma mentok buat merekam video resolusi 2K aja… πŸ€”

Antarmuka & Fitur Kamera Poco M3 Pro 5G

Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B 1

Buat yang udah pernah pakai smartphone Xiaomi dan Redmi, pasti udah familiar dengan antarmuka kamera Poco M3 Pro 5G ini. Aplikasi kamera bawaan smartphone ini relatif mudah dimengerti sob. Tampilannya terdiri dari viewfinder yang duapit dua baris menu pada sisi kanan dan kirinya. Bagian kiri terdapat hamburger menu, Google Lens, Filter, AI, HDR, dan LED flash.

Pada review kamera Poco M3 Pro 5G ini sebelah kanan ada opsi untuk mode kamera yang dapat diakses melalui menu rolodex dan susunannya bisa diatur sesuai kebutuhan. Tak lupa ada tiga tombol di paling kanan untuk switch ke kamera depan, tombol shutter, dan shortcut untuk mengakses galeri. Sekilas, pengoperasian aplikasi kamera di smartphone 5G termurah ini relatif udah, sob.

Baca juga:Pengalaman Pakai Asus ROG Phone II Sebagai Daily Driver di 2021, Masih Enak?

Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B 2

Mode yang disediakan pada aplikasi Poco M3 Pro 5G ini cukup lengkap gaes, antara lain adaSlow Motion, Short Video, Video, Photo, 48M, Portrait, Night, Panorama, Time-lapse, dan Pro. Seperti biasa gaes, mode Pro-nya ini nggak kaleng-kaleng lho… Lengkap! Kita bisa atur aneka parameter di mode ini seperti white balance, fokus, shutter speed (1/4000s – 30s), ISO, EV, dan tentu saja lensa yang mau dipakai.

Ada juga mode 48MP yang mana kamera utamanya bakal jepret foto dengan resolusi native 48 megapiksel tanpa pakai pixel binning atau tetracell. Tuxlin Blog sih nggak rekomendasiin mode ini karena selain proses penyimpanannya lama, kualitas fotonya nggak jauh beda sama mode auto yang 12MP itu.πŸ€”

Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B 3

Penasaran dengan hasil jepretan kamera Poco M3 Pro 5G? Woke, langsung scroll ke bawah saja… Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Poco M3 Pro 5G ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Hasil Foto Kamera Poco M3 Pro 5G HDR

Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B 4
HDR off
Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B 5
HDR On

Hasil Foto Kamera Poco M3 Pro 5G Siang Hari

Hasil Foto Kamera Poco M3 Pro 5G Portrait

Hasil Foto Kamera Poco M3 Pro 5G Macro

Hasil Foto Kamera Poco M3 Pro 5G Malam Hari

Hasil Foto Kamera Poco M3 Pro 5G Night Mode

Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B 35
Night mode off
Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B 36
Night mode on

Hasil Foto Kamera Poco M3 Pro 5G dengan LED Flash

Baca juga:Review Kamera Samsung Galaxy M12 dengan Sensor ISOCELL GM2

Hasil Foto Kamera Depan Poco M3 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Macro Poco M3 Pro 5G

Review Kamera Poco M3 Pro 5G

Review Kamera Poco M3 Pro 5G

Temen-temen dan pembaca Tuxlin Blog udah pada lihat kan hasil jepretan kamera Poco M3 Pro 5G di atas? Ya hasilnya sih nggak terlalu istimewa untuk harga mulai 2,6 jutaan sih. Kalau menurut pendapat pribadi Tuxlin Blog, kamera belakang Poco M3 Pro 5G ini sedikit lebih bagus dari varian Poco M3 4G, meski spesifikasinya relatif sama. Pada setuju nggak? Hehehehe… 😁

Kalau kondisi siang hari, kamera belakang Poco M3 Pro 5G ini relatif bisa diandalkan buat mengabadikan momen, sob! Kecepatan autofokusnya lumayan ngebut dan akurat, jadi jarang bikin foto ngeblur. Tingkat detail yang dihasilkan kamera utama Poco M3 Pro 5G lumayan oke di kelasnya, sedikit lebih bagus dari Poco M3 4G terutama saat menampilkan detail dedaunan yang rumit.

Dynamic range pada review kamera Poco M3 Pro 5G memang kadang kurang wide dan kurang konsisten juga, makanya Tuxlin merekomendasikan untuk mengaktifkan HDR pas motret dengan kondisi cahaya yang menantang. Oiya, saturasi warna yang dihasilkan lumayan bagus dan mendekati natural… Cuma performanya kurang konsisten, kadang fotonya agak pucat atau undersaturated. Btw mode AI kalau diaktifkan bikin saturasi warnanya makin punchy… Eh tapi kadang bikin terlihat kurang natural sih πŸ˜…

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi Note 10 Pro 108MP dengan Sensor Samsung ISOCELL HM2

Sejauh ini smartphone Xiaomi termasuk Poco M3 Pro 5G ini selalu memuaskan kalau menggunakan mode portrait. Bokeh yang dihasilkan cenderung alami, nggak terlalu terlihat kalau itu buatan. Udah gitu, separasi subyek dan background-nya juga rapi. πŸ‘ Buat foto macro, kamera utama Poco M3 Pro 5G lumayan asik karena fokusnya akurat dan hasilnya memuaskan untuk harga segini.

Sayangnya, performa kamera Poco M3 Pro 5G ini pas malam hari ternyata kurang bisa diandalkanl, meski hasilnya nggak jelek-jelek amat… Yang jelas terlihat adalah penurunan detail yang signifikan dan noise yang cukup banyak. Performa autofokusnya juga kadang melambat gan, jadi rawan bikin foto ngeblur alias nggak fokus. Untungnya sih saturasi warnanya masih bisa dipertahankan.

Kalau banyak sumber cahaya atau lampu, hasil fotonya kayak kena flare gitu… Tapi kalau Night mode diaktifkan, detail yang dihasilkan meningkat, noise berkurang signifikan, dan dynamic range juga meningkat. Sumber cahaya seperti lampu kalau pas Night mode aktif, pancaran cahayanya nggak mleber kemana-mana… 😁 LED flash bawaannya lumayan terang, tapi kadang kalau jarak dekat suka bikin foto jadi putih semua wkwkwk….

Sedangkan untuk foto selfie pada review kamera Poco M3 Pro 5G kali ini terbilang lumayan aja sih, nggak jelek dan juga nggak istimewa. Cukuplah kalau buat sekadar selfie atau online meeting pakai Zoom atau Google Meet. Kamera macro dedicated Poco M3 Pro 5G ini nggak terlalu memuaskan sih, kurang bergunga menurut Tuxlin. Mending diilangin sekalian. πŸ˜…

Secara umum, kemampuan kamera Poco M3 Pro 5G relatif bisa diandalkan kecuali kondisi gelap banget. Performa dan kemampuan kameranya bisa dikatakan sedikit di atas Poco M3 varian 4G atau Xiaomi Redmi 9T yang sebelumnya udah Tuxlin ulas terlebih dahulu. Oke, sampai di sini dulu review kamera Poco M3 Pro 5G, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. 😁

Anda mungkin suka:Vivo V20 2021 Review: Cantik, Ringkas dan Cocok untuk Selfie


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *