Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Realme C21Y, Triple Camera yang Bisa Diandalkan?

4 min read

Review Kamera Realme C21Y

Review Kamera Realme C21Y, Triple Camera yang Bisa Diandalkan? – Halo Pembaca! Lagi nyari smartphone harga 1 jutaan yang kameranya bisa diandalkan? Kayaknya Realme C21Y musti kalian coba. Kali ini Tuxlin Blog bahas review kamera Realme C21Y yang merupakan smartphone harga 1 jutaan yang menawarkan performa kencang berkat dukungan SoC Unisoc Tiger T610. Sementara untuk sektor kamera, Realme C21Y udah dipersenjatai tiga buah kamera dengan fungsi yang berbeda, menarik bukan? 😋Ya menarik sih, soalnya rata-rata smartphone dengan harga segini paling dibekali dua kamera belakang aja kan? 🤔

Kamera utama smartphone Realme C21Y ini berkekuatan 13 megapiksel yang dilengkapi dengan kemampuan autofokus. Wah yang lain udah kamera 48MP, 50MP, dan bahkan 64MP masak ini masih 13MP? Tuxlin sih maklum karena smartphone ini dijual dengan harga mulai Rp 1,4 juta saja… Masak harga segini dikasih kamera 48MP? Kasihan nanti pesaingnya hehehe… Lalu sehebat apakah triple kamera smartpone andalan Realme ini? Simak review kamera Realme C21Y oleh Tuxlin Blog kali ini! 😎👍🏼

Review Kamera Realme C21Y, Triple Camera yang Bisa Diandalkan?

Spesifikasi Kamera Realme C21Y

Seperti yang sudah Tuxlin Blog singgung di atas, smartphone murah Realme C21Y ini dipersenjatai dengan tiga buah kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 13 megapiksel dengan lensa aperture f/2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/3.1 inci 1,12um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash. Sejauh ini Tuxlin Blog nggak tahu sensor apa yang digunakan oleh Realme C21Y ini. Biasanya kalau smartphone murah sih pakai sensor Samsung ISOCELL atau OmniVision. 🤔

Sedangkan kamera kedua dan ketiga berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai B/W sensor yang mampu menghasilkan efek filter retro dan dedicated macro untuk memotret obyek kecil dari jarak yang dekat. Kamera kedua dan ketiga ini emang berasa useless nggak sih? Kamera depth sensor cuma kepakai kalau motret di mode portrait. Sedangkan kamera dedicated macro, kalian udah tau kan kualitasnya bagaimana? 🥲 Kayaknya kamera utama doang nih yang bisa diandalkan dan dirasakan manfaatnya oleh pengguna.

Anda dapat membeli Realme C21Y dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Bagi penggemar foto selfie alias jamaah narisisyah, kayaknya kurang cocok pakai smartphone murah bestan Realme ini. Soalnya kamera depan Realme C21Y cuma mengandalkan dukungan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f/2.0. Oiya, baik kamera depan maupun kamera belakang Realme C21Y ini dapat merekam video dengan resolusi full HD @30fps.

Video Unboxing Realme C21Y

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021, 108MP Masih Mumpuni?

Antarmuka & Fitur Realme C21Y

Review Kamera Realme C21Y, Triple Camera yang Bisa Diandalkan?

Aplikasi kamera pada review kamera Realme C21Y kali ini hadir dengan antarmuka yang cukup mudah dimengerti gaes… Apalagi kalian udah pernah pakai smartphone Oppo atau Realme sebelumnya, pasti familiar banget dengan tampilannya… Tampilannya terdiri dari viewfinder yang duapit dua baris menu pada sisi kanan dan kirinya. Bagian kiri terdapat menu Settings, Filter, HDR, LED flash, dan Google Lens. Sayangnya, Realme C21Y ini tak dilengkapi fitur Chroma Boost seperti lini smartphone Realme lainnya.

Pada review Realme C21Y ini pada bagian viewfinder terdapat toggle untuk mengatur zoom 1x, 2x, dan sebagainya. Itu adalah digital zoom karena ponsel ini nggak punya telephoto. Sedangkan untuk mode kamera dapat diakses melalui menu rolodex yang bisa digeser-geser. Tak lupa ada tiga tombol di paling kanan untuk switch ke kamera depan, tombol shutter, dan shortcut untuk mengakses galeri.

Review Kamera Realme C21Y, Triple Camera yang Bisa Diandalkan? 1

Mode yang disediakan pada aplikasi Realme C21Y ini cukup lengkap gaes, antara lain ada Video, Photo, Portrait, Time-Lapse, Slow Motion, Macro, Pro, Night Pro, dan Pano. Seperti biasa gaes, mode Expert ini nggak kaleng-kaleng lho… Banyak parameter teknis yang bisa Tuxlin atur! Kita bisa atur aneka parameter di mode ini seperti white balance, fokus, shutter speed (hingga 1s), ISO (max. 1600), EV, dan tentu saja lensa yang mau dipakai.

Review Kamera Realme C21Y, Triple Camera yang Bisa Diandalkan? 2

Penasaran dengan hasil jepretan kamera Realme C21Y? Oke, langsung scroll ke bawah saja… Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Realme C21Y ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Baca juga:Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B

Hasil Foto Kamera Realme C21Y HDR

Hasil Foto Kamera Realme C21Y HDR
HDR Off
Hasil Foto Kamera Realme C21Y HDR
HDR On

Hasil Foto Kamera Realme C21Y Siang Hari

Hasil Foto Kamera Realme C21Y Portrait

Hasil Foto Kamera Realme C21Y Macro

Hasil Foto Kamera Realme C21Y Malam Hari

Hasil Foto Kamera Realme C21Y Night Mode

Hasil Foto Kamera Realme C21Y Night Mode
Night mode off
Hasil Foto Kamera Realme C21Y Night Mode
Night mode on

Hasil Foto Kamera Realme C21Y dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme C21Y

Review Kamera Realme C21Y

Review Kamera Realme C21Y

Gimana? Udah lihat kan kayak gimana hasil jepretan kamera smartphone murah Realme C21Y? Ya kalau dibandingkan dengan smartphone yang lebih mahal sih jelas kalah kualitasnya. Akan tetapi untuk harga 1 jutaan sih lumayan oke menurut Tuxlin Blog. Meski bukan yang terbaik di kelasnya, Tuxlin Blog udah puas dan setidaknya sesuai ekspektasi untuk sebuah smartphone murah.

Baca juga:Review Kamera Infinix Hot 10s: Hape Mobile Legends Bisa Motret?

Saat siang hari dengan kondisi cahaya melimpah, rata-rata kamera smartphone udah bisa menghasilkan foto yang bagus, termasuk pada review kamera Realme C21Y kali ini. Kamera utama berkekuatan 13 megapiksel andalan Realme C21Y mampu menghasilkan foto yang baik dengan karakter warna yang mendekati natural, serta karakternya agak warm.

Kekurangan terlihat pada tingkat detail pada foto yang dihasilkan Realme C21Y ini. Ini kelihatan kalau motret subyek dedaunan yang banyak gitu, ketika di zoom keliatan agak belepotan daunnya. Kayak cat air hehehe… 😅 Kalau bukan dedaunan sih kayaknya nggak terlalu terlihat.

Selain soal detail, dynamic range juga perlu dioptimalkan lagi. Beberapa kali Tuxlin mengambil foto dengan cahaya yang sebenarnya nggak terlalu menantang, tetapi hasilnya malah backlight. Bayangan yang dihasilkan foto terlihat lebih gelap dari aslinya. Untungnya sih mode HDR mampu meningkatkan dynamic range secara signifikan, meski terkadang terlihat kurang natural.

Mode portrait pada review kamera Realme C21Y ini terbilang standar kelas smartphone murah. Separasi subyek dengan background-nya kurang rapi, terlebih kalau subyeknya agak rumit. Oiya, kamera Realme C21Y ini autofokusnya lumayan gegas. Akan tetapi hasil foto macro-nya terbilang standar aja sih soalnya jarak fokusnya nggak bisa deket banget. Hal ini bikin foto macro nggak dramatis 😌

Sedangkan kemampuan kamera Realme C21Y untuk memotret dalam kondisi low-light atau malam hari kurang bisa diandalkan. Ini wajar sih sebenarnya, karena rata-rata smartphone murah dengan harga sejutaan itu level performa kameranya cuma segitu.

Foto malam hari yang dihasilkan kamera utama Realme C21Y ini sebenarnya cukup terang, tetapi tingkat detailnya payah dan sumber cahaya sering blown out atau mleber kemana-mana… 😝 Kecepatan fokusnya juga mengalami penurunan. Btw mode Night yang diusung Realme C21Y ini secara mengejutkan cukup baik. Foto malam hari jadi lebih detail, sumber cahaya yang blown out bisa diperbaiki, dan lebih layak dibagikan ke sosmed.

Kamera depan Realme C21Y mampu menghasilkan foto dengan kualitas luamyan, tetapi tentu nggak akan memuaskan bagi penggemar foto selfie. Sayangnya, kamera depan smartphone ini nggak ada mode portrait-nya! 🤦🏻‍♂️ Sedangkan kamera dedicated macro Realme C21Y nggak usah dianggap ya, soalnya hanya menghasilkan foto kusam dan nggak detail… Mending diilangin aja sih. 🤔

Secara umum, kemampuan kamera Realme C21Y ini bisa diandalkan untuk smartphone dengan harga 1 jutaan. Hasil jepretan kameranya tidak mengecewakan dan saat malam hari dapat menggunakan Night mode untuk mendongkrak kualitasnya. Selain itu, fiturnya juga cukup lengkap. Sampai di sini dulu review Realme C21Y oleh Tuxlin Blog kali ini, semoga bermanfaat. 🙂

Special thanks to Laptophia for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Review Kamera Poco F3 Berkekuatan 48MP dengan Sensor Sony IMX582


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.