Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555

6 min read

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555 – Halo Pembaca! Beberapa bulan lalu, Tuxlin Blog memutuskan membeli smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon untuk keperluan review biasa. Namun setelah pakai selama kurang lebih tiga bulan, eh malah jatuh cinta wkwkwkw… Nggak biasanya lho Tuxlin suka smartphone bikinan Samsung hehehe. ๐Ÿ˜… Satu hal yang bikin Tuxlin Blog suka dengan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini adalah kemampuan kameranya. Spesifikasi kameranya memang terdengar biasa aja, tetapi ini nggak bisa dianggap enteng. Berdasarkan pengalaman Tuxlin, kamera Samsung Galaxy S series nggak bisa dibandingkan sama A series, apalagi M series… Kalah jauh. ๐Ÿ˜

Jadi Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini dibekali dengan tiga buah kamera yang mana ketiganya ini bener-bener berfungsi dan memberikan manfaat yang dapat dirasakan bagi penggunanya. Nggak kayak brand sebelah yang ngasih kamera banyak tapi nggak berasa manfaatnya kayak AI camera lah, dept sensor lah, dedicated macro etc. ๐Ÿคฆ๐Ÿปโ€โ™‚๏ธ Kamera utama Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX555 dan diperkuat OIS, sama seperti yang digunakan di Galaxy S20 dan Galaxy S20+. Penasaran kan? Berikut review kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon oleh Tuxlin Blog!

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Seperti yang udah Tuxlin singgung di paragraf pembuka, smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini dibekali dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX555 1/1.76 inci 1.8um piksel dengan fitur Dual Pixel phase-detection autofokus ditandemkan lensa aperture f/1.8 lengkap dengan OIS (Optical Image Stabilization) dan LED flash.

Sensor Sony IMX555 yang digunakan pada review kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon kali ini berbeda dengan kebanyakan sensor kamera lain karena nggak pakai teknologi quad bayer filter atau tetrapixel. Jadi sensor Sony IMX555 itu ukurannya cukup besar yakni 1/1.76 inci yang kurang lebih setara dengan Sony IMX686. Bedanya, ukuran piksel Sony IMX555 ini udah gede dari sononya, yakni 1.8um piksel. Makin gede ukuran piksel, maka makin banyak cahaya yang diserap oleh sensor dan akhirnya mampu menghasilkan foto yang lebih berkualitas. ๐Ÿค“

Anda dapat membeli Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan harga lebih murahย di Sini (Klik)ย atauย di Shopee (Klik)

Sedangkan kamera kedua Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini mengusung resolusi 8 megapiksel sensor SK Hynix Hi847 1/4.5 inci 1um piksel phase-detection autofokus lengkap dengan OIS yang ditandemkan dengan lensa telephoto 76mm dengan aperture f/2.4 yang mampu memberikan 3x optical zoom dan 30x hybrid zoom.

Hal yang unik darin kamera kedua ini adalah menghasilkan foto default dengan resolusi 12 megapiksel. Padahal resolusi aslinya cuma 8 megapiksel. Tuxlin belum mendapat informasi mengapa Samsung melakukan upscale di kamera kedua ini? ๐Ÿค” Fitur OIS yang diusung kamera kedua ini ngebantu banget menjaga kestabilan saat memotret subyek jarak jauh atau pas malam hari. Jadi total ada dua kamera dengan fitur OIS di Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini, yakni kamera utama dan kamera telephotonya.

Sedangkan kamera ketiga mengusung resolusi 12 megapiksel sensorย Samsung ISOCELL S5K3L6ย 1/3 inci 1.12um piksel fixed focus yang ditandemkan dengan lensa ultra-wide dengan aperture f/2.2 untuk mengambil foto super wide dengan field of view (FoV) 123 derajat.ย Kamera ultra-wide angle ini nggak dilengkapi fitur autofokus maupun OIS ya…

Buat yang suka foto selfie atau ngevlog, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini bisa diandalkan kok karena diperkuat 32 megapiksel dengan sensor Sony IMX616 1/2.8 inci 0.8um piksel dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus. Agak disayangkan sih Samsung nggak ngasih fitur autofokus katak Galaxy S20 series lainnya di Galaxy S20 FE Snapdragon ini.

Oiya, kamera depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini dibekali dengan fitur quad bayer filter atau tetra pixel yang menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel besar. Makanya kamera depan ponsel ini secara default menghasilkan foto 10MP karena teknologi tadi. ๐Ÿค” Baik kamera depan maupun kamera belakang Galaxy S20 FE Snapdragon ini mampu merekam video dengan resolusi 4K UHD @60fps.

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi Note 10 Pro 108MP dengan Sensor Samsung ISOCELL HM2

Antarmuka & Fitur Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Antarmuka & Fitur Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Bagi pembaca Tuxlin Blog yang udah pakai Samsung, tentu nggak asing lagi dengan tampilan antarmuka kamera pada review kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon kali ini. Eh tapi jangan salah, meski kelihatannya sama, tetapi sebenarnya fitur yang ada di dalamnya jauh lebih lengkap dari aplikasi kamera di Galaxy A series atau M series. Galaxy S series memang beda kelasnya. ๐Ÿ˜‰

Tampilan antarmukanya sih simpel dan mudah digunakan dengan dominasi viewfinder pada bagian tengah dan diapit dua deretan menu pada sisi kanan dan kirinya. Pada bagian tengah viewfinder terdapat toggle untuk mengatur lensa yang bakal kita pakai, yakni ultra-wide angle, wide angle, dan telephoto. Sama kayak hape Samsung lainnya, pengaturan HDR-nya diumpetin.

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555 1

Mode yang tersedia pada review kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini bisa dikatakan lengkap banget, sob! Beberapa mode yang bisa kalian pilih antara lain Single Take, Portrait, Photo, Video, AR Doodle, Pro, Panorama, Food, Night, Macro, Slow Motion, Super Slow Motion, Portrait Video, Pro Video, dan Hyperlapse.

Baca juga:Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B

Kali ini mode Pro di kamera Galaxy S20 FE Snapdragon ini nggak kaleng-kaleng seperti Galaxy A32 yang Tuxlin ulas sebelumnya karena opsi atau parameter yang disediakan lumayan lengkap, yakni white balance, fokus, ISO (hingga 3200), dan shutter speed hingga maksimal 30 detik, serta mendukung mode pengambilan RAW.

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555 2

Meski mode yang disediakan pada review kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon kali ini terbilang lengkap, tetapi ada satu fitur kekinian yang ilang, apa itu? ๐Ÿค” Nggak pentung dan nggak ngaruh sama kualitas foto sih, yakni watermark! Tuxlin sih lebih suka nggak ada watermark-nya, soalnya watermark kamera Samsung itu gede dan norak banget. ๐Ÿ˜…

Penasaran dengan hasil jepretan kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon? Oke, langsung scoll ke bawah sajaโ€ฆ Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Video Unboxing Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Siang Hari

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Portrait

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Macro

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Malam Hari

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon Night Mode

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555 33
Night mode off
Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555 34
Night mode on

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan LED Flash

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021, 108MP Masih Mumpuni?

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Telephoto Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555 55
Zoom 1x
Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555 56
Zoom 3x
Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555 57
Zoom 1x
Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555 58
Zoom 3x

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan Sensor Sony IMX555 59

Gimana? Udah lihat kan beberapa sampel foto hasil jepretan kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon oleh Tuxlin Blog di atas? Ya secara umum, Tuxlin nggak banyak komplain pada review kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon kali ini. Kualitas hasil jepretan kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon bisa dikatakan setara dengan smartphone flagship masa kini. Paling nggak, kualitasnya jepretannya nggak jauh beda sama Galaxy S20 series lainnya. ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ‘๐Ÿผ

Pas review kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini, Tuxlin udah pakai sebagai daily driver. Nggak heran pas piknik sama healing-healing, ini hape di bawa dan menjadi andalan buat mngabadikan momen hehehe… Kalau pas siang hari, foto yang dihasilkan kamera utama Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon yang menggunakan sensor Sony IMX555 ini udah sangat memuaskan. ๐Ÿ‘๐Ÿผ Tingkat detail yang dihasilkan terbilang tinggi, nggak kelihatan oversharpening kayak hape Samsung yang murah-murah, dan tajam!

Saturasi warnanya bisa dikatakan mendekati akurat, meski kadang sedikit lebih puncy dari aslinya. Karakter warna secara umum agak warm menurut Tuxlin. Nah yang Tuxlin suka dari kamera utama Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini adalah dynamic range-nya yang ajib banget! Bahkan dalam kondisi menantang cahaya sekalipun, fitur HDR langsung aktif dan dynamic range jadi mantap, serta masih cukup natural.

Baca juga:Review Kamera Poco X3 GT 64MP dengan Sensor OmniVision OV64B

Buat yang suka foto macro, kamera utama Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini cocok banget buat jadi gacoan kalian… ๐Ÿ˜Ž Kecepatan autofokusnya ngebut dan akurat, serta processingnya cepat. Jadi kalian bakal jarang nemuin foto ngeblur gegara terlalu cepet ambil gambar.

Foto macro-nya juga bukan kaleng-kaleng, berani diadu sama hape flagship tahun kemarin dah. Detailnya tinggi dan efek bokehnya juga mantap. lebih dramatis lagi kalau kalian jepret macro dengan zoom 2x atau 3x, beugh mantap bingit hasilnya! ๐Ÿ‘๐Ÿผ

Mode portrait atau live focus pada review kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini juga bisa diandalkan. Separasi antar subyek dengan background cukup rapi dan konsisten. Selain itu, live focus ini juga bisa lho buat motret subyek selain manusia. Efek bokehnya juga cukup natural, nggak terlalu terlihat buatan.

Saat malam hari, kamera utama Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon kembali menunjukkan taringnya dengan performa autofokus yang tetap terjaga dan stabil. Kalian bakal jarang nemuin foto ngeblur gegara performa kamera turun di hape ini pas malam hari. ๐Ÿ‘๐Ÿผ Foto malam harinya juga memuaskan kualitasnya karena tajam, detail masih mantap, saturasi warna oke, dan dynamic range yang bagus. Ini nggak lepas dari duet sensor Sony IMX555 yang mumpuni dan fitur OIS yang diusungnya.

Tuxlin nyobain mode Night yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon, sekilas memang nggak terlalu signifikan bedanya. Namun kalau dicek lebih teliti, detail dan dynamic range mengalami peningkatan, dan tambah terang juga. Tingkat keterangan atau eksposure saat mode night ini nggak lebay, jadi masih cukup natural. ๐Ÿง LED flash bawaan Galaxy S20 FE Snapdragon lumayan terang dan bisa diandalkan.

Performa kamera ultra wide angle Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini termasuk lumayan bagus, meski kayaknya sih belum berada di level flagship. Pas siang hari, kamera ultra wide angle smartphone andalan Samsung ini mampu menghasilkan detail yang lumayan oke, saturasi warna yang baik, dan dynamic range yang konsisten. Kalau pas malam hari, performanya bisa dikatakan lumayanlah… Karenakelihatan ada penurunan detail yang signifikan kalau dibandingkan kamera utama. ๐Ÿ˜…

Nah yang Tuxlin Blog suka dari Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon adalah kamera telephoto yang diusungnya mampu menghadirkan optical zoom 3x. Performa kamera telephoto ini ternyata lebih bagus dari yang Tuxlin bayangkan. Kualitas fotonya kece dengan tingkat detail yang memuaskan dan karakter yang mirip dengan kamera utama. Saat malam hari, kamera telephoto Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini masih bisa diandalkan lho… ๐Ÿ‘๐Ÿผ

Buat penggemar foto selfie, kamera depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini udah lebih dari cukup. Foto selfie yang dihasilkan itu detail banget dan nggak banyak ‘manipulasi’ gitu hehehe… Dynamic range bagus dan ini terbukti pas nyelfie dengan menantang sumber cahaya, masih bisa diatasi kamera depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon. ๐Ÿ˜Ž Tone warna yang dihasilkan kamera depan memang cenderung agak warm ya, tapi bagi saya sih oke-oke aja.

Secara umum, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon menawarkan kamera yang mumpuni dan dapat diandalkan di segala kondisi cahaya. Kualitas fotonya pun nggak kaleng-kaleng dan masih comparable dengan smartphone flagship 2020 – 2021. So, buat yang nyari hape tahan air dengan kamera mantap di kisaran 6 jutaan, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon adalah pilihan tepat.

Sampai di sini duku review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon oleh Tuxlin Blog kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. ๐Ÿ™‚

Special thanks toย Laptophiaย for providing the review unit.

Anda mungkin suka:Review Kamera Samsung Galaxy M12 dengan Sensor ISOCELL GM2


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.