Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus Berkekuatan 48MP

4 min read

Review Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus

Review Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus Berkekuatan 48MP – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog bakal bahas kemampuan kamera smartphone keluaran Jepang. Apa, Sony? Bukanlah… Mana sanggup Tuxlin beli hape Sony wkwkw… 🤣 Yoi, Tuxlin bahas kamera smartphone Sharp Aquos Sense 4 Plus! Ya smartphone andalan Sharp ini memang bukan keluaran terbaru, tetapi spesifikasinya memang lumayan menggiurkan. Apalagi sekarang ini harga Sharp Aquos Sense 4 Plus udah turun jauh dari harga awal rilisnya, yakni kisaran Rp 2 juta-an aja. Padahal pas pertama kali dirilis, harganya tembus Rp 4.499.000 lho! Siapa yang mau beli, coba? 🤣

Ada banyak hal yang menarik dari smartphone Sharp Aquos Sense 4 Plus ini. Meski jujur, sebenarnya sektor kamera memang bukan yang diunggulkan dari smartphone ini. Selama ini Sharp kan emang nggak terlalu perhatiin sektor kamera ini, nggak kayak Sony yang RnD-nya jor-joran. Smartphone Sharp Aquos Sense 4 Plus ini dipersenjatai dengan empat buah kamera belakang dengan kamera utama 48MP. Uniknya, Sharp ngasih dua buah kamera depan lho… 🤓 Penasaran kayak gimana performa kameranya? Simak review Sharp Aquos Sense 4 Plus oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus Berkekuatan 48MP

Spesifikasi Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus

Seperti yang udah Tuxlin Blog singgung di atas, Sharp Aquos Sense 4 Plus ini diperkuat dengan empat buah kamerta belakang dengan housing yang agak menonjol. kamera utama berkekuatan 48 megapiksel dengan sensor berukuran 1/2 inci 0.8um piksel yang ditandemkan dengan lensa aperture f/1.8 dan diperkuat dengan fitur phase detection autofocus.

Tuxlin nggak tahu sensor apa yang digunakan oleh Sharp Aquos Sense 4 Plus ini? Kalau hape murah gini biasanya kalau nggak Samsung ISOCELL GM1 ya OmniVision OV48B. Meski Sharp ini adalah brand Jepang, rasa-rasanya nggak mungkin deh pakai sensor Sony IMX series yang biasanya dipakai di smartphone mahal. 🤔

Kamera utama Sharp Aquos Sense 4 Plus ini dibekali dengan fitur pixel binnning yang menggabungkan empat buah piksel kecil menjadi sebuah piksel besar agar dapat menyerap cahaya yang lebih banyak. Nantinya, hasil foto bisa lebih tajam dan mumpuni dalam kondisi low-light. Nah karena pakai teknologi pixel binning, maka foto yang dihasilkan oleh Sharp Aquos Sense 4 Plus secara default menghasilkan foto 12MP. Oiya, kamera belakang ini dilengkapi dengan LED flash.

Anda dapat membeli smartphone Sharp Aquos Sense 4 Plus dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Pada review kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus kali ini, kamera keduanya berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide angle aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 115 derajat. Sedangkan kamera ketiga 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan foto portrait. Terakhir, kamera keempat 2 megapiksel monokrom dengan lensa f/2.4 untuk dedicated macro.

Hal yang unik adalah Sharp Aquos Sense 4 Plus ini diperkuat dengan kamera depan ganda. Ini adalah sesuatu yang jarang ada di smartphone saat ini 🧐. Kamera utamanya berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS yang ditandemkan dengan lensa fixed focus aperture f/2.0 dan kamera kedua berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.5 yang berfungsi sebagai depth sensor. Baik kamera depan maupun belakang dapat merekam video dengan resolusi 4K @30fps.

Antarmuka & Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus

Review Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus Berkekuatan 48MP 1

Kalau Tuxlin mau jujur nih, tampilan antarmuka kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus ini kurang oke. Kayak balik lagi ke smartphone Android tahun 2015-an wkwkw… Seperti biasa, desain tampilannya didominasi viewfinder dengan diapit menu pada sisi kanan dan kirinya. Menu sebelah kirinya pakai ikon yang gede kayak ikon flash sama mcro, jelek banget wkwkw… 😅

Mode yang tersedia berjejer di menu rolodex sebelah kanan dan kita bisa memilihnya dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri. Mode yang tersedia antara lain adalah Video, Picture, Portrait, Slow Video, dan Time Lapse. Anehnya, masih ada mode lain lagi yang bisa diakses di tombol sebelah kiri bawah yang isinya Auto, Manual, Clearly, Fluffy, Backlight, Afterimage, Macro, dan Monochrome. 🤦🏻‍♂️

Baca juga:Oppo Reno 5 Review: Paket Komplet dalam Bodi Tipis dan Ringkas

Review Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus Berkekuatan 48MP 2

Ya walaupun pada review kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus kali ini tampilan UI-nya kurang oke, tapi mode Manual yang disediakan bener-bener kompeten lho. Nggak kayak brand sebelah yang cuma bisa atur tiga parameter dasar. Di Sharp Aquos Sense 4 Plus ini kita bisa mengatur parameter White Balance, ISO (hingga 3200), Shutter Speed (hingga 5s), Focus, Color, Contrast, dan Clarity.

Review Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus Berkekuatan 48MP 3

Penasaran dengan hasil jepretan kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus ini? Oke, langsung scroll ke bawah saja… Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Hasil Foto Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus Siang Hari

Hasil Foto Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus Mode Portrait

Hasil Foto Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus Macro

Hasil Foto Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus Malam Hari

Baca juga:Review Kamera Samsung Galaxy A32 dengan Sensor ISOCELL GW3

Hasil Foto Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Sharp Aquos Sense 4 Plus

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Sharp Aquos Sense 4 Plus

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Sharp Aquos Sense 4 Plus

Review Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus

Review Kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus

Gimana? Pembaca Tuxlin Blog udah pada lihat kan kayak gimana hasil jepretan kamera smartphone tahan air Sharp Aquos Sense 4 Plus di atas. Bagus nggak? 😅 Yah jujur aja kualitas foto pada review kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus ini di bawah ekspektasi Tuxlin. Kirain brand Jepang kayak Sharp gitu kameranya bisa setara sama tetangganya, Sony. Ternyata perbedaannya cukup jauh. 🧐 Sharp musti sewa insinyur buat optimasi lagi kemampuan kameranya, biar nggak terkesan asal tempel.

Saat siang hari dengan cahaya yang melimpah, kamera 48MP Sharp Aquos Sense 4 Plus ini mampu menghasilkan foto dengan tingkat detail yang sebenarnya lumayan. Kontrasnya agak kurang, sehingga terlihat kurang tajam. Karakter warnanya memang agak warm, tapi kok terkesan kurang hidup menurut Tuxlin Blog. Untungnya sih dynamic range udah lumayan bagus.

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi Note 10 Pro 108MP dengan Sensor Samsung ISOCELL HM2

Mode portrait pada review kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus cukup bisa diandalkan, meski bukan yang paling rapi separasinya. Bokehnya nggak terlalu terlihat buatan. Kecepatan autofokus kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus ini musti ditingkatkan lagi, soalnya Tuxlin coba buat motret macro tuh kayak generasi muda sekarang ini, kurang sat set… wkwkwk 🤣 Untungnya sih hasil foto macro dengan kamera utamanya termasuk lumayan.

Pas kondisi malam hari dengan cahaya minim, sebenarnya kamera utama Sharp Aquos Sense 4 Plus ini nggak jelek-jelek amat. Foto malam harinya termasuk tajam dengan noise yang relatif terkendali, serta detail yang masih memadai. Saturasi warnanya malah jadi cenderung agak punchy kalau malem. 🤔 Sayangnya sih Sharp nggak ngasih mode malam yang proper. Kalau ada, mungkin kualitasnya bisa lebih kece lagi.

Sebenarnya yang jadi masalah dari kamera utama Sharp Aquos Sense 4 Plus ini adalah performanya. Ini kamera tuh lambat fokusnya dan proses saving atau post-processing juga lambat, baik saat siang maupun malam. Jadi kalian jepret foto paakai Sharp Aquos Sense 4 Plus, musti nunggu dulu beberapa detik baru kesimpen tuh foto. Apalagi kalau malam, suka ngeblur dan harus bener-bener steady pas motret.

Kamera depan pada review Sharp Aquos Sense 4 Plus memang bukan untuk mereka yang suka foto selfie, hasilnya agak buriq soalnya wkwkw… 🤣 Mode portrait cukup rapi, tapi ya tetep aja detail wajah terasa kurang bersih gitu. ya cocoknya sih cuma buat zoom meeting atau sekadar video call aja. Terus kamera dedicated macro-nya juga nggak usah dianggeplah, suram kualitasnya. 🤦🏻‍♂️

Kamera ultra wide angle pada kualitasnya agak jauh dari Sharp Aquos Sense 4 Plus ini, terutama soal detailnya. Ya maklum sih, resolusinya juga cuma 5 megapiksel doang. 😅 Anehnya, tone warna dan karakternya agak beda dengan kamera utamanya. Kamera ultra wide angle ini cenderung agak pucat dan kalau malam juga agak soft, kurang tajam gitu.

Ya secara umum, kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus ini menawarkan kualitas yang lumayan dan bisa diandalkan dalam segala kondisi cahaya. Sayangnya, performanya masih perlu ditingkatkan dan kamera depannya kurabng cocok bagi yang suka foto selfie.

Sampai di sini dulu review kamera Sharp Aquos Sense 4 Plus oleh Tuxlin Blog kali ini, semoga bermanfaat. 🙂

Anda mungkin suka:Vivo V20 2021 Review: Cantik, Ringkas dan Cocok untuk Selfie


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.