Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Tecno Spark 7 Pro Triple Camera 48MP

4 min read

Review Kamera Tecno Spark 7 Pro

Review Kamera Tecno Spark 7 Pro Triple Camera 48MP – Halo Pembaca! Kali ini Tuxlin Blog bakal bahas review kamera Tecno Spark 7 Pro yang mengusung triple camera belakang dengan kamera utama 48MP! Btw kalian pernah denger merk Tecno nggak sih? Jadi Tecno ini adalah brand asal Tiongkok yang berada di bawah naungan Transsion Holdings. Nggak cuma Tecno, Transsion Holdings ini juga merupakan ‘induk’ dari brand Itel dan Infinix. Yah semacam BBK Group yang menaungi Oppo, Vivo, dan OnePlus kali ya. 🤔 Tecno Spark 7 Pro ini adalah salah satu smartphone di bawah 2 juta yang cukup menarik karena mengandalkan performa kencang dan kamera yang cukup mentereng.

Sejauh ini udah banyak sih smartphone dengan harga di bawah 2 juta yang dibekali dengan kamera 48MP kayak si Tecno Spark 7 Pro ini, sebut saja ada Poco M3, Redmi 9T, dan yang terakhir Tuxkin Blog review adalah Samsung Galaxy M12. Meski resolusi kamera utamanya terbilang gede, kita gak boleh berharap terlalu muluk karena harganya juga murah meriah hehehe 😂 Pembaca Tuxlin Blog pasti udah nggak sabar kan lihat kayak gimana performa kamera hape ini? Langsung saja simak review kamera Tecno Spark 7 Pro oleh Tuxlin Blog kali ini!

Review Kamera Tecno Spark 7 Pro Triple Camera 48MP

Spesifikasi Kamera Tecno Spark 7 Pro

Pada review kamera Tecno Spark 7 Pro kali ini, sebenarnya spesifikasinya nggak jauh beda dengan spesifikasi kamera Infinix Hot 10s yang telah Tuxlin bahas lebih dulu. Sejak awal emang Tecno Spark 7 Pro menonjolkan performanya yang powerful untuk gaming, bukan kemampuan kameranya yang ciamik. Lalu apakah kameranya bakal seadanya? Nggak juga. Yang bikin kesel malah bukan kualitas kameranya, tapi jumlah kameranya banyak tapi yang bener-bener berguna cuma sebiji, ya yang 48MP itu. Sisanya kamera haha-hihi… 🤣

Jadi hape Tecno Spark 7 Pro dibekali dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 48 megapiksel dengan sensor berukuran 1/2 inci 0.8um piksel yang ditandemkan dengan lensa aperture f/1.8 dan diperkuat dengan fitur phase detection autofocus. Tuxlin nggak tahu sensor apa yang digunakan oleh Tecno Spark 7 Pro ini? Kalau hape murah gini biasanya kalau nggak Samsung ISOCELL GM1 ya OmniVision OV48B. Hampir ngggak mungkin pakai Sony IMX 586 atau IMX 582.😅

Anda dapat membeli Tecno Spark 7 Pro dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Lazada (Klik)

Kamera utama Tecno Spark 7 Pro ini dibekali dengan fitur pixel binnning yang menggabungkan empat buah piksel kecil menjadi sebuah piksel besar agar dapat menyerap cahaya yang lebih banyak. Nantinya, hasil foto bisa leebih tajam dan mumpuni dalam kondisi low-light. Nah karena pakai teknologi pixel binning, maka foto yang dihasilkan oleh Tecno Spark 7 Pro secara defaul resolusinya adalah 12 megapiksel. Oiya, kamera belakang ini dilengkapi dengan quad LED flash, kece kan?

Pada review kamera Tecno Spark 7 Pro kali ini, kamera kedua berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 yang berperan sebagai sebagai depth sensor buat bikin efek bokeh pas mode portrait. Sedangkan kamera ketiga Tecno Spark 7 Pro ini Tuxlin nggak tahu fungsinya. Katanya sih berperan sebagai AI detection. Entah emang fungsinya begitu atau cuma ditambahin aja biar kelihatan banyak? 🤭

Buat pembaca Tuxlin Blog yang hobi selfie, kayaknya Tecno Spark 7 Pro udah memadai sih, tapi nggak bisa dibilang istimewa juga. Jadi kamera depannya itu resolusinya 8 megapiksel yang ditandemkan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus. Tenang aja buat yang suka selfie di tempat gelap, kamera depan Tecno Spark 7 Pro udah dipersenjatai dua buah LED flash😎👍 Oiya, kamera depan ponsel ini bisa rekam video dengan resolusi full HD dan untuk kamera belakang bisa hingga resolusi 2K.

Antarmuka & Fitur Kamera Tecno Spark 7 Pro

Antarmuka & Fitur Kamera Tecno Spark 7 Pro

Pada review kamera Tecno Spark 7 Pro kali ini, entah kenapa Tuxlin merasa antarmukanya mirip kameranya Infinix, ya nggak sih? Tampilannya sih sekilas nggak jauh beda dengan kebanyakan aplikasi kamera smartphone yang didominasi viewfinder yang diapit ikon setting di sebelah kiri dan menu rolodex di sebelah kanan.

Pada menu sebelah kiri bisa kita lihat ada ikon pengaturan pengaturan filter, aspek rasio, mode 48M, HDR, LED flash, dan setting lainnya. Sedangkan sisi kanan terdapat menu rolodex untuk memilih mode kamera, Google Lens, tombol switch ke kamera depan, tombol shutter, dan shortcut untuk mengakses galeri.

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021, 108MP Masih Mumpuni?

Review Kamera Tecno Spark 7 Pro Triple Camera 48MP 1

Mode yang disediakan pada review kamera Tecno Spark 7 Pro kali ini kelihatan banyak ya? Tapi sebenarnya kurang lengkap menurut Tuxlkin Blog. Jadi mode yang tersedia antara lain SShort Video, Video, AI Cam, Beauty, Portrait, Super Night, AR Shot, Slow Motion (hingga 240fps), Panorama, Documents, dan Time Lapse. Cukup standarlah untuk smartphone dengan harga di bawah 2 juta. 🤔

Sayangnya nih, aplikasi kamera Tecno Spark 7 Pro ini nggak menyertakan mode Pro atau manual. Pembaca Tuxlin Blog yang suka eksplorasi shutter speed, ISO, fokus, dan parameter manual lainnya nggak bisa dilakukan di hape ini. Ya maklum sih, namanya juga smartphone murah.

Review Kamera Tecno Spark 7 Pro Triple Camera 48MP 2

Penasaran dengan hasil jepretan kamera Tecno Spark 7 Pro? Oke, langsung scoll ke bawah saja… Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Tecno Spark 7 Pro ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Video Unboxing Tecno Spark 7 Pro

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 7 Pro HDR

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 7 Pro HDR
HDR off
Hasil Foto Kamera Tecno Spark 7 Pro HDR
HDR On

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 7 Pro Siang Hari

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 7 Pro Portrait

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 7 Pro Macro

Baca juga:Review Kamera Xiaomi Redmi Note 10 Pro 108MP dengan Sensor Samsung ISOCELL HM2

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 7 Pro Malam Hari

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 7 Pro Night Mode

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 7 Pro Night Mode
Night mode off
Hasil Foto Kamera Tecno Spark 7 Pro Night Mode
Night mode on

Hasil Foto Kamera Tecno Spark 7 Pro dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Tecno Spark 7 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Tecno Spark 7 Pro Portrait

Review Kamera Tecno Spark 7 Pro

Review Kamera Tecno Spark 7 Pro

Pembaca Tuxlin Blog udah lihat kan hasil jepretan kamera utama Tecno Spark 7 Pro di atas? Ya secara umum lumayan bagus dan nggak malu-maluin deh kalau untuk smartphone dengan harga di bawah 2 juta hehehe… Kalau kondisi cahaya melimpah, hasil foto pada review kamera Tecno Spark 7 Pro udah cukup memuaskan Tuxlin Blog dengan level detail yang memadai, tajam, dan saturasi warna yang baik.

Baca juga:Review Kamera Samsung Galaxy A32 dengan Sensor ISOCELL GW3

kalau diperhatikan lebih detail, sebenarnya Tuxlin melihat kalai detail hasil jepretan Tecno Spark 7 Pro agak oversharpeng, terutama untuk subyek dedaunan yang masif. 🤔 Selain itu, fotonya juga nggak terlalu bersih karena pas Tuxlin lakukan zoom dikit aja, udah kelihatan ada grain dikit pada teksturnya. Btw dynamic range yang dihasilkan lumayan oke dan nggak terlalu wide. Kalau mode HDR aktif, kadang malah langit jadi overekspose dan foto kurang natural.

Untungnya sih performa autofokus kamera utama Tecno Spark 7 Pro ini bisa diandalkan menurut Tuxlin. Fokusnya itu cepat, tepat dan akurat pas kondisi cahaya bagus. Nggak heran sih kalau foto macro yang dihasilkan oleh kamera utama Tecno Spark 7 Pro mantap di kelasnya dengan detail melimpah. Sayangnya kalau kondisi cahaya agak kurang, saturasi warna pas macro suka nggak akurat dan ngaco… 😅 Untuk mode portrait, separasinya kadang nggak rapi. Nggak ada yang sitimewa istimewa sih.

Kalau malam hari gimana? Wah ini… 😅 Sebagai smartphone dengan harga di bawah 2 juta, hasil jepretan pas malam hari dengan kondisi cahaya kurang bisa dikatakan lumayan aja. Nggak terlalu jelek, tapi nggak bisa dibilang buruk juga. Subyek masih dapat diekspos dengan baik dengan saturasi warna yang terjaga. Sayangnya memang detailnya merosot drastis dan noise terbilang masif. Saking banyaknya noise, foto jadi kayak berkabut kalau di-zoom wkwkwk… 😂

Pada review kamera Tecno Spark 7 Pro kali ini memang menyediakan mode Night yang proper. Hasilnya memang bikin detail meningkat dan foto jadi lebih terang. Masalahnya, noise juga makin banyak… Seperti yang kalian lihat di atas, sampe foto night mode malah lebih berkabut dari yang auto kan? Tecno tampaknya musti kembangkan lagi mode Night ini biar performanya makin oke. Btw quad LED flash yang diusung hape ini lumayan terang dan membantu banget buat motret di tempat gelap.

Sedangkan kamera depan Tecno Spark 7 Pro ini mampu menghasilkan kualitas foto yang biasa aja sih. Karakternya nggak soft kayak kebanyakan kamera depan di kelas yang sama. Akan tetapi, kadang muncul grain yang lumayan bikin jelek muka hehehe… Mode portrait kamera depan ini juga kadang kurang rapi kayak kamera belakangnya.

Secara umum, kemampuan kamera Tecno Spark 7 Pro ini bisa diandalkan untuk sebuah smartphone di bawah 2 juta. Hasilnya nggak malu-maluin, tapi bukan yang terbaik di kelasnya. Sampai di sini duluu review kamera Tecno Spark 7 Pro oleh Tuxlin Blog kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. 😊

Anda mungkin suka:Redakan Stresmu dengan Bermain Game Mahjong di Solitaire.org


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.