Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021, 108MP Masih Mumpuni?

6 min read

Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021, 108MP Masih Mumpuni? – Halo Pembaca! Masih inget smartphone Xiaomi Mi 10T Pro? Yoha, Xiaomi Mi 10T Pro adalah smartphone flagship murah yang spesifikasi dan kemampuannya benera flagship hehehe… Jadi ceritanya Tuxlin Blog dapat pinjaman unit untuk review kamera Xiaomi Mi 10T Pro dari tim Laptophia. Smartphone ini sudah beredar di Indonesia hampir setahun karena diluncurkan sekitar akhir 2020. Lalu apakah kemampuan kamera Xiaomi Mi 10T Pro masih mumpuni di tahun 2021 ini? Spesifikasi kamera di atas kertas masih lumayan top markotop lho… Xiaomi Mi 10T Pro dibekali dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 108 megapiksel! 😎👍

Sensor yang digunakan juga ukurannya gede banget, yakni Samsung ISOCELL HMX 1/1.33 inci. Sebenarnya Xiaomi Mi 10T Pro bukan yang pertama yang pakai sensor Samsung HMX ini karena Xiaomi lebih dulu memasangnya di Mi Note 10 Pro yang dirilis awal 2020 dan sekarang ini jadi daily driver Tuxlin Blog. Kalau di Mi Note 10 Pro, hasil fotonya mantap surantap tapi performanya loyo karena cuma pakai Snapdragon 730G. Nah di Xiaomi Mi 10T Pro ini kan pakai Snapdragon 865 5G, mustinya memiliki processing power yang jauh lebih kencang dan memadai untuk mengolah foto dari sensor 108MP. Lalu apakah kemampuan kamera Xiaomi Mi 10T Pro ini masih mumpuni di tahun 2021? Simak review kamera Xiaomi Mi 10T Pro oleh Tuxlin Blog kali ini! 😁

Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021, 108MP Masih Mumpuni?

Spesifikasi Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Seperti yang sudah Tuxlin Blog singgung di paragraf pembuka di atas, Xiaomi Mi 10T Pro ini menawarkan spesifikasi kamera yang masih sangat mantap di kelasnya! Smartphone flagship murah ini dipersenjatai dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama 108 megapiksel. Ini masih di atas rata-rata pesaingnya yang mentok di 64 megapiksel. Ya memang sih besaran megapiksel atau resolusi itu nggak selalu berbanding lurus dengan kualitas jepretannya. Eh tapi pada review kamera Xiaomi Mi 10T Pro kali ini beda, ini bener-bener kompeten!😎👍

Jadi Xiaomi Mi 10T Pro ini diperkuat dengan kamera utama berkekuatan 108 megaopiksel dengan sensor Samsung ISOCELL HMX atau S5KHMX berukuran 1/1.33 inci 0.8um piksel yang ditandemkan dengan lensa 7p dengan aperture f1/7 dan didukung fitur canggih seperti phase detection autofocus (PDAF), laser autofocus, quad LED dual-tone LED flash, dan OIS (Optical Image Stabilization). Adanya OIS ini bikin kamera lebih stabil saat merekam video dan meningkatkan kemampuan memotret dalam kondisi minim cahaya.

Anda dapat membeli Xiaomi Mi 10T Pro dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Berdasarkan informasi yang Tuxlin himpun, ukuran sensor Samsung S5KHMX yang dipakai kamera utama Xiaomi Mi 10T Pro ini memang cukup besar di kelasnya dan mengadopsi teknologi pixel binning yang disebut dengan tetracell yang menggabungkan empat buah piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar guna menyerap cahaya yang lebih banyak. Teknologi ini membuat output kamera utama Xiaomi Mi 10T Pro menjadi 25MP dengan kualitas tinggi.

Sedangkan kamera kedua pada review kamera Xiaomi Mi 10T Pro ini berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor OmniVision OV13B10 1/3.06 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.5 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3E9 1/5 inci lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro camera yang diperkuat fitur autofokus. Terakhir, kamera berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor.

Nah buat penggemar foto selfie, Xiaomi Mi 10T Pro ini masih jadi andalan banget di tahun 2021 ini berkat dukungan kamera depan resolusi 20 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3T2 1/3.4 inci 0.8um piksel dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus. Kamera belakang smartphone ini dapat merekam video dengan resolusi hingga 8K dan kamera depannya mentook di resolusi full HD.

Antarmuka & Fitur Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021, 108MP Masih Mumpuni? 1

Buat yang udah pernah pakai smartphone Xiaomi dan Poco, pasti udah familiar dengan antarmuka kamera Redmi Mi 10T Pro ini. Aplikasi kamera bawaan smartphone ini relatif mudah dimengerti sob. Tampilannya terdiri dari viewfinder yang duapit dua baris menu pada sisi kanan dan kirinya. Bagian kiri terdapat hamburger menu, Google Lens, Filter, AI, HDR, dan LED flash.

Baca juga:Review Kamera Poco M3 Pro 5G Berkekuatan 48MP Sensor OmniVision OV48B

Sedangkan sebelah kanan ada opsi untuk berganti lensa dari 1x untuk kamera wide, 0,6x untuk kamera ultra wide angle, dan 2x untuk digital zoom. Sedangkan mode kamera dapat diakses melalui menu rolodex sebelah kanan dan susunannya bisa diatur sesuai kebutuhan. Tak luap ada tiga tombol di paling kanan untuk switch ke kamera depan, tombol shutter, dan shortcut untuk mengakses galeri.

Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021, 108MP Masih Mumpuni? 2

Mode yang disediakan pada aplikasi Xiaomi Mi 10T Pro ini cukup lengkap gaes, antara lain ada Slow Motion (hingga 1080P 120fps), Short Video, Video, Photo, 108M, Portrait, Night, Panorama, Document, Time-lapse, Vlog, Dual Video, Long Exposure, Clone, dan Pro. Seperti biasa gaes, mode Pro-nya ini nggak kaleng-kaleng lho… Lengkap! Kuta bisa atur aneka parameter di mode ini seperti white balance, fokus, shutter speed (hingga 30s), ISO (hingga 6400), EV, dan tentu saja lensa yang mau dipakai.

Ada juga mode 108MP yang mana kamera utamanya bakal jepret foto dengan resolusi native 108 megapiksel tanpa pakai pixel binning atau tetracell Tuxlin Blog sih nggak rekomendasiin mode ini karena selain proses penyimpanannya lama, kualitas fotonya emang sedikit lebih detail lagi sih dari yang mode auto. Mode lain yang sering Tuxlin pakai adalah Vlog yang memungkinkan kita bikin footage keren untuk opening atau intro vlog dengan modal klak-klik doang.

Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021, 108MP Masih Mumpuni? 3

Nah yang Tuxlin Blog herman eh heran sih kok mode slow motion nggak bisa sampai 960fps ya? Padahal di smartphone lebih murah kayak Redmi Note 10 Pro bisa lho… Xiaomi Mi 10T Pro ini cuma mentok di 120fps sih, tapi resolusinya bisa full HD. Selain itu, kelebihan Xiaomi Mi 10T Pro adalah bisa ngrekam video dengan resolusi hingga 8K!🤯 Eh tapi jarang dipakai juga sih, soalnya makan memorinya juga gede hehehe… 😅

Video Unboxing Xiaomi Mi 10T Pro

Baca juga:Review Kamera Realme C25 Berkekuatan 48 Megapiksel

Penasaran dengan hasil jepretan kamera Xiaomi Mi 10T Pro? Woke, langsung scroll ke bawah saja… Seperti biasa, foto hasil jepretan kamera Xiaomi Mi 10T Pro ini sudah Tuxlin Blog resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diunggah ke blog.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro Siang Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro Portrait

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro Macro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro Malam Hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro Night Mode

Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021, 108MP Masih Mumpuni? 35
Night mode off
Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021, 108MP Masih Mumpuni? 36
Night mode on

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro dengan LED Flash

Baca juga:Review Kamera Samsung Galaxy M12 dengan Sensor ISOCELL GM2

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Mi 10T Pro

Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Gimana? Udah lihat sampel foto Xiaomi Mi 10T Pro oleh Tuxlin Blog di atas kan? Kualitas jepretan pada review kamera Xiaomi Mi 10T Pro ini masih sangat bisa diandalkan di tahun 2021 ini. Apakah kualitasnya bisa disandingkan dengan smartphone flagship masa kini? Tuxlin rasa belum sampai pada level itu… Paling tidak hasil jepretan kamera utama Xiaomi Mi 10T Pro ini masih salah satu yang paling mantap di kelas Rp 5 – 6 jutaan. 🤔

Saat siang hari, kamera utama 108MP yang diusung oleh Xiaomi Mi 10T Pro mampu menghasilkan foto resolusi 25 megapiksel dengan teknologi pixel binning. Tingkat detailnya jangan ditanya, ini di atas rata-rata lho… Detail dedaunan yang rumit mampu disajikan dengan apik berkat sensor berukuran besar dan post-processing yang tepat. Saat Tuxlin lakukan zoom 2x pun tingkat detailnya masih sangat bagus dan layak banget untuk dibagikan di sosial media. Saturasi warnanya mendekati natural. Kalau AI diaktifkan, karakter warnanya jadi lebih punchy. 👍 Ketajaman dan kontrasnya mantap, serta konsisten.

Sedangkan dynamic range juga cukup wide, jadi nggak masalah kalau kalian motret dengan kondisi cahaya yang menantang alias backlight. Mode HDR jika diaktifkan bakal meningkatkan dynamic range yang signifikan, meski kadang saturasi warnanya jadi ikutan naik dikit hehehe… 😅 Sebenarnya karakter fotonya mirip dengan Mi Note 10 Pro yang Tuxlin ulas sebelumnya, cuma bedanya Xiaomi Mi 10T Pro ini lebih responsif dan post-processing-nya jauh lebih cepet.

Baca juga:Review Kamera Samsung Galaxy A32 dengan Sensor ISOCELL GW3

Mode portrait kamera belakang pada review kamera Xiaomi Mi 10T Pro ini relatif mantap di kelasnya dengan separasi yang rapih dan efek bokeh yang kelihatan lebih natural. Sedangkan untuk foto macro, Xiaomi Mi 10T Pro ini agak aneh karena area fokusnya lebih kecil dari kebanyakan smartphone. Berdasarkan informasi yang Tuxlin himpun, area fokus yang kecil ini disebabkan oleh penggunaan sensor berukuran besar. Hasilnya ya tetep bagus dengan detail di atas rata-rata, cuma area fokusnya sempit… Tuxlin lebih sering manfaatin 2x zoom untuk foto macro yang lebih ciamik. 😅👍

Saat malam hari, performa kamera utama Xiaomi Mi 10T Pro sangat bisa diandalkan! Gimana kagak, sensor Samsung ISOCELL HMX kan ukurannya gede untuk kelas smartphone, masak kalau low-light malah jelek wkwkwk… Saat malam hari, kamera Xiaomi Mi 10T Pro mampu menghasilkan foto dengan detail yang di atas rata-rata, meski nggak semantap pas siang hari. Dynamic range cukup baik dengan saturasi warna yang oke, serta noise yang cukup terkontrol. Performa autofokusnya juga nggak mengalami penurunan signifikan kalau malam.

Mode Night yang tersedia baru menunjukkan perbedaan signifikan dari mode auto kalau kondisinya emang bener-bener gelap, sob. Kalau mayan terang sih malah gak kelihatan bedanya. Mode Night ini mampu menghadirkan detail yan lebih tinggi dan dynamic range yang lebih wide. Btw LED flash bawaan Xiaomi Mi 10T Pro ini lumayan terang dan ngebantu banget pas kondisi bener-bener gelap.

Kemampuan foto selfie pada review kamera Xiaomi Mi 10T Pro kali ini cukup mantep sob. Ya memang bukan yang terbaik di kelasnya, tetapi kamera depan Xiaomi Mi 10T Pro mampu menghasilkan detail yang memadai, karakter warna yang natural, dan dynamic range yang bagus. Pas mode portrait juga relatif rapi separasinya… Pokoknya andalan banget deh kalau buat foto selfie. 👍

Nah kualitas foto kamera ultra wide-angle di Xiaomi Mi 10T Pro agak njomplang jauh dari kamera utamanya. Kamera ultra wide angle di hape ini relatif nggak jauh beda dengan smartphone yang lebih murah… Kalau pas siang sih bisa diandalkan dengan detail yang lumayan, saturasi warna oke, dan pinggirannya agak soft.

Sedangkan kalau malam hari, kamera ultra wide-angle Xiaomi Mi 10T Pro ini emang ampas hehehe… 😅 Kamera dedicated macro Xiaomi Mi 10T Pro ini emang ada autofokusnya, tapi hasil jepretannya nggak istimewa dan nggak jelek juga sih… Cuma mending pakai kamera utama kalau mau foto macro.

Secara umum, Xiaomi Mi 10T Pro ini menawarkan performa kamera yang bisa diandalkan dalam segala kondisi cahaya. Detail yang dihasilkan relatif di atas rata-rata dan kamera depannya cuka mantap buat foto selfie. Cuma kamera ultra wide-angle sama macro-nya standar banget ya untuk harga segini. Oke, mungkin sampai di sini dulu review kamera Xiaomi Mi 10T Pro oleh Tuxlin Blog kali ini, semoga bermanfaat ya. â˜º

Anda mungkin suka:Adata XPG SX8200 Pro Review: SSD M.2 NVMe Terjangkau dengan Performa Ngebut!


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

2 Replies to “Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro di Tahun 2021,…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *