Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

Review Kamera Xiaomi Redmi 3, Resolusi 13MP PDAF

4 min read

Review Kamera Xiaomi Redmi 3

Review Kamera Xiaomi Redmi 3 – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog akan membahas review kamera Xiaomi Redmi 3 yang mengusung resolusi 13 megapiksel dengan teknologi PDAF (Phase Detection Auto Focus). Review kamera Xiaomi Redmi 3 ini memang agak berbeda dari review kamera sebelumnya karena relatif lebih singkat. Jujur saja sob, unit Redmi 3 yang Tuxlin gunakan untuk review adalah pinjaman, sehingga cuma numpang lewat saja hehehehe…

Awalnya Tuxlin mau review Xiaomi Redmi 3 ini setelah dirilis resmi di Indonesia. Namun ternyata… krik… krik… *hening* Berhubung Xiaomi Redmi 3 sudah mampur ke Tuxlin Lab, tak ada salahnya dibikin artikel review singkat, betul tidak? Berikut ini review kamera Xiaomi Redmi 3 oleh Tuxlin Blog.

Review Kamera Xiaomi Redmi 3

Spesifikasi Kamera Xiaomi Redmi 3

Spesifikasi kamera yang diusung oleh Xiaomi Redmi 3 ini sebenarnya nggak jauh beda dengan Redmi Note 2 yang Tuxlin Blog review sebelumnya. Pada review kamera Xiaomi Redmi 3 kali ini, smartphone tersebut mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3M2 (TBC) berukuran 1/3,06 inci yang dilengkapi dengan teknologi phase-detection autofocus (PDAF).

Teknologi ini mampu meningkatkan kecepatan fokus secara signifikan. Nggak sampai di situ, Xiaomi juga mempersenjatai Redmi 3 ini dengan lima elemen lensa dengan aperture f/2.2 yang ditemani single LED flash untuk membantu memotret di tempat kurang cahaya.

Xiaomi Redmi 3 ini dibekali dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel yang menggunakan sensor OmniVision OV5670 dengan aperture f/2.2, fixed focus. Spek kamera depan ini udah lumayan bagus lho kalau cuma buat ritual selfie sendiri atau berjamaah 😆 Baik kamera depan maupun kamera belakang dapat merekam video full HD 1080p @30fps.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3 terbaru di sini (klik) untuk pengguna iOS/Android di sini (klik)

Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 3

Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 3

Seperti bIasa, pada review kamera Xiaomi Redmi 3 ini Tuxlin Blog menggunakan aplikasi bawaan. Secara umum, penampilan dan fitur yang ditawarkan aplikasi kamera bawaan ini relatif tak jauh berbeda dengan Redmi series lainnya.

Antarmuka aplikasi kamera pada Xiaomi Redmi 3 ini terdiri dari dua bagian, yakni viewfinder dan panel kontrol pada sisi kanan. Panel kontrol dengan background hitam agak memakan ‘jatah’ viewfinder. Akan tetapi panel tersebut bisa jadi transparan kalau kita set aspek rasio foto dari 4:3 ke 16:9 sob. Tuxlin sendiri jarang sih pakai aspe rasio 16:9, lebih nyaman dengan 4:3, bagaimana dengan pembaca? Open-mouthed smile

Panel kontrol pada Redmi 3 ini terdapat tombol untuk mengatur LED flash yang berlambang kilat, ketika kita sentuh maka akan muncul opsi Auto, On, dan Off. Kemudian juga terdapat tombol HDR (High Dynamic Range) On atau Off, pengaturan LED flash Off, Auto, dan On, serta tombol switch ke kamera depan. Selain itu, juga terdapat tombol mode video, tombol shutter, dan tombol shortcut untuk mengakses galeri.

Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 3Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 3

Aplikasi kamera bawaan Xiaomi Redmi 3 ini dilengkapi dengan 12 jenis filter yang terdiri dari Mono, Vivid, Yesteryear, Blur, Fish Eye, Mosaic, Dawn, Japanese, Autumm, Indigo, Normal, dan Mirror. So, buat alayers yang pengen fotonya terlihat unik, bisa cobain satu-satu tuh filter yang ada hehehehe… :mrgreen:

Review kamera Xiaomi Redmi 3 kali ini menyediakan enam mode kamera yang terdiri dari Panorama, Timer, Gradient, Manual, Beautify, Scene Mode, dan HHT (Hand Held Twilight). Sayangnya, pada mode manual hanya disediakan fasilitas untuk mengatur ISO dan White Balance saja.

Ya wajar sih, selama ini kan jarang banget ada ponsel kelas menengah yang menyediakan pengaturan shutter speed dan focus distance Smile with tongue out Beberapa scene atau mode adegan yang dapat kita coba di Redmi 3 ini antara lain adalah Auto, Portrait, Landscape, Sports, Night, Night Portrait, Beach, Snow, Sunset, dan Fireworks.

Sampai di sini pembahasan antarmuka pada review kamera Xiaomi Redmi 3, kita langsung lanjut pada hasil jepretan atau fotonya! Seperti biasa, hasil foto kamera Xiaomi Redmi 3 Tuxlin resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diungah ke blog. Penasaran? Langsung lanjut dah ke halaman berikutnya Open-mouthed smile

Baca juga:Benchmark Xiaomi Redmi 3: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard

Hasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 HDR

Hasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 HDRHasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 HDR

HDR off (atas) dan HDR on (bawah)

Hasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 Siang Hari

Hasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 Siang Hari

Kondisi mendung cuy, mau hujan… Buruan angkat jemuran!! Smile with tongue out

Hasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 Siang HariHasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 Siang Hari

Hasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 Siang Hari

Indoor dengan lampu ruangan menyala

Hasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 dengan LED flashHasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 dengan LED flash

LED flash off (atas) dan LED flash on (bawah)

Hasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 Macro

Hasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 MacroHasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 MacroHasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 MacroHasil Foto Kamera Kamera Xiaomi Redmi 3 Macro

Hasil Foto Kamera Kamera Depan Xiaomi Redmi 3

Hasil Foto Kamera Kamera Depan Xiaomi Redmi 3

Ritual selfie itu sebenarnya tidak melanggar hukum kok 😆

Baca juga: Meizu Pro 6 Bertenaga MediaTek Helio X25 10 Core Diperkenalkan

Review Kamera Xiaomi Redmi 3

Sampailah kita pada bagian akhir review kamera Xiaomi Redmi 3! Yap, meski sampel fotonya nggak sebanyak biasanya, setidaknya Tuxlin Blog dan pembaca sekalian dapat gambaran sejauh mana kemampuan kamera ponsel Redmi 3 ini. Sebenarnya udah banyak pembaca yang nanyain review Redmi 3 ini baik di BBM, email maupun LINE.

Tuxlin sih rencananya mau review Redmi 3 setelah diluncurkan secara resmi di Indonesia. Namun, tampaknya Xiaomi Redmi 3 ini dirilis resmi di Indonesia setelah Indonesia sukses mengalahkan negara api atau setelah Lebaran Kucing wkwkwkw 😆 Setelah ada seseorang yang meminjamkan Redmi 3, yah nggak ada salahnya direview singkat hihihihi…. Open-mouthed smile

Langsung saja Tuxlin Blog menggunakan Xiaomi Redmi 3 ini untuk menjepret beberapa foto di siang hari. Asal jepret saja, soalnya cuma dikasih pinjam sehari 😆 Kondisi mendung pekat, hasil jepretannya agak gelap, bisa dimaklumi mengingat kondisi mendung. Meski demikian, foto yang dihasilkan oleh Xiaomi Redmi 3 cukup baik di kelas under 2 juta.

Meski kondisi agak gelap, foto yang dihasilkan masih mampu menghasilkan detail yang lumayan. Warna yang dihasilkan memang sedikit pudar tetapi tak terlalu jauh dari warna aslinya. Dynamic range yang dihasilkan juga relatif standar. Noise yang dihasilkan terbilang lumayan, tetapi tidak terlalu mengganggu. Hasil jepretannya mungkin bisa lebih baik lagi jika cuaca cerah Smile

Ketika HDR (High Dynamic Range) diaktifkan, terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Foto yang dihasilkan lebih tajam, warna lebih vivid, dan langit tidak lagi overexpose. Sedangkan pada bagian yang gelap (pagar di bawah pohon) tampak terlihat lebih jelas. Sama seperti smartphone kelas entry-level menengah lainnya, proses penyimpanan foto dengan mode HDR ini memang sedikit lebih lama.

Memangnya ada ponsel yang nyimpen foto HDR ngebut? Ada gan, iPhone 😆 Ponsel besutan Apple ini mode HDR-nya malah real-time hihihi… Nggak usah jauh-jauh lah, Xiaomi Mi 4c yang biasa Tuxlin gunakan juga lumayan ngebut kok, meski nggak sejepat iPhone.

Saat digunakan untuk foto macro, kamera Redmi 3 tampaknya nggak terlalu terpengaruh dengan cuaca yang mendung banget alias agak gelap. Hasil jepretannya tetep terang dan menghasilkan kualitas yang sebagaimana mestinya. Kecepatan fokus bisa diacungi jempol, warna yang akurat, dan detail yang dihasilkan juga cukup tinggi.

Hal ini terlihat dari foto bunga kersen yang Tuxlin crop dari resolusi aslinya. Hasilnya? Detail bunga masih terlihat lumayan.  Bokeh yang dihasilkan juga oke sob, artistik gitu hahahaha… Lihat saja bokeh pada foto bunga kersen warna putih di halaman sebelumnyaSmile

Kamera depannya gimana? Ini pasti menjadi salah satu bagian yang ditunggu-tunggu jamaah Narsisiyah pada review kamera Xiaomi Redmi 3 kali ini, yak kan? 😆 Kamera depan Redmi 3 ini relatif setara dengan Redmi Note 2 atau Mi 4c yang sudah Tuxlin review sebelumnya.

Karakter fotonya memang agak soft, sehingga detailnya agak kurang. Jika fasilitas beautify-nya dimatikan, detailnya bisa lebih baik. Secara umum udah lebih dari cukup kalau buar ritual selfie Open-mouthed smile

Berdasarkan hasil review kamera Xiaomi Redmi 3 di atas, secara umum kamera ponsel ini mampu menghasilkan foto yang cukup baik di kelasnya. Namun, bukan yang terbaik. Performanya agak menurun ketika kurang cahaya. Selain itu, kecepatan fokusnya juga melambat ketika kondisi cahaya minim.

Ini sebenarnya wajar sih untuk smartphone dengan harga di bawah 2 juta. Kamera Redmi 3 sudah bisa diandalkan untuk jeprat-jepret sehari-hari. Performanya di malam hari masih tanda tanya, soalnya sore Redmi 3 sudah dikembalikan ke pemiliknya 😆

Secara umum, kemampuan kameranya bisa dikatakan 11 – 12 jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 2. Sampai di sini dulu review kamera Xiaomi Redmi 3 kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua Smile

Anda mungkin suka:Unboxing Xiaomi Redmi 3, Smartphone 4G LTE dengan Baterai Besar


Artikel Terkait


Tuxlin Seorang blogger yang gemar mengikuti perkembangan teknologi dan gadget, reviewer amatir, dan suka traveling.Pertanyaan? Silakan Komen. Kontak saya melalui Twitter dengan ID: @dityatuxlin atau email: dityatuxlin@gmail.com.

15 Replies to “Review Kamera Xiaomi Redmi 3, Resolusi 13MP PDAF”

    1. Artikel ini dibagi menjadi beberapa halaman, contoh fotonya ada di halaman 2, perhatikan baik-baik di bawah artikel ada halamannya 🙂

  1. Min mau tanya,knpa resmi 3s saya setelah saya setel ulang pabrik bidikan kamera tidak bisa auto fokus???? Mohon infonya dan trima Kasih min..

    1. Pastikan sudah menggunakan ROM MIUI official, bukan abal-abal atau bawaan distributor. Jika sudah, bisa jadi defect kameranya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *