Review Kamera Xiaomi Redmi 3, Resolusi 13MP PDAF

Review Kamera Xiaomi Redmi 3 – Halo Pembaca! Pada kesempatan kali ini Tuxlin Blog akan membahas review kamera Xiaomi Redmi 3 yang mengusung resolusi 13 megapiksel dengan teknologi PDAF (Phase Detection Auto Focus). Review kamera Xiaomi Redmi 3 ini memang agak berbeda dari review kamera sebelumnya karena relatif lebih singkat. Jujur saja sob, unit Redmi 3 yang Tuxlin gunakan untuk review adalah pinjaman, sehingga cuma numpang lewat saja hehehehe…

Awalnya Tuxlin mau review Xiaomi Redmi 3 ini setelah dirilis resmi di Indonesia. Namun ternyata… krik… krik… *hening* Berhubung Xiaomi Redmi 3 sudah mampur ke Tuxlin Lab, tak ada salahnya dibikin artikel review singkat, betul tidak? Berikut ini review kamera Xiaomi Redmi 3 oleh Tuxlin Blog.

Review Kamera Xiaomi Redmi 3

Spesifikasi Kamera Xiaomi Redmi 3

Spesifikasi kamera yang diusung oleh Xiaomi Redmi 3 ini sebenarnya nggak jauh beda dengan Redmi Note 2 yang Tuxlin Blog review sebelumnya. Pada review kamera Xiaomi Redmi 3 kali ini, smartphone tersebut mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3M2 (TBC) berukuran 1/3,06 inci yang dilengkapi dengan teknologi phase-detection autofocus (PDAF).

Teknologi ini mampu meningkatkan kecepatan fokus secara signifikan. Nggak sampai di situ, Xiaomi juga mempersenjatai Redmi 3 ini dengan lima elemen lensa dengan aperture f/2.2 yang ditemani single LED flash untuk membantu memotret di tempat kurang cahaya.

Xiaomi Redmi 3 ini dibekali dengan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel yang menggunakan sensor OmniVision OV5670 dengan aperture f/2.2, fixed focus. Spek kamera depan ini udah lumayan bagus lho kalau cuma buat ritual selfie sendiri atau berjamaah 😆 Baik kamera depan maupun kamera belakang dapat merekam video full HD 1080p @30fps.

Anda dapat membeli atau sekadar cek harga Xiaomi Redmi 3 terbaru di sini (klik) untuk pengguna iOS/Android di sini (klik)

Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 3

Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 3

Seperti bIasa, pada review kamera Xiaomi Redmi 3 ini Tuxlin Blog menggunakan aplikasi bawaan. Secara umum, penampilan dan fitur yang ditawarkan aplikasi kamera bawaan ini relatif tak jauh berbeda dengan Redmi series lainnya.

Antarmuka aplikasi kamera pada Xiaomi Redmi 3 ini terdiri dari dua bagian, yakni viewfinder dan panel kontrol pada sisi kanan. Panel kontrol dengan background hitam agak memakan ‘jatah’ viewfinder. Akan tetapi panel tersebut bisa jadi transparan kalau kita set aspek rasio foto dari 4:3 ke 16:9 sob. Tuxlin sendiri jarang sih pakai aspe rasio 16:9, lebih nyaman dengan 4:3, bagaimana dengan pembaca? Open-mouthed smile

Panel kontrol pada Redmi 3 ini terdapat tombol untuk mengatur LED flash yang berlambang kilat, ketika kita sentuh maka akan muncul opsi Auto, On, dan Off. Kemudian juga terdapat tombol HDR (High Dynamic Range) On atau Off, pengaturan LED flash Off, Auto, dan On, serta tombol switch ke kamera depan. Selain itu, juga terdapat tombol mode video, tombol shutter, dan tombol shortcut untuk mengakses galeri.

Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 3Antarmuka Kamera Xiaomi Redmi 3

Aplikasi kamera bawaan Xiaomi Redmi 3 ini dilengkapi dengan 12 jenis filter yang terdiri dari Mono, Vivid, Yesteryear, Blur, Fish Eye, Mosaic, Dawn, Japanese, Autumm, Indigo, Normal, dan Mirror. So, buat alayers yang pengen fotonya terlihat unik, bisa cobain satu-satu tuh filter yang ada hehehehe… :mrgreen:

Review kamera Xiaomi Redmi 3 kali ini menyediakan enam mode kamera yang terdiri dari Panorama, Timer, Gradient, Manual, Beautify, Scene Mode, dan HHT (Hand Held Twilight). Sayangnya, pada mode manual hanya disediakan fasilitas untuk mengatur ISO dan White Balance saja.

Ya wajar sih, selama ini kan jarang banget ada ponsel kelas menengah yang menyediakan pengaturan shutter speed dan focus distance Smile with tongue out Beberapa scene atau mode adegan yang dapat kita coba di Redmi 3 ini antara lain adalah Auto, Portrait, Landscape, Sports, Night, Night Portrait, Beach, Snow, Sunset, dan Fireworks.

Sampai di sini pembahasan antarmuka pada review kamera Xiaomi Redmi 3, kita langsung lanjut pada hasil jepretan atau fotonya! Seperti biasa, hasil foto kamera Xiaomi Redmi 3 Tuxlin resize ke 800 x 600 piksel agar mudah diungah ke blog. Penasaran? Langsung lanjut dah ke halaman berikutnya Open-mouthed smile

Baca juga:Benchmark Xiaomi Redmi 3: AnTuTu, Vellamo, Geekbench, CPU-Z, Sensorbox & Quadrant Standard


15 Comments

  1. Laptophia April 19, 2016
  2. Ndemik April 21, 2016
  3. Wahid May 6, 2016
  4. Stevania July 20, 2016
    • Tuxlin July 20, 2016
  5. nuzulul January 8, 2017
    • Tuxlin January 8, 2017
      • dhe April 9, 2017
        • Tuxlin April 9, 2017
  6. agung January 18, 2017
    • Tuxlin January 18, 2017

Add Comment

*